TUGAS

ILMU SOSIAL dan BUDAYA DASAR
“MANUSIA,SAINS,TEKNOLOGI dan SENI” “MANUSIA dan LINGKUNGAN”

NAMA : SASTRA MELTA NIM : 1102081 PRODI : PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012

MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI
Manusia
Manusia merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang paling Sempurna dibandingkan Mahluk ciptaan Allah yang lain. Dikatan paling sempurna karena manusia diberikan akal sekaligus nafsu. Meskipun manusia mempunyai nafsu tetapi yang paling berperan adalah akal. Akal ini bertujuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,akal juga sebagai alat berfikir,berhitung,dan berkreasi sehingga kerja sama antara keduanya sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Manusia dengan komponen fisik maupun psikis mampu memenuhi kebutuhan fisik dan psikis nya. Upaya untuk memenuhi kebutuhan belum tentu mudah. Manusia harus menyesuaikan diri dengan alam seperti yang tercermin dalam pandangan-pandanga hidup tradisional. Dengan kearifan tradisional nya manusia tidak mengeksploitasi alam tetapi mengambil sesuatu dari alam berdasarkan kebutuhannya saat tertentu. Manusia “modern” yang dibekali dengan ilmu pengetahuan modern ketika berhadapan dengan alam mempertanyakan bagaimana kita mengolah alam tersebut. Di sini muncul pertanyaan teknologi apa yang harus dipersiapkan dalam mengeksploitasi alam untuk memenuhi kebutuhan yang makin kompleks. Dalam mengatasi hambatan fisik,tangan yang tumpul dan lemah tidak memungkinkan untuk merobohkan pohon yang besar. Untuk merobohkan maka manusia menggunakan alat-alat seperti kampak,parang,gergaji yang merupakan buatan manusia. Tindakan manusia dalam membuat dan menghasilkan alat-alat tersebut berarti manusia bertingkah laku secara teknologi. Sedangkan alat-alat tersebut adalah artefak teknologi. Selain ilmu, teknologi dikatan sebagai paket untuk memenuhi kebutuhan akan keindahan yaitu seni. Seni berkembang dari kebutuhan menciptakan symbol-simbol, suara, ranah persepsi, yang mengekspresikan lebih dari hedonistis dan kebutuhan untuk bertahan hidu. Pada hakekatnya Manusia adalah mahluk monopluralis yaitu mahluk yang terdapat banyak keragaman dalam dirinya, tetapi keragaman tersebut hanya terdapat pada satu jiwa. Keragaman-Keragaman manusia sebagai mahluk monopluralis tersebut diantaranya: 1.Susunan Kodrat Susunan Kodrat Manusia adalah mempunyai susunan dua dimensi yaitu : a.Jasmani sebagai bodi/badan atau rangka,yang terlihat oleh indera kita b.Rohani Ruh yang mengisi dan menjalankan badan tersebut . Dimana dalam dimensi rohani manusia terdapat cipta, rasa, dan karsa.

2.Sifat Kodrat Secara kodrat sifat kodrat manusia yaitu sebagai Berikiut : a.Mahluk Individu Manusia dikatakan sebagai mahluk individu karena setiap manusia tercipta dengan kepribadian, keunikan serta kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga setiap individu manusia berbeda-beda dan memiliki cirri khas masing-masing. b.Mahluk sosial Manusia dikatakan sebagai mahluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri. Stiap manusia saling membutuhkan untuk dapat melangsungkan hidupnya. 3.Kedudukan Kodrat Dalam kodrat nya manusia memiliki kedudukan sebagai : a.Mahluk Pribadi Sebagai mahluk pribadi manusia memiliki hak dan Kewajiban. Dalam menjalankan Hak dan Kewajiban ini Haruslah Berlandaskan Moral dan tanggung Jawab sehingga dapat berjalan seimbang sebagaimana mestinya. b.Mahluk Tuhan Sebagai mahluk Tuhan manusia memiliki Kewajiban beribadah kepada Allah SWT serta segala sesuatu tindakan manusia akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah. Selain mempunyai hakekat hidup,manusia juga mempunyai sifat-sifat diantaranya yaitu : 1.Sebagai mahluk yang berakal 2.Sebagai mahluk yang berbahasa 3.Sebagai mahluk yang beragama Berdasarkan sifat-sifat di atas tersebut di atas maka dalam diri manusia selalu mempunyai pola pikir, pengharapan atau cita-cita serta kehendak untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dari dalam dengan cara menciptakan sesuatu.

A. Pengertian Sains, Teknologi dan Seni 1. Sains Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, dan bukan hanya kumpulan berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.

Menurut Medawar (1984) Sains(dari istilah Inggris Science) berasal dari kata: sienz, cience, syence, scyence, scyense, scyens, scienc, sciens, scians. Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berarti knowledge (ilmu). Tetapi, tidak semua ilmu itu boleh dianggap sains. Yang dimaksud ilmu sains adalah: ilmu yang dapat diuji (hasil dari pengamatan yang sesungguhnya) kebenarannya yang dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai, melalui eksperimen secara teori. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah: “Ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (missal:fisika, kimia, biologi)”. Pendidikan sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sains yang diartikan sebagai salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang sekumpulan pernyataan atau fakta-fakta dengan cara yang sistematik dan serasi dengan hukum-hukum umum yang melandasi peradaban dunia modern. Sains merupakan satu proses unruk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakikat makhluk, untuk menerangkan hokum-hukum alam. Proses mencari kebenaran secara mencari jawaban kepada persoalan-persoalan secara sistematik yang dinamakan pendekatan saintifik dan ia menjadi landasan perkemabangan teknologi yang menjadi salah satu unsur terpenting peradaban manusia. Sains sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan kemanusiaan dan teknologi.

2. Teknologi Pada umumnya orang selalu memahami bahwa teknogi itu bersifat fisik, yakni yang dapat dilihat dengan indera.teknologidalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alta-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan realisasi hidupnya di dunia. Hal yang memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni manusia yang bisa dikatakan sebagai homo technicus/faber. Istilah teknologi berasal dari kata techne dan logia dari bahasa Yunani. Techne berarti seni kerajinan, kemudian lahirlah istilah technicus artinya seseoran memiliki keterampilan tertantu. Dari sinilah muncul istilah teknologi yang berarti ilmu yang mempelajari seni karajinan manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandugan kata teknologi. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang-barang, benda-benda, alat-alat dari manusia selaku homo technicus/faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem, hasil manusia di dunia yang bukan lagi sekedar sebagai suatu hasi drai daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia. Ada tiga macam teknologi yang sering di kemukakan oleh para ahli, yaitu : a. Teknologi Modern : - Padat modal - Mekanis elektris setempat - Menggunakan bahan import

sistem sosial dan struktur masyarakat manusia dalam suatu komunitas. benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Pendekatan seperti inilah yang begitu penting. tetapi bahkan telah menjadi suatu “daya pencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia.Dapat dikejakan oleh keterampilan setempat . bukan hanya menjadi bagian masyarakat bagaimana teknologi itu dimanfaatkan. ia juga punya dampak-dampak yang merugikan keberadaan manusia. teknologi tradisional . Istilah teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia.Menggunakan alat setempat . Teknologi mampu melahirkan sejumlah cara hidup. Awalnya teknologi dapat dipahami sebagai hasil buatan manusia. Dapat dikatakan bahwa teknologi sesungguhnya adalah tema atau pokok yang universal dan global. mengingat bahwa teknologi selain mempunyai manfaatnya bagi manusia. tetapi kini teknologi juga harus dipahami sebagai sesuatu yang dapat menghasilkan suatu kemanusiaan tertentu. suci dan bersih. tetapi juga dialami oleh masyarakat dimana teknologi itu dimulai .Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan Secara lebih umum dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan. Teknologi Madya : . Pemahaman atau pemaknaan teknologi tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pendekatan-pendekatan lokal tradisional sebagai yang adi-luhung. pola hidup..Berdasarkan penelitian mutakhir. Demikianlah teknologi tidak hadir lagi secara fisik-inderawi dalam barang atau benda atau alat. melainkan memerlukan suatu pendekatan yang melibatkan seluruh bangsa dan masyarakat manusia untuk berbicara bersama.bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja) . Baik manfaat maupun kerugian itu. dan karakter hidup dari manusia.Menggunakan keterampilan setempat . yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain. melainkan hadir dalam bentuk sebagai suatu “roh” zaman.Menggunakan bahan setempat .Menggunakan alat setempat .Padat karya . yang dulu menciptakannya. lalu memandang teknologi sebagai sesuatu yang dari luar (kebarat-baratan).Berdasarkan alat penelitian c. b. kotor dan jahat. dll.

Toynbee. baik budaya sendiri (bukan yang asli) atau budaya orang lain (bukan yang asing) sama-sama aktif dan proaktif dalam rangka saling membentuk dan saling mempengaruhi. seperti dikatakan oleh Arnold J. Dari pemahaman seperti itu. Dalam hakekat seperti ini maka mustahil untuk berbicara tentang adanya budaya „asli‟ dan budaya „asing‟. Ini berarti bahwa teknologi adalah wujud nyata dari simbol-simbol kebudayaan manusia. “kebudayaan adalah suatu sistem simbol yang dengannya manusia dapat memberi makna bagi kehidupannya“. berbagai teknologi ditemukan dan menjadi dasar bagi perkembangannya saat ini. dapat dikatakan bahwa teknologi sebenarnya adalah sebuah kebudayaan. melainkan adalah masalah globalisme. maka pendekatan terhadap teknologi juga dapat didekati secara kebudayaan. Jadi sesungguhnya. Penekanan teknologi sebagai suatu pokok secara global. Maka dari itu. dan simbol-simbol yang relevan. sebab yang menghidupi suatu tradisi atau kebudayaan adalah manusia. Dimana dengan terjadinya revolusi industri yang meningkatkan keterkaitan antar bangsa di dunia. Pada saat itu pula. Dalam arti bahwa proses transferalisasi teknologi itu bukanlah tanpa makna dan ide-ide tertentu. Menurut Clifford Geertz. teknologi itu adalah tema-nya dan pokok-nya masyarakat global. sebetulnya juga mengandung makna historis. Dalam hal ini.(dihasilkan atau diciptakan). maka ia bukanlah sekedar barang atau benda atau alat-alat belaka. tidak bisa tidak harus membutuhkan suatu kajian tentang makna-makna. malahan dibaharui secara baru. Pemahaman seperti ini tidaklah tepat. seperti komputer dan internet. Dengan pemahaman seperti ini.Teknologi tidak harus dipahami sebagai semacam perjuangan . Dimana dalam perjumpaan itu. ideide. berkembang secara bersama-sama pergeseranpergeseran teknologi secara kebudayaan. dan manusia yang menghidupi suatu kebudayaan adalah manusia yang mempunyai hakekat sebagai makhluk sosial dan selalu berhubungan dengan orang-orang lain dalam suatu realitas dan kebudayaan yang berbeda dengannya. Pada umumnya orang akan berpendapat bahwa jika berbicara tentang kebudayaan. dalam Mangunwijaya: “Transfer teknologi akan berarti juga transfer sebuah totalitas kebudayaan satu ideologi pihak yang melahirkan teknologi itu. Yang tepat adalah membicarakan bahwa yang terjadi dalam percakapan kebudayaan adalah “perjumpaan” kebudayaan. pendekatan terhadap teknologi di Indonesia dapat dikerjakan dengan beberapa pendekatan sebagai berikut: 1. Tetapi dalam pendekatan secara kebudayaan perlu diwaspadai. Dimana dengan simbol teknologi ini maka manusia dapat mengembangkan kehidupannya di dalam dunia. Tekknologi bukanlah masalah kapitalisme atau sosialisme atau pancasialisme. pemahaman terhadap teknologi. Dalam perjumpaan itu tidak akan ada yang hilang atau musnah. Sebab kalau tidak maka sinar kebudayaan yang lepas bagaikan elektron yang terlepas atau penyakit menular yang tersesat”. maka berarti ada kebudayaan „asli‟ dan kebudayaan „asing‟. Justru karena teknologi adalah sebuah transferalisasi yang penuh makna dan ide-ide tertentu.

Sebab walaupun sistem komunis bertolak belakang dengan sistem kapitalis. Artinya kalau teknologi dipahami sebagai wujud dari manusia selaku homo technicus atau homo faber dan maupun sebagai suatu sistem dan struktur dalam suatu komunitas manusia. Tetapi hal ini bukan hanya menjadi tugas dari negara-negara yang sedang berkembang saja. Ia tidak statis dan tanpa pengaruh. 4. tetapi hal tersebut hanya dalam sistem politik saja. melainkan harus dipahami sebagai suatu pokok atau tema globalisasi. tetapi juga adalah tolol sekali bila ITIB sampai kita anggap selaku Dewi Sri terpuja masa kini”. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi realitas teknologi. Melihat teknologi sebagai sesuatu yang tidak netral. Pertanyaannya adalah kritis terhadap apa? Dan bagaimana menjadi kritis? Untuk pertanyan ini ada beberapa langkah yang dapat dikerjakan antara lain: Aktif. yang didalamnya terdapat sejumlah masyarakat yang dikatakan sudah maju maupun yang sedang berkembang (belum maju) atau yang tradisional maupun yang modern. Industri dan Bisnis (ITIB). yaitu dengan melakukan empat prinsip yang penting. Jepang. dan imperialisme kaum kapitalis terhadap sejumlah ideologi yang ada. melainkan menjadi tugas seluruh bangsa di dunia ini dalam proses Kultur und Zivilisation. kita perlu membangun atau memerlukan suatu sikap yang kritis. Apalagi jika telah terhubung dengan Ilmu pengetahuan. melainkan adalah konkritisasi dari perwujudan cara berada manusia mulai dari Timur sampai ke Barat.Teknologi tidak hanya mempunyai dampak positif melainkan juga negatif. Walapun ideologi kapitalis dan komunis diketahui saling bertentangan. entah diolah di Amerika atau Eropa. Hal ini dimaksudkan sebagai suatu perumusan sikap dan strategi politik teknologi yang arif. terutama melalui MNC (Multi National Corporation). Artinya dengan sikap yang gamblang. dalam Mangunwijaya. maka hal itu juga adalah kondisi dan realitas manusia di seluruh dunia dari dahulu sampai sekarang? Bukankah sebuah gerobak sapi di sebuah desa di Halmahera dengan sebuah mobil di Jakarta milik seorang pengusaha akan mempunyai fungsi dan manfaat yang terkondisikan menurut realitas dan kebutuhan serta cara memanfaatkanya? Sebagai hasil dari teknologi manusia? Teknologi harus ditanggapi dengan sikap yang kritis. paham perkaranya dan tahu apa yang harus diperbuat. baik di Amerika ataupun di Cina.2. Apalagi jika dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan dan upaya mencari keuntungan belaka. melainkan juga dapat menjadi suatu “kuasa” yang sulit dikendalikan. seperti yang diusulkan oleh Isao Fujimoto. 3. 5. Jip Will‟s maupun Gaz dipakai juga oleh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yang katanya adalah Pancasila. maka ia akan mempunyai suatu wujud wajah yang konkrit. antara lain: Teknologi berdasarkan upaya swadaya dan tidak . tetapi tidak boleh dilupakan bahwa cara-cara membuat mesin diesel. bertanggung jawab baik terhadap diri sendiri maupun juga kepada generasi yang akan datang. bahkan Cina. pasca-industrial yang memberi fokus terhadap segi-segi nonteknis. Hal mana sangat berdampak pada suatu technostructure (struktur teknologi) yang berperangai sebagai kekuasaan. Utara ke Selatan. Teknologi bukanlah asosiasi Barat-Timur atau negara maju dan negara berkembang (belum maju). Hal ini akan ditunjang pula oleh kecenderungan dalam masyarakat post-modernis. Karena itu. Dimana ITIB mempunyai proses dan perangai yang faktual sama.Menurut Mangunwijaya „kita tidak perlu benci pada ITIB. menjahit pakaian massal serta penyediaan energi dalam proses dasarnya adalah sama. maka hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan konsep teknologi yang sepadan.

Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. 34) merupakan syarat yang memungkinkan konstituenkonstituen non material kehidupan manusia. Selain itu teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. desentralisasi. melainkan untuk suatu pengolahan yang berkelanjutan. langkah dan metode yang pasti. keterampilan itu lalu menjadi teknik. menurut Djoyohadikusumo (1994. tentang materi dan energi dalam interaksi satu terhadap lain. artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang. Teknologi merupakan cahaya yang menerangi sebagian sisi non material kehidupan manusia. Tanggung jawab moral dan etika. kemudian teknologi berkembang lebih jauh dari yang dipahami sebagai susunan pengetahuan untuk mencapai tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang dibuat atau diimplementasikan serta metode untuk membuat atau mengimplementasikannya. sadar akan tanggung jawab sosial dan ekologis. Terutama dengan memberi penghargaan kepada orang-orang atau wadah-wadah gerakan yang sadar akan adanya bahaya teknologi dan berupaya untuk menciptakan suatu masyarakat yang mencita-citakan suatu paham convivial menurut konteksnya masing-masing.tergantung pada para ahli. Pengertian teknologi sendiri . kerja sama dan bukan persaingan. Menciptakan iklim yang relevan manusiawi dengan pemahaman yang tepat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua pengertian di atas telah digantikan oleh interpretasi teknologi sebagai pengendali lingkungan seperti kekuasaan politik di mana kebangkitan teknologi Barat telah menaklukkan dunia dan sekarang telah digunakan di era dunia baru yang lebih ganas. institusi. ide dan idealnya. yaitu perasaan dan pikiran . Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukkan suatu pola. Dari pandangan semacam itu. 6. Teknologi adalah sebuah manifestasi langsung dari bukti kecerdasan manusia. seperti digambarkan oleh Toynbee (2004. Sains mengacu pada pemahaman tentang dunia nyata sekitar. Pertanyaannya adalah dari segi apa hal ini dapat dikembangkan? Tiada lain adalah melalui segi budaya berdasarkan proses kontekstualisasi. yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. yang dalam iklim teknologi seolah-olah telah hilang ditelan oleh sekularisme dan rasionalisme. 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dari perspektif sejarah. Istilah teknologi barasal dari kata techne dan logia. Dari techne kemudian lahirlah technikos yang berarti seseorang yang memilki keterampilan tertentu. teknologi mengandung dua dimensi. 7. Teknologi. Teknologi dengan segala keunggulannya bukan dipakai demi pengrusakan dan eksploitasi seluruh alam.Hal ini dimaksud untuk menanggapi seluruh dampak teknologi yang merugikan.Dalam arti bahwa pemanfaatan sejumlah teknologi haruslah menjamin suatu kelangsungan kehidupan. lanjut Toynbee (2004. 35) teknologi merupakan salah satu ciri khusus kemuliaan manusia bahwa dirinya tidak hidup dengan makanan semata. Dengan kata lain. bahkan semua orang terutama para sarjana dipanggil untuk hal ini berdasarkan akar-akar religiositas manusia sendiri. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Teknologi.

Sedangakan menurut KBBI. Sedangkan menurut Kamus B.Indonesia. Teknologi dan Seni 1. Sedangkan menurut Kamus B. seperti tari. budi bahasapun adalah suatu seni 3. Secara lebih umum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunanaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuantujuan praktis yang ditentukan. keindahannya. 3. ukir. Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab. Seni Menurut Janet Woll mengatakan bahwa seni dalah produk sosial. dll. Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. seperti tari. lukis. dll). dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. budi bahasapun adalah suatu seni B. proses dan ide di samping alat-alat dan mesin-mesin. Hubungan Sains. pancaindra dan otak manusia. Seni Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. di mana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang. istilah teknologi telah dipakai secara umum dan merangkum suatu rangkaian sarana. seperti tari. keindahan dan sebagainnya). Oleh karena itu. Demikianlah teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalahmasalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab. ukir. lukis. memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh. seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya. seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya. lukis.Indonesia. keindahannya. sehingga seakan-akan memperpanjang. dll). di mana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu. Seni Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. dll.menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat. Perkembangan Teknologi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat mendatangkan kemakmuran . dll. ukir .” Pengertian teknologi secara umum adalah: • Proses yang meningkatkan nilai tambah • Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja • Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan Pada permulaan abad XX ini. Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan. seni adalah keahlian membuata karya yamg bermutu (dilihat dari segi kehalusan. Perluasan arti berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad ini muncul perumusan teknologi sebagai sarana dan aktivitas yang dengannya manusia berusaha mengubah atau menangani lingkungannya.

Dalam bidang pertanian. 2. • Produksi pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah. C. dan penanam. Meningkatkan kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya. dan perikanan. Teknologi dan Seni (IPTEKS). Teknologi Bahan bisa dikatakan merupakan salah satu teknologi yang paling tua dalam peradaban. dan Era Besi. 2.Kesehatan dan Keselamatan . dan alat penyemprot hama. Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. • Budi daya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia. Dengan teknik pemuliaan yang semakin canggih dapat ditemukan bibit unggul jenis padi VUTW (Variates Unggul Tahan Wereng). Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan lebih efektif dan efisien. daging. misalnya : Zaman Batu. peternakan.Olahraga dan Rekreasi . • Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti. Era Perunggu.materi. Di bawah ini adalah berbagai macam bidang utama teknologi : . ayam broiler. dan merupakan pendahulu dari cabang tenologi lainnya. antara lain: 1. demikian juga dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil. sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia bebagai kemudahan. alat pengolah hasil pertanian. Manusia sebagai Subyek dan Obyek Ilmu Pengetahuan. alat pemotong. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien. kelapa hibrida. • Teknik mutasi buatan dapt menghasilkan buah-buahan dan besar tidak berbiji. sapi perah dan bermacam-macam jenis unggul lainnya. buah-buahan. traktor. Di mulainya suatu era sering kali ditandai dengan mulai digunakannya suatu bahan baru pada suatu peradaban.Ilmu Terapan Kecerdasan Buatan .Informasi dan Komunikasi . ayam ras. Adanya perkembangan IPTEK menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat memanfaatkan dalam berbagai bidang. • Tenik-teknik pemuliaan dapat meningkatkan produksi pangan.Rumah Tangga .Transportasi Angkasa Luar Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia.Teknik . Dalam bidang kedokteran dan kesehatan . sehingga produksi pangan dapat ditingkatkan. • Teknologi pengolahan pascapanen. Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. Hal ini karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan : 1.Militer atau Bom .Industri Konstruksi . seperti pengalengan ikan. dan teknik pengolahan lainnya.

kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Bagi masyarakat sekarang. Pembangunan dan Perkembangan IPTEKS pada Masyarakat yang Beradab dan Negara Berkembang. kebahagiaan dan imortalitas. iptek sudah merupakan suatu religion. Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Dalam bidang telekomunikasi Manusia telah menbuat televise. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar. Ringkas kata. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif adalah isoniazid yang mengandung c radioaktif. telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari dari daerah yang sangat jauh. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang . bermacam-macam obat. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Dalam peradaban modern yang muda. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan. sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan. sehingga pengguanaan waktu sangat efisien. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer. tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir. serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. 4. Dan dapat menurunkan angka kematian dan moralitas. radio. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. 3. terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC. sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Dalam bidang pertahanan dan keamanan Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. D. kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. penggunaan benda radio aktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit. Memberikan banyak kemudahan.

antara lain: a. dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko. dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Kerusakan komputer karena terserang virus. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu c. d. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang: 1. 2. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone c. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas) b.telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Produktifitas dunia industri semakin meningkat Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Bidang Informasi dan komunikasi. Rusaknya modem internet karena disambar petir. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi. Di masa depan. Terjadinya industrialisasi c. di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif. dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Namun demikian. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan . dll. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi b. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi. kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Kecemasan teknologi Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain: a. d. Bidang Ekonomi dan Industri Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Kita dapat berkomunikasi dengan teman. walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif. Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain: a. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet b.

boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. c. Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru. Kemampuan. tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. 5. 1. • Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. 4. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.yang cepat. Bidang politik a. Akibatnya. b. Bidang Pendidikan Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain: a.. b. . Munculnya media massa. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif. Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain. kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain: • Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven. Implikasi dari permasalahan ini adalah. e. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak. yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dapat diramalkan. Proses regenerasi kepemimpinan. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain. pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan 2.

baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan. Akibat lanjut bisa dilihat bersama. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material. Dampak penyalahgunaan IPTEKS Pada Kehidupan Sosial Budaya. Program internet relay chatting (IRC). • Pola interaksi antar manusia yang berubah Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. seperti perkelahian. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi. Tekanan. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik. Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Meningkatnya rasa percaya diri Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. sebagai anggota parlemen. senator. seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. corat-coret. E. Di bidang politik internasional. • Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja Semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.c. akan melahirkan generasi yang disiplin. menteri. c.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. a. kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan Sebagai konsekuensi globalisasi. kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. dan berbagai jabatan penting lainnya. b. sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru. internet. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. gubernur. juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat. khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negative pada aspek budaya: • Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat. . Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif. dan dalam kecepatan yang makin tinggi. dewasa ini telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru 'membelenggu' perilaku dan gaya hidup kita sendiri. karena ditopang pula oleh sistem-sistem sosial yang kuat. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi. di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. perubahan budaya lokal dan sosial akibat revolusi informasi merupakan kelompok masyarakat yang langsung terkena pengaruh budaya global. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Problematika Pengembangan dan Penggunaan IPTEKS di Indonesia Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Masyarakat tidak lagi peduli dengan budayanya. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. hal ini dengan mudah mengubah pola pikir masyarakat khususnya para generasi muda. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Mereka cenderung melupakan kebudayaan sendiri dan beralih ke budaya luar KESIMPULAN Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bantu/ekstensi kemampuan diri manusia. Akibatnya rasa tanggung jawab sudah pudar terhadap budaya. teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia.F. Memberikan banyak kemudahan. Arus informasi yang berkembang cepat menumbuhkan cakrawala pandangan man usia makin terbuka luas. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Memberikan banyak kemudahan. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi. khususnya TV yang selalu menayangkan kebudayaan luar. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. terutama yang tinggal di perkotaan. Perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah budaya sebagian besar masyarakat dunia. KASUS . Namun demikian. Media elektronik. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar.

Kepintaran seseorang bila tidak didukung dengan moral yang baik maka akan menimbulkan perilaku yang buruk dalam kehidupan sehari-harinya. Terlebih anak sekarang harus mengenal teknologi sejak dini. kecuali kejahatan mayantara yang bermotif pada kejahatan ekonomi/perbankan. Tapi semua itu hanyalah kemajuan teknologi yang dilihat dari sisi positif. praktis dan dinamis berkomunikasi dan memperoleh informasi. Kesulitan yang dialami adalah pada perangkat hukum atau undang-undang teknologi informasi dan telematika yang belum ada sehingga pihak kepolisian Indonesia masih ragu-ragu dalam bertindak untuk menangkap para pelakunya. murah. terutama teknologi informasi (information technology) seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat. Contohnya penipuan. cepat dan aman. yang dikarenakan perkembangan jaman semakin pesat. Perkembangan iptek. Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia bisnis yang revolusioner (digital revolution era) karena dirasakan lebih mudah. Memang penanaman moral sejak dini harus bisa diterapkan oleh para orang tua kepada anaknya. Inggris meluncurkan suatu proyek yang diberi nama “Trawler Project” bersamaan dibentuknya National Hi-tech Crime Unit yang dilengkapi dengan anggaran khusus untuk cyber cops. Dampak buruk dari perkembangan “dunia maya” ini tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan masyarakat moderen saat ini dan masa depan. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik.Belakangan ini teknologi sangat berkembang pesat. baik legal maupun illegal dengan menghalalkan segala cara karena ingin memperoleh keuntungan secara “potong kompas”. Di sisi lain. Jadi pada saat dia bertambah dewasa maka dia pun akan siap dengan lingkungan yang sangat dapat menggangu moralnya. Pada tahun 2001. karena selain menjangkau daerah pelosok juga harganya kian hari kian murah serta kecepatannya semakin tinggi. penculikan dsb. maka apapun yang dilandasinya akan merefleksikan dari moral yang dia pahami dari kecil. Baik secara aktif maupun pasif internet dapat digunakan oleh semua orang. murah. berkembangnya teknologi informasi menimbulkan pula sisi rawan yang gelap sampai tahap mencemaskan dengan kekhawatiran pada perkembangan tindak pidana di bidang teknologi informasi yang berhubungan dengan “cybercrime” atau kejahatan mayantara. hampir setiap manusia di dunia ini hidup atau mengenal internet. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cukup pesat sekarang ini sudah menjadi realita sehari-hari bahkan merupakan tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Amerika Serikat membentuk pula Computer Emergency Response Team (CERT) yang bermarkas di Pittsburg . Solusinya: Harus diakui bahwa Indonesia belum mengadakan langkah-langkah yang cukup signifikan di bidang penegakan hukum (law enforcement) dalam upaya mengantisipasi kejahatan mayantara seperti dilakukan oleh negara-negara maju di Eropa dan Amerika Serikat. Di Inggris dan Jerman membentuk suatu institusi bersama yang ditugaskan untuk dapat menanggulangi masalah Cybercrime Investigation dengan nama National Criminal Intellegence Service (NCIS) yang bermarkas di London. mudah. Jika sudah memiliki moral. Jadi siapkan moral anda. Sementara itu. jika dari sisi negatif sangat banyak penyalahgunaannya seperti untuk kejahatan-kejahatan yang menggunakan teknologi.

memperbaiki. alat dan sarana bagi pemenuhan kebutuhan dan kepentingan manusia. Subjek yang berperan sebagai pengelola dalam pemanfaatan sumber daya alam. artinya ketentuan cybercrime tidak dibuat dalam bentuk perundang-undangan tersendiri (khusus). seperti: 1. namun amat disayangkan apabila unit ini bekerja tidak dilengkapi dengan perangkat legislasi anti cybercrime. maka ia berhak untuk memiliki penilaian pribadi tentang suatu objek. Hakikat Manusia Sebagai Objek dan Subjek Lingkungan Pada hakikatnya. Pihak kepolisian Indonesia telah membentuk suatu unit penanggulangan kejahatan mayantara dengan nama Cybercrime Unit yang berada di bawah kendali Direktrorat Reserse Kriminal Polri. Karena pusat pemikiran adalah manusia. Alam dilihat hanya sebagai objek. Manusia mampu berfikir serta meramalkan kemungkinan keadaan yang akan datang 2. Model yang digunakan adalah Umbrella Provision atau “undang-undang payung”. maka kebijakan terhadap alam harus diarahkan untuk mengabdi pada kepentingan manusia. The Computer Misuse Act 1998 (Singapura). akan tetapi diatur secara umum dalam RUU Teknologi Informasi dan RUU Telematika. oleh karenanya tidak bisa dipaksakan untuk diterapkan kepada orang lain atau diaplikasikan tanpa melihat pandangan orang lain. Ketika masing-masing berdiri sebagai subjek. Jika ingin diaplikasikan. harus diperhatikan tatanan/ tata cara lingkungan itu sendiri. . Manusia dapat merombak. Dalam hal ini manusialah yang paling tepat sebagai pengelola karena manusia memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan organisme lain. Dengan demikian alam dilihat tidak mempunyai nilai dalam dirinya sendiri. dan The Information Technology Act 1999 (India). menjaga lingkungan tetap lestari. Manusia dapat memiliki ilmu dan teknologi 3. Manusia memiliki akal dan budi sehingga dapat memilih hal-hal yang baik Manusia adalah suatu pandangan yang menempatkan manusia sebagai pusat dari sistem alam semesta. Pandnagan ini berisikan pemikiran bahwa segala kebijakan yang diambil mengenai lingkungan hidup harus dinilai berdasarkan manusia dan kepentinganya. hal yang paling mungkin untuk dilakukan pertama kali adalah melalui proses perundingan untuk menghasilkan solusi yang tidak merugikan kedua belah pihak. Mengantisipasi kejahatan ini seyogianya dimulai melalui pembentukan perangkat undang-undang seperti dalam Konsep KUHP Baru dan RUU Teknologi Informasi yang disusun oleh Pusat Kajian Cyberlaw Universitas Padjadjaran. Penilaian ini murni subjektif.pada tahun 1990-an dan Federal Bureau Investigation (FBI) memiliki Computer Crime Squad di dalam menanggulangi kejahatan mayantara. dan mengondisikan lingkungan seperti yang dikehendakinya. Beberapa negara Asia lain ternyata telah maju selangkah dengan membentuk perangkat undang-undang teknologi informasi seperti The Computer Crime Act 1997 (Malaysia). tidak ada manusia yang tidak berdiri sebagai subjek. Alam dipandang dan diperlakuakan hanya sebagai alat bagi pencapaian tujuan manusia. Pembentukan unit kepolisian ini patut dipuji.

yakni para eksploitator yang berhadapan dengan para konservator dan protektor alam. Manusia hidup pasti mempunyai hubungan dengan lingkungan hidupnya. Pada awalmya. manusia mencoba mengenal lingkungan hidupnya. Bertolak dari definisi”Ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya”maka kita dapat mengambil sudut pandang ekologi untuk membahas kajian manusia dan lingkungan dengan sokong oleh segi kepentingan manusia . Ekologi terdiri atas rumah tangga.Dalam relasi antara manusia dengan alam. aktivitas penambangan di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Namun dalam praktiknya. Merealisasikan nilai yang satu. Hal ini terlihat jelas misalnya pada: penerbitan izin-izin baru untuk ekspnasi perkebunan sawit. Dari sinilah lahir peradaban istilah toynbee sebagai akibat dari kemampuan manusia mengatsi lingkungan agar lingkungan mendukung hidupanya.ilmu ini mirip dengan ekonomi.yaitu oleh manusia untuk manusia. Pengertian ekologi. Jika beranjak dari pernyataan awal. Ø Ekologi ialah Biologi Lingkungan. 1. Kita mengenal beberapa definisi untuk ekologi. berarti mengabaikan nilai yang lain yang berarti mengabaikan keberadaan subjek yang lainnya. ternyata yang terealisasi hanyalah pandangan dari para eksploitator. terdapat dua subjek yang saling bertentangan. Masing-masing subjek memiliki penilaian yang berbeda tentang alam sebagai objek mereka.dan logos yang berarti firman atau ilmu. Lingkungan hidup tidak bisa dipisahkan dari ekosistem atau sistem ekologi. sementara yang satunya lagi menilai alam sebagai mitra hidup yang harus dilestarikan.jadi secara harfiah ekologi adalah ilmu kerumah tanggaan. kemudian barulah manusia berusaha menyesuaikan diri. maka seharusnya tidak ada satu pandangan pun dari kedua subjek ini yang harus direalisasikan.misalnya:    Ø Ekologi ialah cabang biologi yang mempelajari hubungan timbal balik manusiadengan lingkungannya. Yang satu menilai alam sebagai sumber keuntungan yang harus dimanfaatkan secara maksimal. 1. karena keduanya berdiri pada taraf yang sama. Ø Ekologi ialah studi ilmiah tentang interaksi yang menentukan penyebaran dan kepadatan makhluk hidup. Hampir tidak ada sudut pandang dari para konservator dan protektor alam yang terakomodir dalam permasalahan dengan alam. reklamasi pantai untuk kebutuhan lahan di daerah Mamuju. serta praktik-praktik penambangan batu bara liar di daerah Kalimantan. Manusia telah berusaha pula mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan sejahtera. .

Manusia hidup. Ø Konsumen. Ø Air. Komunitas biologis di tempat mereka hidup.Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosisten yakni.tumbuh. Ø Habitat .dan berkembang dalam lingkungan alam dan sosialbudayanya. Lingkungan hidup manusia.berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut.dan berpengaruh tidak baik karena dapat dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya. Ø Suhu atau temperature. Ø Populasi.2. Ø Cahaya .suatu unit atu satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya.di bandingkan dengan di hutan rimba di mana penduduknya masih sedikit dan primitif. Ø Komunikasi. Ø Pengurai . Selain itu di dalam lingkungan terdapat faktor-faktor Selain itu di dalam lingkungan terdapat faktor-faktori berikut ini:      Ø Rantai makanan. Dalam ekosisten terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan factor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya:      Ø Tanah. Ø Biosfer . Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negative.perubahan alam lingkungan hidup manusia tampak jelas di kota-kota. . Ø Udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer. Sedangkan komponen biotic di antaranya adalah:    Ø Produsen. Pengaruh Manusia Pada Alam Lingkungan Hidupnya Manusia sedikit demi sedikit mulai menyesuaikan diri pada alam lingkungan hidupnya.

yang tergolong ke dalam sumber abiotik adalah tanah. 4.dan tumbuhan-tumbuhan.fauna. 6.jangan berharap bahwa jenis tersebut dapat muncul kembali.bahan-bahan galian.Manusia bergulat dan bersaing dengan species lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.bahan-bahan galian.Dalam hal ini manusia memiliki kemampuan lebih besar di bandingkan organisme lainnya.hewan-hewan . 3.seyogianya manusia menggunakan baik sumber daya biotik dan abiotik secara tepat dan bertanggung jawab.hutan.air.dan bahan-bahan tambang lainnya. Sumber alam biotik mempunyai kemampuan diri atau bertambah.flora.dan hewan-hewan menghasilkan keturunannya dengan telur atau melahirkan. Sumber alam biotik dapat terus di gunakan atau di manfa‟atkan oleh manusia.maka habislah bahan-bahan tambang tersebut.mineral.terutama pada penggunaan sumber-sumber alamnya.air. Pertanian dan tanah Hutan Air Bahan tambang .Bila sumber minyak. 1.batu bara atau bahan-bahan lainnya telah habis di gunakan manusia.dan di usahakan jangan sampai sumber alam itu musnah.lain halnya dengan sumber daya alam abiotik yang tidak dapat memperbahrui dirinya .Sebab.dan sebagainya. Oleh karena itu sumber daya alam tersebut di katakan sebagai sumber daya alam yang masih dapat di perbaharui. 5. sekali suatu jenis species di bumi musnah.yang tergolong ke dalam sumber alam ini adalah semua makhluk hidup. Penggunaan sumber-sumber Alam Manusia memandang alam lingkungannya dengan bermacam-macam kebutuhan dan keinginan. Berbagai cara telah di lakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber alam berupa tanah.misalkan tumbuhan dapat berkembang biak dengan biji atau spora.bila manusia menggunakannya secara bijaksana dalam penggunaan berarti memerhatikan siklus hidup sumber alam tersebut. Sumber alam yang tidak di perbaharui(nonrenewable resources) atau di sebut pula sebagai golongan sumber alam biotik.SUMBER ALAM Sumber alam dapat di golongkan ke dalam dua bagian yakni: o o Sumber alam yang dapat di perbaharui(renewable resources)atau di sebut pula sumber-sumber alam biotik.

12. Pencemaran air 3. Sayangnya. dewa api.upacara dan sesajen agar tak menurunkan murkanya. Dampak kerusakan . Ada dewa penguasa langit. Masalah erosi dan banjir. Sebenarnya. Dikenallah dewa-dewa sebagai wujud kekuatan itu. Pembahasan mengerucut pada akar masalah kerusakan lingkungan yaitu manusia. Kehutanan Usaha-usahayang di lakukan pemerintah untuk meningkatkan produksi hutan antara lain: 9. Pandangan manusia terhadap alam berubah. Melakukan rehabilitasi dan reboisasi areal hutan yang rusak. dewa ke suburan. Pencemaran lingkungan 1. Pencemaran suara 5. manusia menganggap bahwa alam memunyai kekuatan. Sebelum manusia mengenal ilmu pengetahuan modern. Segala sesuatu yang ada di alam semesta adalah miliknya dan digunakan sepenuhnya untuk menunjang hidupnya. usaha melestarikan alam itu hanya dianggap sebagai tindakan yang indah karena bisa menimbulkan kesenangan. Bagi Kant.dan 14. kemampuan manusia mengolah alam menempatkan dirinya sebagai pusat alam semesta [antroposentris]. tak hanya para ilmuwan dan pemerhati lingkungan saja. 10. tanpa ada embel-embel keharusan untuk melaksanakan. potensi yang ada di alam dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pencemaran tanah 2. dan sebagainya.Permasalahan-Permasalahan Yang Timbul 7. Mencabut ijin perusahaan HPH yang melanggar peraturan. Menebang hutan secara selektif. Pandangan Manusia Terhadap Lingkungan Semakin kritisnya kondisi lingkungan hidup menimbulkan keprihatinan banyak pihak. Pencemaran udara 4. tapi keserakahan karena nafsu. 11. Usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di satu sisi membawa manusia pada suatu era yang disebut modern. Di sisi yang lain. Melarang penebangan kayu tanpa ijin pemerintah(Departemen kehutanaan). filsuf asal Jerman. namun usaha tersebut bukan dalam bentuk kewajiban. yang muncul kemudian bukanlah kearifan memanfaatkan alam. 8. 13. Dewa-dewa itu dipuja dengan upacara. Dirinyalah penguasa alam. Melakukan penanaman di lahan keritis. para filsuf dan agamawan pun ikut memikirkannya. Melakukan peremajaan tanaman. Dalam pandangan Kant. Pandangan manusia yang merasa dirinya sebagai penguasa alam membawanya pada kondisi kepanikan global karena kerusakan lingkungan. saat itu sudah ada pemikiran untuk melestarikan alam. ada usaha manusia untuk melestarikan alam. Setelah kemampuan manusia berkembang dan berhasil menemukan karakter dan hukum-hukum alam. Salah satunya apa yang diungkapkan Immanuel Kant. penguasa bumi. hidup manusia kian mudah. manusia menemukan egonya.

dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya. Manusia pun berlaku sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya. Kita makan. Pertama. Ini karena manusia memiliki perbandingan massa otak dengan massa tubuh terbesar diantara semua makhluk yang ada di bumi. filsuf dari Norwegia dalam konsep yang disebutnya Ecosopy T mengatakan.lingkungan itu akhirnya membawa manusia pada suatu kesadaran bahwa hidup manusia tak kan lestari tanpa ada usaha melestarikan alam. Arne Naess. baik itu menurut biologis. Manusia juga sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan tindakan-tindakan yang akan diambil. 1. atau secara campuran. Muncullah teori-teori tentang kehidupan manusia dan kelestarian alam. Walaupun ini bukanlah pengukuran yang mutlak. 2. namun perbandingan massa otak dengan tubuh manusia memang memberikan petunjuk dari segi intelektual relatif. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik positif maupun negatif. PENGARUH TIMBAL BALIK ANTARA KONDISI LINGKUNGAN ALAM DAN KONDISI SOSIAL BUDAYA A. Ketiga. manusia diklasifikasikan sebagai homo sapiens (bahasa latin untuk manusia) yang merupakan sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Manusia adalah makhluk yang terbukti berteknologi tinggi. Kedua. dan seterusnya. perkembangan. Mengambil manfaat dari alam sekaligus mengupayakan kelestariannya. manusia harus memandang alam sebagai bagian dari dirinya sehingga usaha memelihara alam berarti juga memelihara dirinya. dan istilah kebudayaan. mengalami kelahiran. . minum. Manusia atau orang dapat diartikan dari sudut pandang yang berbeda-beda. manusia harus bijak mengolahnya. pertumbuhan. rohani. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. mati. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. secara biologis. Pengertian Manusia dan Lingkungan Pengertian Manusia Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam. karena dua hal tersebut maka seberapa pun besarnya kebutuhan manusia untuk memanfaatkan alam. ada tiga hal yang perlu manusia sadari dalam usahanya menyelamatkan alam dan lingkungan. terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih kompleks. Manusia tak memiliki wewenang sedikit pun untuk merusaknya. menyadari bahwa alam memunyai hak untuk ada dan lestari. Pengertian Lingkungan Lingkungan adalah suatu media dimana makhuk hidup tinggal. mencari penghidupannya.

Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”). Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru. misalnya: a) Ekologi ialah cabang biologi yang mempelajari hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya.com/post/detail/2405/lingkunganhidup-kerusakan-lingkungan-pengertian-kerusakan-linkungan-dan-pelestarian-. Dalam ekologi. B. makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. gedung sekolah. Bertolak dari definisi ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya maka ekologi dapat juga diartikan sebagai imu yang membahas hubungan manusia dan lingkungannya dipandang dari kepentingan dan kebutuhan manusia terhadap lingkungan itu sendiri. Ekologi berarti ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. (http://afand. biologi dan ilmu kehidupan lainnya saling melengkapi dengan zoologi dan botani yang menggambarkan bahwa ekologi mencoba memperkirakan dan menggambarkan sebagian besar rantai makanan manusia. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antara makhluk hidup dengan benda tidak hidup di tempat hidup atau lingkungannya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara. meja kursi. Akan tetapi. Korelasi Antara Manusia dengan Lingkungan Pengertian Ekologi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.abatasa.htm) Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Ekologi. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834-1914). Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang. Kita mengenal beberapa definisi untuk ekologi. c) Ekologi ialah biologi lingkungan. yang baru muncul pada tahun 70-an. lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah.menjaga kesehatan. dan berbagai macam benda mati yang ada disekitar. juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewanhewan yang ada disekitarnya. Jika kalian berada di sekolah. 1. papan tulis. bapak ibu guru serta karyawan. dan semua orang yang ada di sekolah. b) Ekologi ialah studi ilmiah tentang interaksi yang menentukan penyebaran dan kepadatan makhluk hidup. Para ahli ekologi mempelajari perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu kepada makhluk hidup yang lain dalam lingkungannya serta faktor-faktor yang . semuanya memerlukan lingkungan. Pengertian lain dari lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungan sosial.

udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer. Antropologi ialah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita. yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya”. termasuk manusia dan perilakunya. dan berpengaruh tidak baik karena dapat dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya. Terjadi hubungan antarspesies (interaksi antarspesies) makhluk hidup dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosisten yakni. suhu atau temperatur. Kerugian ini secara langsung atau pun tidak langsung timbul akibat kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. dan berkembang dalam lingkungan alam dan budayanya. Manusia merupakan komponen biotik lingkungan yang memiliki kemampuan berfikir dan penalaran yang tinggi. Berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut. Serta perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dalam faktorfaktor yang menyebabkannya. Terkadang ekologi dibandingkan dengan antropologi. Dalam ekosisten terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhlukmakhluk hidup diantaranya: tanah. Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif. dan makhluk hidup. Disamping itu manusia memiliki budaya. air. konsumen. Peranan Manusia yang bersifat negatif terhadap lingkungan antara lain sebagai berikut: . Peranan manusia dalam lingkungan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. C. pengurai. dibanding dengan pelosok dimana penduduknya masih sedikit dan primitif. daya. sebab keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. pranata sosial dan pengetahuan serta teknologi yang makin berkembang. Manusia hidup. Peranan manusia yang bersifat negatif adalah peranan yang merugikan lingkungan. 2. Sedangkan komponen biotik diantaranya adalah: produsen.menyebabkannya. cahaya. Perubahan alam lingkungan hidup manusia tampak jelas di kota-kota. Kini para ekolog (orang yang mempelajari ekologi) berfokus kepada ekowilayah bumi dan riset perubahan iklim. peranan manusia yang bersifat positif adalah peranan yang berakibat menguntungkan lingkungan karena dapat menjaga dan melestarikan daya dukung lingkungan. keadaan. Lingkungan Hidup Manusia Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 Pasal 1 Angka 1 mengartikan Lingkungan Hidup sebagai “kesatuan ruang dengan kesemua benda. suatu unit atu satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya. sedangkan ekologi ialah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi tubuh dan pikiran kita. tumbuh. Pengaruh Manusia Pada Alam Lingkungan Hidupnya Manusia sedikit demi sedikit mulai menyesuaikan diri pada alam lingkungan hidupnya maupun komunitas biologis di tempat mereka hidup.

misalkan tumbuhan dapat berkembang biak dengan biji atau spora. Sumber Alam Sumber alam dapat digolongkan ke dalam dua bagian yakni: Sumber alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) atau disebut pula sumber-sumber alam biotik. Masuknya energi bahan atau senyawa tertentu ke dalam lingkungan yang menimbulkan pencemaran air. organisasi atau undang-undang untuk melindungi lingkungan dan keanekaan jenis makhluk hidup. hewan-hewan. Mengadakan penghijauan dan reboisasi untuk menjaga kelestarian keaneka jenis flora serta untuk mencegah terjadinya erosi dan banjir. Peranan Manusia yang menguntungkan lingkungan antara lain: Melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam secara tepat dan bijaksana terutama SDA yang tidak dapat diperbaharui. dan bahan-bahan tambang lainnya. air. Berubahnya profil permukaan bumi yang dapat mengganggu kestabilan tanah hingga menimbulkan longsor. 4. Oleh karena itu sumber daya alam tersebut dikatakan sebagai sumber daya alam yang masih dapat diperbaharui. 3. Untuk tanah pertanian yang miring dibuat sengkedan guna mencegah derasnya erosi serta terhanyutnya lapisan tanah yang mengandung humus. bahanbahan galian. Eksploitasi yang melampaui batas sehingga persediaan Sumber Daya Alam makin menciut (depletion). dan hewan-hewan menghasilkan keturunannya dengan telur atau melahirkan. Pencemaran dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan dan terhadap manusia itu sendiri. Yang tergolong ke dalam sumber abiotik adalah tanah. Membuat peraturan. 2. Sumber alam yang tidak diperbaharui (nonrenewable resources) atau disebut pula sebagai golongan sumber alam biotik. Punah atau merosotnya jumlah keanekaan jenis biota. dan tanah. Berubahnya ekosistem alami yang mantap dan seimbang menjadi ekosistem binaan yang tidak mantap karena terus menerus memerlukan subsidi energi. hal ini berakibat menurunnya kualitas lingkungan hidup. Yang tergolong ke dalam sumber alam ini adalah semua makhluk hidup.1. Lain halnya dengan sumber daya alam abiotik yang tidak . 5. hutan. dan tumbuhan-tumbuhan. Melakukan proses daur ulang serta pengolahan limbah agar kadar bahan pencemar yang terbuang ke dalam lingkungan tidak melampaui nilai ambang batasnya. Melakukan sistem pertanian secara tumpang sari atau multi kultur untuk menjaga kesuburan tanah. mineral. D. Sumber alam biotik mempunyai kemampuan diri atau bertambah. udara.

Perubahan yang dimaksud disini bukanlah transformasi yang diartikan sebagai perubahan seluruhnya (dari teknologi. Perubahan disini lebih kepada perubahan hidup berperilaku. dan diusahakan jangan sampai sumber alam itu musnah. fauna. sampah dibuang begitu saja tanpa mengindahkan lingkungandan mahluk lain. Bila sumber minyak. seperti pengrusakan lingkungan demi keuntungan semata. udara mahluk mahluk yang ada di dunia ini. batu bara atau bahan-bahan lainnya telah habis digunakan manusia. bila manusia menggunakannya secara bijaksana dalam penggunaan berarti memperhatikan siklus hidup sumber alam tersebut. bahkan menjadi bencana alam. Masih banyak masyarakat kita yang memiliki kebiasaan yang tidak ramah lingkungan. sosial budaya dan ekonomi).dapat memperbaharui dirinya. Demografi artinya tulisan tentang rakyat/penduduk (ilmu kependudukan). Dalam hal ini manusia memiliki kemampuan lebih besar dibandingkan organisme lainnya.9 persen dari luas keseluruhan daratan negara Indonesia menimbulkan berbagai ketimpangan. air. maka habislah bahan-bahan tambang tersebut. bahan-bahan galian. Tingginya jumlah . Sebab. terutama dalam penggunaan sumber-sumber alamnya. Namun sesuai dengan kondisi lingkungan saat ini manusia susah seharusnya melakukan perubahan. Seharusnya manusia menggunakan dengan baik sumber daya biotik dan abiotik secara tepat dan bertanggung jawab. manusia telah begitu banyak menimbulkan kerusakan pada bumi ini. komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran (fertalitas). flora. kotoran. Jadi demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan mathematik tentang besar. Manusia bersaing dengan spesies lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Masalah Demografi dan Pertumbuhan Penduduk di Indonesia Demografi di Indonesia dan Permasalahannya Demografi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos artinya rakyat. Khususnya pada lingkungan. air. dan sebagainya. perilaku hidup manusia. kematian (mortalitas). maka jenis tersebut tidak dapat muncul kembali. perkawinan. Berbagai cara telah dilakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber alam berupa tanah. Sumber alam biotik dapat terus digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia. Limbah. Masalah Demografi Terpusatnya jumlah penduduk indonesia di Pulau Jawa yang luasnya hanya 6. Seharusnya manusia berhati-hati dalam mengolah tanah. Responnya dari lingkungan dapat kita lihat seperti menyebabkan penyakit. jika suatu jenis spesies di bumi musnah. migrasi dan mobilitas social. kebiasaan dalam hidup yang menunjang pada penyelamatan lingkungan. dan grafein artinya menulis. Manusia memandang alam lingkungannya dengan bermacam-macam kebutuhan dan keinginan.

Angka kematian 3. dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk. Angka kelahiran 2. Pertumbuhan penduduk di suatu daerah/negara disebabkan oleh faktor-faktor : 1. penyebaran yang tidak merata. Indonesia harus mengerem laju pertumbuhan penduduk. pengangguran. Migrasi masuk (imigrasi) yaitu masuknya penduduk ke suatu daerah tempat tujuan (area of destination) 4. Migrasi keluar (emigrasi) yaitu perpindahan penduduk keluar dari suatu daerah asal (area of origin) Permasalahan pertumbuhan penduduk di Indonesia adalah rata-rata laju pertumbuhan penduduk di Indonesia masih cukup tinggi. menjadi 201. tapi selalu mengarah pada manusia. irigasi.703. Persoalan Infrastruktur merupakan masalah yang menghambat investasi di Indonesia. dan peningkatan pendapatan per kapitan sulit direalisasikan. Saat ini laju pertumbuhan penduduk Indonesia memang cukup tinggi. pengurangan angka kemiskinan.8 persen penduduk Indonesia atau total 5. Jika ini tidak diatasi. lihat saja bagaimana prasarana air bersih.penduduk. maka 10 tahun lagi Indonesia akan mengalami ledakan penduduk. jalan raya. Angka pertambahan penduduk alami di Jawa lebih rendah daripada di luar lawa. dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.6 juta jiwa per tahun. Jika laju pertumbuhan penduduk meledak maka akan banyak memakan biaya triliunan rupiah untuk biaya pendidikan dan pelayanan kesehatan. dan lainnya. kesehatan ibu dan anak.242 juta jiwa pada Sensus 2000. sedangkan di sisi lainnya banyak pulau yang penduduknya relatif jarang.037 jiwa bertempat tinggal di provinsi yang berbeda dengan provinsi di mana mereka dilahirkan [lifetime migrants). Selain masalah penduduk yang terpadat ke-4 di dunia. Di satu sisi. Pulau Jawa mengalami kepadatan yang luar biasa.02 juta jiwa hasil pada Sensus 1961. sanitasi. dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. piramida penduduk yang banyak didominasi usia muda. ditambah perpindahan penduduk dari Jawa ke luar pulau yang lebih besar daripada yang masuk. populasinya telah berlipat dua kali lebih banyak yakni dari 97. Pengendalian jumlah penduduk adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengatasi . Dalam waktu yang relatif singkat ini. yang menjadi prasyarat pertumbuhan ekonomi masih sangat minim. Sehingga target untuk meningkatkan pendidikan. Pertumbuhan Penduduk di Indonesia dan Permasalahannya Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu. tingkat kesehatan. infrastruktur yang tidak merata. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies. kesenjangan pembangunan. yakni 2. Hasil studi migrasi dari hasil Sensus 1971 menunjukkan bahwa hanya ada 4. persoalan pengangguran memang menjadi problem yang belum tuntas hingga sekarang.

Membatasi pemberian tunjangan anak bagi PNS/ABRI hanya sampai anak kedua. mengenalkan alat-alat kontrasepsi kepada pasangan usia subur. c. Meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial b. Meningkatnya angka pengangguran (bagi mereka yang tidak mampu bersaing) d. Menetapkan Undang-Undang Perkawinan yang di dalamnya mengatur serta menetapkan tentang batas usia nikah. hal tersebut dapat terjadi jika sumber daya manusia yang ada merupakan sumber daya manusia yang berkualitas. Hubungan Kuantitas dan Kualitas Penduduk Dengan Kesejahteraan Hidup Manusia 1. Hal ini dapat mengurangi ledakan pertumbuhan penduduk yang dapat menimbulkan masalah di masa datang. a. jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu modal dasar pembangunan. b. Kuantitas Penduduk Masalah kependudukan Indonesia dalam hal kuantitas adalah masalah kependudukan dalam hal jumlah.pertumbuhan penduduk dengan mengurangi angka kelahiran. dengan cara memperkenalkan tujuan-tujuan program KB melalui jalur pendidikan. besarnya jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama di antara negara-negara ASEAN. maka banyaknya jumlah penduduk merupakan kendala dalam melaksanakan pembangunan. India. 1) Dampak a. Meningkatnya angka kriminalitas 2) Upaya Penanggulangan a. Karena itulah di negara kita diterapkan program KB (Keluarga Berencana) karena dinilai berhasil untuk menekan tingkat pertumbuhan penduduk. menempati urutan ke tiga di Benua Asia setelah RRC dan India. Karena kita ketahui bahwa kepadatan penduduk dapat menimbulkan masalah kemanusiaan dan lingkungan alam tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan manusia sehingga menimbulkan kelaparan. . serta menempati urutan ke empat dunia setelah RRC. Meningkatnya persaingan dalam dunia kerja sehingga mempersempit lapangan dan peluang kerja c.456. Mencanangkan program Keluarga Berencana (KB) sebagai gerakan nasional. Hal ini dikarenakan tingginya tingkat ketergantungan dari manusia yang tidak produktif terhadap manusia yang produktif. Sebenarnya. namun jika sumber daya manusia yang berkualitas tersebut jumlahnya terbatas.000 berdasarkan sensus penduduk tahun 2000). Jumlah Penduduk Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar (mencapai 203. Akan tetapi. Saat ini. dan menepis anggapan yang salah tentang anak. dan Amerika Serikat. maka tidak heran jika Indonesia dianggap sebagai pasar yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha.

b. serta untuk mengetahui penyebaran dan pusat-pusat kegiatan ekonomi maupun budaya. Mempermudah dan meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan. dan sebagainya yang terkadang keberadaannya dapat mengganggu ketertiban. Melaksanakan program pemerataan pembangunan dengan cara mendistribusikan perusahaan atau industri di pinggir kota (dekat kawasan pedesaan) di pulau-pulau selain Pulau Jawa. Informasiinformasi tersebut pada akhirnya akan digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan di tiap-tiap daerah.b. 2) Upaya Penanggulangan a. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan kemudahan dalam menjadi akseptor Keluarga Berencana. Meningkatkan wajib belajar pendidikan dasar bagi masyarakat. b.9% dari luas wilayah daratan Indonesia. 1) Dampak a. Informasi kepadatan penduduk tiap daerah perlu diketahui untuk mengetahui ada tidaknya gejala kelebihan penduduk (overpopulation). Pertumbuhan Penduduk Indonesia mengalami laju pertumbuhan penduduk. laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari periode ke periode cenderung mengalami penurunan. 2) Upaya Penanggulangan a. sehingga keinginan untuk segera menikah dapat dihambat. seperti pedagang kaki lima. pengamen. Munculnya kawasan-kawasan kumuh kota dengan rumah-rumah yang tidak layak huni. d. . 1) Dampak Permasalahan kependudukan yang ditimbulkan dari pertumbuhan penduduk memiliki kesamaan dengan permasalahan yang ditimbulkan dari banyaknya jumlah penduduk. jika diperhatikan. Melaksanakan program transmigrasi. Turunnya kualitas lingkungan. Terganggunya stabilitas keamanan. sehingga menyebabkan merebaknya sektor-sektor informal. Secara umum. dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Namun. Sulitnya persaingan di dunia kerja. b. tingkat kepadatan penduduk atau population density dapat diartikan sebagai perbandingan banyaknya jumlah penduduk dengan luas daerah atau wilayah yang ditempati berdasarkan satuan luas tertentu. Persebaran/kepadatan Penduduk Persebaran penduduk erat kaitannya dengan tingkat hunian atau kepadatan penduduk Indonesia yang tidak merata. c. c. c. Sekitar 60% penduduknya tinggal di Pulau Jawa yang hanya memiliki luas ± 6. untuk mengetahui pusat-pusat aglomerasi penduduk.

Perempuan 28.162.000 penduduk Urbanisasi : : 52% dari total penduduk : Tingkat Tahunan 3.968. Perempuan 78.1 tahun.c.136% Tingkat Kelahiran : 18. Perempuan 33. 2.271.335. Profil Demografis Indonesia Jumlah Populasi Struktur Usia : : 28% ( Laki-laki 34. Angka Kematian Bayi (laki-laki 34.93 kematian/1.97 kematian/1. 0 – 14 tahun 15 – 64 th 65 th ke atas 1. 3.000 kelahiran hidup) (perempuan 24.77 kematian/1. 8. Perempuan 7. 5.549. 1. Harapan Hidup .000 kelahiran hidup) 10.000 penduduk Tingkat Migrasi Bersih : -1. 2. 4.208 jiwa. 7. 9. PROFIL DEMOGRAFI INDONESIA A. 6.569 jiwa. Melengkapi sarana dan prasarana sosial masyarakat hingga ke pelosok desa.876 Jiwa ) : 240.6 tahun ( Laki-laki 27.000 kelahiran hidup Penduduk perkotaan Tingkat Urbanisasi 1. sehingga pelayanan kebutuhan sosial ekonomi masyarakat desa dapat dipenuhi sendiri dan dapat mencegah atau mengurangi arus urbanisasi. 4.3% perubahan : 29. 3.25 kematian/1.341 jiwa.207 Jiwa ) : 66% ( Laki-laki 79.522 Jiwa (Juli 2009) Median Usia total : 27.24 Migran (s)/1.918.1 tahun) Tingkat Pertumbuhan Populasi : 1.321 Jiwa ) : 6% ( Laki-laki 6. 5.84 kelahiran/1.337. 6.000 penduduk Angka Kematian : 6.

1 % : 5.4 % 15 tahun keatas bisa membaca dan menulis Laki-laki Perempuan : 90.Total Populasi Laki-laki Perempuan 11.76 tahun : 68.38 tahun : : 40.4% : 2. Melek Huruf : 70.7% : 2.3% : 2.26 tahun : 73. Agama Islam Protestan Katholik Hindu Lainnya 13. Suku Bangsa Jawa Sunda Madura Minangkabau Betawi Bugis Banten Banjar Lainnya 12.6% : 15% : 3.7 % :3% : 1.9% : 86.7% : 29.4% : 2% : 1.4 % : 94 % : 86.8 % .8 % : 3.

522 Pertumbuhan penduduk disetiap provinsi di Indonesia. besarnya pertumbuhan penduduk tidak selalu sama. terdapat perbedaan antara satu provinsi dengan provinsi yang lainnya.000 97.348 119. India.271. kematian. hal ini terbukti dari hasil sensus yang telah dilakukan beberapa kali di Indonesia.229 147.208. Indonesia berada pada urutan keempat di dunia dalam hal besarnya jumlah penduduk setelah RRC. Tabel 1.B.985. Pertumbuhan Pendudukan Indonesia Jumlah penduduk pada suatu negara selalu mengalami perubahan yang disebabkan oleh faktor kelahiran.490. C.Perkembangan Penduduk Indonesia Tahun 1930 – 2009 Tahun 1930 1961 1971 1980 1990 2000 2009 Jumlah Penduduk 60. dan migrasi atau perpindahan penduduk. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk .946 206.595 240.298 179.264.727. dan Amerika Serikat.378. Penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan sehingga jumlah penduduknya terus mengalami peningkatan.

penyebarannya pun tidak merata baik antar pulau maupun antar provinsi. 3. Faktor demografi meliputi tiga hal : 1. meningkat 93 jiwa per km2. Kepadatan Penduduk Indonesia Kepadatan penduduk di Indonesia terus mengalami peningkatan. Beberapa susunan penduduk. sedangkan kematian akan mengurangi jumlah penduduk. Migrasi masuk akan menambah jumlaah penduduk. antara lain : Susunan Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin . 4. dan pada tahun 2000 naik menjadi 106 jiwa per km2. yaitu faktor demografi dan nondemografi. Kepadatan penduduk di Indonesia mengalami peningkatan 76 jiwa per km2 pada tahun 1980. Migrasi (migrasi masuk dan migrasi keluar) Kelahiran akan menambah jumlah penduduk. 7.Jumlah penduduk dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu. D. 2. Kematian 3. Kelahiran 2. 5. Pertumbuhan penduduk dipengaruhi oleh dua faktor. yaitu bertambah atau berkurang. 6. Struktur Penduduk Indonesia Struktur penduduk berguna untuk program perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. sedangkan migrasi keluar akan mengurangi jumlah penduduk. Kesuburan tanah Bentuk lahan Iklim yang baik Pusat Pemerintahan Pusat kegiatan ekonomi dan industri Prasarana jalan Pusat pendidikan E. antara lain : 1. Migrasi adalah perpindahan pendudukdari satu daerah ke daerah lain. Faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk.

2 50.9 27.4 25.6 0. F.3 33.6 15.3 21 7.2 0.2 0.5 19. Susunan Penduduk Menurut Pendidikan Susunan penduduk menurut pendidikan adalah penggolongan penduduk berdasarkan jenjang pendidikan yang diperolehnya.8 1. Jenis-jenis migrasi antara lain : .4 DESA 13 30 36. Tabel 2.7 24.3 32. jumlah penduduk bertambah dengan cepat. apakah di desa atau kota. Jenjang pendidikan biasanya diklasifikasikan mulai dari yang tidak bersekolah sampai perguruan tinggi.4 15.Persentase Penduduk 10 Tahun Ke Atas Menurut Tingkat Pendidikan JENJANG PENDIDIKAN Tidak Sekolah Belum Tamat SD Sekolah Dasar SMP SMP+ SMA D1/D2 D3 D4/S1/S2/S3 KOTA 5.4 0. Migrasi dan Faktor Penyebabnya Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk.3 16.2 12. Susunan penduduk menurut tempat tinggal dapat dijadikan bahan perencanaan bidang pembangunan.Komposisi Penduduk Indonesia menunjukan bahwa jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari usia dewasa.7 Susunan Penduduk Menurut Lapangan Kerja/Usaha Susunan penduduk menurut pekerjaan menunjukan jenis usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatau daerah ke daerah lain.6 3.9 1.4 KOTA + DESA 9. Susunan Penduduk Menurut Tempat Tinggal Susunan penduduk menurut tempat tinggal dapat ditentukan menurut tempat tinggal penduduk bersangkutan.2 0.7 0.

Dari hal itu. Migrasi Nasional. Emigrasi 4. Migrasi musiman 6. Migrasi Internasional ada macam : 2. Faktor Politik 5. Pengaruh Pendidikan Terhadap Demografis Di daerah-daerah yang menjadi pusat pendidikan banyak didatangi penduduk yang ingin melanjutkan pendidikan sehingga kepadatan penduduk semakin meningkat. Kepadatan penduduk yang tidak merata. Faktor Keluarga KETERKAITAN DEMOGRAFIS TERHADAP PENDIDIKAN A. Faktor Kepentingan Pembangunan 8. Faktor Sosial 7. kurang menguntungkan dari segi pembangunan. masuknya suatu penduduk dari negara lain ke dalam suatu negara. Remigrasi 1. Faktor Tugas 10. Yogyakarta sebagai kota pendidikan banyak didatangi pelajar dan mahasiswa dari penjuru tanah air untuk melanjutkan pendidikan.1. Transmigrasi 3. Faktor Agama 6. Migrasi Internasional. Contohnya. Ruralisasi 5. Faktor Pendidikan 9. maka salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi kepadatan . Migrasi sirkuler Faktor-faktor penyebab terjadinyamigrasi : 1. Imigrasi 3. perpindahan penduduk dalam suatu negara. terdiri atas : 2. Faktor Keselamatan 3. Faktor Keamanan 4. ada daerah-daerah yang memiliki beberapa faktor yang menyebabkan penduduknya semakin cepat bertambah padat. Urbanisasi 4. Faktor Ekonomi 2.

kematian dan migrasi atau perpindahan penduduk.958. Pengaruh Struktur Penduduk Terhadap Pendidikan Struktur penduduk disebut juga komposisi atau susunan penduduk.000 jiwa. susunan penduduk sering dilakukan berdasarkan umur. KESIMPULAN Jumlah penduduk pada suatu negara selalu mengalami perubahan yang disebabkan oleh faktor kelahiran. Bila sumber daya manusia di negara tersebut kebanyakan pendidikan rendah. Dengan perencanaan tersebut diharapkan agar penduduk berumur 0-4 tahun itu kelak ketika memasuki usia sekolah akan dapat tertampung di sekolah dasar. kota yang ada di Indonesia. guru. Keterkaitan erat antara demografi dengan pendidikan sangat berperan penting. mereka ini akan memasukisekolah dasar.penduduk. survei ini dapat . jenis kelamin. Contoh :Golongan umur 0-4 tahun pada tahun 2004 berjumlah 20. karena dengan ketersediaan data demografi baik dari sensus. tempat tinggal dan sebagainya. yaitu migrasi yang terjadi karena ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jenjang pendidikan biasanya diklasifikasikan mulai dari yang tidak bersekolah sampai perguruan tinggi Susunan penduduk menurut pendidikan dapat menjadi pedoman kualitas sumber daya manusia pada suatu daerah atau negara. provinsi. Antara tahun 2007 sampai 2010. C. sarana prasarana yang harus disediakan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut.Susunan penduduk menurut pendidikan adalah penggolongan penduduk berdasarkan jenjang pendidikan yang diperolehnya. yaitu dengan pemerataan pendidikan sampai ke daerah pedalaman untuk mengurangi arus migrasi ke pusat-pusat pendidikan. Pertumbuhan penduduk tidak sama pada berbagai tempat. Banyak penduduk yang bermigrasi ke tempat lain karena program pendidikan yang diinginkan tidak ada ditempat tinggalnya sehingga dia bermigrasi ke tempat lain karena program pendidikan sesuai dengan keinginannya. Migrasi seperti ini tidak hanya terbatas di dalam negeri. agama. berarti kualitasnya juga rendah. begitu pula tiap daerah. Semakin besar jumlah penduduk. maka semakin besar jumlah sekolah. pendidikan. pemerintah sudah dapat merencanakan tambahan sekolah dan guru sekolah dasar yang diperlukan.Faktor-faktor demografi. Pengaruh Faktor Pendidikan Terhadap Migrasi Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi adalah faktor pendidikan. diantaranya melalui sensus penduduk. B. Untuk itu. mata pencaharian. survei maupun pencatatan kejadian-kejadian penting akan di jadikan dasar atau pedoman dalam perencanaan pembangunan bidang pendidikan. tetapi dapat pula ke luar negeri seperti mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri.

lingkungan mampu memberikan kesejahteraan dalam hidup manusia. kewajiban. pemeliharaan. KUALITAS LINGKUNGAN DAN PENDUDUK TERHADAP KESEJAHTERAAN 1. kewajiban. Lingkungan dapat memberikan sumber kehidupan agar manusia dapat hidup sejahtera. pengawasan. pemulihan. 23 1997 tentang Pengelolaaan Lingkungan Hidup yang mengatur hak. Lingkungan yang berkualitas pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi manusia. Pengelolaan lingkungan memiliki tujuan sebagai berikut: a. Hak. pengendalian. e. . Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup. Undamg-undang No. yaitu meningkatkan kesejahteraan. b. d. dan pengembangan lingkungan hidup. Mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya. Setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Hubungan Lingkungan dengan Kesejahteraan Berdasarkan uraian sebelumnya bahwa ada hubungan yang erat antara lingkungan dengan manusia. Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu dalam pemnafaatan. dan peran warga negara perihal pengelolaan ini. Hakikat pengelolaan lingkungan hidup oleh mansusia adalah bagaimana manusia melakukan berbagai upaya agar kualitas manusia meningkat sementara kualitas lingkungan juga semakin baik. Lingkungan hidup menjadi sumber dan penunjang hidup. Dengan demikian. penataan.memberikan gambaran yang lebih jelas untuk membantu dalam perumusan kebijakan misalnya menentukan besar anggaran untuk bidang pendidikan. Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana. Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. c. dan peran itu sebagai berikut: a. Melindungi negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Lingkungan memberikan makna atau arti penting bagi manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pembangunan pada dasarnya dilakukan oleh penduduk negara dan ditujukan untuk kebutuhan dan kesejahteraan penduduk yang bersangkutan. keterampilan. Setiap orang mempunyai hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sebagai modal dasar atau set pembangunan. Aspek kualitas penduduk. c. Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. etos kerja. Hubungan Kuantitas Penduduk dengan Lingkungan dan Kesejahteraan Di negara. 2. misalnya dengan pembangunan jalan-jalan raya yang bisa menghubungkan daerah-daerah yang sebelumnya . Setiap yang melakukan usaha dan/atau kegiatan berkewajiban memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan lingkungan hidup. dan kepribadian. penduduk merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Masyarakat mempunyai kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Dampak lingkungan hidup adalah engaruh perubahan pada lingkungan hidup yang diakibatkan oleh suatu usaha dan/atau kegiatan. b. Perubahan positif akibat kegiatan manusia terhadap lingkungan.b. Hal yang berkaitan dengan penduduk negara meliputi: a. e. perataan. mencakup tingkat pendidikan. Demikian pula makin meningkatnya upaya pembangunan menyebabkan makin meningkatnya dampak terhadap lingkungan hidup. Pertumbuhan penduduk akan selalu berkaitan dengan masalah lingkungan hidup. Mereka adalah subjek dan objek dari pembangunan negara. Setiap orang mempunyai hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. pertumbuhan. dan pertimbangan penduduk ditiap wilayah negara. Aspek kuantitas penduduk yang mencakup jumlah penduduk. d. Penduduk dengan segala aktivitasnya akan memberikan dampak terhadap lingkungan. Lingkungan hidup bisa berdampak positif dan negatif bagi kesejahteraan penduduk. tetapi juga merupakan pelaku pembangunan. persebaran. penduduk tidak hanya sebagai sasaran pembangunan.

Beberapa problema lingkungan hidup dewasa ini antara lain: 1. Bagi manusia. infeksi saluran pernapasan. Tanah longsor. dan lain-lain adalah contoh-contoh kegiatan yang menjadikan lingkungan memberi dampak positif bagi manusia. yang mencakup pencemaran udara. pencemaran tanah. diare. 6. Lingkungan sangat berkaitan dengan masalah ketahanan hidup (survival) manusia. pembuat bendungan. dan tipes. taman kota. dan kebakaran hutan. yaitu isu tentang HAM. Oleh karena itu. dan abrasi pantai. . Kerusakan lingkungan hidup memberi efek yang besar bagi kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Masalah kehutanan. penghijauan. Ketahanan hidup mat bergantung pada hubungan yang saling menopang dari lingkungan yang terdiri atas berbagai sistem yang menunjang keehidupan itu ataupun yang saling menyainginya. Pemanfaatan yang berlebihan oleh manusia menyebabkan daya dukung lingkungan berkurang sehingga keseimbangan tidak terjadi lagi. yaitu kerusakan lingkungan hidup. 3. penanaman turus jalan. seperti gatal-gatal. 5. Perubahan lingkungan sebagai akibat tindakan manusia tidak jarang memberikan dampak negatif. dan pencemaran suara. pengelolaan lingkungan pada hakikatnya adalah menciptakan keseimbangan hubungan antara manusia dengan lingkungan itu sendiri. Erosi dan Banjir. Pembuatansaluran air. Menipisnya lapisan ozon dan efek rumah kaca. seperti penggundulan hutan. 2. tetapi juga memberi resiko bagi kehidupan manusia. demokrasi.terisolir. Perubahan yang positif dari lingkungan tersebut tentu saja dapat memberikan keuntungan dan sumber kesejahteraan bagi penduduk. batuk. problema lingkungan pada dasarnya timbul kalau terjadinya ketidakseimbangan antar manusia dengan sumber-sumber yang ada dalam lingkungan. pencemaran air. pembalakan hutan. Kerusakan lingkungan hidup tidak hanya meniadakan daya dukung lingkungan itu sendiri. Kerusakan lingkungan hidup merupakan problematika besar yang dialami umat manusia sekarang ini. kekeringan. 4. isu tentang lingkungan hidup merupakan satu dari tiga isu global dewasa ini. Penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang buruk. dan lingkungan. Bahkan. Pencemaran (polusi) lingkungan.

dan pertikaian. persaingan (competition). 1996). Tanpa komunikasi tidak mungkin terjadi interaksi sosial. Akomodasi sebagai keadaan menunjukan kenyataan adanya keseimbangan dalam interaksi sosial. Interaksi sosial dapat terjadi apabila ada kontak sosial dan komunikasi. yaitu usaha mencapai kestabilan. 1. Akomodasi sebagai proses menunjukan pada usaha manusia untuk meredakan pertentangan. Manusia hidup berkaitan dengan lingkungan. tv. dan lainlain). Persaingan merupakan proses sosial dimana seseorang atau kelompok sosial bersaing memperebutkan nilai atau keuntungan dalam kehidupan melalui cara-cara menarik perhatian publik. akomodasi (accomodation). antara kelompok manusia dalam bentuk akomodasi. kerja sama. tulisan. Komunikasi bisa berbentuk lisan. atau simbol lainnya.PROBLEMATIKA LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA YANG DIHADAPI MASYARAKAT Lingkungan sosial merupakan wilayah tempat berlangsungnya berbagai kegiatan dan interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai serta terkait dengan ekosistem (sebagai komponen lingkungan alam) dan tata ruang atau peruntukan ruang (sebagai bagian dari lingkungan binaan/buatan). Kontak sosial merupakan usaha pendekatan pertemuan fisik dan mental. Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa kerja sama (cooperation). Pertikaian merupakan interaksi sosian di mana seseorang atau kelompok sosial berusaha memenuhi kebutuhannya dengan jalan menantang lawannya dengan ancaman atau kekerasan. baik fisik (alam dan buatan) maupun lingkungan sosial. Kerja sama sebagai segala bentuk usaha guna mencapai tujuan bersama. Pranata dalam Lingkungan Sosial Pranata sosial (dalam bahasa Inggris Istilahnya institution) menunjuk pada sistem polapola resmi yang dianut suatu warga masyarakat dalam berinteraksi (Koentjaraningrat. koran. 2. persaingan. Komunikasi merupakan usaha penyampaian informasi kepada manusia lain. Interaksi dalam Lingkungan Sosial Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis. yang menyangkut hubungan timbal balik antara perorangan. dan pertikaian (conflict). Kontak sosial dapat bersifat primer (face to face) dan dapat berbentuk sekunder (melalui media perantara. Pranata adalah suatu sistem norma khusus yang menata rangkaian tinakan berpola mantap guna . radio.

dan disorganisasi. Problema sosial menyangkut nilainilai sosial dan moral yang menyimpang sehingga perlu diteliti. maka problema sosial dapat diklasifikasikan sebagai berikut (Soerjono Soekanto. d. kenakalan anak. bahkan mungkin untuk dihilangkan. seperti wabah penyakit. dan konflik agama. seperti perceraian. amoral. 3. Problema sosial yang terjadi dan dihadapi masyarakat banyak ragamnya. seperti bunuh diri. kelaparan. Problema sosial karena faktor psikologis. . artinya perilaku itu didasarkan pada aturan-aturan yang telah ditetapkan. konflik ras. kejahatan. Sistem norma khusus dimaksudkan sebagai sistem aturan-atuaran.memenuhi keperluan yang khusus dalam kehidupan masyarakat. Problema sosial karena faktor ekonomi. dan pengangguran. Sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya. dan bersifat merusak. sakit jiwa. ditelaah. 1982): a. Problema dalam Kehidupan Sosial Problema sosial merupakan persoalan kareba menyangkut tata kelakuan yang abnormal. berlawanan dengan hukum. c. Problema sosial karena faktor biologis. b. seperti kemiskinan. diperbaiki. Problema sosial karena faktor kebudayaan.

Setiadi. dkk. 1973.aimoo. Elly. 2006.com/m/Artikel-Paper-Karya-Ilmiah-Makalah-Tugas-Akhir-TASkripsi-Tesis/DAMPAK-TEKNOLOGI-TERHADAP-KEHIDUPAN-MANUSIA-1-1221860.sijorimandiri. Rozy dan Tjiptoherijanto. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Fuad.net/sm/index. Emil. Elly M.scribd.php?option=com_content&view=article&id=4610:kasu s-manipulasi-nilai-ijazah-umrah-&catid=3:tanjungpinang&Itemid=2 http://airatezuka. Lingkungan Hidup dan Pembangunan.Referensi Setiadi. Prinsip-prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Honolulu.2006.blogspot.html http://www.com/doc/31759426/perkembengan-dan-penyalahgunaan-Ipa-Dan-Iptek Amsyari. Antologi Esei Ilmu-ilmu Budaya Dasar.com/2010/06/lagi-lagi-kasus-moral. Prijono. . Penduduk dan Pembangunan Ekonomi. 1981. Jakarta: Bina Aksara. Salim. Jakarta: Kencana Predana Media Group. M. Munir. Jakarta: Ghalia Indonesia.html http://www. Hawaii. 1985. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. http://kaltarabloggers. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. 1981. Padang: IKIP Padang.. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful