P. 1
BAGIAN – BAGIAN HARDWARE KOMPUTER

BAGIAN – BAGIAN HARDWARE KOMPUTER

|Views: 120|Likes:
Published by asriwanguci

More info:

Published by: asriwanguci on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Click to edit Master subtitle style ASRIWAN GUCI, S.

Kom

BAGIAN – BAGIAN HARDWARE KOMPUTER & FUNGSI MASINGMASINGNYA

6/4/12

Bagian Komputer tampak dari luar

6/4/12

Bagian Komputer secara keseluruhan

6/4/12

4. 3. 5.Bagian Komputer terbagi atas 3: 1. 2. Input Devices CPU & Memory Output Devices Backing Storage (Unit Penyimpanan) Periferal (Unit 6/4/12 .

Input Devices a) MOUSE ØAlat untuk mengarahkan dan mengontrol kursor pada layar monitor ØDICIPTAKAN PERTAMA KALI OLEH DOUGLAS ENGELBART(STANFORD RESEARCH INSTITUTE) ØNAMA PATEN PERTAMA KALI DARI MOUSE : “ X-Y Position For A Display System 6/4/12 .1.

 Berdasarkan konektivitas: ü ü ü Corded Mouse Wireless Mouse Bluetooth Mouse 6/4/12 .

QWERTY Keyboad pertama kali diciptakan oleh Christian Sholes tahun 1860-an pada mesin tik manual Keyboard pada PC pertama kali muncul pada IBM PC yang memiliki 84 tombol (AT Keyboard) dan digantikan oleh Advanced Keyboard yang memiliki 105 tombol ◦ ◦ 6/4/12 .b) ◦ KEYBOARD DEFINISI : Instrumen elektronik pada PC yang berfungsi untuk menginput perintah melalui sejumlah tuts/tombol yang tersedia.

Ø Keyboard Layout  Setiap desain keyboard didasarkan pada 3 hal : 1. Karakter/simbol yang paling sering digunakan 2. Tata bahasa dan kata dari setiap negara yang memakai 3. Fungsionalitas lainnya Lembaga-lembaga yang mengatur standarisasi layout keyboard: ECMA (European Computers Manufacturers Association) ISO (International Standard Organization) IBM (International Business Machine) 6/4/12 Ø ◦ ◦ ◦ .

Light Pen Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). c) 6/4/12 . dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam.

Joy Stick biasanya berbentuk tongkat. sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.  Joy 6/4/12 .Stick Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.

 Barcode Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. 6/4/12 .

Dari memori komputer selanjutnya. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. 6/4/12 . disimpan dalam harddisk.

kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.  Kamera 6/4/12 .Digital Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file.

6/4/12 . Mikropon dan Headphone Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

6/4/12 .  CPU terdiri dari dua bagian utama. unit kendali(control unit) dan unit aritmatik dan logika (aritmeticand logic unit) Gambar processor baik dari Intel maupun AMD.2. CPU  CPU (Central Procesing Unit) dianggap sebagai otak kompuer.  Control Unit : mengontrol operasi dan pada gilirannya mengontrol komputer (tempat pemroses aninstruksi-instruksi program).

TB = 1024 GB 6/4/12 . penomoran yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memory Ukuran KB =1024 Byte. MB = 1024 KB. disetiap kotak dapat menyimpan suatu data atau intruksi Tiap-tiap lokasi kotak tsb ditentukan oleh address.Memory  RAM RAM digunakan untuk menyimpan program dan data yang akan diproses CPU RAM dianalogikan sebagai kotak-kotak. GB = 1024 MB.

Dari atas ke bawah: DIP. SIPP. Tipe umum RAM •SRAM atau Static RAM •NV-RAM atau Non-Volatile RAM •DRAM atau Dynamic RAM •Fast Page Mode DRAM •EDO RAM atau Extended Data Out DRAM •XDR DRAM •SDRAM atau Synchronous DRAM oDDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2 oRDRAM atau Rambus DRAM Beberapa jenis RAM. DIMM. DDR DIMM. SIMM 72 pin. 6/4/12 . SIMM 30 pin.

 ROM(Read Only Memory) Dapat dibaca saja dan tidak dapat diisi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa Bootstap program dan BIOS Bootstap diperlukan untuk mengambil pertamakali OS dari disk atau HD (booting) Instruksi-instruksi yang adad alamROM disebut microcode atau firmware Firmware dapat diupdate 6/4/12 .

foto. Monitor komputer modern mampu menampilkan berbagai informasi misalnya text. icon. 6/4/12 . animasi dan lain sebagainya.3. Output Devices  Monitor Merupakan peralatan pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi pada layar. video.

 Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan. di atas kertas. 6/4/12 . baik berupa teks maupun gambar/grafik.

Non Impact Printer: Bekerja dengan cara menyemprot kertas Inkjet Printer Thermal Printer Electrostatic Printer 6/4/12 Thermal Transfer Printer . Impact Printer: Memakai pengetuk untuk mencetak bentuk yang diinginkan – Dot matrix printer – Daisy wheel printer – Thimble printer – Chain printer – Band printer – Drum printer  2.Bagian prnter Berdasarkan cara kerja:  1.

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan) disk Media penyimpan berkapasitas tinggi Terdiri dari platter yang berbentuk bulat yang menyimpan secara elektronis  Hard 6/4/12 .

6/4/12 .

Periferal (Unit tambahan) Disk Drive (ODD) Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD.  Optical 6/4/12 .5.

 Sound 6/4/12 . Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas. Ess.Card Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity) Contoh merk soundcard yang terkenal adalah Creative.

CARD VGA card merupakan bagian komputer. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. Tanpa VGA card.  VGA 6/4/12 . di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank.

yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard. 6/4/12  POWER .SUPPLY Power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini. Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin.

MOTHERBOARD  Komponen induk dari sebuah komputer ini memegang peran yang sangat penting dalam stabilitas kinerja komputer. spesifikasi motherboard sangat berpengaruh terhadap ketahanan memproses sebuah komputer. di bagian inilah seluruh komponen lainnya terpasang dan saling berkomnukasi antar bagian disini juga pengaturan seluruh kinerja komputer diatur. terutama bagi gamers ataupun designer yang lebih mengutamakan akselerasi 6/4/12 .

6/4/12 .

casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah. namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini. Bentuk yang umum adalah kotak persegi.CASING  Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Selain sebagai pelindung CPU. Karena biasanya. 6/4/12 .

soundcard dan lain-lain. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya. 6/4/12 . casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu. sehingga bagianbagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak. dari benturan dengan benda lain. seperti motherboard. terutama CPU. Sebagai pelindung. vga card.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->