BAB I

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG Secara umum drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau jalan, sehingga lahan dapat dapat difungsikan secara optimal. Menurut Dr. Ir. Suripin M, Eng (2004:7), drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Dengan data yang didapat mengindikasikan bahwa kota Depok khususnya Perumahan Pesona Khayangan Mini memerlukan dimensi dan perancangan drainase yang baik agar tidak mengalami banjir yang akan merugikan dari segi ekonomi dan kerusakan instalasi jalan. Maka penulis mencoba untuk menganalisa data curah hujan dan merancang sistem drainase serta pengolahan air limbah daerah tersebut.

1.2 PERMASALAHAN Sistem drainase dan pengelolaan air limbah merupakan sarana yang harus dimiliki oleh suatu kota. Tetapi sampai saat ini khususnya untuk daerah tertentu belum terdapat sistem drainase dan pengelolaan air limbah yang baik. Untuk membuat perencanaan sistem drainase dan pengelolaan air limbah di daerah ini direncanakan akan memanfaatkan sumber air yang ada yaitu air dari sungai. Karena air sungai yang ada dapat memenuhi persyaratan sebagai tempat pembuangan akhir drainase dan air limbah yang akan diolah di dalam bangunan-bangunan pelengkap sistem drainase dan pengolahan air limbah. Agar mencegah terjadinya banjir dan sumber air tidak tercemar maka diperlukan perencanaan sistem drainase dan pengelolaan air limbah yang baik dengan data curah hujan sebagai modal untuk mendapatkan analisa perhitungan perencanaan.

1

5 METODE PENULISAN Penyusunan Laporan tugas semester ini menggunakan beberapa sistem yaitu : 1) Membaca buku-buku literatur tentang subyek yang akan dikerjakan dalam Tugas semester ini baik yang terdapat dalam perpustakaan. khususnya di daerah Perumahan Pesona Khayangan Mini .1. ataupun sumber lain yang erat kaitannya dengan permasalahan Perencanaan Sistem drainase dan pengelolaan air limbah.3 TUJUAN Adapun tujuan dari tugas akhir semester ini adalah : 1) Tujuan secara umum adalah mahasiswa diharapkan dapat merencanakan Sistem Perencanaan drainase dan pengelolaan air limbah yang lengkap. Jakarta Selatan. Adapun masalah yang akan dibahas dalam sistem perencanaan drainase dan pengelolaan air limbah adalah : 1) Pencariaan peta wilayah 2) Penentuan layout pada peta wilayah 3) Penentuan node-node titik untuk menentukan ketinggian 4) Perhitungan data curah hujan 5) Perhitungan luas per area 6) Perhitungan debit 7) Perhitungan dan penentuan dimensi saluran drainase dan air limbah 8) Gambar-gambar detail dan bentuk penampang 1. 2 . baik dan sempurna. 2) Tujuan secara khusus adalah mahasiswa di harapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang di dapat dari Mata Kuliah Drainase Perkotaan dan Air Limbah ke dalam dunia praktis konstruksi yang sesungguhnya. Depok. 1.4 BATASAN MASALAH Dalam tugas ini Penyusun membatasi permasalahan hanya pada sistem perencanaan drainase di wilayah Jagakarsa.

3) Berkonsultasi dengan dosen pengajar yang bersangkutan dengan tugas akhir semester ini. 4) Melakukan tukar pendapat dengan rekan satu tim atau tim lain dalam mencari setiap solusi permasalahan pekerjaan dalam tugas akhir semester ini mengenai perencanaan sistem drainase dan pengelolaan air limbah. 3 .2) Mengikuti Mata Kuliah Drainase dan Air Limbah. yang langsung dibimbing oleh Dosen yang bersangkutan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful