Ini Dia Sumber-sumber Lemak Baik untuk Kesehatan

TRIBUNnews.com – Sen, 4 Jun 2012 08:58 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lemak! Mendengar kata itu sepertinya persepsi buruk langsung terlintas. Padahal lemak tidak selamanya buruk bagi tubuh. Karena bagaimanapun juga, konsumsi lemak tetap dibutuhkan sebagai sumber energi. Jenis lemak dalam makanan seperti, lemak trans, minyak terhidrogenasi, lemak jenuh dan beberapa minyak tropis, dapat menyebabkan ketidakseimbangan, peradangan kronis dan penyakit. Inilah jenis lemak yang harus dihindari. Sedangkan minyak zaitun, kacang, biji-bijian dan biji minyak, minyak nabati yang belum diproses dan minyak non terhidrogenasi adalah pilihan lemak terbaik yang harus Anda konsumsi setiap hari. Berikut ini adalah sumber makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda. 1. Alpukat Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena selain daging buahnya yang gurih, alpukat memiliki mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan. 2. Minyak kelapa murni Minyak kelapa dapat menjadi pilihan terbaik sebagai menu makanan penutup yang sehat. Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah diakui ampuh sebagi antibakteri, kaya akan vitamin K dan E dan zat besi. Beberapa riset bahkan mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu manajemen berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endokrin. 3. Ikan Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2. EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) adalah tipe asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan untuk mengurangi resiko irama jantung abnormal yang

Kenari misalnya. mengandung asam lemak omega-3 yang melindungi Anda dari ritme jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah. menurut hasil studi di University of Maryland Medical Center . almond dan kenari. 4.mengakibatkan kematian mendadak dan penyakit jantung. Orang yang makan kacang secara teratur berisiko lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang makan sedikit. menurut studi di Harvard School of Public Health.makanan yang mencakup satu ons kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang-kacangan atau polong-polongan Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang melindungi kesehatan Anda. Amerika Serikat (FDA) bahkan mengklaim." Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandungan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol baik. . Badan Pengawas Obat dan Makanan. Beberapa contoh jenis kacang yang mengandung omega 3 adalah kacang tanah. "makan. kacang merah.

MPH. RD.Tujuh Alasan Mengapa Tubuh Memerlukan Lemak Republika – Kam. 2. Berikut beberapa fakta menarik mengenai lemak. maka akan membuat bagian belakang. Tak perlu menghindari kacang-kacangan Kacang-kacangan memang mengandung lemak. Bahkan mengonsumsi karbohidrat berpati terlalu banyak. rasanya tidak adil. Ia juga berfungsi meningkatkan jenis kolesterol baik dalam tubuh yang disebut HDL. Tapi jika lemak terus dipandang buruk secara universal. organisasi kesehatan selalu mengkampanyekan untuk mengurangi atau menghindari lemak. dan mengapa tubuh memerlukannya.ID. mungkin saran tersebut tepat. Mengonsumsi lemak tak selalu membuat gemuk Banyak yang berpikir jika seseorang mengonsumsi lemak apa pun. konsumsi berlebih jenis makanan apa pun dapat menambah berat tubuh. 1.CO. lebih memungkinkan memicu tingkat insulin di dalam tubuh dibandingkan lemak. Untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan kronis. Tapi jenis kacang yang mengandung lemak tak jenuh tunggal justru baik untuk kesehatan. 26 Apr 2012 18:11 WIB     Email Cetak Related Content  Lihat Foto ilustrasi REPUBLIKA. dari hasil penelitian menunjukkan tak ada hubungan antara konsumsi kacang dengan berat badan. Menurut profesor terkemuka makanan dan gizi di Universitas Pudue Richard Mattes. Lemak selama ini memiliki reputasi buruk di dunia gizi. Selama beberapa dekade. Lemak jenuh bukan penjahat yang harus dihindari . Padahal yang benar adalah. 3. pinggul atau perut semakin berisi alias gemuk.

kekebalan dan membantu kesehatan kulit dan rambut. 6. Lemak juga meningkatkan metabolisme pada makanan. Sebab konsumsi makanan berlemak secara konsisten dan dalam jumlah banyak tentu dapat mempengaruhi penyakit jantung.Pernah dianggap penjahat. Sekitar 60 persen dari berat kering otak adalah lemak. makan salad dengan saus yang mengandung lemak dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang disebut karotenoid. banyak ahli kesehatan merekomendasikan untuk menghindari sumber lemak jenuh. Ekstra minyak zaitun tidak ideal untuk memasak Meskipun eksta minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. otak membutuhkan lemak. Sebuah label yang memuat tulisan 'tidak ada transfer lemak'. Gunakan minyak zaitun untuk dressing atau pengasinan sayuran dan daging. Namun kandungan gizinya dapat merusak pada suhu tinggi. Karotenoid ini penting untuk pencegahan penyakit. Padahal mengonsumsi beberapa lemak jenuh tak akan merusak kesehatan. Tak perlu mengukus semua sayuran untuk mendapatkan nilai gizi maksimal The American Journal of Clinical Nutrition memublikasikan penelitian yang menunjukkan. Jika Anda ingin memasak dengan minyak zaitun sebaiknya di suhu antara 200400 derajat fahrenheit. neuron sehat mengandung jenis lemak yang dikenal sebagai DHA. Padahal label komposisi tersebut juga perlu diperhatikan. Bahkan beberapa jenis lemak jenuh dapat menjadi bagian dari diet yang sehat. Salah satu sumber lemak jenuh yang sehat adalah ekstra virgin coconut oil. 4. . tak sepenuhnya bebas lemak Sayangnya. Asam laurat adalah stimulan kekebalan yang kuat dan dapat membantu mencegah penyakit. banyak produsen mencantumkan label komposisi makan dalam ukuran yang sangat kecil. Di antara fungsi lemak adalah. 5. Selain itu. Lemak memainkan peran penting dalam tubuh Lemak memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh. Tanpa lemak kita tak akan hidup. 7. Minyak kelapa jenis ini mengandung asam laurat yang hanya ditemukan di dalamnya dan di ASI ibu.

Buah dan Daging. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari 1. cenderung dikaitkan dengan lemak perut yang lebih banyak.7 persen dari waktu ke waktu. . Para peneliti pun berusaha mempelajari mengapa beberapa orang mempunyai lebih banyak lemak visceral dan menemukan serat sebagai salah satu kunci mengatasinya. Hasilnya. Makanan Wajib untuk Ibu Hamil TRIBUNNEWS. peserta penelitian yang makan lebih banyak serat mempunyai tubuh yang lebih sehat dan perut yang lebih kecil. Seperti peserta yang doyan makan makanan manis misalnya.Makan Sayur Tiap Hari Cegah Lemak di Perut TRIBUNnews. makan sayur setiap hari bisa menjadi kunci pencegahan tumbuhnya lemak perut.com – Rab.COM . Lemak perut atau lemak visceral mengelilingi organ internal dalam perut dan telah dikaitkan sebagai sumber berbagai penyakit kronis seperti diabetes. Beberapa faktor diet pun tampaknya memiliki efek pada tempat dimana lemak terakumulasi.100 pria dan wanita Hispanik dan Afrika Amerika selama lima tahun.Sebuah penelitian terbaru menyebutkan. Penelitian yang dilakukan di Amerika ini menunjukkan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dikonsumsi setiap hari membuat pertumbuhan lemak perut akan terhambat 3. 6 Jul 2011 03:36 WIB     Email Cetak Related Content  Lihat Foto Sayur. kemudian mereka diukur dari berbagai faktor seperti makanan serta tingkat olahraga dan merokok. penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Sebelumnya. Lemak Tersimpan di Pinggang Hingga 3 Jam Oleh Innes | ghiboo. karena belum jelas terlihat apakah konsumsi serat akan membantu mengurangi akumulasi lemak perut." jelas salah satu peneliti yang juga asisten profesor penyakit dalam di Wake Forest University Baptist Medical Center. namun masih beberapa ahli menyatakan penelitian lanjutan perlu dilakukan. para peneliti mempercayai bahwa proses tersebut membutuhkan waktu jauh lebih lama. tetapi apakah diet serat ini benar-benar membantu orang menurunkan lemak visceralnya adalah topik yang penting untuk penelitian di masa depan. "Makanan kaya serat memang membantu orang merasa kenyang lebih lama dan menawarkan kalori lebih sedikit. Lemak Tersimpan di Pinggang Hingga 3 Jam Ghiboo. Penelitian ini memberikan bukti mengapa makan banyak secara terus menerus dapat memicu bertambahnya lingkar pinggang seseorang. 16 Mei 2012 16:30 WIB     Email Cetak Related Content  Lihat Foto Setelah Makan. Setelah Makan. . tidak hanya mencegahnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak dapat tersimpan di pinggang selama 3 jam.com .Meskipun penelitian ini membawa sedikit harapan.Sebelum menyantap makanan berlemak yang dapat memanjakan lidah.com – Rab. Anda mungkin perlu mengetahui fakta berikut ini. Dr Kristen Hairston. New York.

lemak akan ditransfer ke bokong. Namun. 31 Mei 2012 22:30 WIB     Email Cetak Related Content  Lihat Foto .Peneliti dari University of Oxford tersebut melakukan analisis untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengkonversi lemak dari makanan ke jaringan lemak. hasilnya setara dengan 2-3 sendok teh lemak. "Kami menemukan bahwa setelah makan. Tiga atau empat jam kemudian." papar Profesor Fredrik Karpe dari University of Oxford. dikutip melalui The Telegraph (16/5).com – Kam. Karpe menambahkan bahwa jaringan lemak hanya tersimpan di sekitar pinggang dalam jangka pendek dan dapat digunakan sebagai energi selama melakukan olahraga. dan paha untuk disimpan dalam waktu jangka panjang. Untuk makan besar berisi 30 gram lemak. pinggul. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata orang menambah hingga tiga sendok teh lemak dan akan tersimpan di pinggang. sebagian besar lemak masuk ke dalam jaringan adiposa di sekitar pinggang kita. Pangkas Kalori Dengan Dua Kebiasaan Ini Oleh Innes | ghiboo. lemak makanan tersebut memasuki darah sekitar satu jam kemudian. jika seseorang terus makan secara berlebihan.

dan kelompok terakhir harus meningkatkan asupan buah dan memotong kebiasaan bermalas-malasan. "Orang bisa membuat perubahan sangat besar dalam waktu singkat dan tetap mempertahankan kebiasaan tersebut dengan baik.Pangkas Kalori Dengan Dua Kebiasaan Ini Ghiboo. ditambah meningkatkan aktivitas fisik. dilansir melalui Medicaldaily (31/5). Sekitar 86 persen peserta mengakui mengalami penurunan berat badan setelah menerapkan pola hidup sehat tersebut. kemudian membaginya menjadi empat kelompok.Tak perlu repot-repot mendatangi tempat fitnes. Hal ini jauh menunjukkan hasil yang baik dari yang kami duga sebelumnya. profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg of Medicine. Anda cukup dengan mengurangi waktu kebiasaan menonton TV dan makan lebih banyak buah. Kelompok ketiga harus mengurangi lemak dan meningkatkan aktivitas fisik. "Hanya dengan membuat dua perubahan gaya hidup ini akan memberikan efek besar dan orang tidak perlu kewalahan. Kelompok pertama diharuskan meningkatkan asupan buah dan sayuran. . Peneliti menemukan orang yang makan buah dan sayur serta berhenti menyantap kripik kentang sambil bermalas-malasan di sofa lebih mampu mempertahankan berat badan. Hasil ini didapatkan setelah peneliti merekrut 204 pasien berusia 21-61 tahun. kalori bisa berkurang tanpa disadari." tambah Spring." ungkap Bonnie Spring.com . Kelompok kedua harus mengurangi lemak dan kebiasaan bermalas-malasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful