PROPOSAL PROYEK AKHIR Aplikasi Modul Ajar Materi Enterpreneurship Berbasis Blender

Oleh : M. Haris Ardiyansah NRP. 7408.030.019

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2010

di seminar. Visualisasi animasi flash ini berbentuk 3 dimensi. Dengan begitu. Proyek akhir ini mempunyai tujuan untuk membuat mahasiswa tertarik akan menjadi Enterpreneurship muda. Blender . semua orang mendapatkan materi yang berbentuk sama sehingga banyak materi yang tidak bisa dipahami.ABSTRAK Selama ini modul ajar materi Entrepreneurship banyak sekali di internet. dengan begitu dengan mudah dipahamai isi dan makna tentang Enterpreneurship. Keyword : Modul ajar Enterpreneurship. dimengerti dan dipraktekkan untuk menjadi enterpreneurship. Aplikasi Modul Ajar Materi Enterpreneurship berbasis blender dengan tool blender merupakan modul ajar yang berisi tentang Enterpreneurship yang berbasis blender. dan pdf. Selain itu terdapat quiz dan metode-metode berdasarkan pengalaman yang menjadi Enterpreneurship sukses. karena materi ini dibuat dari tool blender maka yang dihasilkan akan lebih tampak 3 D. Dengan begitu banyak sekali tercipta lapangan kerja yang baru. dikampus yang mudah sekali di unduh dalam bentuk text. word.

tetapi juga ada modul berupa . serta memberikan pelajaran mahasiswanya mempunyai pengalaman untuk menjadi Enterpreuneurship. Dalam bidang kewirausahaan sendiri. Menanggapi kekurangan tersebut diatas. PENDAHULUAN Berkembang pesatnya Teknologi informasi di Indonesia. maka bisa juga tercipta enterpreneurship baru. Dari pengalaman itu banyak sekali cara-cara atau tips yang diberikan kepada pemula yang ingin menjadi Enterpreneurship. Mulai dari komunikasi. Dengan membuat Aplikasi modul ajar materi Enterpreneurship berbasis blender diharapkan mampu untuk mempermudah para pemula mengerti. hukum. berdampak dalam kegiatan kita dalam sehari-hari. Tidak hanya pemerintah yang berusaha menanamkan jiwa itu. tetapi masyarakat pun juga berusaha membantu dengan banyak sekali mengadakan seminar-seminar dikampus atau diluar yang bertema Enterpreneurship. bahkan dalam hal kewirausahaan. paham. Oleh karena itu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga berusaha untuk melakukan pencapaian tersebut dimana PENS memiliki komitmen mencerdaskan mahasiswa. Selain itu diharapkan juga. maka mulai sekarang pemerintah berupaya melaksanakan enterpreneurship di semua kalangan. Bahkan pemerintah juga berusaha memasukkan Enterpreneurship menjadi pelajaran tambahan bagi anak sekolah. Terciptanya pengalaman menjadi Enterpreneurship. mempunyai sifat etika yang luhur. tetapi menggunakan semangat kita untuk mempunyai ide-ide kreatif dan menarik. memberikan bantuan dana kemudian dikelola agar menjadi Enterpreneurship sejati. Ide tersebut bisa berkembang menjadi pekerjaan sehingga di Indonesia dapat mengurangi angka kemiskinan yang sementara ini masih tinggi. khususnya anak SMA. Mulai dari bangku SMP sampai dengan Kuliah. menjadi modul yang bermanfaat bagi semua kalangan kalangan. Padahal dalam hal kewirausahaan tidak perlu memerlukan hal yang khusus. menambahkan referensi yang selama ini modul hanya berbentuk bacaan. dan dapat sukses menjadi Enterpreneurship. di Indonesia masih kurang dimanfaatkan.JUDUL PROYEK AKHIR APLIKASI MODUL AJAR MATERI ENTERPRENEURSHIP BERBASIS BLENDER A.

simple. maka dibuthkan beberapa batasan masalah dalam antara lain : 1. yang mana kegiatan ini akan diadakan setiap tahunnya. BATASAN MASALAH Agar ruang lingkup proyek akhir ini tidak menyimpang dari tujuan proyek akhir. 3. PERUMUSAN MASALAH Dalam melaksanakan perencanaan dan pembuatan sistem yang akan dibuat pada proyek akhir ini. Materi dasar yang dibutuhkan seorang pemula yang ingin menjadi enterpreneurship sejati. selain itu juga untuk Modul Ajar untuk para pemula menjadi Enterpreneurship sukses. Materi yang diberikan dengan memberikan visualisasi yang digambarkan kehidupan sekitar 2. Membuat tampilan modul enterpreneurship yang menarik bagi semua kalangan. dibuat menggunakan blender. TUJUAN PROYEK AKHIR Tujuan proyek akhir ini adalah untuk semacam arsip hasil Enterpreneurship PENS-ITS di tahun depan. B. Bagamana cara memberikan inspirasi bagi semua kalangan sehingga bisa membuktikan bahwa dirinya menjadi enterpreneurship sejati C. 2. .gambar-gambar yang tidak membosankan. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan Kiat-kiat menjadi enterpreneurship. permasalahan yang ada adalah sebagai berikut : 1. dan dimengerti oleh semua kalangan. Dalam pembentukan model ajar enterpreneurship. Membuat isi modul ajar enterpreneurship yang mudah. 3. D.

KAJIAN PUSTAKA Pada tinjauan pustaka ini akan dibahas tentang teori – teori dan penelitian terdahulu yang menunjang dalam menyelesaikan proyek akhir ini. Ciri-ciri Manusia Kreative Invative.E.blender. Dikampus PENS-ITS sendiri juga sudah terlaksana banyak sekali peluang menjadi Enterpreneuship sejati. Banyak sumber belajar yang dapat dipakai.devilzc0de. Ciputra Enterpreneurship.1983 Ciputra. berkembang. http://forum.org Jalur entrepreneurship adalah sebuah pilihan yang dianggap potesial untuk dikembangkan. Ini dapat menjadi dorongan yang luar biasa Hal yang dipelajari mahasiswa akan menjadi sangat kongkrit dan dapat dilihat sehari-hari. dan mandiri. 2010 Http://en. Kiat menjadi Enterpreneurship sejati. Mereka telah memberikan banyak kontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa dan memberikan lapangan kerja Kalau sekolah dapat membentuk mindset seperti ini dalam generasi muda. Roe and Raudsep. Banyak hal lain yang menarik dan dapat dipelajari dari karakter dan skills seorang entrepreneur seperti keberanian mengambil resiko. http://www. diharapkan mereka sedikit demi sedikit akan berpikir untuk mandiri dalam bidang ekonomi juga. kemampuan berkomunikasi. 3. banyak fakta di sekitar mahasiswa tentang tokoh-tokoh entrepreneur yang telah banyak memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi dan sosial. Karakter dan skills seperti itu sangat penting untuk dipelajari dan diaplikasikan di semua bidang di era sekarang.org 5. 2.wikipedia. strategi mengatasi masalah. Pembelajaran menjadi sebuah proses interaksi yang menarik antara realitas yang ditemukan dengan siswa yang belajar.org/ 4. cara menangkap dan mengeleloa peluang. AS. Entreprenur mempunyai spirit dan jiwa yang terus ingin tetap maju. seperti kegiatan PKM merupakan secara tidak langsung peluang mahasiswa menciptakan lapangan kerja sendiri meski masih . Beberapa penunjang pada proyek akhir ini adalah sebagai berikut : 1. cara mengubah ide menjadi sebuah rencana.

METODE PROYEK AKHIR Metodologi yang dipakai pada proyek akhir ini adalah sebagai berikut : 1. Studi literatur Pada tahap ini dilakukan studi literatur terhadap konsep dan metode yang digunakan. makanan. disini banyak sekali menciptakan lapangan kerja mulai dari bidang teknologi. Pengumpulan Data Pada tahap ini dilakukan pengambilan data dengan banyak mengikuti seminar tentang Enterpreneurship. Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource. modul ini juga berguna mensukseskan acara PMW yang ada di PENS-ITS.dibidang teknologi. bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Sehingga modul ajar ini bisa dikemas dengan cara sendiri. maka banyak juga mempunyai pengalaman yang bisa di jadikan modul ajar. Dengan banyak sekali mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. F. G. serta pembelajaran tool blender 3 D 3. Tidak hanya itu ada juga program yang baru tahun kemarin dilaksanakan yaitu PMW. 2. dan pengumpulan data-data mengenai Enterpreneurship. salah satunya dengan menggunakan Blender. Perancangan sistem Diagram di bawah ini merupakan desain sistem yang akan dibangun dan merupakan rancangan sistem dalam proyek akhir ini : . Selain itu. browsing materi dari internet. garment.dan dimana penulis juga mengikuti acara tersebut. KONTRIBUSI PROYEK AKHIR Hasil dari proyek akhir ini diharapkan dapat membantu mahasiswa PENSITS menjadi kreative dan Enterpreneurship sukses.

serta hasil analisa. Pengujian dan Analisa Setelah pembuatan modul ajar ini dibuat maka selanjutnya dilakukan uji coba dan analisa yang kemudian mengetahui sejauh mana hasil modul ajar materi enterpreneurship. . II. Pembuatan Laporan Membuat dokumentasi dari semua tahapan proses diatas berupa laporan yang berisi tentang dasar teori. 5. s/d selesai Output : Tampilkan materi yang dipilih Tampilkan pada user 4.Start Dokumentasi Materi Entrepreurship Input data Pemilihan Materi I. hasil proyek akhir.

003 Teknik Informatika Sistem Informasi 2. PERSONALIA PROYEK AKHIR 1. JADWAL PELAKSANAAN NO 1 2 3 4 5 6 7 8 KEGIATAN Studi literature Pengumpulan data Perencanaan Modul Penyusunan Proposal & Ujian TPPA Pembuatan sistem & Melakukan Pengujian Penyempurnaan Modul Ajar Penyusunan Buku Ujian & Seminar TA 6 7 8 9 BULAN KE10 11 12 1 2 3 4 5 6 7 I. Dosen Pembimbing 1 Nama Gelar NIP Jurusan/Program Studi Bidang Keahlian 3.Kom 19801226.Kom. Haris Ardiyansah : 7408.H. Mahasiswa • • • • • • Nama Lengkap NRP Jurusan Tempat.OCA .1. Dosen Pembimbing 2 Nama Gelar : : Rengga Asmara S. 31 Juli 1989 : Islam : Laki-laki Khalid Fathoni S.019 : Diploma III – Teknik Informatika : Surabaya.200812.030. Tanggal Lahir Agama Jenis Kelamin : : : : : : M.

1983 Http://en.000 450. 2.org/ http://forum. Kiat menjadi Enterpreneurship sejati. Ciri-ciri Manusia Kreative Invative.wikipedia. 5. DAFTAR PUSTAKA 1. AS.000 35.000 10.000 20. 1. Tinta Uraian Jumlah 2 1 rim 1 rim 5 1 3 Harga ( Rp. 3 4.000 695. ) 80.000 3. 4.000 35. Ciputra Enterpreneurship. 2010 2.000 Kertas A5 HVS 80 gram Kertas A4 HVS 80 gram Jilid Internet CD dokumentasi TOTAL PENGELUARAN J.org Ciputra. Roe and Raudsep.000 Total ( Rp.000 20. 5. ) 40.000 450. 3. 6.devilzc0de.000 20.org http://www. .000 100.blender. PERKIRAAN BIAYA PROYEK AKHIR No.NIP Jabatan Fungsional Jurusan/Program Studi Bidang Keahlian : : : : 198105082005011002 Dosen Teknik Informatika Database I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.