1.

Tugas seorang Account Executive dari sebuah stasiun televisi antara lain adalah menawarkan produk pada klien, memperluas hubungan baik dengan banyak perusahaan dan klien, membuat tulisan advertorial, proposal, re-white, persentasi ke klien, meyakinkan klien mengajaknya kerja sama dan sebagainya. Langkah-langkah yang akan saya lakukan pertama kali adalah mencari tahu keinginan dari klien, mengadakan pertemuan, menyatukan pandangan dan melakukan diskusi mengenai format acara juga biaya yang akan dikeluarkan. Setelah ada kesepakatan dengan klien, saya akan menghubungi divisi-divisi lain yang sekiranya akan terlibat dalam program tersebut. Seperti koordinasi dengan divisi produksi, membuat perkiraan biaya produksi juga format acara. Setelah itu saya akan berkoordinasi dengan tim programming untuk menyusun jam tayang yang sesuai untuk menayangkan program tersebut. Setelah koordinasi dengan divisi perusahaan, saya akan kembali menghubungi klien saya untuk kembali membicarakan hasil koordinasi tersebut. Koordinasi dari kedua belah pihak telah dilakukan, saya akan segera membuat sales plan agar bisa menentukan harga blocking time, paket penjualan yang sekiranya akan menarik perhatian dari klien sehingga kerja sama segera tercipta. Sales plan selesai, saya akan mempresentasikannya dihadapan klien sampai tercapai kesepakatan bersama. Apa saja yang menjadi keuntungan dan kelebihan yang mereka akan dapatkan, iklan apa saja yang boleh tayang selama program itu berlangsung dan sebagainya. Setelah muncul kesepakatan, saya akan segera berkoordinasi dengan divisi lain untuk segera menyiapkan persiapan yang telah dibicarakan sebelumnya. Membuat sebuah acara seperti yang diinginkan oleh klien. Mulai menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, mulai dari set panggung, pengisi acara sampai dengan susunan acara program tersebut. Selama persiapan dilakukan, tidak lupa saya akan terus menghubungi dan berusaha untuk tetap menjaga komunikasi dengan klien, selalu memberikan kemajuan dan perkembangan dari program yang akan dilaksanakan ini. Memantau perkembangan ataupun perubahan yang terjadi selama persiapan program berlangsung. Pengiklan dibutuhkan untuk mengisi slot TVC program, jadi selama menyiapkan program, saya juga terus melakukan konformasi serta koordinasi dengan para pengiklan, untuk para pengiklan yang sebelumnya sudah disiapkan slot, apakah bersedia jika tayang

divisi progmming. Perkiraan jam tayang pada saat prime time. Divisi marketing and promotion akan Divisi produksi Divisi programming Divisi teknis 3. sampai pasca produksi. saatnya on air disiarkan secara nasional pada jam tayang yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu semua. divisi produksi. Divisi yang akan terlibat dalam proyek ini adalah divisi marketing and promotion. Kesepakatan dengan pengiklan juga harus disetujui oleh klien yang mengajukan program. pukul 20. dari kelompok A-B. divisi keuangan akan memberikan laporan dan saya akan menyampaikan tagihan serta biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi tersebut ke klien.00 sehingga rate card yang berlaku adalah Rp 25 juta. Pasca program ditayangkan saya dan tim saya segera membuat laporan mendetail mengenai pra. apa-apa saja yang sudah kami lakukan untuk program tersebut. 2. produksi. Program launching otomotif. target audience male. Rincian biaya: Biaya TVC = 20% × 60 menit = 12 menit = 24 spot iklan = 1 segmen (8 spot) - Biaya Produksi : o Talent (MC) = Rp 20 juta . Pengiklan yang mengisi slot tidak boleh merupakan saingan dari klien saya karena akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Persiapan telah matang.pada program ini atau ingin dipindahkan pada jam yang berbeda dan untuk pengiklan yang baru saja memasukan tawarannya akan segera disesuaikan dan diatur. laporan ini akan saya sampaikan kepada kantor agar bisa didata dan dievaluasi. serta divisi teknis. selain itu akan terkesan saling menjatuhkan.

o Band-band pengisi acara = o Alat produksi : -lighting -soundsystem -property -make up -wardrobe -grafis -set dan set building -logistik -souvenir -biaya broadcast .