STANDAR KOMPETENSI: Memahami buku biografi novel dan hikayat KOMPETENSI DASAR terjemahan dengan hikayat : Membandingkan unsure

intrinsic dan ekstrinsik novel Indonesia/

Novel merupakan karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekitarnya serta menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Biasanya, cerita dalam novel dimulai dari peristiwa atau kejadian terpenting yang dialami oleh tokoh cerita, yang kelak mengubah nasib kehidupannya Ciri-ciri novel : 1. Terdiri atas jumlah halaman yang cukup banyak 2. Dibangun oleh unsure intrinsic dan ekstrinsik 3. Menyajikan permasalahan lebih terperinci jika dibandingkan dengan cerpen

Hikayat adalah jenis prosa, cerita Melayu Lama yang mengisahkan kebesaran dan kepahlawanan orang orang suci di sekitar istana dengan segala kesaktian, keanehan, dan mirip cerita sejarah atau membentuk riwayat hidup. Ciri – ciri hikayat : 1. Sebagian besar berupa sastra lisan (disampaikan dari mulut kemulut) 2. Anonim (tidak dikenal nama pengarangnya)3. 3. Komunal (hasil sastra yang ada dianggap milik bersama) 4. Statis (tidak mengalami perubahan atau perkembangan) 5. Tidak berangka tahun (tidak diketahui secara pasti kapan karya tersebut dibuat) 6. Istana sentris/kraton sentries kehidupan raja-raja dan kaum kerabakarakter tokoh – tokoh dalam ceritanya).

Latar Latar adalah tempat . Alur Alur merupakan pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat 3. . Tema Tema adalah inti atau ide pokok sebuah cerita 2. Unsur – unsur intrinsik 1. Amanat Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui kkaryanya itu  Unsur – unsur ekstrinsik Unsur ekstrinsik adalah unsure yang berada di luar karya sastra itu. Penokohan Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokohtokoh dalam cerita 4. Sudut pandangsudut pandang adalah posisi pengarang atau narator dalam membawakan cerita 6. waktudan suasana terjadinya perbuatan tokoh atau peristiwa yang dialami tokoh 5.

Buku itu sangat misterius karena saat ditulisi oleh Harry.Contoh Novel Terjemahan Harry Potter and the Chamber of Secrets Harry Potter menghabiskan liburan tahun pertama sekolahnya bersama bibinya Petunia. Suatu hari.teman mencoba mencari jawaban dari misteri ini. salah satu pendiri sekolah-Salazar Slytherin yang tidak sependapat dengan ketiga pendiri lainnya mengenai pelajar muggle (pelajar bukan keturunan penyihir) membuat sebuah kamar yang berisi sebuah monster untuk menghabisi para muggle di sekolah. Alasannya jelas diketahui Harry setelah hal-hal aneh terjadi di Hogwarts. Harry menemukan sebuah buku harian di kamar mandi Myrtle. seorang pelajar dari asrama Slytherin yang kelihatan sangat senang atas peristiwa ini. ia mendapat peringatan agar tidak kembali ke sekolah di tahun keduanya oleh peri rumah bernama Dobby. lalu Harry dan teman. buku itu menjawabnya dengan tulisan si pemilik buku sebelumnya. Harry dan teman. Lima puluh tahun yang lalu kamar itu pernah terbuka dan seorang gadis meninggal. bahkan saat Harry sudah kembali bersekolah. paman Vernon. . Menurut legenda. Ia membenci paman. Kamar rahasia telah dibuka lagi. tetapi ia tetap diijinkan Albus Dumbledore untuk tinggal di Hogwarts. Ia melihat Hagrid dituduh sebagai penyebab kejadian itu dan dikeluarkan dari sekolah. bibi. Sekarang. Hermione mencari segala petunjuk di perpustakaan. Seorang keturunan Slytherin menulis ancaman di depan kamar mandi perempuan yang rusak bertahun-tahun karena hantu Myrtle Merana.temannya mencurigai Draco Malfoy. Ternyata buku harian itu milik Tom Riddle. dan sepupunya seperti mereka membenci Harry. beberapa pelajar ditemukan dalam keadaan membatu. dan sepupunya Dudley Dursley. Harry tidak menghiraukan itu tetapi si peri melakukan segala cara agar Harry tidak pergi ke sekolah. waktu di mana kamar rahasia pernah terbuka. ia membawa Harry ke masa lampau. seorang pelajar lima puluh tahun yang lalu. Ia sering mendengar seseorang berbicara ingin membunuh.

seekor ular raksasa yang paling beracun dan sorotan matanya dapat membunuh seseorang. burung phoenix milik Dumbledore. Harry dan Ron pergi ke kamar itu untuk menyelamatkan Ginny dan Harry menemukan Tom Riddle di sana. karena ternyata ia adalah seorang parselmouth. Suara-suara misterius yang sering ia dengar akhir-akhir ini adalah suara Basilisk dan ia dapat mendengarnya.Tetapi ia ditemukan dalam keadaan membatu dengan sebuah kertas di genggaman tangannya yang berisi semua jawaban dari misteri ini. Semua masalah diselesaikan oleh Harry Potter dan semua senang karena ujian ditunda sebagai hadiah dari sekolah. Harry membunuh monster itu lalu ia menghancurkan buku harian Riddle dengan menancapkan taring Basilisk ke dalamnya. Ternyata ia adalah Lord Voldemort yang menggunakan Ginny untuk mengeluarkan Basilisk. Monster yang tinggal di dalam kamar rahasia adalah Basilisk. Ramuan untuk mereka yang membatu telah selesai dibuat oleh para guru Hogwarts dan mereka kembali normal. seseorang yang berbicara bahasa ular. Dengan pedang Griffindor yang dibawa oleh Fawkes. .

penakut : Ia takut saat Harry mengajaknya ke hutan terlarang dan bertemu dengan labalaba raksasa 6. pintar : Ia bisa membuat ramuan untuk merubah wajah dan juga menemukan jawaban dari semua misteri yang ada Ron. Kamar mandi. Amanat : Jangan pernah menyerah untuk menyelesaikan suatu masalah. lalu Harry mencari tahu tentang suara itu berasal (alur maju) 3.Unsur Intrinsik : 1. 2. Perwatakan : Harry. Sekolah Hogwarts Menakutkan : Ketika Harry mendengar suara yang ingin membunuhnya Menegangkan : Ketika Harry melawan Ular raksasa 5. pemberani : Ia melawan Lord Voldemort seorang diri Hermione. Tema : Alur : Keberanian Alur Campuran Harry masuk ke dalam buku milik Tom Riddle yang ia temukan. lalu ia ditunjukkan kembali kisah terbukanya pintu kamar rahasia lima puluh tahun yang lalu (alur mundur) · Harry mendengar suara-suara gaib “I want to kill you” yang hanya bias didengar olehnya. karena setiap masalah pasti dapat diselesaikan. Unsur Ekstrinsik : Nilai persahabatan sahabatnya : Untuk memecahkan misteri ini Harry dibantu oleh kedua . Setting Suasana : : Tempat : Rumah. Kamar. 4.

Nilai keberanian dari Voldemort seorang diri : Dengan keberaniannya. Harry menyelamatkan Ginny .

Los – los pasar kasan ngali roboh – roboh! Tidak ada badai . Sekarang pasarnya sudah bersih. Belum habis mereka menebak – nebak. Ia menatap buruh itu satu – satu. Paijo mengelilingi pasarnya. membiarkan papan nama itubterbujur. Kembali ke pasar lama! Mereka tidak mau kena perkara. Di seberang jalan. Muka kasan ngali pucat sedikit. Kasan ngali hanya mengawasi saja. paijo berdiri keheranan pula.Contoh Novel Indonesia Pasar Pagi hari buruh kasan ngali dikejutkan papan nama Bank Kredit tergeletak di tanah. Mereka mengerumuni . ia berpikir. orang – orang pasar di pekarangan itu pun ramai pula. Papan nama itu masih juga tergeletak. Para pedagang yang kehilangan los. menantikan kasan ngali bangun dan bersiap – siap. Tidak ada yang bisa berbuat. “saya tempeleng. Tidak seorang pun tahu.” “jotos!” “patah tangannya!” namun mereka tidak berani dengan terus terang menuduh paijo. lalu pergi ke pasar lama diseberang. Tetapi laki – laki itu sudah bersembunyi dirumah dalam . Dan mereka diam. Dilihatnya juga pedagang yang dating dari pasar baru di seberang. Orang – orang yang sedang membeber dagangan di perkarangan itu diusir. Buruh – buruh kasan ngali menegur mereka. Buruh – buruh itu masih belum bergerak. tidak ada topan! Pasti tangan orang yang ingin pendek umurnya. Lalu dengan suara keras mereka omong. Belum jelas bagi mereka. Mereka melihat juga paijo berdiri di sebelah jalan. Mereka ingin tahu bagaimana sikap kasan ngali. buruh – buruh itu hanya berdiri saja. Ia melihat orang berjalan dengan dagangan ke pasar lama. siapa orangnya. Mereka mengangkat bahu. Bahwa itu memang keputusan kasan ngli. Mencari urusan dengan orang – orang konyol tidak ada gunanya. Mereka pun bubar. Lalu pergi. Mereka memprotes. Tidak tampak terkejut. tidak peduli lagi dengan pasar seberang jalan. Bayangan mereka ialah majikannya itu akan marah sejadi – jadiya. Pura-pura tidak tahu saja. Mereka bekerja juga. Kesabarannya akan membawa hasil pak mantri semakin benar di . Dan tidak tahan mendengar omongan itu tukang karcis menyingkir. Majikan harus diberi tahu.

Sebagian orang telah kembali ke pasar lama. Gaya bahasa Gaya bahasa tradisional 6. Dan setiap jalan melintas orang akan terdengar kelinting ringan dari sakunya. Kasan ngali sedang memarahi orang yang berderet antre. Mereka sedang menantikan giliran untuk mendapatkan kredit dari Bank Kredit. Alur cerita Dalam nonel pasar ini alur yang digunakan adalah alur maju 5. Paijo mendengar lagi bunyi uang itu. Unsur intrinsik 1. Mereka yang antre itu membubakan diri.genting – genting sudah tidak pecah. los – los terpelihara. Orang tua itu telah banyak mengajarnya.matanya. mulutnya tidak lagi kelu. Ia tidak ragu –ragu lagi. Uang logam yang terguncang – guncang. bayar dan dibayarlah. Dan juga mereka yang dulu pindah ke pasar kasan ngali telah membayar kembali uang karcis. Pasar bersih. Tokoh dan perwatakan Kasan ngali : tidak mau dikalahkan Paijo : sang penarik karcis. pasar sudah bersih dari sampah. tetap bersikap tenang dalam keadaan apapun Pak mantra 3. Sementara itu diliriknya rumah kasan ngali. Sudut pandang Sudut pandang yang dgunakan adalah sudut pndang orang ketiga . Keberuntungan itu dimulai dari menghormati diri sendiri dan pekerjaan. Tangannya tidak lagi kaku. Dan di toko itu terjadi keributan. kantor dikapur putih. Kantor sudah putih kapurnya. Pasar itu sudah selesai. Latar Dalam novel pasar ini berlatar pasar 4. Malu juga mendapat umpatan macam itu. Tema cerita Tema cerita dalam novel pasar karya kuntowijoyo adalah perjuangan kaum pedagang dan pengisi pasar 2.

. Tidak boleh berburuk sangka atas kejadian yang dialaminya. Usaha untuk menyampung hidup harus tetap dilakukan bagaimanapun keadaannya. Kuntowijoyo adalah peneliti sosial Indonesia yang cukup dikenal. Unsur ekstrinsik Bahwa novel pasar berhubungan dengan kuntowijoyo yang dekat dengan kehidupan sosial.7. Harus bersikap berbagi dengan orang lain. Amanat a. c. b.

Maka dengan berat hati dan rasa haru disuruhnya mereka pergi selama-lamanya. . Ketika Maharaja Indera Angkasa akan mengetahui peruntungan putra-putrinya. Tak lama kemudian putra-putrinya itu negeri puspa Sari musnah terbakar. tetapi ditolak oleh istrinya.ketika mencari api ke kampong karena disangka pencuri. pulangnya mmbawa mempelam dan makanan-makanan yang lain. Ramalan palsu para ahli nujum itu membuat sedih Maharaja Indera Angkasa. Si miskin itu berganti nama menjadi Maharaja Indera Angkasa dan istrinya bernama tuan putri Ratna Dewi. Setelah genap bulan kandungannya itu. Makaramah dipukuli orang banyak kemudian kemudian di lempar ke laut.Contoh hikayat HIKAYAT SI MISKIN Karena sumpah Batara Indera. yang pada akhirnya menjadi istri putra mahkota itu dan berganti nama menjadi Myang Mengurai. pergilah si miskin menghadap si raja memohon mempelam. dicarilah ahliahli nujum dari negeri Antah Berantah. Nila Kusuma kemudian bertemu dengan Raja Mangindera Sari. Istrinya menyambut dengan tertawa-tawa dan langsung dimakannya mangga itu. Si miskin laki-bini denga rupa kainnya seperti dimamah anjing itu berjalan mencari rezeki berkeliling di negeri Antah Berantah di bawah pemerintahan Maharaja Indera Dewa. lahirlah anak yang pertama laki-laki bernama Mahakarmah. Si miskin pergi ke pasar. tetapi si istri menjadi-jadi tangisnya. Si miskin menyatakan keberatannya untuk menuruti keinginan istrinya itu. seorang raja keinderaan beserta pemaisuri dibuang dari keinderaan sehingga sangsara hidupnya.dengan hati yang sebal dan ketakutan. Dia bernama si miskin. mengiginkan makan mangga yang ada di taman raja. negerinya diberi nama puspa Sari. Setelah diperoleh setangkai mangga kemudian ia pulang. Pada saat istri mengandung tiga bulan. Ke mana mereka pergi selalu diburu dan diusir oleh penduduk secara beramai-ramai degan disertai pengniyaan sehingga menngislah si miskin berdua itu dengan sangat lapar dan dahaga. Atas bujukan jahat dari raja Antah Berantah oleh para ahli nujum itu dikatakan bahwa Makaramah dan Nila Kesuma itu kelak hanya akan mendatangkan celaka saja bagi orang tuanya. Tak lama kemudian lahirlah anak yang kedua seorang perempuan bernama Nila Kesuma .

Karena cerita Nenek kebayan mengenai Putra Raja Mangindera Sari menemukan seorang putrid di bawah pohon beringin yang sedang menangkap burung. Marakarmah pergi ke negeri mertuanya yang bernama Maharaja Malai Kisna di Mercu Indera dan menggantikan mertuanya itu menjadi sultan.ikan nun terdampar di dekat rumah Nenek Kebayan. kemudian dia ditelan oleh ikan nun yang membuntuti kapal itu ke palinggam cahaya. Pada saat berada di kapal. yang menyebabkan ia dapat bertemu kembali dengan suaminya itu. Dengan kesaktiannya diciptakan kembali kerajaan Puspa Sari dengan segala perlengkapannya seperti dahulu kala. Negeri Antah Berantah dikalahkan oleh Makaramah. ia terus Hnyut dan akhirnya terdampar di pangkalan raksasa yang menawan. Maka ditemuinyalah. Makaramah menjadi anak angkat Nenek Kebayan yang penghidupannya berjualan bunga. timbul birahi nahkoda kapal itu kepada cahaya khairani maka didorongnya Makaramah ke laut. yang kemudian dirajai oleh Raja Bujangga Indera.rangkaian bunga Makaramah itu dikenal oleh Cahaya Khairani . Mangindera Sari menjadi raja di palinggam Cahaya. Ketika cahaya Khairani berjalan-jalan ditepi pantai dijumpai Makaramah dalam keadaan terikat tubuhnya. tahulah Makaramah bahwa putri tersebut adiknya sendiri.Adapun nasib Makaramah di lautan. Makaramah dan cahaya khairani berusaha lari dari tempat raksasa denga menumpang sebuah kapal. . Akhirnya . Kemudian ia lepaskan tali-talinya dan diajak pulang.