Prediksi ini disampaikan bukanlah dengan maksud menonjolkan diri maupun mengadu akurasi prediksi.

Perhitungan ini adalah pembacaan pola perpaduan elemen batang langit dan cabang bumi serta annual star menurut teori ilmu feng shui semata, tidak ada maksud mendahului Tuhan. Sebaliknya, saya yakin bahwa Tuhan menaruh pertanda dimana-mana untuk dimanfaatkan umat-Nya demi mencapai kehidupan yang lebih baik. Banyak yang mengira bahwa tahun Naga Air dimulai pada 23 Januari 2012 bersamaan dengan datangnya tahun baru Imlek. Tetapi menurut perhitungan ilmu Feng Shui, tahun Naga Air dimulai pada tanggal 4 Februari 2012 jam 18:18. Hal ini terjadi karena perhitungan tahun baru Imlek berdasarkan kalender bulan (Lunar Chinese Calender), sedangkan perhitungan untuk ilmu Feng Shui berdasarkan kalender matahari (Solar Chinese Calender). Dengan demikian, bayi yang lahir antara 23 Januari 2012 hingga 4 Februari 2012 jam 18:17 masih memiliki shio Kelinci, walaupun perayaan tahun baru Imlek telah berlalu. Sementara, bayi yang lahir setelah tanggal 4 Februari 2012 jam 18:18, mereka memiliki shio Naga. Tahun Naga kali ini disebut tahun Naga Air, karena batang langit berunsur air positif (Ren) dan cabang bumi berunsur tanah positif (Chen). Dalam istilah akademik pada ilmu Feng Shui disebut tahun Ren Chen. Batang langit air positif dengan cabang bumi tanah positif memiliki hubungan yang destruktif, karena tanah

melainkan lebih bersifat alamiah seperti gempa dan banjir. dapat memanfaatkan . Pada tahun ini. Beberapa prediksi yang bisa disampaikan antara lain bahwa bahaya yang relatif lebih mengancam tidak datang dari pertikaian yang melibatkan senjata. mudah-mudahan para pemimpin tidak menyianyiakan efek positif dari tahun ini untuk menjalankan tugas dengan sebaik baiknya.membendung air sehingga tahun ini memberikan gambaran adanya ketidakharmonisan dalam kehidupan di bumi. Hal ini dikarenakan Chen (Naga) juga melambangkan gudang air. kharisma dan pimpinan yang tegas. Dengan demikian. Pada 2012 ini diperkirakan curah hujan masih akan tinggi hingga akhir April atau awal Mei. dan akan sangat besar pada November dan Desember. Sedangkan gempa perlu diwaspadai pada bulan Juli dan bulan Oktober. Namun ketidakharmonisan ini relatif lebih baik dibanding dengan tahun Kelinci Logam pada 2011 lalu. hingga Januari dan Februari 2013. angka feng shui yang berjalan adalah angka 6 yang melambangkan logam positif. sidhi wiguna Barat Terbaik. Tenggara Terburuk Sektor terbaik untuk tahun ini jatuh pada sektor Barat yang kedatangan bintang nomor 8 yang memberikan efek positif untuk kesejahteraan. mencerminkan kewibawaan. Jika Anda pemilik rumah yang menghadap ke arah Barat.

Arah Timur mendapat bintang nomor 4 yang melambangkan romance dan akademik. Karena itu. Rumah yang menghadap arah Utara perlu menjalankan gaya hidup sehat agar energi penyakit yang dibawa oleh bintang nomor 2 tidak melumpuhkan aktivitas Anda. Sektor Timur Laut mendapat bintang nomor 9 yang memberikan efek datangnya banyak kesempatan bagus.kesempatan ini sebaik mungkin untuk peningkatan pemasukan keuangan. Konsumsilah makanan sehat dan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap prima. Arah Barat Daya kedatangan bintang nomor 3 yang memberikan efek tingginya tingkat emosional. dapat memanfaatkan hadirnya bintang bagus ini untuk meningkatkan kesejahteraan. agar tidak terlibat dalam percekcokan yang tidak perlu yang dapat menguras waktu dan energi. Bagi pemilik rumah yang menghadap arah Timur dan masih single. Bagi Anda pemilik rumah yang menghadap arah Selatan. Namun. pemilik rumah yang menghadap arah Barat Daya perlu mempertinggi rasa toleransi dan meningkatkan kesabaran. Sektor Selatan mendapat bintang nomor 1 yang memberikan efek kebijaksanaan dan kreativitas. tahun ini . Anda perlu kejelian dalam memilih kesempatankesempatan tersebut. agar mendapatkan hasil yang paling optimal.

Negeri islam yang semakin besar wilayah kekuasaannya menimbulkan berbagai persoalan administrasi. Surat menyurat antar gubernur atau penguasa daerah dengan pusat ternyata belum rapi karena tidak adanya acuan penanggalan. Sejarah Penentuan Kalender Islam (Hijriyah) Pada tahun 682 Masehi. yaitu sistem kalender bulan (qomariyah). agar terhindar dari urusan legal yang menguras energi. perlu waspada terhadap datangnya orang ketiga dalam kehidupan. Nama bulan-bulan dalam kalender islam Sistem penanggalan yang dipakai sudah memiliki tuntunan jelas di dalam Al Qur'an.merupakan datangnya kesempatan bagus untuk menemukan pasangan. Khalifah 'Umar memanggil para sahabat dan dewan penasehat untuk menentukan satu sistem penanggalan yang akan diberlakukan secara menyeluruh di semua wilayah kekuasaan islam. Waspadalah dalam kelengkapan dan ketelitian administrasi Anda. Arah Barat Laut kedatangan bintang nomor 7 yang melambangkan kompetisi yang ketat dan masalah hukum. Maka. Tetapi bagi yang telah berumah tangga. 'Umar bin Al Khattab yang saat itu menjadi khalifah melihat sebuah masalah. Masing-masing daerah menandai urusan muamalah mereka dengan sistem kalender lokal yang seringkali berbeda antara satu tempat dengan laiinnya. Bagi anda yang memiliki rumah yang menghadap arah Tenggara. karena kedatangan bintang nomor 5 yang melambangkan bencana. Arah Tenggara merupakan arah yang paling berbahaya tahun ini. disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan renovasi maupun memperbaiki taman dengan mencangkul taman pada sektor tenggara. Nama-nama bulan yang dipakai adalah nama-nama bulan .

Rabi'ul Akhir 5. Peristiwa Hijrah sebagai tonggak Kalender Islam Masalah selanjutnya adalah menentukan awal penghitungan kalender islam ini.. Disesatkan orang-orang yang kafir dengan mengundur-undurkan itu. Dzulhijjah.. Ramadhan 10.. Praktek Nasi' memungkinkan kaum Quraisy menambahkan bulan ke-13 atau lebih tepatnya memperpanjang satu bulan tertentu selama 2 bulan pada setiap sekitar 3 tahun agar bulan-bulan qomariyah tersebut selaras dengan perputaran musim atau matahari. agar mereka dapat mempersesuaikan dengan bilangan yang Allah mengharamkannya. di antaranya empat bulan haram.. Muharram. Namun ketetapan Allah menghapus adanya praktek interkalasi (Nasi'). di mana peperangan atau pertumpahan darah di larang. mereka menghalalkannya pada suatu tahun dan mengharamkannya pada tahun yang lain.. Apakah akan memakai tahun kelahiran Nabi Muhammad saw. Allah menurunkan ayat yang melarang praktek Nasi' ini: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan. Jumadil Akhir 7. Praktek Nasi' ini juga dilakukan atau disalahgunakan oleh kaum Quraisy agar memperoleh keuntungan dengan datangnya jamaah haji pada musim yang sama di tiap tahun di mana mereka bisa mengambil keuntungan perniagaan yang lebih besar. arti nama-nama bulan di dalam kalender qomariyah tersebut beberapa di antaranya menunjukkan kondisi musim. Rabi'ul Awal 4. Syawal 11. dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi." [At Taubah (9): 38] "Sesungguhnya mengundur-undurkan bulan haram itu adalah menambah kekafiran. Shafar 3. seperti orang Nasrani? Apakah saat kematian beliau? Ataukah saat Nabi diangkat menjadi Rasul atau turunnya Al Qur'an? Ataukah saat kemenangan kaum muslimin dalam peperangan? . Muharram 2. Sya'ban 9. Dzulqa'idah 12. adalah: Dzulqa'idah. Rabi'ul Awwal artinya musim semi yang pertama. Jumadil Awal 6. Ramadhan artinya musim panas. " [At Taubah (9): 39] Dalam satu tahun ada 12 bulan dan mereka adalah: 1. Misalnya. maka mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah. Karena itu pula. Pada tahun ke-10 setelah hijrah. Rajab 8. dan Rajab. Dzulhijjah Sedangkan 4 bulan Haram.yang memang berlaku di kalangan kaum Quraisy di masa kenabian. Praktek ini juga berdampak pada ketidakjelasan masa bulan-bulan Haram.

kalender lunisolar. Contohnya ialah Kalender Persia.Ternyata pilihan majelis Khalifah 'Umar tersebut adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah. Hari yang digunakan oleh Kalender Solar Hari yang digunakan oleh Kalender Solar ada 7. Pemilihan peristiwa Hijrah ini sebagai tonggak awal penanggalan islam memiliki makna yang amat dalam. Kalender Solar Kalender yang menggunakan musim dan Revolusi Bumi mengitari Matahari disebut Kalender Solar. Ia adalah ilham ilahiyah. dan kalender persetujuan. sendiri berlangsung pada bulan Rabi'ul Awal 1 H atau September 622 M. kalender islam ini biasa dikenal juga sebagai kalender hijriyah. seperti beberapa Kalender Mesir Kuno. Kalender ini juga tampaknya sering dipakai di peradaban dekat khatulistiwa. Kalender islam mengingatkan kaum muslimin setiap tahun bukan kepada kejayaan dan kebesaran islam namun kepada pengorbanan (Nabi dan sahabatnya) dan mengingatkan mereka agar melakukan hal yang sama. Allah ingin mengajarkan manusia bahwa peperangan antara kebenaran dan kebatilan akan berlangsung terus. Ada juga kalender yang tampaknya disesuaikan dengan pergerakan Venus." Save the earth. Kalender Solar adalah kalender yang di dasarkan dari musim dan pergerakan Matahari. Kalender Persetujuan adalah Kalender yang tidak disesuaikan dengan Bulan dan Matahari. Karena itulah. dan Kalender Romawi. Seolah-olah para sahabat yang menentukan pembentukan kalender islam tersebut memperoleh petunjuk langsung dari Allah. contohnya adalah hari dan minggu Julian yang digunakan oleh pakar bintang. Kalender Solar dipakai oleh bangsa Romawi dan sistem perhitungannya digunakan dalam Kalender Julian. Peristiwa hijrah Nabi saw. Kalender Lunar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan Bulan (fase bulan). optimize your earth luck. seperti Kalender Bali. contohnya ialah Hijriah. Kalender yang digunakan secara umum ialah kalender solar. yaitu: . Kalender tersebut dimulai pada 1 Muharram tahun peristiwa Hijrah atau bertepatan dengan 16 Juli 662 M. Kalender Lunisolar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan bulan dan matahari. kalender lunar. dan Kalender Tionghoa sebagai contohnya. Be equilibrium. Kalender Yahudi. atau pengorbanan demi kebenaran dan keberlangsungan Risalah. Seperti Nadwi yang berkomentar: "Ia (kalender islam) dimulai dengan Hijrah.

atas saran seorang astronom bernama Sosigenes dari Alexandria. Sehingga 1 tahun lunar sama dengan 354 hari 10 jam 49 menit 48 detik atau 354. Merupakan koreksi atas Kalender Julian yang berlaku sejak 47 SM. Kalender Fiskal Bagian ini membutuhkan pengembangan Subdivisi kalender Hari kalender Tipe kalender lain Kalender lengkap dan tidak lengkap Kalender pragmatis. dan kalender campuran . Revolusi Bulan berlangsung selama 29 hari 12 jam 44 menit 9 detik. teoretis. 3. 6. Julius Caesar mengubah jumlah hari dalam setiap bulan yang ada untuk memasukkan perhitungan tahun kabisat.711539351 hari daripada kalender solar). 2.45125 hari (lebih singkat 10 hari 17 jam 4 menit 37 detik atau 10. 7. Perbaikan kedepan Bagian ini membutuhkan pengembangan Kalender Lunar Adalah kalender yang berpedoman pada revolusi Bulan terhadap Bumi. Kalender Gregorian adalah kalender Masehi yang ditetapkan Paus Gregorius XIII pada tahun 1582. Kalender Julius Caesar ini disebut juga sebagai Kalender Julian. Satu putaran kalender lunar sama dengan 12 putaran revolusi Bulan. Yang berbeda hanya peraturan tahun kabisat-nya saja. 4.1. Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Kalender Julian dan Gregorian Sejak masa pemerintahan seorang kaisar Romawi yang bernama Julius Caesar. 5.

yg mana awal tahun 1725 dimulai dari 12 September 2008. dan Hari Julian Pada kalender Julian. tahun kabisat dimana bulan Februari terdiri dari 29 hari dirumuskan sebagai tahun yang habis dibagi 4. Dan memang ilmu falak dalam kitab ini berlandaskan juga kepada kalender ini dan kalender Rum atau Romawi. Perhitungan tahun dan awal tahun Awal tahun dimulai tanggal 12 September yang terdekat. Dan tahunnya adalah tahun masehi 283. Paus Gregorius XIII mengubah kalender Julian dengan menetapkan bahwa tanggal setelah Kamis-4 Oktober 1582 M adalah Jumat-15 Oktober 1582 M. Sejak 15 Oktober 1582 M itulah berlaku kalender Gregorian. Contohnya. Kalender Gregorian. yaitu untuk mengetahui kapan seseorang wafat. dalam kitab karangan guru besar Abu Hayillah Al-Marzuki disebutkan bahwa jika orang Pisces atau HUT yg sakit mulai hari Sabtu bulan Kahik maka pertanda akan wafat. Dari Tutin ke Misri masing-masing jumlah harinya 30 hari. 100. Kalender ini punya banyak fungsi. Kalender Julian. Enam hari untuk tahun kabisat. Buknah. Contoh tahun kabisat pada kalender Julian adalah tahun 4. dan saat ini masih terpakai secara rahasia oleh supranaturalis/paranormal Indonesia. 400. dsb. tidak ada tanggal 5-14 Oktober 1582. Maka 2008-283=1725. sedangkan dalam tahun biasa (common year) adalah 365 hari. Basnas. Amsyir. Angka 365. Banyaknya hari dalam tahun kabisat (leap year) adalah 366 hari. Burmahat. Burmadah. Jadi. terdapat tahun kabisat setiap 4 tahun. Kahik. satu tahun secara rata-rata didefinisikan sebagai 365. lahir. Nama bulan Jumlah bulannya 13.25 hari. Kalender Julian berlaku sampai dengan Kamis-4 Oktober 1582 M. Untuk tahun negatif. Pada kalender Julian. Misri. sembuh. yaitu Tutin. Kalender yang digunakan untuk kepentingan politik Kegunaan Kalender yang dipakai saat ini Bagian artikel ini perlu dirapikan. Kalender Kibti/Qibti Kalender ini adalah kalender Bangsa Mesir. Hatur. Karena itu dalam kalender Julian. Ayam Nasa'. Misal tahun 2008. Babah.25 dapat dinyatakan dalam bentuk (3×365+ 1×366)/4. Jadi tahun 2008 M adalah tahun 1725 Qibti. ada perbedaan antara sejarawan . Bantulah kami untuk melakukannya.kalender pragmatis. Nama hari adalah Ahad sampai Sabtu (7 hari). Tubah. Dan Ayam Nasa' lamanya 5 atau 6 hari. Abib.

sedangkan tahun 1600. tahun -45 sama dengan tahun 46 SM. Perlu diingat.2500 hari. Rata-rata hari dalam satu bulan adalah (11 X 355 + 19 X 354)/360 = 29. Jadi. Adanya perubahan dari kalender Julian menjadi Gregorian membuat kesulitan tersendiri untuk membandingkan peristiwa astronomis yang terpisah dalam jangka waktu cukup lama. yang berarti akan terjadi perbedaan satu hari setelah sekitar 3300 tahun. 0. Tanggal setelah 4 Oktober 1582 bukan 5 Oktober tetapi 15 Oktober 1582.dan astronom dalam penomoran tahun. selisih ini menjadi signifikan hingga beberapa hari. Selisih ini akan menjadi satu hari setelah kira-kira 30000 bulan atau 2500 tahun. Adapun tahun kabisat (leap year) yang habis dibagi 4 untuk tahun negatif dirumuskan secara astronomis. Dan ini dibuktikan dengan musim semi pada tahun 1582 M. panjang rata-rata satu tahun adalah 365. Jadi yang termasuk tahun kabisat adalah tahun 8.000033 hari. 3 SM. Dengan demikian dalam satu bulan. -4. Berarti dalam satu tahun terdapat selisih 0. Karena itulah. bukan sekitar tanggal 21 Maret seperti biasanya. tahun 1700. selisih ini akan menjadi satu hari dalam jangka 128 tahun. Selisihnya dalam setahun adalah 0. diperkenalkan Julian Day. Dalam kalender Islam secara aritmatika (bukan hasil observasi/rukyat).530556 hari.0078 hari=9. -1. Contohnya.0078 hari atau hanya 11 menit 14 detik.2422 hari. Untuk mengatasi masalah ini. 2012.530589 hari [3]. tahun 1972.0003 hari. Terjadinya perubahan kalender Julian menjadi kalender Gregorian disebabkan adanya selisih antara panjang satu tahun dalam kalender Julian dengan panjang rata-rata tahun tropis (tropical year). 2400 termasuk tahun kabisat. -8. dalam 30 tahun (360 bulan) terdapat 11 tahun kabisat (355 hari) dan 19 tahun biasa (354 hari). 2 SM.8 hari atau hampir 10 hari. 2000. tahun 4713 SM tersebut sama dengan tahun -4712. tetapi tidak habis dibagi 400.2422 [2]. definisi tahun kabisat yang habis dibagi 4 sedikit mengalami perubahan. 4. . Namun. -12 dan seterusnya. tanggal melompat sebanyak 10 hari. saat kalender Gregorian ditetapkan. Sementara panjang rata-rata tahun tropis adalah 365. maka tahun tersebut bukan tahun kabisat. termasuk tahun kabisat. Sebagai contoh. dalam kalender Islam yang menggunakan peredaran bulan. Sementara menurut astronom hitungan mundur tahun sebelum tahun 1 adalah tahun 0. rata-rata satu bulan sinodik adalah 29. Satu tahun kalender Julian adalah 365. terdapat selisih sebanyak (1582-325)×0. hitungan mundur tahun sebelum tahun 1 adalah tahun 1 SM. 1800. Jika suatu tahun habis 100. dimana vernal equinox jatuh pada tanggal 11 Maret. 2468 termasuk tahun kabisat. Dalam kalender Gregorian. Jika dihitung dari tahun 325 M (saat Konsili Nicea menetapkan musim semi atau ''vernal equinox'' jatuh pada 21 Maret) sampai dengan tahun 1582. Bagi sejarawan. selisih antara satu bulan sinodik dengan satu bulan aritmetik adalah 0. Sebagai perbandingan.2425 hari yang mana cukup dekat dengan rata-rata tahun tropis sebesar 365. 1900 bukan tahun kabisat. termasuk tahun kabisat. Jika habis dibagi 400. Jika suatu tahun habis dibagi 4 tetapi tidak habis dibagi 100. -2 dan seterusnya. Julian Day (JD) didefinisikan sebagai banyaknya hari yang telah dilalui sejak hari Senin-1 Januari tahun 4713 SM (sebelum Masehi) pada pertengahan hari atau pukul 12:00:00 UT (Universal Time) atau GMT. Jadii dalam ratusan atau ribuan tahun. dan seterusnya. Dalam kalender Gregorian.

5 Januari -4712 (karena pukul 12 menunjukkan 0. hingga M = 12 untuk Desember. M = 8. Julian Day juga menjadi dasar untuk menentukan fenomena alam seperti menentukan kemiringan orbit rotasi bumi. hitung A = INT(Y/100) dan B = 2 + INT(A/4) . Untuk kalendar Gregorian. Sebagai contoh. asalkan tidak lebih kecil dari -4712). Dan seterusnya 4 Oktober 1582 M = JD 2299159. maka D tidak mungkin sama dengan 31.JD 0 = 1 Januari -4712 12:00:00 UT = 1.1.5 27 September 1974 TD = JDE 2442317. dan sebagainya.5 15 Oktober 1582 M = JD 2299160. B = 2 + INT(19/4) .5. JD = 1720994.7) = -5. A = INT(1945/100) = INT(19.5 = 2 Januari -4712 00:00:00 UT JD 1 = 2. Dengan kata lain. M dan Y tidak berubah. Nomor hari/tanggal adalah D. INT(3. Namun perlu diperhatikan bahwa nilai maksimal D harus menyesuaikan dengan bulan M. Disini.5. Metode menentukan JD di atas dapat digunakan untuk tahun negatif. sedangkan B = 0. pemahaman terhadap Julian Day sangat penting. ganti M menjadi M + 12 dan Y menjadi Y . M = 2 untuk Februari dan seterusnya. Soal : Hitunglah Julian Day untuk hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Sebagai contoh 17 Agustus 1945 UT = JD 2431684. bukan JED). waktu salat. Jika M > 2. Nomor bulan adalah M.25 X 1945) + INT(30. Sementara itu tanda * menyatakan perkalian. Julian Day menjadi syarat kita dapat menghitung posisi benda bulan.57) = 3. bukan 4. menghitung kapan terjadinya ekuinoks dan solstice. D dapat pula berbentuk pecahan.A.79) = -26. INT(-4. Metode untuk menghitung Julian Day untuk tanggal tertentu disajikan berikut ini. tetapi tidak untuk Julian Day negatif.5 hari) JD 0.6001 X 9) + (-13) + 17 = 2431684. merujuk pada [3]. Y = 1945.19 = 2 + 4 19 = -13. . Contoh INT(12) = 12. Jika M = 1 atau 2. matahari dan planet-planet yang selanjutnya dipakai untuk menentukan bulan baru.5 Dalam ilmu hisab astronomis kontemporer. dimana M = 1 untuk Januari. Jawab : D = 17. A tidak perlu dihitung. biasanya digunakan istilah Julian Ephemeris Day (JDE.6001(M + 1)) + B + D. INT adalah lambang di Excel untuk menyatakan integer (bilangan bulat dari suatu bilangan). jika M = 4 (April).45) = 19.5 Januari -4712. dll. bulan Januari dan Februari dapat dianggap sebagai bulan ke 13 dan ke 14 dari tahun sebelumnya.5 + INT(365. Karena itu nilai Y tidak boleh lebih kecil daripada -4712.5 + INT(365. Julian Day dirumuskan sebagai JD = 1720994. INT(-25. bukan DT) atau Ephemeris Time. Misalnya tahun adalah Y (Y dapat pula negatif. 17 Agustus 1945 = JD 2431684.25*Y) + INT(30.5 Jika JD berkaitan dengan waktu yang dihitung menurut Dynamical Time (TD. Untuk kalendar Julian. Untuk bilangan negatif.

5. Soal : Bulan baru (newmoon) terjadi pada hari Sabtu. Jawab : JD untuk tanggal 17 Agustus 1945 adalah 2431684.6001 X 15) + 0 + 26 = 1949029. .5. JD + 1. Selanjutnya B = A + 1524. Jadi JD = 1720994.Z. Jawab : JD untuk kedua tanggal tersebut masing-masing adalah 2455388. Jawab : Dari data asal diketahui M = 1 dan Y = -2961. Jika E = 14 atau 15. 1 jam = 60 menit dan 1 menit = 60 detik. lalu dibagi 7. Metode untuk mengubah JD menjadi tanggal adalah sebagai berikut.5 . F = JD1 . 17 Agustus 1945 adalah hari Jumat. Bulan M dapat dihitung sebagai berikut. maka M = E . Karena 1 hari = 24 jam. Jika E < 14. Waktu dalam jam. C = INT((B . maka M = E .INT(30. Jika Z < 2299161. Soal : Tentukan hari apakah tanggal 17 Agustus 1945.6001 X 14) + 0 + 1.25).5 + INT(365.6001).82435 = 1720994. Jika paparan di atas adalah mengubah tanggal menjadi JD.6001*E) + F.25 X 623) + INT(30. maka M diubah menjadi 14 dan Y menjadi 623. 1 Januari 2962 SM pukul 19:47:04 TD. yang selanjutnya jika dibagi 7 akan bersisa 5. Tambahkan JD dengan 1.25) dan A = Z + 1 + AA .1081871 + 428 + 1. Karena itu M berubah menjadi 13 dan Y = -2962. Nama hari dapat ditentukan dengan mudah dengan menggunakan JD. B = 0.5 = 2431686. dimana nomor hari = 1 adalah hari Ahad. D = 1 + (19 X 3600 + 47 X 60 + 4)/86400 = 1. hitunglah AA = INT((Z .5. D = INT(365. 26 Februari 624 M = JD 1949029. JD1 = JD + 0. dan seterusnya hingga nomor hari 7 menunjukkan hari Sabtu.5.25 X -2962) + INT(30.D . B = 0.13. maka A = Z. nomor hari 2 hari Senin.82435 = 639553.5.25*C). Sisanya ditambah 1 menunjukkan nomor hari.INT(AA/4). Nomor hari = 5 + 1 = 6.5. Jadi JDE = 1720994. E = INT((B D)/30.1)/365. Tanggal (termasuk juga dalam bentuk desimal) dapat dihitung dari B . Z = INT(JD1).32435.5 + INT(365.5 dan 2456244. menit dan detik dapat pula dimasukkan ke dalam pecahan hari. Adapun jika Z >= 2299161. JD dapat pula digunakan untuk menentukan selang waktu antara 2tanggal.82435. pergantian hari terjadi pada pukul 00:00:00 dimana JD mengandung angka xxxxxxx. maka Pecahan hari = (jam X 3600 + menit X 60 + detik)/86400.32435.1867216.122. Selisih antara tanggal 11 Juli 2010 dan 13 November 2012 adalah 856 hari. Perlu diketahui. 1 Januari 2962 SM pukul 19:47:04 TD = JDE 639553. maka kini akan disajikan sebaliknya.Soal : Hitunglah Julian Day saat terjadi Nabi Muhammad SAW melakukan puasa pertama pada tanggal 26 Februari 624 M. Jawab : Karena M = 2.5.25)/36524. Carilah JDE.1. Karena termasuk kalendar Julian. Soal : Tentukan selang waktu antara 2 gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 11 Juli 2010 dan 13 November 2012.

maka Y = C . Karena E = 15.INT(16/4) = 2457461. Lihat pula . Angka desimal pada tanggal tersebut adalah 0. Jawab : JD1 = 2457448. D = INT(365.9505. A = 2457448 + 1 + 16 . Jika M = 1 atau 2.2458497)/30.25) = 6731. maka Bulan M = 15 .4715.Tahun Y dapat dihitung sebagai berikut. Soal : Tentukan tanggal bulan dan tahun untuk JD = 2457447.25) = 16. Karena Z > 2299161 maka AA = INT((2457448 1867216.4505. C = INT((2458985 .1)/365. maka Y = C . B = 2458985.INT(30. Jika M > 2.4505. Tanggal = 2458985 .4505. E = INT((2458985 . Z = 2457448 dan F = 0.25)/36524.2.4716.13 = 2 atau Februari.6001) = 15.25 X 6731) = 2458497. maka Tahun Y = 6731 .2458497 .9505 = 29 Februari 2016 pukul 10:48:43.122.4715 = 2016.4505 = 29.6001 X 15) + 0. Karena M = 2. Jadi JD 2457447.2.4505 hari yang jika dikonversikan ke dalam waktu menjadi pukul 10:48:43.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful