You are on page 1of 8

PUTUSAN

No: 06/Pdt.G/2008/MSy-Lsk
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA

Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon yang memeriksa dan mengadili

perkara-perkara tertentu pada tingkat pertama telah menjatuhkan putusan

seperti tersebut di bawah ini dalam perkara cerai talak yang diajukan oleh :------

MUSLI----------------, Umur 25 tahun, pekerjaan Tani, pendidikan

SLTP, tempat tinggal Desa Simpang Tiga, Kecamatan

Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, selanjutnya disebut

PEMOHON ;------------------------

MELAWAN

JULIA ---------------, Umur 22 tahun, pekerjaan Ibu Rumah Tangga,

Pendidikan SLTA, tempat tinggal Desa Simpang Tiga,

Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara,

selanjutnya disebut TERMOHON ; ----------------------

------------------------

Mahkamah Syar’iyah tersebut ;----------------------------------------------------------

Telah membaca dan mempelajari semua surat dalam berkas perkara ;-------------

Telah mendengar semua keterangan dalam persidangan ;----------------------------

TENTANG DUDUK PERKARANYA

Menimbang, bahwa Pemohon berdasarkan surat permohonannya

tertanggal 08 Januari 2008, yang kemudian didaftarkan di kepaniteraan

Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon dibawah register : 06/Pdt.G/2008/MSy-Lsk

tanggal 08 -01- 2008 dengan dalil-dalilnya sebagai berikut :-----------------------

- Bahwa Pemohon nikah dengan Termohon pada tanggal, 13-03-2006 yang

terdaftar di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanah Jambo Aye, Akta nikah

terdaftar nomor : 109/27/III/2006, yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan

Agama Kecamatan Tanah Jambo Aye, pada tanggal 16 Maret 2006 ; ---------

Salinan Putusan Hal 1 dari 8 hal No: 06/Pdt.G/2008/MSy-Lsk

sehingga rumah tangga Pemohon dan Termohon tidak harmonis sampai saat ini . mohon pertimbangan hukum yang seadil-adilnya . Apabila Majelis hakim berpendapat lain.Bahwa oleh orang tua-tua kampung telah pernah mendamaikannya pada tanggal 5 November 2007 dan tanggal 22 November 2007 tapi Termohon tetap tidak mau berubah . ----------------------------------------- . Pemohon mohon pada Bapak Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon C.Bahwa atas tindakan Termohon sebagaimana tersebut diatas. -------------------------------------------------------------- .G/2008/MSy-Lsk .--------------------------------------------------------------- Salinan Putusan Hal 2 dari 8 hal No: 06/Pdt.Bahwa oleh karena hal hal tersebut diatas. ---------------------------------------------------------------------------------- .------------------------------------------- 2. Memberi izin kepada Pemohon untuk mengikrarkan talak terhadap Termohon . dan telah dikaruniai satu orang anak bernama Fakridha berusia 1 tahun .Bahwa setelah nikah Pemohon dengan Termohon telah hidup bersama selayaknya suami istri sampai dengan sekarang lebih kurang sudah berjalan selama 1 tahun 8 bulan lamanya .Bahwa sejak tanggal 15 Oktober 2007 antara Pemohon dengan Termohon telah pisah tempat tinggal .). Pemohon tidak mungkin lagi hidup serumah dengan Termohon untuk membina rumah tangga yang bahagia dan harmonis dan Pemohon bermaksud hendak menceraikan Termohon . ------------------------------------------------------------ . .Bahwa dalam rumah tangga antara Pemohon dan Termohon terlalu diinterpensi oleh orang tua Termohon sehingga Pemohon sulit mengambil keputusan dalam rumah tangganya sendiri .. Majelis Hakim agar berkenan memberikan putusan sebagai berikut :------------------------------------------------ 1. -------------------------------------------------- . Mengabulkan permohonan Pemohon .Bahwa kehidupan berumah tangga antara Pemohon dan Termohon mulai kurang harmonis sejak 3 bulan yang lalu (5 hari menjelang ramadhan 1428 H. -------------------------------------------------------------------------- 3.q.

--- Menimbang. ------------. Aceh Utara. Termohon memberikan jawabannya secara lisan yang pada pokoknya sebagai berikut : . bahwa Majelis Hakim juga mendengar keterangan keluarga dekat para pihak yaitu : 1. Umur 50 tahun. Majelis Hakim telah berusaha mendamaikan Pemohon dengan Termohon agar rukun kembali membina rumah tangganya. --------------- Menimbang.Bin Riji.bahwa benar Pemohon suami dari Termohon yang telah hidup bersama selaku suami isteri dan telah mempunyai 1 (satu) anak . bahwa Replik Pemohon dan Duplik Termohon menegaskan tetap pada gugatan dan jawabannya masing-masing .bahwa benar dalam rumah tangga Pemohon dengan Termohon sekarang sudah tidak harmonis lagi.bahwa Temohon tidak keberatan atas maksud permohonan Pemohon untuk menceraikan Termohon karena memang Pemohon dengan Termohon sudah tidak bisa damai lagi dan dengan syarat anak tetap dalam asuhan saya sedangkan biayanya ditanggung oleh Pemohon selaku ayahnya .Buku Kutipan Akta Nikah seri AA No : 109/27/III/2006 tanggal 16 Maret 2006 yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanah Jambo Aye (tanda P1) . --------------------------------------------------------- . bahwa pada hari persidangan yang telah ditetapkan. akan tetapi usaha tersebut tidak berhasil. dan benar telah berpisah tempat tinggal sejak bulan puasa ramadhan 1428 H. tempat tinggal Desa Simpang Tiga. dibawah sumpah menerangkan sebagai berikut : Salinan Putusan Hal 3 dari 8 hal No: 06/Pdt. bahwa untuk menguatkan dalil permohonannya Pemohon telah mengajukan alat bukti surat berupa :---------------------------------------------- . Pemohon dan Termohon masing-masing hadir sendiri menghadap kepersidangan. Keluarga pihak Pemohon bernama : Tgk. ---------------------------------------------------------------------- Menimbang.---------------------------------- .G/2008/MSy-Lsk . ---------------- Menimbang. bahwa terhadap permohonan Pemohon tersebut. yang lalu . Menimbang. Kecamatan Langkahan. Kab. karena Pemohon dan Termohon tetap ingin bercerai . pekerjaan tani.

dan saksi adalah merupakan ayah kandung dari Termohon . dapat disimpulkan sebagai berikut :------------------ .------------------------------------------------------------- Salinan Putusan Hal 4 dari 8 hal No: 06/Pdt. selanjutnya menunjuk kepada Berita Acara persidangan perkara ini yang tidak terpisahkan dari putusan ini .Bahwa saksi kenal Pemohon dengan Termohon sebagai suami istri nikah sah serta telah dikaruniai 1 (satu) orang anak .Bahwa menurut saksi antara Pemohon dengan Termohon sudah sangat sulit untuk didamaikan dan masalah perceraian terserah pada Pemohon dan Termohon dan saksi selaku keluarga tidak keberatan .Bahwa menurut saksi rumah tangga Pemohon dan Termohon sudah tidak mungkin lagi untuk didamaikan .--------------------------------- .Bahwa benar antara Pemohon dengan Termohon telah berselisih dalam rumah tangga dan sudah tidak kumpul lagi satu rumah .---------------------------------------------------- .G/2008/MSy-Lsk . yang bernama H. ------------------------------------------------------------------------- . Kabupaten Aceh Utara dibawah sumpah memberikan keterangan. -----------. tempat tinggal Desa Simpang Tiga. ------------------------------------------------- . pekerjaan Tani. .------------------------------------------ Menimbang. Umur 45 tahun. bahwa untuk mempersingkat uraian putusan ini. ----------------- 2.Bin Abd. Gani.--------------------- . bahwa Pemohon dan Termohon membenarkan keterangan keluarga mereka tersebut diatas . Kecamatan Langkahan.------------------- Menimbang. bahwa pada akhir persidangan kedua belah pihak menyatakan tidak ada hal lagi yang perlu disampaikan dan mohon putusan .Bahwa saksi kenal Pemohon dengan Termohon sebagai suami istri nikah sah dan telah dikaruniai satu orang anak. Keluarga pihak Termohon.Bahwa benar antara Pemohon dengan Termohon telah berselisih dalam rumah tangga dan sekarang mereka sudah tidak kumpul lagi sebagai suami isteri .----- Menimbang.Bahwa menurut saksi terhadap masalah perceraian Pemohon dengan Termohon terserah pada mereka dan saksi tidak keberatan .

terbukti bahwa antara Pemohon dan Termohon adalah suami istri pernikahan sah telah hidup bersama dan telah dikaruniai 1 (satu) orang anak . pengakuan mana sesuai manurut pasal 311 Rbg. bahwa berdasarkan keterangan pihak keluarga dari Pemohon dan keterangan keluarga dari Termohon yang pada pokoknya menerangkan antara Pemohon dengan Termohon telah terjadi perselisihan yang terus menerus dan tidak mungkin untuk didamaikan lagi . bahwa berdasarkan dalil yang dikemukakan Pemohon. bahwa maksud dan tujuan permohonan Pemohon adalah sebagaimana terurai di atas . pengakuan dari Termohon dan alat bukti tertulis tanda P1 serta keterangan dari keluarga dekat pihak Pemohon dan Termohon. TENTANG HUKUMNYA Menimbang. --------------------------------------------------------- Menimbang. dimana antara Pemohon dan Termohon sering terjadi perselisihan paham. Pasal 116 huruf (f) KHI. bahwa dalil yang dijadikan dasar permohonan Pemohon. bahwa Termohon mengakui semua dalil permohonan yang dikemukakan oleh Pemohon. bahwa Majelis Hakim telah berusaha mendamaikan para pihak untuk hidup rukun kembali membina rumah tangga sebagaimana biasa.--------------------------- Salinan Putusan Hal 5 dari 8 hal No: 06/Pdt. dimana pengakuan adalah merupakan alat bukti yang sempurna dan mengikat . akan tetapi tidak berhasil .-------------------------------------------------------------- Menimbang.---------------------------------------------------------------- Menimbang. sehingga rumah tangga tidak harmonis lagi.---------------------------------------------------- Menimbang.-------------------------------------------------------------------------- Menimbang. karenanya secara formil permohonan Pemohon dapat dipertimbangkan .G/2008/MSy-Lsk . dengan demikian Majelis Hakim berpendapat dalil yang dijadikan dasar permohonan Pemohon telah terpenuhi. dalil tersebut merupakan salah satu alasan perceraian sesuai dengan ketentuan pasal 19 huruf (f) PP Tahun 1975 jo.

maka Majelis Hakim berpendapat dalil yang dijadikan dasar permohonan Pemohon telah terbukti . bahwa Majelis Hakim berpendapat perlu mengemukakan dalil Syara` sebagai dasar putusan ini yaitu : Al-Quran Surat Albaqarah ayat 227 berbunyi :   ‫وا   و ا ق .------------------------ Menimbang. bahwa berdasarkan adanya pengakuan dari Termohon. Menimbang. dan juga keterangan keluarga Termohon.

maka sesungguhnya Allah maha mendengar dan maha mengetahui .- Menimbang. ---------------------------------------------------------------- Menimbang. bahwa karena permohonan Pemohon telah terbukti. ------------------------------------------------------------------ Menimbang. maka patut untuk dikabulkan . bahwa berdasarkan adanya keterangan dan kesepakan kedua belah pihak yang berperkara. 3 Tahun 2006 tentang perobahannya maka semua biaya yang timbul dalam perkara ini dibebankan kepada Pemohon. ا‬ Artinya: Jika kamu telah bertetapan hati untuk mentalak isterimu.-------------------------------------------------------------------------------------------- Salinan Putusan Hal 6 dari 8 hal No: 06/Pdt. bahwa permohonan Pemohon karena telah terbukti patut untuk dikabulkan . patut dikabulkan sesuai yang diatur pasal 105 Undang undang Nomor 1 tahun 1974 jo Pasal 156 Kompilasi Hukum Islam. bahwa tuntutan Termohon tentang hak asuh anak (hadhanah) terhadap anak yang bernama Fakridha.--------------------- Menimbang. dan biaya hadhanah menjadi tanggung jawab ayahnya . 7 Tahun 1989 serta Undang-undang No. bahwa berdasarkan ketentuan pasal 89 ayat (1) UU No.G/2008/MSy-Lsk . bahwa anak yang belum mumayyiz berhak mendapatkan hadhanah dari ibunya. Dengan mengingat semua pasal-pasal dari peraturan perundang- undangan dan segala ketentuan hukum Syara’ yang berkaitan dengan perkara ini. -------------------------------------------------------------------------------- Menimbang. uang Iddah telah diiselesaikan dikampung. umur 1 tahun.

Drs. sebagai Panitera Pengganti serta dihadiri oleh Pemohon dan Termohon. 231. Putusan tersebut dibacakan pada hari itu juga dalam sidang terbuka untuk umum oleh Ketua Majelis tersebut.Ag. --------------------------- Hakim Anggota.-- Hakim Anggota. bertepatan dengan tanggal 21 Muharram 1429 H. -- 3. Memerintahkan Panitera Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon untuk menyampaikan Salinan isi Putusan ini kepada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanah Jambo Aye dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Langkahan untuk dicatat ditempat yang disediakan untuk itu . SH. Menetapkan biaya pemeliharaan anak kepada Pemohon secara ma’ruf sesuai kemampuannya .- (Dua ratus tiga puluh satu ribu rupiah) . DRS. Salinan Putusan Hal 7 dari 8 hal No: 06/Pdt.S. Dto Dto DRS. Mengabulkan permohonan Pemohon . masing-masing selaku Hakim Anggota. --------------------------------------------------------- 5. H. ----------------------. Jamaluddin) di depan sidang Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon . ----------- Demikianlah putusan ini dijatuhkan di Lhoksukon dalam rapat permusyawaratan Majelis Hakim pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2008 M. Menetapkan bahwa seorang anak yang bernama Fakridha umur 1 tahun berada dibawah asuhan Termohon sebagai ibunya . Memberi izin kepada Pemohon (Mus---------------Bin Ridwan) untuk mengucapkan ikrar talak terhadap Termohon (Juli-------------.SH. Menghukum Pemohon membayar biaya perkara sebesar Rp. MENGADILI 1. selaku Hakim Ketua Majelis. SH. dibantu oleh Tri Susela. oleh kami Drs. Alimuddin dan Sakwanah. Panitera pengganti.G/2008/MSy-Lsk . S. didampingi para Hakim Anggota yang turut bersidang. -------------------------------------- 6. Hakim Ketua.000. Dto Dto ---------------.---------------.Binti H.---------------------------------------- 2. ------------------------ 4. Abu Bakar Ubit.SH.Ag.

6.000. Biaya Materai Rp.G/2008/MSy-Lsk .- (Dua Ratus Tiga Puluh Satu Ribu Rupiah) Salinan Putusan Hal 8 dari 8 hal No: 06/Pdt.000.- 2. 231. Biaya Proses Rp. 225.- Jumlah Rp.000.Perincian Biaya : 1.