Assalamu Alaikum Wr.

Wb

PDAM KABUPATEN TAKALAR
FINAL REPORT OUTPUT 1 – 5

OUTPUT 1 : KERJASAMA INTRA REGIONAL PDAM

Penandatanganan MOU kerjasama antara PDAM Kab. Gowa dengan PDAM Kab. Takalar ditandatangani di Gowa pada hari Rabu tanggal 01 Juni 2011 di lokasi Sungguminasa kab. Gowa

Untuk Pelayanan Air bersih masyarakat Kab. Gowa yang wilayahnya terletak di kab. Takalar diserahkan sepenuhnya kepada PDAM Takalar untuk melayaninya.
Wilayah Kerjasama pelayanan tersebut meliputi Desa Salajo Kec. Bontonompo dan Desa salajangki Kec. Bontonompo Selatan kabupaten Gowa. Untuk kerjasama antara PDAM Kab. Takalar dengan PDAM Kota Makassar telah disepakati oleh kedua belah pihak menyangkut pelayanan air bersih di perumahan Soeltana Recidence dan sekitarnya yang ditandai dengan Penanda-tanganan MOU pada hari Jum’at tanggal 08 Juli 2011 di PDAM Takalar, tetapi pelayanan kepada wilayah yang dimaksud sampai saat ini belum di terrealisasikan.

Latihan Komunikasi dengan Pelanggan dalam penyelesaian tunggakan ( Telepon.Peningkatan Efesiensi Penagihan . .Menghitung profitabilitas / ROA .menghitung Likuiditas / rasio lancar / current ratio / Stabilitas .Pemahaman prinsip dasar akuntansi dan proses penyusunan laporan keuangan.Pemilihan Lokasi untuk penagihan Tunggakan ( Lokasi Graha Anugrah ananda / IKK Polut) .dan menganalisa Keuangan proyek dengan Indikator FIRR (Financial Internal Rate of retun) dan NPV (Netpresent Value) Melaksanakan perbaikan penyusunan Bussines Plan yang praktis dengan model simple atau sederhana.  OUTPUT 2 : PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KEUANGAN Sejak proyek kerjasama ini berlangsung jica telah banyak membantu meningkatkan kemampuan sdm kami.   .Financial modelling / menganalisa proyeksi keungan dengan melihat indikator kinerja . sesuai data terbaru hasil Audit BPKP tahun 2010. dan mendatangi Rumah Pelanggan ) Pemahaman analisa keuangan dasar / basic financial analysis : . khususnya pada kemampuan manajemen keuangan adapun materi selama ini telah dicapai yang memberikan motivasi bagi dan pengetahuan antara lain : .  Pada manajemen hubungan langganan diberikan pengetahuan tentang manajemen tunggakan : .Menyusun Manual Prosedur Penagihan Tunggakan. Surat.Mengaplikasikan / melakukan analisis keuangan perhitungan tarif air minum .

Tingkat kebocoran PDAM Kab. setelah adanya bimbingan dari Tim JICA dan juga kerjasama dengan rekan rekan Tehknik PDAM Kab.Takalar sebelum adanya kerjasama mencapai 39% dan akhirnya bisa di tekan sampai dengan 16% . Tim dari JICA banyak memberikan bimbingan tentang cara yang efektif dan efisien dalam menanggulangi kebocoran yang ditunjang dengan penggunaan peralatan yang diberikan oleh Tim dari JICA. kami dari PDAM Kabupaten Takalar mengalami banyak kemajuan terutama dalam hal penurunan tingkat kebocoran yang seperti kita ketahui banyak mempengaruhi dalam keberhasilan suatu PDAM. Takalar. .OUTPUT 3 N R W PENURUNAN TINGKAT KEBOCORAN Setelah adanya pelaksanaan kerjasama antara PDAM se MAMMINASATA dengan Tim dari JICA EXPERT.

Excel dan aplikasi lainnya Pelaksanaan Kampanye kesadaran masyarakat pada sekolah sekolah.OUTPUT 3 N R W PENURUNAN TINGKAT KEBOCORAN Adapun kegiatan atau training yang dilaksanakan selama adanya kerja sama dengan JICA meliputi : • • • • Menyusun rencana pembuatan DMA ( Distrik Meter Area ) Melaksanakan survey kebocoran dan survey keseimbangan air Melaksanakan pencatatan meter induk setiap hari Melaksanakan Penggantian meter pelanggan berupa meter rusak -ataupun meter usia diatas 5 tahun sebanyak 556 unit tahun 2010-2012 • • • Mengadakan Training penggunaan alat alat kebocoran Mengadakan Training Program Epanet. Kegiatan ataupun pelatihan tersebut banyak memberikan perubahan secara signifikan terhadap penanggulangan kebocoran pada PDAM Takalar. .

Kab.05 Ballo. SDN.Takalar .Lokasi Pelaksanaan Kampanye kesadaran masyarakat ke 2.

Foto Bersama Tim NRW MAMMINASATA .

.

SUSUNAN STAF GIS PDAM TAKALAR   PDAM Takalar mulai mengenal dan mengembangkan sistem informasi berbasis geografis ini. SAFRIL MARWAH SAING HABIBI YAHYA RUSTAM NUR SAHABUDDIN JABATAN KETUA TEAM GIS OPERATION 1 GIS OPERATION 2 GIS OPERATION 3 RELATION BETWEEN GIS & NRW 1 2 3 4 5 . Adapun susunan awal staf pengelola GIS Pdam Takalar Sbb : NO NAMA M. berkat adanya proyek kerjasama tehniks pdam se mamminasata dengan pihak Jica.

9. 3. 5.3 ANTI VIRUS KAPERSKY SATELITE IMAGE PRINTER HP LASER JET . SOFTWARE ARCGIS VER. SOFTWARE WINDOWS & MICROSOFT OFFICE 2007. PIHAK JICA EXPERT TELAH MEMBERIKAN BANTUAN PERALATAN PENUNJANG ANTARA LAIN : 1. 4. 4 UNIT KOMPUTER ( 1 UNIT PC SERVER. & 3 UNIT PC CLIENT) 2.DUKUNGAN DAN BANTUAN PIHAK JICA EXPERT  FOTO KEGIATAN PENYERAHAN BANTUAN PERALATAN UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN DI OUTPUT KE 4 INI. 6.

DALAM HAL INI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN PENGETAHUAN SDM PENGELOLA GIS .DUKUNGAN DAN BANTUAN PIHAK JICA EXPERT SELAIN MEMBERIKAN BANTUAN PERALATAN. TERHITUNG APRIL SAMPAI DENGAN AWAL JULI 2010 FOTO AKTIFITAS KEGIATAN PELATIHAN GIS DI PDAM TAKALAR  . PIHAK JICA TELAH MENGADAKAN PELATIHAN ARCGIS TINGKAT DASAR SELAMA KURANG LEBIH 3 BULAN.

COSTUMER. SECARA KESELURUHAN TELAH MENCAPAI PERSENTASE KURANG LEBIH 80 %. & PERCONTOHAN KE 4 DI WIL. DATA BASE YANG ADA SUDAH TERMASUK PEKERJAAN PADA WILAYAH PERCONTOHAN KE 1 YAITU BTN BOMBONG INDAH & RANGGONG DG. & WATER PIPE FACILITIES. BTN BALINDAH. LANDMARKS. FACILITIES WATER SEVICE. UNTUK PENGEMBANGAN SELANJUTNYA DARI PROSES PEMBELAJARAN YANG KAMI DAPATKAN DARI PIHAK JICA EXPERT. KAMI AKAN MELANJUTKAN UNTUK MENGAPLIKASIKAN PADA SEMUA ZONA WILAYAH PELAYANAN YANG ADA . NRW INFORMATION. BTN ISTANA PERMAI. JLN HASANUDDIN. KESEMUANYA MENCAKUP 6 DATABASE GIS ANTARA LAIN : BASEMAP. PERCONTOHAN KE 2. PERCONTOHAN 3. BONTOMANAI. SOMPU RAYA.GAMBARAN UMUM HASIL KEGIATAN KINERJA TEAM GIS PDAM TAKALAR SAMPAI DENGAN BULAN FEBRUARI HASIL KINERJA TIM GIS PDAM TAKALAR YANG MENCAKUP PEKERJAAN DIGITASI FEATURE & INPUT DATA ATRIBUT. ROMO WIL.

.

.

.

863 M P_75_PVC = 1. PATTITANGANG & MASALLENG.WILAYAH 3 : BONTOMANAI.948 M. . TAKALAR LAMA.484 M WILAYAH 4 BTN ISTANA PERMAI COSTUMER = 154 SR POPULASI = 559 JIWA PANJANG PIPA = P_50_PVC 2. COSTUMER = 414 SR POPULASI = 2.596 M P_50_PVC = 6. CILALANG.031 JIWA DATA PIPELINE P_150_PVC = 1.292 M P_100_PVC = 1.

DAN TAK LUPA PULA KAMI MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN BANTUAN YANG TAK KENAL LELAH DARI PIHAK JICA DAN STAF ASISTEN. SEMOGA KEBERSAMAAN YANG TELAH TERJALIN SAAT INI. . MAKA UNTUK SELANJUTNYA AKAN TERUS KAMI UPAYAKAN UNTUK MELANJUTKAN & MENINGKATKAN HASIL KERJA YANG TELAH ADA. YANG SELAMA INI MENDAMPINGI KAMI. MENJADI KENANGAN TERSENDIRI UNTUK PEMACU SEMANGAT KAMI UNTUK LEBIH MENGEMBANGKAN GIS DI PDAM TAKALAR.SESUAI DENGAN APA YANG TELAH KAMI DAPATKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI GIS DI PDAM TAKALAR YANG TELAH DIBERIKAN OLEH PIHAK JICA EXPERT.

Takalar dengan JICA sangat memberi manfaat yang positif bagi PDAM Takalar khususnya pada output Lima mengenai Manajemen Kualitas Air Perubahan yang berlangsung : terjadi setelah kerjasama .OUTPUT 5 MANAJEMEN KUALITAS AIR Hasil Akhir yang diperoleh selama kerjasama antara PDAM se Mamminasata khususnya untuk PDAM Kab.

pemeriksaan sampel air bersih dan air baku hanya dilakukan setiap 6 bulan sekali oleh Dinas Kesehatan Penentuan Dosis Alum & Kaporit dilakukan secara perkiraan Tidak ada Prosedur kerja (SOP) untuk Manajemen Kualitas Air. Setelah kerjasama berlangsung : Kualitas air setiap hari dapat terus terkontrol dengan adanya bantuan peralatan dari JICA dan bimbingan dari para Expert. Data harian kualitas air dapat dilaporkan secara jelas dengan format data yang lengkap Dosis Alum & Kaporit dapat ditentukan melalui Jartest bukan dengan perkiraan lagi. Buku petunjuk untuk Manajemen Kualitas Air sudah ada sehingga menunjang dalam peningkatan kualitas air produksi. o     .     Sebelum kerjasama berlangsung : Kualitas air tidak dikontrol Tidak ada data harian mengenai kualitas air produksi.

Takalar relatif stabil dan memenuhi standar untuk baku mutu air bersih. .Kualitas air PDAM Kab.

Contoh Format Data untuk Analisa Harian .

TAKALAR TAHUN 2010 S/D 2011 .DATA KUALITAS AIR PDAM KAB.

FOTO-FOTO OJT PADA OUTPUT 5 .

DOKUMENTASI EVALUASI OUTPUT 5 OLEH TEAM JICA TOKYO .

Special Thank’s To : . Muh. Kawakami . Koichi Matsubara .Mr. Koji Kimura .Mr. Zakir .Mr.Mr.

Sumber Air Baku PDAM Takalar Air Sungai Palleko Kapasita 640 ltr/dtk ( Air Samsam PDAM Takalar ) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful