Project Finance

Bambang Surapati Click to edit Master subtitle style

6/10/12

11

(Definisi dari Graham D.Pengertian Project Finance 1) Project finance merupakan pembiayaan pengembangan atau eksploitasi suatu hak atau sumber daya alam atau asset lain yang merupakan pembiayaan yang tidak disediakan oleh bentuk lain dari modal saham dan harus dibayar kembali dari pendapatan yang dihasilkan oleh proyek yang sedang dibiayai tersebut. Vinter) 6/10/12 22 .

(Definisi dari Clifford Chance) 6/10/12 33 .Pengertian Project Finance (lanjutan …) 2) Suatu pembiayaan terhadap suatu unit ekonomi tertentu dimana pihak pemberi pinjaman akan cukup puas dengan mempergunakan cash flow dan earnings dari unit ekonomi tersebut sebagai sumber dana untuk pengembalian pinjaman untuk pembiayaan proyek tersebut dan dengan menggunakan aset dari unit ekonomi tersebut sebagai jaminan hutang yang bersangkutan.

(Definisi dari Peter Nevitt) 6/10/12 44 .Pengertian Project Finance (lanjutan …) 3) Suatu struktur financing yang luas dengan suatu ciri yang sama dimana pada prinsipnya pembiayaan tersebut tidak bergantung pada kredit yang di back up oleh keterlibatan sponsor atau oleh aset fisik yang terlibat melainkan bergantung pada pelaksanaan proyek yang bersangkutan.

Pengertian Project Finance (lanjutan …) 4) Pembiayan proyek (project finance) sebagai suatu pembiayaan dari berbagai macam sumber keuangan yang diperlukan untuk menilai. mendirikan dan memulai bekerjanya suatu proyek bermodal besar dimana pinjaman untuk proyek tersebut biasanya diberikan oleh suatu sindikasi bank dan jaminan keuangan atas pengembalian pinjaman tersebut sering hanya digantungkan pada pemasukan di masa yang akan datang dan tidak bergantung pada jaminan pihak ketiga. (Defiinisi dari O.P. Simorangkir) 6/10/12 55 .

Pengertian Project Finance (lanjutan …) 5) Project finance sebagai suatu bentuk dari private loan yang diberikan oleh bank-bank internasional besar yang dihubungkan dengan keberhasilan suatu proyek dan meminimalisasi keterlibatan pihak perusahaan induk. Brealey) 66 6/10/12 . (Definisi dari Richard A.

Biasanya dilakukan secara sindikasi oleh beberapa sumber pembiayaan Tidak menggunakan sistem kredit konvensional yang didukung oleh jaminan kebendaan atau orang Apabila memerlukan jaminan hanya terbatas pada aset unit ekonomi yang dibiayai itu 2) 3) 4) 6/10/12 77 .Ciri-ciri Project Finance 1) Hanya disediakan atau diperuntukkan bagi proyek besar.

Ciri-ciri Project Finance 5) Project finance merupakan pinjaman yang beresiko tinggi jika dibandingkan kredit konvensional Pengembalian pinjaman bersumber proyek yang bersangkutan dari pendapatan 6) 7) Kelangsungan pendapatan proyek menjadi pertimbangan utama pihak penyandang dana 6/10/12 88 .

Ciri-ciri Project Finance (lanjutan …) 8) Karena menggunakan teknologi canggih. kelayakan teknis juga menjadi pertimbangan utama pihak penyandang dana Kontrak pembangunan proyek yang memuat bentuk pemborongan pekerjaan menjadi jaminan pembiayaan proyek dan pengembaliannya 9) 6/10/12 99 .

4. 5.Manfaat Project Finance 1. 2. 3. Membuka lapangan kerja Sarana alih teknologi Memperbaiki infrastruktur Sumber peningkatan pendapatan negara 6/10/12 1010 . Sumber pengembalian pinjaman.

Pengaturan Project Finance Sumber hukum project finance diklasifikasikan ke dalam 2 (dua) jenis yaitu sumber hukum perdata dan sumber hukum publik Sumber hukum perdata adalah perjanjian dan undang-undang yang memuat ketentuan tentang : 1) Kebebasan berkontrak 6/10/12 1111 .

) 2) Pinjaman. pembiayaan. perusahaan.Pengaturan Project Finance (lanjutan …. dan jaminan Pemborongan pekerjaan Badan hukum. dan investasi 3) 4) Sumber hukum publik adalah peraturan perundang-undangan yang meliputi semua ketentuan hukum administrasi negara tentang : 6/10/12 1212 .

air.) 1) Keagrariaan (bumi.Pengaturan Project Finance (lanjutan …. dan angkasa) Sumber daya alam Lingkungan dan tata ruang Perizinan dan perpajakan 2) 3) 4) 6/10/12 1313 .

Dalam hal terjadi kesulitan pembiayaan ketika proyek sedang dibangun bahkan jika terjadi kepailitan. dan telekomunikasi. Misalnya pembiayaan proyek kesehatan. air bersih. pemerintah akan menanggung resiko pembiayaan. Project finance sektor publik Pembiayaan proyek sektor publik umumnya bersumber dari dana yang disediakan oleh pemerintah. 6/10/12 1414 . listrik.Klasifikasi Project Finance 1.

Modal pemerintah . Hibah pemerintah . b. Pinjaman luar negeri . 6/10/12 1515 . d. Pinjaman pemerintah . c.Klasifikasi Project Finance (lanjutan …) Pembiayaan proyek sektor publik biasanya melibatkan Badan Usaha Milik Negara di lingkungan Kementerian terkait dengan sumber pembiayaan : a.

Project Finance Sektor Swasta Pada pembiayaan proyek sektor swasta. Dana cadangan. resiko yang dihadapi adalah kemungkinan proyek diambil alih oleh penyandang dana atau akan dipailitkan. f. sumber dana adalah private loan. Pinjaman dalam negeri nonpemerintah . Jika terjadi kesulitan pembiayaan ketika proyek sedang dibangun. 2.Klasifikasi Project Finance (lanjutan …) e. 6/10/12 1616 .

Project Finance patungan sektor publik dan swasta.Klasifikasi Project Finance (lanjutan …) 3. Dengan cara patungan ini perusahaan swasta nasional dapat mengendalikan resiko karena perusahaan BUMN pengelola proyek memperoleh pembiayaan dari dana pemerintah. Pembiayaan proyek secara patungan antara sektor publik dan sektor swasta terjadi apabila kedua pihak berkepentingan. 6/10/12 1717 .Polanya adalah pembiayaan dengan menyertakan modal sektor swasta ke dalam perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola proyek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful