KATA PENGANTAR

Alhamdullillahirobbila‟lamin, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “What, Why and How Use Kalkulator” ini dapat disusun dan selesai tepat pada waktunya. Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Dra.Ida Karnasih selaku dosen pengampu mata kuliah “ICT” yang telah banyak membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
Makalah ini disusun bertujuan untuk melengkapi tugas individu pada mata kuliah ICT, Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana UNIMED. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna, masih banyak kelemahan baik dari segi isi maupun tata bahasa, namun penulis sudah berupaya

semaksimal mungkin, maka untuk itu selaku penulis pada kesempatan ini mengharapkan kritik dan saran ataupun masukan dari para pembaca demi perbaikan dan kesempurnaannya. Kiranya makalah ini bermanfaat dalam memperkaya khasanah ilmu pendidikan.

Akhirnya penulis ucapkan terima kasih

Medan,

September 2011

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................... DAFTAR ISI.............................................................................................................. BAB I PENDAHULUAN .......................................................................................... 1.1 Latar Belakang Masalah ................................................................ BAB II PEMBAHASAN..................................................................................... 2.1 What is Kalkulator ......................................................................... 2.2 Why use Kalkulator ....................................................................... 2.3 How to use Kalkulator ................................................................... BAB III KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................. 3.1 Kesimpulan ...................................................................................... 3.2 Saran ................................................................................................ Daftar Pustaka .......................................................................................

pelajarpelajar ini dapat menumpukan perhatian kepada aplikasi konsep dan penyelesaian masalah. Pada massa kini peranan kalkulator dalam membantu pelajar meningkatkan kemahiran berfikir memang tidak dapat dinafikan . Sejauh mana keberkesanannya di dalam proses pengajaran dan pembelajaran matematik amat bergantung kepada sejauh mana pelajar menggunakannya secara bijak dan berkesan.BAB I PENDAHULUAN Kebiasaannya pelajar yang tidak dapat menguasai ilmu matematik adalah kerana kesukaran mereka untuk menyelesaikan masalah matematik yang melibatkan penggunaan angka-angka. memotivasi dan membina keyakinan diri pelajar untuk menyelesaikan masalah. Sesuatu perubahan perlu dan harus dilakukan kerana pelajar hari ini akan mencorakkan masa depan negara. Mereka tidak lagi dibebani dengan pengiraan yang panjang lebar. Mereka juga merupakan sumber kesulitan bagi banyak siswa yang mengalami kesulitan dengan matematika. Adanya kalkulator sebagai alat bantu. Mereka tidak memahami persoalan atau tidak tahu membuat transformasi. pelajar akan merasai keseronokan mempelajari matematik. banyak di antaranya bahkan menemukan konsep-konsep matematika dasar sulit dimengerti. Kajian luar negara telahpun membuktikan bahawa penggunaan kalkulator membantu meransang pelajar untuk berfikir. Keberadaan alat peraga jenis baru ini pada dasarnya merupakan sebuah peluang bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika. di Indonesia masalah utama seperti ketersediaan sarana prasarana serta kualitas sumberdaya manusia dalam hal ini guru berkaitan dengan e-learning literacy masih menjadi kendala dalam proses implementasinya Konsep-konsep abstrak sangat penting untuk memahami dan melakukan matematika. Ia menggalakkan pelajar supaya lebih ingin tahu dan kreatif. Malaysia masih jauh ketinggalan di dalam penggunaan kalkulator di dalam bik darjah. Berbanding luar negara. . Hanya saja.

* / % kwadrat. Kebanyakan dari kita sekarang tidak perlu membeli kalkulator ini. exp. dan pengurangan (x. tetapi dapat digolongkan menjadi dua jenis kalkulator yaitu : . penjumlahan. seperti: pangkat. penghitung bisa diartikan sebagai kalkulator yang dipakai untuk menghitung untuk keperluan sehari-hari. tetapi pada dasarnya hampir sama. yang biasanya mempunyai cara pengoperasian yang berbeda-beda. Jenis Kalkulator Saat ini telah dikenal beberapa macam kalkulator dari berbagai merek dan type. kita bisa menghitung rumus matematika yang lebih rumit. sin. Suatu kenyataan saat ini belum banyak siswa maupun guru yang mampu menggunakan kalkulator untuk penyelesaian berbagai perhitungan dalam matematika. dan dikalangan masyarakat sudah banyak yang menggunakannya sebagai alat bantu hitung yang praktis dan cepat. Dalam penghitung sederhana.1 WHAT IS KALKULATOR (Apa Itu Kalkulator) Kalkulator merupakan alat hitung elektronika yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan komputer. Dan saat ini sudah banyak beredar kalkulator dengan bermacam-macam merek dan tipe. aljabar. karena dalam komputer PC kita (MS Windows dan MS Office) di dalamnya sudah disediakan kalculator. Bagi masyarakat awam. -). Padahal dengan menggunakan scientific calculator dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai perhitungan-perhitungan baik dalam operasi hitung maupun lainnya misalnya statistik.BAB II PEMBAHASAN 2. kalkulus dan sebagainya. pembagian. 1/x. dll. Sedangkan pada scientific calculator. :. tg. +. A. dan penghitung ilmiah (scientific calculator). dan operasi memori saja (cukup untuk keperluan penghitung rumah tangga sehari-hari). Pada umumnya dalam proses pembelajaran masih terbatas penggunaannya pada proses perkalian. Oleh karena itu seorang guru perlu mengetahui penggunaan kalkulator tersebut untuk pembelajaran matematika. Ada dua macam kalkulator: penghitung sederhana. kita hanya bisa menghitung: + . cosin. keuangan. ln.

Kalkulator jenis ini hanya dapat digunakan untuk suatu kalkulasi sederhana. Contoh : program-program untuk statistik. Program aplikasi yang telah dirancang oleh pabriknya. sehingga pengguna dapat langsung menggunakan fasilitas tersebut. pengurangan. penjumlahan. Kalkulator yang dapat diprogram (Programmable Calculator). Contoh : program-program untuk statistik. yang hanya menggunakan operasi hitung biasa misalnya perkalian. Program yang dibuat sendiri oleh penggunanya. pembagian. nilai fungsi trigonometri. tetapi dapat digolongkan menjadi dua jenis kalkulator yaitu : 1. analisis regresi linier. Kalkulator yang dapat diprogram (Programmable Calculator). analisis regresi linier. yang hanya menggunakan operasi hitung biasa misalnya perkalian. 2. integral dan sebagainya. pengurangan. Saat ini telah dikenal beberapa macam kalkulator dari berbagai merek dan type. nilai fungsi trigonometri. logaritma. 2.1. penjumlahan. Program dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan rumus yang akan diprogramnya dengan menggunakan “bahasa program” untuk kalkulator. Pada kalkulator jenis ini dapat dibedakan menjadi dua jenis pemrograman yaitu: a. Program aplikasi yang telah dirancang oleh pabriknya. Program ini telah tersedia. sehingga pengguna dapat langsung menggunakan fasilitas tersebut. Kalkulator jenis ini hanya dapat digunakan untuk suatu kalkulasi sederhana. Suatu program yang telah disusun dapat disimpulkan pada kalkulator dan program yang telah tersimpan tidak akan hilang walaupun kalkulator dimatikan. Program ini telah tersedia. b. Program yang dibuat sendiri oleh penggunanya. logaritma. Pada kalkulator jenis ini dapat dibedakan menjadi dua jenis pemrograman yaitu: a. integral dan sebagainya. pembagian. Kalkulator yang tidak dapat diprogram. Kalkulator yang tidak dapat diprogram. b. .

pada layar ditampilkan “DEG” Mode 5: Digunakan untuk perhitungan dengan menggunakan “radian” sebagai satuan besarnya sudut. Mode 1 : Digunakan untuk integral tertentu. Banyaknya angka signifikan yang dikehendaki dapat dilakukan dengan menekan angka setelah menekan Mode dan 8 (contoh : Mode 8 3 ) . statistik. Mode 0 : Digunakan untuk menuliskan program pada layar ditampilkan “LRN”.Program dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan rumus yang akan diprogramnya dengan menggunakan “bahasa program” untuk kalkulator. apakah ingin bekerja pada perhitungan biasa. … atau 9 Keterangan : Mode • : Digunakan untuk perhitungan biasa dan perhitungan yang terprogram dapat dieksekusi. pada layar ditampilkan “SD” Mode 4 : Digunakan untuk perhitungan dengan menggunakan derajat sebagai satuan besarnya sudut. Suatu program yang telah disusun dapat disimpulkan pada kalkulator dan program yang telah tersimpan tidak akan hilang walaupun kalkulator dimatikan. regresilinier dan sebagainya. Pemilihan mode dapat dilakukan dengan cara : Tekan mode kemudian tekan pilihan • . pada layar ditampilkan “GRA” Mode 7 : Digunakan untuk menetapkan banyaknya tempat desimal yang Misalnya : Mode 7 3 maka suatu bilangan akan diperlukan. Pemilihan Mode Pemilihan mode disesuaikan dengan jenis perhitungan yang akan dikerjakan. Mode 8 : Bilangan dinyatakan dengan bentuk baku. 1 . pada layar ditampilkan “RAD” Mode 6 : Digunakan untuk perhitungan dengan menggunakan “gradien” sebagai satuan besarnya sudut. yang menggunakan mode yang berbeda. pada layar ditampilkan “ ∫dx ”. dinyatakan dengan 3 tempat desimal. B. Mode 2 : Digunakan untuk analisis regresi. Untuk “Casio fx-3600 P” terdapat 11 macam mode. pada layar ditampilkan “LR” Mode 3 : Digunakan untuk perhitungan statistik.

Persoalannya mengapa kalkulator tidak dibenarkan untuk digunakan di peringkat sekolah? Apabila Kementerian Pendidikan Malaysia membenarkan kalkulator diperluaskan penggunaannya kepada pelajar-pelajar menengah rendah. Anggapan mereka jika pelajar-pelajar hanya menekan kekuncinya untuk mendapatkan . Untuk mengaktifkan tombol sesuai dengan fungsinya dapat dilakukan sebagai berikut: 1. Cara Mengaktifkan Tombol (Key) pada Kalkulator Pada umumnya pada setiap tombol mempunyai fungsi ganda (multifungsi). 2. Mengaktifkan tombol dengan fungsi sebagai tertulis pada tombol dapat ditekan langsung pada tombol itu. Setiap rumah sudah pasti memiliki sekurang-kurangnya sebuah kalkulator untuk kegunaan harian . Berbagai reaksi dan respon negatif timbul daripada masyarakat khususnya di kalangan ibubapa dan guru-guru.orang dewasa. Kanak-kanak kecil. 2. kalkulator saintifik dan kalkulator grafik kepada pelajar-pelajar yang mengambil mata pelajaran Matematik Tambahan. Mengaktifkan tombol dengan fungsi sebagai tertulis dengan warna coklat harus didahului dengan menekan tombol INV 3.2 MENGAPA MENGGUNAKAN KALKULATOR Kalkulator. Mengaktifkan tombol dengan fungsi sebagai yang digunakan tertulis warna biru dapat ditekan langsung tombol itu apabila mode 3. Mengaktifkan tombol dengan fungsi sebagai yang tertulis hitam (di bawah tombol) harus didahului dengan menekan tombol KOUT 4. satu daripada alat teknologi termurah yang mudah didapati abad ini. pelajar-pelajar sekolah telahpun didedahkan dengan kalkulator bermula dari rumah lagi. Ia digunakan oleh segenap lapisan masyarakat termasuklah kanak-kanak.Mode 9 : Untuk menormalkan kembali (release) dari penggunaan Mode 7 dan 8 C. tidak lagi khusus kepada pelajar-pelajar Tingkatan Enam dan Matrikulasi. surirumahtangga dan golongan profesional .

kos. Jika sebelum ini. Kalkulator hari ini mampu membuat lebih daripada pengiraan nombor. trigonometri seperti sin. Mereka hanya perlu memasukkan nombor-nombor yang diberi dan operasi yang digunakan dengan menekan kekuncinya sahaja dengan betul. Idea-idea matematik melalui penyiasatan. Pelajar-pelajar harus diajar sesuatu yang lebih bermakna. dan tangen. karena kalkulator mampu memberikan jawapan dengan pantas dan tepat. Di dalam hal ini. Kalkulator saintifik misalnya menyediakan pelajar tentang logaritma. penerokaan. Pelajar akan bergantung harap sepenuhnya kepada kalkulator. Kalkulator grafik pula membolehkan fungsi-fungsi seperti fungsi kuadratik. Keutamaan harus diberi kepada aplikasi konsep matematik daripada pengajaran konsep semata-mata. Tanggapan ini perlu diubah. Jawapan tepat sudah pasti tertera di skrin kalkulator. data-data yang dikumpul diterjemah dalam bentuk yang lebih mudah difahami oleh pelajar. maka kalkulator akan membantu melembabkan pemikiran pelajar. generalisasi. Penggunaan kalkulator di dalam proses pengajaran dan peembelajaran matematik adalah asas untuk merealisasikan matlamat ini. kuasa dua hingga kepada kuasa yang lebih besar dan sebagainya. Mereka tidak perlu lagi bersusah payah menggunakan buku sifir empat angka dan membuat pengiraan panjang jika diminta mencari nilai bagi. Kita perlu menyediakan pelajar yang mampu membuat keputusan. meneroka masalah yang lebih mencabar dengan penuh keyakinan serta mampu menghadapi apa juga cabaran mendatang . kalkulator hanya akan dijadikan alat bantu pelajar untuk mendapat jawapan bagi soalan yang diberi bukan sebagai alat peransang untuk pelajar berfikir. mampu menganilasa data serta maklumat dalam membuat keeputusan yang bijak. Jika keadaan ini berterusan. analisis dan sintesis menggunakan kalkulator sebagai alat bantu mampu melahirkan pelajar yang lebih kritis dan kreatif. Kita bukan lagi mahu pelajar yang mahir menguasai kemahiran sifir dan konsep untuk digunakan bagi menjawab soalan atau masalah tertentu. pelajar terpaksa mencari titik-titik y .mereka menjadi malas untuk berfikir.jawapan daripada masalah matematik yang diberi oleh guru. Penggunaan kalkulator sebagai alat bantu pembelajaran amat diperlukan masa kini seiring dengan kemajuan sains dan teknologi.

. Malaysia masih jauh ketinggalan di dalam penggunaan kalkulator di dalam bik darjah. Kajian luar negara telahpun membuktikan bahawa penggunaan kalkulator membantu meransang pelajar untuk berfikir. memplot titik-titik x dan y dengan tepat untuk mendapat bentuk graf parabola yang betul. sifir atau bahagi. pelajar akan merasai keseronokan mempelajari matematik. Adanya kalkulator sebagai alat bantu. Kesimpulannya. Di samping itu juga.Ini tidak bermakna pelajar tidak dapat memahami konsep fungsi kuadratik dan menyekat peluang pelajar untuk berfikir. menyiasat dan menjalankan penerokaan daripada graf-graf tersebut.daripada fungsi kuadratik yang diberi . memotivasi dan membina keyakinan diri pelajar untuk menyelesaikan masalah. Satu set data daripada fungsi kuadratik yang diberi dapat dipamerkan di dalam jadual dan graf fungsi tersebut akan tertera di skrin kalkulator jika kekunci 'graph' ditekan. pada massa kini peranan kalkulator dalam membantu pelajar meningkatkan kemahiran berfikir memang tidak dapat dinafikan . Sejauh mana keberkesanannya di dalam proses pengajaran dan pembelajaran matematik amat bergantung kepada sejauh mana pelajar menggunakannya secara bijak dan berkesan. mencari nilai maksimum dan nilai minimum daripada graf. Mereka tidak lagi dibebani dengan pengiraan yang panjang lebar. Berbanding luar negara. Pelajar dapat membuat perbandingan bentuk-bentuk graf yang berlainan dalam satu skrin. pelajar-pelajar ini dapat menumpukan perhatian kepada aplikasi konsep dan penyelesaian masalah. Sesuatu perubahan perlu dan harus dilakukan kerana pelajar hari ini akan mencorakkan masa depan negara. Ia menggalakkan pelajar supaya lebih ingin tahu dan kreatif. membuat generalisasi. Ini bukan bermakna mereka mereka tidak memahami soalan atau tidak tahu membuat transformasi. Kebiasaannya pelajar yang tidak dapat menguasai ilmu matematik adalah kerana kesukaran meereka untuk menyelesaikan masalah matematik yang melibatkan penggunaan ayat . kini kalkulator grafik mampu mengambil alih peranan tersebut malah menghasilkan dapatan yang lebih baik. pelajar akan memikirkan domain dan julat yang sesuai daripada graf tersebut.

Apakah memang seharusnya demikian? Pembelajaran matematika hendaknya diarahkan mampu membantu siswa menjadi mahir matematika (menguasai konsepnya. Agar diperoleh penekanan tombol yang seminimal mungkin. yaitu tombol 4 dan 9. Di samping bisa digunakan untuk membantu memudahkan anak untuk berhitung. strategi memecahkan masalahnya. coba ajak siswa untuk memecahkan masalah berikut: "Suatu kalkulator ternyata memiliki beberapa tombol yang rusak. Bahkan . tentukan 5 cara menekan tombol bilangan 4 dan 9 agar hasil perkalian itu bisa ditampilkan di layar. dan sikap positifnya terhadap matematika.Kalkulator merupakan alat yang mampu membantu memudahkan perhitungan. Andaikan di layar display kita diminta untuk menentukan hasil kali dari 1493 dengan 931. Sebagai contoh. Mereka harus menggunakan kemampuan berpikir kritis. coba sebutkan urutan tombol yang harus ditekan (termasuk operasinya)". Dengan begitu. Memang. Kalau penggunaan kalkulator dalam pembalajaran hanya sesederhana peran dan fungsinya sebagai alat hitung tentu hal itu tidak akan mampu menjadikan siswa mahir matematika. tetapi lebih untuk pemecahan masalah. kalau kita membelajarkan anak hanya untuk berhitung biasa. menguasai banyak strategi pemecahan masalah. kalkulator tidak hanya digunakan untuk menghitung. Pengoperasian bilangan-bilangan besar dapat dilakukan dengan mudah kalau kita menggunakan kalkulator.dan memiliki disposisi yang produktif). memiliki penalaran yang adaptif. dan juga disposisi yang produktif. guru tidak jarang melarang siswa untuk membawa dan menggunakan kalkulator dalam pembelajaran. Dengan begitu. Selain tombol operasi. Kalkulator sebenarnya juga bisa digunakan sebagai alat untuk membantu anak mengembangkan kemampuan bernalar. dimilikinya strategi pemecahan masalah. hanya ada dua tombol yang masih fungsional. lancar menjalankan prosedur. kreatif agar bisa memecahkan masalah itu. mereka akan dibantu mengembangkan kemampuan bernalarnya. Karena itu. Penggunaan kalkulator di kelas hendaknya lebih dari itu. Mereka khawatir penggunaan kalkulator hanya akan membuat siswa tidak pandai berhitung. penggunaan kalkulator di kelas bisa membuat anak merasa terbantu.

. mereka akan memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan berhitungnya dan tidak akan terlalu bergantung kepada kalkulator dalam berhitung. mereka akan memerlukan waktu yang banyak untuk membaca soal dan menekan tombol kalkulator.3 BAGAIMANA PENGGUNAAN KALKULATOR A. Bahkan. gunakan "one minute math" untuk menjadikan anak-anak memiliki otomatisasi dalam pengoperasian bilangan. 3.. mereka akan melihat bahwa "otomatisasi" yang diperoleh dari kegiatan one minute math ini lebih memberikan manfaat daripada harus menekan tombol-tombol kalkulator. Hasilnya …….3 ↵ 4 b. Kalau mereka sudah berhasil melampaui kegiatan "one minute math" ini. Karena itu. 43 tekan : 3 ab/c 4 ……………. biasanya pada kalkulator langsung dinyatakan dalam pecahan desimal.. terutama yang merupakan fakta-fakta dasar. Yang paling penting adalah bagaimana kita memanfaatkan kalkulator untuk keperluan belajar siswa yang lebih baik.…. -32 tekan : 2 ab/c 3 +/.mereka mungkin akan memiliki ketergantungan terhadap kalkulator. Terbaca ….. Kita lah yang harus pandai-pandai memanfaatkannya. Menyederhanakan pecahan : 10896 = …96 ab/c 108 = ……….. Tidak perlu terlalu khawatir. dengan jumlah soal yang cukup banyak. Pada akhirnya. Pecahan Suatu hasil perhitungan dengan bilangan pecahan. Kita tidak perlu melarang murid menggunakan kalkulator. Menulis Pecahan Biasa : a.. 1. . kalaupun mereka diijinkan untuk menggunakan kalkulator. 8 ↵ 9 3. bahkan bisa-bisa tidak pernah lulus dari kegiatan one minute math tersebut.. Berikan mereka 20 -. 75 3 tekan : 7 ab/c 3 ab/c 5 …. wajar jikga ada kekhawatiran terhadap dampak diijinkannya penggunaan kalkulator ini di kelas. … 7 ↵ 3 ↵ 5 c. – 2 ↵ 3 2. Mengubah pecahan biasan ke pecahan desimal : .40 soal operasi bilangan dan mereka harus menyelesaikannya dalam 1 menit saja. Jadi penggunaan kalkulator di kelas syah-syah saja.. Mereka tidak akan mendapatkan hasil optimal.

Berapa rupiah potongannya?. Berapa rupiah yang harus ia bayar?. 406 0.537107 artinya 2.INV X2 …………. Kuadrat dan Akar Kuadrat 1. Hal ini mencari 20 % dari Rp..23 x 10-047 C.750.5 = ...5 5.4)2 = …… 2 . D. 78. 55230 B. 5 INV √ ……………. Dan ia mendapat potongan 20 %. Bilangan Baku Menyatakan Bilangan dalam bentuk baku.123724357 − 81 = . 6. 33.750.00 sehingga pengoperasiannya dengan kalkulator 59750 X 20 INV % ……………. 11950 b. Pangkat.675 = ….000423 dalam 3 angka signifikan. % 0 • 675 : 1 INV % ……….92196637 3.35 6.00. 59. . Pemangkatan : 253 = ….. dengan diskon 30%. 59. Akar kuadrat 37.76 3.. Windy membeli baju seharga Rp.00. 7. Terbaca ….. 00103 MODE 8 4 ……………..50001 Hasilnya adalah 7.. 0. 0.. kuadrat suatu bilangan.. 4 +/. 78900 X 30 INV % − …………….. Mengubah pecahan ke bentuk persen : 52 = …%2 : 5 INV % ……..37 .2..00103 dalam 4 angka signifikan 75 .500 x 10.INV √ ………………..5371 x 107. Pangkat Tak Sebenarnya 1. 35 X 1 INV % ……………. Penarikan akar : 3 39034 = . Pangkat tak sebenarnya : 642/3 = ……64 INV XY 2 ab/c 3 = ………… 16 .900. 81 +/.23-04 Hasilnya adalah 4.39034 INV X1/y 3 = ……. 75..75 4. 232 = …23 INV X2 ……………… 529(-2. Mengubah bentuk persen ke pecahan : 35 % = ….43 = …3 ab/c 4 = ab/c ….. Ubahlah dalam bentuk baku. Windy membeli sepatu seharga Rp.. Jika kalkulator terbaca misalnya 2.. 0 . 000423 MODE 8 4 …………….. Penarikan Akar. 0. 40 atau 2 ab/c 5 : 1 INV % ………..25 INV XY 3 = ………… 15625 2. 67. 4. Contoh aplikasi soal: a.

INV R → P 5= …..164414003 F.. Cara membersihkan/mengosongkannya sebagai berikut : MODE 4 MODE 0 P1 INV Min INV P2 INV Min MODE . misalnya jika inputnya Kin 1 maka dipanggil dengan Kout 1. Misal BALOK.-2. tinggi 16.. Tetapi kita dapat juga membuat program sendiri menurut kebutuhan sendiri. Misal : x = 24 y = 7 r = …. Pada kalkulator rumus untuk r telah diprogramkan sehingga kita tidak usah menghitung dengan cara yang sesuai dengan rumus tersebut. Panjang 42. INV KAC Adapun cara membuat program langkah-langkahnya sebagai berikut: . Hitung besar vector – a !3 INV R → P 2 +/. lebar 27. Teorema Pythagoras 1.. Besar vektor posisi.24 INV R → P 7 = ……… 25 2. misal Kin 1 . 6 (hanya dapat memuat variabel bebas sebanyak 6)... Hitung panjang tiap diagonal ruangnya!42 INV R → P 27 INV R → P 16= ……… 52. Kita dapat memanggil konstanta yang tersimpan dengan menekan Kout diikuti dengan tombol/kunci tempat menyimpan konstanta tersebut. Untuk menghilangkan konstanta yang tersimpan dengan menekan INV KAC . – a adalah vektor posisi dari titik A (3. r = x2 + y2 = . Oleh karenanya dalam pembuatan program haruslah sederhana.5)..E. G. Pembuatan Program Pada kalkulator telah terdapat beberapa program yang dibuat oleh pabriknya.y rx.d. Cara menyimpan Konstanta Tempat menyimpan konstanta (memasukkan nilai tiap-tiap variable) hanya terdapat pada tombol/kunci 1 s. Menghitung panjang diagonal ruang balok.43090691 3. 6. Untuk membuat program baru maka kita harus membersihkan terlebih dahulu program yang masih tersimpan ataupun memory lainnya. Kemampuan kalkulator memuat suatu program hanyalah sampai 38 langkah. Bilangan yang terbaca pada layar dapat disimpan pada kalkulator dengan menekan Kin diikuti dengan tombol tempat menyimpan.

... x +ay mab =x +cy ncd = Untuk menyelesaikannya digunakan Mode 2 . Misal kita ambil m = 2 dan n = 1.. Menggunakan program diawali dengan menekan Mode • P1 ...1. 4 Kout 4 ………......Kout 2 INV X2 = Kin 4 MODE . jika inputnya Kin 2 maka dipanggil dengan Kout 2. Cara menjalankan program tersebut. terlebih dahulu persamaan di atas diubah sehingga koefisien x pada masing-masing persamaan menjadi 1.n ∈ A dan m > n. 3 H. P1 2 RUN 1 RUN Kout 6 ………. dst 4.. Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier dengan Dua Variabel ax + by = m cx + dy = n Cara menyelesaikan pada kalkulator. dan seterusnya Contoh: Rumus pasangan Triple Pythagoras: (m2 + n2). Menuliskan rumus pemrogramannya jika inputnya Kin 1 maka dipanggil dengan Kout 1.. Membuka program MODE 0 P1 INV MIN Dimana P1 artinya kode programnya adalah P1 INV Min artinya menghapus program-program sebelumnya yang mungkin ada 10 2. 2 mn. dan seterusnya berikutnya dengan P1 . kemudian Menekan INV KAC . selesaikan: x + 3y = -1 x – 2y = 9 . 5 Kout 5 ……….. Programnya adalah: MODE 0 P1 INV Min ENT 2 Kin 1 ENT 1 Kin 2 Kout 1 INV X2 + Kout 2 INV X2 = Kin 6 2 X Kout 1 X Kout 2 = Kin 5Kout 1 INV X2 . Memasukkan nilai variable yang diperlukan ENT bilangan tertentu Kin 1 ( variable ke 1) ENT bilangan tertentu Kin 2 ( variable ke 2) dst 3... Contoh. dan (m2 – n2) dimana m.

INV KAC. yD 9 DATA INV A ……………. Contoh: Tentukan koordinat titik potong dari garis y = 2x + 6 dan y = 4x + 3. mulailah dengan INV KAC .Contoh: Tentukan persamaan garis melalui dua titik (3.6x + 2. .4) dan (-2. YO 4 DATA 2 +/.DATA 2 +/. 0. Fungsi dan Komposisi Fungsi.. suku banyak dan teorema sisa.. 9) Catatan: Jika pada layar masih terbaca LR maka Mode 2 tidak perlu ditekan lagi.1) Caranya : MODE 2 INV KAC 3 XO. –2 Jadi x = 5 dan y = -2 I. 9 (= ordinat y) Jadi titik potongnya (1. YO 6 DATA 4 XO. Fungsi.xD. 5 INV B …………….. Persamaan Garis Melalui Dua Titik Persamaan garis berbentuk y = mx + c m dan c akan terbaca kalkulator. 1. YO 3 DATA INV B +/.……. yD 1 +/. MODE 2 INV KAC 2 XO. 1. 2. K.2 (= c konstan) Jadi persamaan garisnya adalah: Y = 0.XD.5 (= absis x) INV A …………. Jika ingin beralih dari perhitungan dengan Mode 2 maka tekanlah MODE .. YD 1 DATA INV B ……………. Koordinat Titik Potong Dua Garis Persamaan garisnya harus dinyatakan dalam bentuk y = mx + c.5.6 (= m = gradien) INV A …………….2 ⇔5y = 3x + 11 J.Caranya: MODE 2 INV KAC 3 xD.

Contoh: 1 Ditentukan Tentukan nilai f untuk Jawab : – . kita gunakan tombol MR untuk mewakili variabelnya. Kemudian kita hitung nilai fungsi tersebut dengan menggunakan program yang sesuai.Untuk menentukan suatu fungsi yang ditentukan rumusnya. Pertentangan pendapat tentang penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika di SD . – Penggunaan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika di SD Apakah kalkulator dapat digunakan atau tidak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dan memberikan beberapa gagasan bagaimana menggunakan kalkulator secara bijak dan cerdas. kita tulis pada kalkulator sebagai berikut : MODE 0 P1 INV MIN 2 X MR INV + X MR – = MODE .

orang dari berbagai lapisan masyarakat. sehingga peserta didik tetap harus belajar menggunakannya setelah mereka menyelesaikan sekolah. kalkulator banyak digunakan oleh orang. Sementara sebagian lain yang menentang penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Ada keseimbangan Menurut pendapat saya.Sebagian orang berpendapat bahwa kalkulator dapat membantu peserta didik untuk lebih berkonsentrasi dalam memahami dan mempelajari konsepkonsep matematika. Kalkulator tidak lebih dari sekedar alat – tidak baik tetapi juga tidak buruk. Kalkulator hanya mendorong peserta didik untuk mencoba berbagai operasi matematika secara acak tetapi mereka tidak memahami apa yang mereka lakukan. Mereka juga berpendapat bahwa kalkulator dapat mengembangkan „number sense‟ dan membuat peserta didik lebih percaya diri dengan kemampuan matematika yang mereka miliki. daripada sekedar melakukan perhitungan matematika yang rumit dan membosankan. menghambat peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep-konsep matematika. National Council of Teachers of Mathematics (1989) telah merekomendasikan bahwa cara pembagian panjang dan “latihan menghitung menggunakan pensil dan kertas membuat peserta didik merasa bosan” sehingga menurunkan minat dan perhatian peserta didik terhadap pelajaran matematika di sekolah-sekolah. baik atau buruk penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika di kelas – tergantung pada pendekatan yang digunakan oleh guru. mengatakan bahwa kalkulator membuat peserta didik tidak belajar tentang fakta-fakta dasar. untuk itu sebaiknya kalkulator digunakan peserta didik dalam setiap pembelajaran matematika. Mereka juga mengatakan bahwa kalkulator menghalangi peserta didik untuk mendapatkan salah satu manfaat penting dari pembelajaran matematika yaitu melatih dan disiplin pikiran serta mempromosikan penalaran logis. Kenyataannya sekarang. .

Menguasai cara pembagian panjang merupakan persiapan untuk memahami bagaimana bilangan pecahan berhubungan dengan bilangan desimal-berulang tidak terbatas. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : . Algoritma dasar pada aritmetika merupakan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami operasi-operasi yang sesuai dengan sukubanyak pada aljabar. Kita sesekali dapat menggunakan kalkulator untuk suatu proyek khusus. dapat melakukan “mental calculations” dan menguasai cara pembagian panjang serta algoritma dasar perhitungan lain dengan pensil-kertas. perkalian dan pembagian dengan pensil & kertas. mungkin sangat bijaksana bila kita membatasi penggunaan kalkulator di kelas bawah. mengajarkan konsep tertentu dan tentu saja untuk “fun math”. eksplorasi konsep-konsep baru. pengurangan. Kalkulator dapat digunakan dalam pelajaran IPA. beberapa permainan angka atau untuk memeriksa PR. penyederhanaan pecahan. Matematika adalah bidang studi yang dibangun berdasarkan “kesepakatan” sebelumnya yang didasarkan pada fakta-fakta. Seorang peserta didik yang tidak menguasai fakta dasar perkalian (dan pembagian) akan memerlukan waktu yang lama dalam mempelajari konsep pemfaktoran. Hal ini menurut pendapat saya.Pada saat yang sama. Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kalkulator dalam pembelajaran matematika Ketika kalkulator bebas digunakan. bilangan prima. operasi-operasi lain pada pecahan. sampai seorang peserta didik tahu faktafakta dasar dalam melakukan operasi-operasi penjumlahan. sifat distributif dan lain-lain. proyek geografi. yang kemudian memuluskan jalan untuk memahami bilangan irasional dan bilangan real. Semuanya saling berhubungan! Untuk alasan ini. peserta didik harus belajar tentang fakta-fakta dasar. dapat membangun “number sense” seperti melakukan “mental calculations” Tetapi hal ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh menggunakan kalkulator sama sekali untuk kelas bawah.

dan kapan saatnya melakukan “mental calculations” atau perhitungan dengan pensil-kertas dan mana yang lebih efektif serta sesuai dengan permasalahan. dan menempatkannya bersama. pastikan bahwa kalkulator tidak menghilangkan motivasi peserta didik tentang perlunya belajar matematika. karena sangat mudah melakukan kesalahan ketika menekan tombol angka-angka. Beberapa gagasan penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika di SD Jika anda akan menggunakan beberapa gagasan ini. 1. 3. menunjukkan pola dan aturan-aturan matematika. Amati wajah mereka ketika mereka sampai . 2. Biarkan anak-anak prasekolah atau anak-anak kelas pertama mengeksplorasi bilangan dengan menambahkan 1 berulang kali (yang dapat dilakukan dengan menekan pertama 1 + 1 = . Kalkulator adalah alat untuk melakukan perhitungan. tetapi setelah itu guru harus menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan konsep matematika tersebut. Begitu pula pikiran kita dengan pensil-kertas. Sangat penting bagi peserta didik untuk memahami perbedaan dari setiap operasi matematika sehingga mereka tahu kapan menggunakan salah satunya ketika melakukan “mental calculations”. Peserta didik harus diajarkan kapan saatnya menggunakan kalkulator.1. Sangat penting bagi peserta didik untuk belajar memperkirakan hasil sebelum melakukan perhitungan. dan kemudian menekan tombol = berulang-ulang) atau mengurangi 1 berulang kali. Memilih alat yang tepat adalah bagian dari proses penyelesaian masalah secara efektif. Dan peserta didik harus belajar untuk tidak „mengandalkan‟ hasil pada kalkulator tanpa memeriksa kewajaran dari jawaban. Sebaiknya kalkulator tidak digunakan untuk mencoba secara acak semua kemungkinan operasi dan melihat mana yang menghasilkan jawaban yang benar. perhitungan dengan pensilkertas atau perhitungan menggunakan kalkulator. Kalkulator dapat berfungsi sebagai alat yang digunakan peserta didik untuk menginvestigasi dan mengeksplorasi konsep-konsep matematika.

Anak-anak akan mengamati pola-pola yang muncul ketika Anda menambahkan 2 atau 5 atau 10 atau 100 berulang kali. 1992 Yearbook. misalnya 7. Rujukan. atau mereka akan membuat sendiri “pola teka-teki” yang merupakan urutan bilangan dengan suatu pola di mana Anda menghilangkan beberapa bilangan.1983 3. no 31 April 1986. (1986). Berita Matematik. The Graphing Calculator : A Tool for Change.Volume 12. Reflections on the Cockroft Report.pada bilangan negatif! Atau.March 1987. P. 2. Gail Burrill. ms 31-32. Lim Chap Sam. biarkan mereka menyelidiki apa yang terjadi pada sejumlah bilangan ketika Anda menambahkan nol untuk itu. 1. The National Council of Theacher of Mathematics. . 4. Mathematics In School. __. 35. Kuala Lumpur. (1992). 14. di mana pertama anak-anak kelas tiga menambah atau mengurangi jumlah yang sama berulang kali menggunakan kalkulator. Aktivitas ini dengan mudah dapat dihubungkan pada konsep perkalian. Kalkulator pola teka-teki. Pusat Perkembangan Kurikulum.Some Thoughts on Calculators in Secondary School. 2. __.Renolds (1983). Penggunaan Kalkulator Dalam Pengajaran Dan pembelajaran Sekolah Menengah Harus Ditingkatkan. Sebuah perluasan dari gagasan di atas. Sept 1986. Calculators in Mathematics Education. 49. __. Jurnal Arithmetic Teacher Volume 34.