Buku Besar Pembantu dan Jurnal Khusus

Akuntansi Keuangan Berbasis IFRS Warsidi
Appendix E-1

Tujuan Pembelajaran
1. Apa yang dimaksud dengan buku besar pembantu dan untuk apa? 2. Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? 3. Bagaimana cara memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar?

Appendix E-2

www.warsidi.com

com . Appendix E-3 TP 1 Apa yang dimaksud dengan buku besar pembantu dan untuk apa? Buku Besar Pembantu Contoh Buku Besar Pembantu Ilustrasi E-2 Keterkaitan antara buku besar umum dengan buku besar pembantu Appendix E-4 TP 1 Apa yang dimaksud dengan buku besar pembantu dan untuk apa? www. Dua buku besar pembantu yang paling banyak dijumpai dalam praktik: 1. Buku pembantu piutang usaha (kustomer) 2.warsidi. Buku pembantu utang usaha (kreditor) Tiap-tiap saldo akun kontrol di buku besar umum harus sama dengan total saldo semua akun rincian di buku besar pembantu terkait.Apakah Gerangan Buku Besar Pembantu? Digunakan untuk mencatat saldo rincian.

warsidi. pencatatannya dilakukan dalam jurnal umum. 4. Pembagian kerja menjadi mungkin dilakukan. 3.Buku Besar Pembantu Manfaat Buku Besar Pembantu 1. Buku besar umum hanya berisi data ringkasan. Ilustrasi E-4 Jika transaksi tidak dapat dicatat dalam salah satu dari jurnal-jurnal khusus tersebut. Transaksi yang mempengaruhi satu kustomer atau satu kreditor ditunjukkan dalam satu akun tunggal. Appendix E-6 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www. Appendix E-5 TP 1 Apa yang dimaksud dengan buku besar pembantu dan untuk apa? Jurnal Khusus Digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang sejenis.com . Kesalahan yang terkait dengan tiap-tiap akun akan mudah ditemukan. 2. tidak terlalu rinci.

warsidi.Buku Besar Pembantu Pertanyaan Berikut ini adalah buku besar pembantu.com . kecuali: a. Buku besar piutang usaha. Appendix E-8 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www. b. Buku besar umum. satu entri dalam Jurnal Penjualan dimaksudkan untuk mencatat harga jual yang berarti mendebit Accounts Receivable dan mengkredit Sales. Buku besar utang usaha. d. Appendix E-7 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? Jurnal Penjualan Ilustrasi E-5 Dalam sistem sediaan perpetual. Buku besar kustomer. c. Entri lainnya adalah pencatatan kos (harga pokok) yang berarti mendebit Cost of Goods Sold dan mengkredit Merchandise Inventory.

Jurnal Penjualan Pemindahbukuan Illustration E-6 Pemindahbukuan dari jurnal khusus ke akun-akun kustomer dalam buku besar pembantu piutang usaha dilakukan harian. Appendix E-9 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? Jurnal Penjualan Posting Illustration E-6 Pemindahbukuan ke buku besar umum dilakukan bulanan.com .warsidi. Appendix E-10 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www.

Hanya totalnya. bukan tiap-tiap entri. Appendix E-12 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www. Memungkinkan pembagian kerja.Jurnal Penjualan Manfaat jurnal penjualan Hanya perlu entri satu baris untuk setiap transaksi penjualan.warsidi. sehingga menghemat waktu. yang dipindahbukukan ke buku besar umum.com . Appendix E-11 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? Jurnal Penerimaan Kas Jurnal penerimaan kas digunakan untuk mencatat semua penerimaan kas. Pemindahbukuan jurnal penerimaan kas dilakukan dengan cara yang sama dengan pemindahbukuan jurnal penjualan.

7 Penjualan tunai barang dagangan sejumlah $1. 104 sejumlah $9.800 dikurangi 2% diskun. 28 Penerimaan cek senilai $9.900 (kos $1.com .690).Jurnal Penerimaan Kas Ilustrasi: Jurnal penjualan sebagaimana Ilustrasi E-5 didasarkan pada transaksi-transaksi bulan Mei yang terjadi di Karns Wholesale Supply. 103 sejumlah $7.000. 101 sejumlah $10.123 dari Babson Co. 10 Penerimaan cek senilai $10. Catatan dalam jurnal penerimaan kas didasarkan pada penerimaan-penerimaan kas berikut.600 (kos $1. 12 Penjualan tunai barang dagangan sejumlah $2.240). 17 Penerimaan cek senilai $11.600 dikurangi 2% diskun.000 di perusahaan. May 1 Pemegang saham berinvestasi senilai $5.644 dari Carson Bros. 23 Penerimaan cek senilai $7. Appendix E-13 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? Jurnal Penerimaan Kas Illustration E-8 Appendix E-14 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www. sebagai pelunasan faktur No.300 dikurangi 2% diskun. 102 sejumlah $11. Collections dengan para kustomernya. 22 Penerimaan kas melalui penandatanganan wesel sejumlah $6.114 dari Deli Co.388 dari Abbot Sisters sebagai pembayaran faktur No. sebagai pembayaran faktur No.350 dikurangi 2% diskun. sebagai pelunasan faktur No.warsidi.

warsidi.com .Jurnal Penerimaan Kas Pemindahbukuan Ilustrasi E-8 Appendix E-15 Jurnal Penerimaan Kas Memeriksa Keakuratan Saldo Ilustrasi E-10 Appendix E-16 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www.

Appendix E-17 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? Jurnal Penerimaan Kas Pertanyaan Berikut ini manakah yang bukan kolom kredit pada jurnal penerimaan kas: a. d. b. Akun lain-lain. Jurnal penjualan. b.com . c. Jurnal umum. Utang usaha. Jurnal penerimaan kas. Penjualan.warsidi. d. c.Jurnal Penerimaan Kas Pertanyaan Penjualan barang dagangan secara tunai dicatat pada: a. Jurnal pengeluaran kas. Piutang usaha. Appendix E-18 TP 2 Bagaimana cara menggunakan jurnal khusus untuk mencatat transaksi? www.

Appendix E-19 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? Jurnal Pembelian Illustration E-11 Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat semua pembelian barang dagangan secara kredit.warsidi.com .Jurnal Pembelian Ilustrasi E-11 Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat semua pembelian barang dagangan secara kredit. Appendix E-20 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? www.

Appendix E-22 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? www. d. b.com . Appendix E-21 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? Jurnal Pengeluran Kas Ilustrasi E-15 Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat semua pengeluaran kas. Menjadikan buku besar umum tidak terlalu rinci. Menunjukkan transaksi-transaksi yang mempengaruhi satu kustomer atau satu kreditor dalam satu akun tunggal. c.Jurnal Pembelian Pertanyaan Berikut ini adalah manfaat penggunaan buku besar pembantu.warsidi. Menghilangkan kesalahan pada tiap-tiap akun. kecuali: a. Memungkinkan pembagian kerja.

Appendix E-23 Jurnal Pengeluran Kas Pertanyaan Pembelian kredit peralatan (equipment) atau bahan habis pakai (supplies) selain barang dagangan dicatat dalam: a. Jurnal umum. Appendix E-24 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? www. b.warsidi. Jurnal pengeluaran kas.com . Jurnal penerimaan kas. Jurnal pembelian. d.Jurnal Pengeluran Kas Illustration E-15 Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat semua pengeluaran kas. c.

Jurnal koreksi. b. Jurnal umum.Jurnal Pengeluran Kas Pertanyaan Pengeluaran kas untuk pembelian barang dagangan dicatat pada: a. Appendix E-25 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? Pengaruh Penggunaan Jurnal Khusus terhadap Jurnal Umum Jurnal khusus akan mengurangi secara signifikan jumlah entri pada in jurnal umum. Jurnal pembelian. penyesuaian. c. Hanya transaksi-transaksi yang tidak bisa dientri ke jurnal khusus yang akan dicatat ke jurnal umum. Jurnal pengeluaran kas. Appendix E-26 TP 3 Bagaimana memindahbukukan jurnal multi-kolom ke dalam buku besar? www. d. dan penutupan tetap dicatat pada jurnal umum.warsidi. Jurnal penerimaan kas.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful