Section 14.4 airborne sound insulation of double-leaf partitions Section 14.

5 structure-borne sound insulation

dengan demikian.10b.10b: (14. Ketebalan d antara lapisan udara seharusnya tipis dibandingkan dengan panjang gelombang.10a. rangkaian ekivalen listrik yang ditunjukkan pada Gambar 14. p2 dan v2 menuju ke permukaan belakangnya. Perlakuan selanjutnya dibatasi untuk transmisi suara melalui elemen double lapis dari sambungan tak terbatas pada suara normal.18) dan atau (14.9 kemungkinan untuk mencapai yang lebih besar dan isolasi suara lebih besar dengan partisi lapisan tunggal yang terbatas untuk alasan kelayakan praktis. dapat dimodelkan sebagai pegas dengan penyesuaian tekanan (lihat Bagian 6. Seperti pada bagian sebelumnya.17) Dengan menerapkan hukum Kirchhoff mengikuti dari Gambar 14. Kami menganggap partisi lapisan ganda dibahas dalam Gambar 14. p1 dan v1 adalah tekanan suara dan kecepatan partikel pada permukaan depan partisi. Namun.4 Isolasi bunyi pada kolong udara dengan partisi double lapis Seperti yang terlihat dari Gambar 14. hasil yang lebih baik diperoleh dengan partisi yang terdiri dari beberapa lapisan padat atau ‘daun’ yang dipisahkan oleh lapisan udara: umumnya mereka menyediakan isolasi suara melebihi yang dari lapisan tunggal dengan massa jenis yang sama.1): Gambar 14. dan Z0 merupakan impedansi karakteristik udara yang berdekatan di bagian belakang partisi. Kedua lapisan memiliki massa tertentu masing-masing m’1 dan m’2.14.10 partisi lapisan ganda: (a) penampang.6. p1 dan v1 merupakan jumlah dari sebuah kejadian dan komponen tercermin: .19) Pada persamaan ini. (b) rangkaian ekivalen listrik (14. Hal ini mudah dilihat bahwa partisi lapisan ganda adalah penyaring akustik low-pass.

19) dan memperkenalkan tekanan suara p2 = Z0v2 gelombang ditransmisikan: atau. Selanjutnya. persamaan (14. dengan peningkatan frekuensi istilah terakhir di persamaan (14.20) Dengan pernyataan ini indeks reduksi suara dapat dihitung dengan menggunakan definisi umum: Gambar 14.20) menjadi lebih terlihat. Kemudian kita sampai pada (14. dengan m’ = m’1+m’2. setelah memanggil persamaan (14. . Untuk diskusi tentang persamaan (14.18): Selanjutnya kita mengekspresikan v1 dengan v2 menggunakan persamaan (14. Pada frekuensi sangat rendah semua istilah yang mengandung kekuatan yang lebih tinggi dari ω daripada yang pertama juga bisa diabaikan. setelah memisahkan bagian riil dan bagian imajiner dan membaginya dengan 2p2: (14. Namun. indeks reduksi suara naik pada tingkat 6 dB per oktaf.11 menunjukkan penurunan indeks suara dinding ganda sebagai fungsi frekuensi.dan Atau dan Dengan menghilangkan pr yang tidak diperhatikan dalam diskusi ini kita mendapatkan.20a) Ini mengarah pada persamaan (14.20) kita mengabaikan istilah pertama di penurunan yang dibenarkan kecuali lapisan sangat ringan. konstruksi double lapisan tidak ada gunanya dalam rentang frekuensi ini.9) hukum massa sederhana.19) menyatakan bahwa kedua lapisan bergetar dengan fase dan amplitudo hampir sama. Oleh karena itu.

. sistem pada saat resonansi. (14. pada frekuensi (14.11 Loss transmisi suara pada partisi lapisan ganda tegak lurus dengan suara Akhirnya.21) penurunan. yaitu 18 dB per oktaf. dan terletak jauh di atas nilai yang dapat dicapai dengan partisi lapisan tunggal dengan massa khusus m’1+m’2.Gambar 14.23) Selain menyaring frekuensi resonansi low-pass pada Gambar 14.1 dioperasikan dalam pita tersebut. untuk persamaan (14. istilah kedua yang berisi perbaikan dicapai oleh lapisan kedua.22) dan rasio dari tekanan suara untuk mengurangi (14.24) Dalam persamaan RA0 adalah indeks reduksi bunyi lapisan pertama saja.20) istilah terakhir menjadi satu-satunya yang signifikan dan (14. Sekarang kedua lapisan bergetar dalam fase yang sama dengan (14.24a) Dalam rentang frekuensi pengurangan suara menunjukkan kenaikan yang sangat curam.

7 tidak akan terjadi pada frekuensi yang sama. 2. Oleh karena itu tidak dapat lagi dianggap sebagai kesatuan elemen. Kemudian ketepatan penurunan ditunjukkan dalam Gambar 14. . unsurunsur akan diubah oleh secara kebetulan seperti dijelaskan dalam bagian sebelumnya. apalagi. di sisi lain. Untuk fungsi pentingnya bahwa setiap hubungan keras antara lapisan dihindari karena masing-masing dari mereka akan bertindak sebagai 'jembatan suara' yang mengurangi atau bahkan menghancurkan efek yang diinginkan.21) sangat rendah sementara pertama dari resonansi yang lebih tinggi (ω 1 dalam persamaan sebelumnya) harus setinggi mungkin. ukuran ini menyebabkan redaman tambahan dari resonansi dan dengan demikian meningkatkan isolasi suara. selanjutnya contoh suara pintu. Gambar 14. bagaimanapun. kurva menunjukkan lekukan tajam. rasio tekanan untuk Persamaan (14. biro. Ini adalah alasan lain untuk menyediakan lapisan dengan ketebalan yang berbeda dan karenanya dengan karakteristik frekuensi yang berbeda. Keduanya karena fakta bahwa dalam rentang ini ketebalan bantalan udara menjadi sebanding dengan panjang gelombang akustik.Pada frekuensi sangat tinggi kenaikan indeks reduksi bunyi rata sampai 12 dB per oktaf. Keseluruhan isolasi suara dicapai jika resonansi mendasar setelah persamaan (14. Selain itu. Dengan jendela kaca ganda peredam tambahan dapat dicapai dengan perawatan penyerapan suara.12 meningkatkan isolasi suara dengan penambahan panel. jika tidak. baik sebagian atau seluruhnya. dll.Dalam setiap kasus gelombang berdiri akan berada di ruang antara kedua lapisan. pada frekuensi sudut with n = 1. khususnya. … resonansi akan terjadi (lihat Bagian 9. Hal ini relatif membutuhkan ketebalan lapisan pada jarak kecil d.2).1). menguntungkan jika massa tertentu dari kedua lapisan berbeda. Konstruksi Double lapisan sering diterapkan dalam bangunan akustik praktis karena mereka tidak hanya kehilangan transmisi suara tinggi tapi juga isolasi panas yang baik. umumumnya dalam situasi praktis. Di satu sisi.23) akan menjadi kesatuan yang menunjukkan hilangnya isolasi suara. Contoh umum adalah partisi di rumah-rumah bertingkat. hal ini membantu untuk menghindari jembatan suara. dinding isolasi yang sangat ringan di apartemen. Ruang udara antara kedua lapisan ini sering diisi dengan suara-material penyerap seperti serat kaca. Pada kejadian suara acak. melainkan harus diperlakukan sebagai saluran transmisi akustik (lihat Bagian 8. dalam rentang frekuensi kritis. yang bertanggung jawab atas tekukan tajam.

puncak elastis harus digunakan.12) dengan ruang udara beberapa sentimeter dan beberapa bahan berpori di belakangnya. segala bentuk getaran elemen bangunan dapat dianggap sebagai struktur kolong suara yang disebarkan dalam bentuk gelombang ekstensi maupun gelombang lekuk.5 Struktur kolong isolasi bunyi Tepatnya. Karena energi gelombang yang muncul dari sumber yang didistribusikan lebih besar dan lingkaran lebih besar sebanding dengan jarak r dari sumber. Prinsip double lapis juga diterapkan untuk meningkatkan kinerja akustik dari sebuah dinding yang ada atau langit-langit isolasi suara yang telah terbukti tidak mencukupi.Table 14. Selain itu. mirip dengan gelombang air yang kita amati setelah melempar batu ke danau. Jika sumber relatif kecil itu dapat dimodelkan sebagai sumber titik dari struktur kolong suara menyebar dalam bentuk gelombang lingkaran. seperti yang dijelaskan dalam pendahuluan bab ini. tentu saja pada langit-langit dibawah kamar. dipasang pada elemen yang ada (lihat Gambar. Struktur kolong suara juga dapat dihasilkan dengan mainan anak-anak atau oleh alat musik tertentu seperti piano atau selo. Sumber yang paling penting dari struktur kolong suara pada bangunan apartemen yaitu sepatu orang yang berjalan dilantai.25) dengan P yang menunjukkan output daya dari sumber. muncul dari peralatan teknis seperti . bagaimanapun. yang mungkin dari papan gipsum. Karena suara ini memiliki karakter impulsif kita berbicara tentang ' benturan bunyi ' dan 'dampak isolasi suara' dalam kasus ini. kita berbicara tentang suara pada kolong keras ketika getaran yang dihasilkan oleh eksitasi mekanik langsung dari struktur bangunan.2 daftar penurunan indeks suara Rw beberapa konstruksi dinding khusus. Tabel 14. Untuk tujuan ini sebuah panel yang relatif tipis. Untuk menghindari penyebaran langsung antara dinding dan panel. Dalam arti lebih terbatas.2 Indeks reduksi bunyi dalam beberapa partisi. 14. intensitas berkurang menurut: (14. 14.

terutama untuk pengukuran daerah.26) Kecepatan acuan v0 biasanya 5.13 Pengukuran tingkat pengaruh Lr Di bawah kondisi dari sebidang sebaran suara. Kekuatan suara pada kolong keras dapat dicirikan oleh komponen normal vn kecepatan getaran dari beberapa elemen bangunan meskipun jumlah ini tidak termasuk gelombang ekstensional. Sumber khusus lain dari struktur kolong suara yaitu katup air dan pipa tersambung pada dinding atau lantai. 14. Bahkan salah tombol lampu yang dibuat dapat menjadi sumber pengganggu struktur kolong suara.6)).pompa dengan memutar.5. Palu jatuh bebas dari ketinggian 4 cm ke lantai sehingga menghasilkan dampak frekuensi 10 / s. Metode yang lebih praktis menggunakan penggerak tenaga listrik. Oleh karena itu . untuk tes praktis. dan jarak antara palu terpisah 40 cm. Tingkat kecepatan berdasarkan pada akar-rata-rata-kuadrat vn adalah: (14. isolasi bunyi pada kolong udara atau dampak isolasi suara dari lantai bisa ditandai oleh tingkat tekanan suara yang terpancar dalam kaitannya dengan gaya menarik.1 Dampak tingkat suara dan dampak isolasi suara Pada prinsipnya. bergetar atau komponen bergerak.13.Namun. Gambar 14. Masing-masing dari mereka adalah silinder dengan diameter 3 cm ujung bawah yang agak melengkung. suatu prosedur semacam ini akan terlalu rumit. Ini terdiri dari lima palu masing-masing dengan massa 500 g diatur dalam baris. kepadatan energy di ruangan ini adalah berbanding terbalik dengan daerah penyerapan A (lihat perasamaan (13.).10-8 m/s. standar penyadapan mesin yang model beberapa orang berjalan di lantai. Pada saat yang sama tingkat tekanan suara Lr diukur di ruang penerima di bawah ini (lihat Gambar 14.

14 Dampak isolasi suara dari langit-langit. Data yang diukur ditunjukkan dalam Gambar 14.4 sebagai contoh mewakili dampak normalisasi tingkat tekanan suara dari langit-langit yang terbuat dari 12 cm beton bertulang. kecenderungan ini cocok dalam ketergantungan frekuensi sensasi kenyaringan. Sekarang. 'Dampak normalisasi tingkat tekanan bunyi ' didefinisikan oleh: (14. Dengan demikian. lantai ini memiliki sifat akustik yang buruk karena titik data jauh di atas kontur referensi. Menurut standar ISO yang relevan. Kemudian ‘dampak tingat suara' Ln. Sekali lagi. Garis tebal: referensi kontur untuk dampak tingkat normal. Gambar 14. dampak tingkat suara Ln. Bahkan. . Jelas.3. arti ordinat adalah kebalikan dari Gambar 14. Seperti dalam isolasi bunyi pada kolong udara. Ln. kurva referensi harus bergeser ke atas sebanyak 18 dB untuk memenuhi kriteria yang tepat yang disebutkan sebelumnya. garis terputus: kurva referensi bergeser ke atas. harga kurva referensi untuk fakta bahwa secara teknis lebih mudah dan lebih murah untuk menghindari dampak tingkat suara yang tinggi pada frekuensi tinggi dari pada frekuensi rendah.hasilnya dinormalisasi dengan menggunakan referensi A0 = 10m2. bagaimanapun.w adalah ordinat dari kurva referensi bergeser pada 500 Hz.27) Pengukuran dilakukan di pita frekuensi dari oktaf ketiga bandwidth dan jangkauan pertengahan frekuensi dari 100 Hz sampai 3150 Hz. maka nilai-nilai di atas kurva referensi menunjukkan isolasi suara kurang baik. garis tipis: dampak tingkat ternormalisasi langit-langit beton 12 cm.w langit-langit ini setinggi 78 dB. Untungnya. hasilnya dinilai dengan membandingkannya dengan kurva referensi standar seperti yang ditunjukkan pada Gambar 14.14. Hal ini dicapai dengan mengacu sesuai kontur pada yang kurva diukur sedemikian rupa sehingga penyimpangan frekuensi rata-rata yang tidak menguntungkan dari data yang diukur sedekat mungkin untuk 2 dB. Seperti dalam isolasi bunyi pada kolong udara sering menggambarkan karakteristik dampak transmisi suara melalui langit-langit dengan peringkat nomor tunggal.w tidak boleh melebihi 53 dB untuk lantai yang memisahkan apartemen yang berbeda.

Table 14. Bahan yang cocok adalah karet. aspal.2 Perbaikan dampak isolasi suara Ini adalah pengalaman umum bahwa kebisingan dari jejak kaki dapat dikurangi di ruang yang sama dan juga di ruang bawah dengan bantuan penutup lantai lembut. Lantai apung terdiri dari pelat beton.5.17). Perubahan ini tidak hanya alasan untuk mengapit transmisi suara yang disebutkan dalam bagian 14. Jadi lantai mengambang merupakan konstruksi lapisan ganda yang juga meningkatkan isolasi bunyi kolong udara. Peningkatan lebih lanjut disebabkan oleh kerugian mekanis yang melekat dengan bahan. Sangat penting bahwa jembatan suara dalam bentuk koneksi dapat dihindari.28) bersama-sama dengan persamaan (14. dll sekitar 3-6 cm dibangun di atas lantai dasar dengan lapisan elastis di dalamnya.3 Perambatan bunyi pada bangunan dengan struktur kolong Seperti yang telah disebutkan getaran dari elemen bangunan dibangkitkan oleh bunyi pada kolong udara atau struktur kolong yang dapat diubah ke elemen berdampingan. Penurunan tingkat dampak diberikan dengan istilah terakhir dari persamaan (14. Sebuah cara yang umum untuk meningkatkan dampak isolasi suara terutama di apartemen dan tempat tinggal lainnya adalah dengan menggunakan konstruksi lantai apung. Yang terakhir ini biasanya terbuat dari lembaran atau tatakan dari wol kaca atau wol mineral dan memiliki ketebalan sekitar 1 cm saat dikompresi oleh dasar pelat. Lapisan tersebut mengubah spektrum gaya tarik dengan menekan komponen frekuensi tinggi yang dinyatakan berkontribusi besar pada dampak tingkat kebisingan. Agak kurang menguntungkan pada lembaran plastik berbusa. gypsum.24): (14. 14. Oleh karena itu lapisan lunak harus ditarik di atas ujung sisi pelat padat. 14. Tugas utama dari lapisan elastis adalah untuk menyimpan udara tertutup di dalamnya dan karenanya bertindak sebagai pegas.1 tapi gelombang suara dalam struktur bangunan mungkin berjalan ke bagian yang .3 menunjukkan dampak tingkat bunyi dari beberapa lantai khusus. plastik lembut dan tentu saja karpet jenis apapun.5.24a) dengan yang menunjukkan massa pelat padat dan n’ menjadi lapisan elastis setelah persamaan (14.

343 • mdb / m.31) dengan vi yang menunjukkan kecepatan partikel dalam gelombang.15 kasus yang paling sederhana adalah membuat sketsa. Pada gambar 14. Sebuah penekanan sangat efisien dari propagasi suara struktur kolong dicapai dengan lapisan lunak yang memisahkan dua struktur elemen. Sebuah derivasi yang mirip dengan persamaan (14. Dalam perjalanan proses ini amplitudo gelombang akan berkurang. Untuk bahan bangunan umum seperti beton atau batu bata mereka berada di bawah 0. v2: partikel kecepatan pada kedua sisi. Penurunan level per meter yang sesuai adalah: (gelombang extensional) (gelombang lekuk) (14.ξ2)/σ dimana ξ1 dan ξ2 adalah perpindahan longitudinal pada kedua sisi. Misalnya. Gambar 14. di satu sisi. σ2: tegangan tarik. menurut hukum penyebaran geometris (lihat persamaan (14.36). Hal yang sama berlaku untuk transmisi bunyi. Konstanta atenuasi yang relevan berkaitan dengan faktor loss η bahan dengan persamaan (10. v1 dan v2 adalah kecepatan partikel. yaitu.343 · mdB/m. Rumus ini sesuai dengan hukum massa reduksi bunyi pada kolong udara seperti yang diberikan dalam Persamaan (14. struktur kolong suara akan dilemahkan oleh kerugian yang terjadi di dalam bahan. Sebuah komplikasi lebih lanjut adalah konversi tipe gelombang yang berarti bahwa setiap diskontinuitas pada kedua tipe gelombang.5 untuk .29) (14.25)). Oleh karena itu kita mempunyai Persamaan ini secara resmi setuju dengan persamaan (14. karena D = 10 dB log10 (em) / m = 4. Sebagai aturan redaman akibat kerugian interior cukup kecil.13). Pada masing-masing diskontinuitas gelombang terbagi menjadi gelomang yang dipantulkan dan gelombang yang ditransmisikan. Akhirnya. σ = σ1 = σ2 merupakan tegangan tarik yang sama pada semua tiga komponen. sebagian diubah menjadi satu sama lain. Oleh karena itu kita dapat menggunakan Gambar 14.34) dan (10. Di sisi lain. σ1. misalnya.9). dengan persilangan penampang tepi dan persimpangan. v1.lebih jauh dari sebuah bangunan. Untuk sebagian yang jauh lebih besar dari propagasi suara kolong udara dipengaruhi oleh diskontinuitas.15 Dampak isolasi suara oleh lapisan yang lembut dengan pemenuhan n.1 dB / m pada rentang frekuensi pertengahan. gelombang primer adalah gelombang lengkuk. perjalanan gelombang ekstensional pada plat atau balok yang terganggu oleh lapisan tipis dengan tegangan n yang sesuai dengan n' = (ξ1 . gelombang ekstensional dan gelombang lekuk. gelombang bunyi yang dipantulkan berisi sebuah lentur dan komponen ekstensional.13) dengan menyebabkan (14.30) Sebab D = 10 log10(em) dB/m = 4.

kita harus bayangkan gambar ini untuk diperpanjang dalam dimensi tiga. penyebaran bebas dari gelombang ekstensional dan bending terhambat oleh sejumlah diskontinuitas. bahwa setiap diding sebanyak dua kali jika kita hanya menambahkan tiga ekspresi karena masing-masing dinding yang tegak lurus terhadap satu . bagaimanapun. Oleh karena itu seluruh lingkup (depan dan samping belakang) yang dipotong oleh dari setiap dinding. plat karet berlubang atau baja bentuk pegas dapat digunakan juga. Lingkaran yang ditampilkan merupakan proyeksi pada bidang-xy dari sistem koordinat. lapisan tengah tidak perlu homogen. Namun demikian. bahkan jika tidak ada atau hanya sangat kecil kerugian materi. Gambar 14. karet atau plastik lembut.25) berlaku hanya untuk plat homogen perpanjangan yang tak terbatas.16 perambatan dampak suara pada bangunan besar Harus dicatat. Sumber suara yang terletak di pusatnya. Untuk menentukan nomor N kami mencatat bahwa lingkaran pada Gambar 14.16 berisi kira-kira πr2/LxLy persegi panjang dengan dimensi Lx dan Ly. parameter kurva n'Z0EZ0 yang juga memiliki dimensi kg/m2. Bahan yang sesuai untuk lapisan elastis seperti dari jenis yang dapat diuraikan adalah gabus. itu memasukkan kekuatan P menjadi satu elemen bangunan tertentu. Persamaan (14. Masing-masing menyumbang dua dinding untuk N yang tegak lurus terhadap bidang-xy. Ini menunjukkan skematis bagian melalui bangunan yang sangat besar yang teratur dibagi oleh dinding dan langit-langit (selanjutnya hanya disebut 'dinding') ke banyak kamar atau 'sel' dimensi yang sama.16. kemudian suara dilakukan oleh masing-masing dari mereka adalah P’= P/N rata-rata.menemukan kerugian transmisi Rs struktur kolong dari lapisan elastis. Sekarang kembali ke hukum perpindahan struktur perambatan suara yang ditujukan pada permulaan subbagian ini. oleh karena itu. harus intuitif jelas bahwa energi suara pada kolong padat semakin 'dilunakkan' semakin jauh dari sudut eksitasi. Tentu saja. Tentu saja. Ekspresi serupa berlaku untuk Nx dan Ny jumlah dinding berpotongan tegak lurus terhadap bidang-xz dan bidang-yz. Mari kita menunjukkan dengan N jumlah elemen yang berpotongan dengan bola. Kami menganggap bola dengan jari-jari r. Situasi ini diilustrasikan pada Gambar 14. bagaimanapun. dalam hal ini. Dalam sebuah bangun.

. Hasil akhir berbunyi: (14. jika jarak adalah dua kali lipat tingkat struktur berkurang dengan rata-rata 6 dB.koordinat bidang berada pada sudut kanan ke yang lain juga. Oleh karena itu jumlah N berpotongan dinding dengan bola adalah: (14.32) Berikut V adalah volume ruang dan L panjang semua sisi di dalamnya.33) Persamaan ini menunjukkan bahwa struktur propagasi suara yang terbawa di struktur bangunan teratur mengikuti hukum penyebaran yang sama seperti dalam media tiga dimensi homogen: energi (atau intensitas) berkurang berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.