Pada bulan Desember 2011 lalu, Indonesia memperoleh rating Investment Grade oleh lembaga Flitch(lembaga rating

internasional). Sehingga hal ini akan membuat banyak foreign investment masuk baik lewat bursa efek maupun langsung. Kalau dilihat dari peluang bisnisnya, hal ini merupakan peluang bisnis yang besar bagi setiap sector perekonomian Indonesia. Akan banyak perusahaan – perusahaan yang tumbuh, dan perusahaan yang lama akan tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kualitasnya. Hal ini akan berdampak positif bagi kantor akuntan public.

PPAJP (Pusat Pembinaan Akuntan Publik dan Jasa Penilai) Indonesia mengajukan RUU Pelaporan Keuangan atas perusahaan yang wajib melaporkan asetnya kepada otoritas. Dimana kalau mengacu pada UU PT (perseroan terbatas) yang menyebutkan bahwa perusahaan yang breast Rp. 50.000.000.000,- (lima puluh milyar rupiah) harus diaudit, tetapi sulit untuk menentukan berapa perusahaan terbatas yang memiliki asset 50 M ke atas. Menurut Kepala PPAJP, setiap entity bisnis harus melaporkan asetnya kepada otoritas

Walaupun RUU ini masih belum ditentukan keputusannya, tapi hal ini dapat menjadi isu yang penting bagi KAP. Adapun hal ini dapat berefek positif maupun negative. Dalam hal ini, kami berbicara dari sudut KAP Ernst & Young Indonesia. Hal positifnya, tentu klien yang diaudit akan semakin banyak. Namun sejalan dengan hokum permintaan dan penawaran bahwa semakin banyak pemintaan harga semakin naik, dan semakin banyak penawaran harga semakin turun.

Jadi, bisa jadi dengan berlakunya Undang-Undang atau peraturan yang mewajibkan setiap entitas untuk diaudit dan melaporkan assetnya pada otoritas, klien banyak, fee meningkat, income atau pendapatan E&Y juga meningkat. Akan tetapi, logikanya, dengan adanya peraturan seperti itu akan membuat masyarakat menyadari bahwa peran dan peluang akuntan public dan Kantor Akuntan Publik adalah besar, dan orang berbondong-bondong membuka Kantor Akuntan Publik. Apalagi dengan diberlakukannya UU No 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik, yang mempermudah syarat menjadi akuntan public.

Kini untuk menjadi seorang akuntan publik tidak harus berasal dari lulusan jurusan akuntansi atau yang bergelar akuntan. Undang-Undang Akuntan Publik yang disahkan DPR pada tanggal 3

Untuk sekedar tambahan informasi. 3. menurut UU nomor 5 tahun 2011 yaitu: 1. Syarat-syarat mengikuti USAP ini. Tentunya harus terlebih dahulu mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik. tidak pernah dipidana yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih. untuk saat ini. Hal ini berarti selain dari segi kualitas. Dilihat dari sudut pandang history yang menunjukkan E&Y salah satu perusahaan akuntan public yang berusia ratusan tahun dan di 2012 trendnya masih exist dan masih bisa termasuk unggul dalam menguasai pangsa pasar audit. bisa di audit dalam waktu yang singkat oleh sumber daya yang terbatas. 4. yang mampu mengaudit biasanya PWc atau E&Y. berpengalaman praktik memberikan jasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.nya. 2. Bagaimana mungkin dengan perusaharan yang besar. Psikologi. memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. juga kuantitas yang dibutuhkan. Seseoarang dengan Latar belakang Hukum. . PT Pertamina dan PT. menjadi anggota Asosiasi Profesi Akuntan Publik yang ditetapkan oleh Menteri. Teknik. kami melihat bahwa apabila E&Y bisa memaintain sedemikian rupa. maka hal ini justru menjadi peluang. Namun. Trend perusahaan diprediksi masih akan sama seperti sekarang yakin. berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 7. tidak berada dalam pengampuan. tidak pernah dikenai sanksi administratif berupa pencabutan izin Akuntan Publik. membuat semakin lebar peluang untuk menjadi Akuntan Publik dan juga dalam membuka Kantor Akuntan Publik yang berarti saingan E&Y semakin banyak pula. Dengan syarat yang se”gampang” itu. Telkom contohnya. dan 8. 6. Agama. Hal ini dilakukan untuk mempercepat dan memperluas kuantitas Akuntansi Publik di Indonesia. Pertanian. Inilah salah satu keunggulan KAP big four disbanding KAP lainnya. 5. memiliki sertifikat tanda lulus ujian profesi akuntan publik yang sah. dokter dan latar belakang pendidikan lainnya bisa menjadi Akuntan Publik. untuk PT Pertamina yang di audit oleh E&Y mengerahkan tim sampai puluhan orang.Mei 2011 ini menyatakan untuk menjadi akuntan publik bisa berasal dari berbagai latar pendidikan. Hal ini bisa jadi terkait dengan kemampuan SDM -Sumber Daya Manusia. kalau membeli “kaos” pasti yang dicari yang ber”merk”.

Inti dari Kantor Akuntan Publik adalah usaha jasa yang dilakukan oleh auditor. yang dikenal dengan sebutan gagal audit. “ Akuntan public tidak bekerja dalam ruang hampa yang disebut kondisi ideal. sejauh ini. harus tetap selektif.Untuk saat ini gap antara KAP Big Four dan non. Seorang akuntan publik bisa saja memberikan pendapat atau opini yang keliru. dan terus meningkatkan mutu staffnya. karena isu adanya KAP Big Five. Tugas seorang auditor adalah memberikan opini mengenai kewajaran pelaporan keuangan terhadap para stakeholder (pemangku kepentingan). terkait dengan isu dan fakta yang beredar. real”. Tapi ini menjadi ancaman juga bagi E&Y. yaitu BDO. meningkatkan peran quality assurance. dan apabila ada klien yang dirasa “bermasalah” harus benar-benar di notice dan diperhatikan. audit failures dan business failures. jadi perlu berhati-hati dalam pemberian opininya. baik disengaja maupun tidak. terhindar dari segala praktik yang dilarang. walaupun hal itu belum tentu. bukan mustahil karena menerima klien dari industri yang tidak dikuasainya dan tidak . E&Y masih bisa tetap unggul. Dan terus menjaga image sebagai perusahaan yang “top”. Untuk itu harus tetap waspada terhadap entitas dalam membuat laporan keuangan yang sarat kecurangan atau dikenal dengan fraudulent financial statement walaupun tidak semua. E&Y harus selektif dalam merekrut para staffnya dan mendidik para staf dimana harus terus memperhatikan performa agar setiap staff melakukan audit yang benar. akan banyak saingan di dunia akuntan public. Setiap akuntan publik wajib untuk mewaspadai 3 hal yakni fraudulent financial. diera dimana profesi akuntan public semakin dipandang dan dibutuhkan. maka kualitas berbicara. tapi tetap saja harus tetap memperhatikan performanya agar tidak sampai tergeser oleh KAP lainya. tidak serta merta menerima semua perusahaan sebagai klien. serta membangun hubungan jangka panjang yang berkelanjutan. Namun. juga antara Big Five dan Big Four masih ada gap yang lumayan. Kemudian. tapi dalam dunia nyata. Lantas langkah apa yang harus diambil? Kelompok kami menyimpulkan bahwa. Bisa dikatakan. dan kalaupun ada. jadi harus terus mempertahankan independensi. tapi tidak sebesar dulu. Hal itu disebabkan berapa hal.Big Four di Indonesia masih lebar.

4 miliar atau setara dengan USD 1. apabila muncul saja sedikit isu yang negative tentang E&Y. pasti akan berimbas signifikan.ada upaya untuk memahami industri tsb merupakan salah satu contoh dari benih-benih gagal audit. yang sesungguhnya tidak ada (fiktif ). Jaringan internasionalnya juga diwajibkan membayar gugatan ganti rugi dalam jumlah besar. Namun kekecewaan terhadap profesi akuntan lebih diakibatkan oleh ketidak pahaman pengguna jasa akuntan public. di antaranya melalui litigasi di Amerika Serikat. Untuk itu E&Y harus senangtiasa meningkatkan professional skepticism. Jika hal tsb sampai terjadi dipastikan membuahkan pil pahit bagi profesi akuntan publik sendiri . . yaitu selalu kritis karena dengan persaingan yang ketat. Laporan keuangan yang diaudit mencantumkan cash and bank (kas dan setara kas) sebesar Rupee 50. “Ada pengguna menyalahkan akuntan publik karena entitas mengalami gagal usaha (business failures) dan bukan merupakan kesalahan akuntan. untuk melindungi kepentingan pemegangsaham. Pengguna jasa akuntan publik akan kecewa dengan profesi akuntan publik. Kasus ini berujung pada penjeblosan pejabat Satyam maupun auditor lokalnya ke penjara.04 miliar.” ungkapnya Contoh kasus di India yang melibatkan salah satu the big four. Ltd. dan menjadi hal yang menguntungkan bagi para competitor lainnya –terutama antar sesama KAP Big Four. yang entitasnya bernama Satyam Computer Services.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful