P. 1
sosialisasi BPN tahap 1

sosialisasi BPN tahap 1

|Views: 8|Likes:
Published by Antonius Panakuan

More info:

Published by: Antonius Panakuan on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2014

pdf

text

original

Sosialisasi Nilai2 pra-nikah Distrik C Tahap 1 (4 Juli – 15 Agustus 2012

)

Allah memungkinkan adanya bermacam-macam hubungan untuk umatNya. Pada akhirnya salah satu hubungan terindah yang dapat kita lakukan adalah pernikahan. Begitu pentingnya arti pernikahan sehingga Allah membandingkannya kepada hubunganNya dengan kita. AWAL MULA KEHANCURAN DALAM KELUARGA JUSTRU DIMULAI SEJAK SAAT KITA MEMILIH ORANG YANG SALAH UNTUK KITA JADIKAN PASANGAN HIDUP. Rencana Allah atas pernikahan  Maleakhi 2:15, yaitu membentuk Keluarga Ilahi. Tujuan Keluarga Ilahi (Kej 1:28)  Memenuhi bumi : dengan keturunan  Mengelola bumi : dengan munculnya cendekiawan-cendekiawan  Menguasai bumi : untuk kemuliaan Allah, jadi teladan Keluarga Kristen harus melakukan kehendak Allah yang sempurna sehingga mereka menjadi berkat atau contoh. 3 kehendak Allah (Roma 12:2) : Cth Dalam Pekerjaan Dapat pekerjaan yang penting halal. Bekerja tapi tetap melayani Tuhan. Tanya Tuhan apakah rencana Tuhan digenapi melalui pekerjaan ini ? Punya visi. Cth Dalam Pernikahan Sama-sama anak Tuhan, tidak ada standar. Syarat-syarat OK tapi tidak tanya Tuhan. Mau menunggu waktu Tuhan – tanya Tuhan – proses pengujian.

1. Baik (Nilainya 60) 2. Berkenan (Nilainya 75) 3. Sempurna (Nilainya 100)

Berikut ini adalah Nilai-nilai Pernikahan Ilahi untuk menggenapi kehendak Allah yang sempurna dilakukan melalui 7 langkah : 1. Orang tersebut sudah lahir baru (Tidak hanya sekedar lahir baru, tapi penuh dengan Roh Kudus  bertumbuh kerohaniannya) 2. Sudah dewasa Ciri-ciri dewasa :  Bertanggung jawab dalam pekerjaan, keluarga, pelayanan, uang & pergaulan  Punya tujuan hidup; perencanaan masa depan, punya visi  Punya prioritas hidup yang benar, cth : lebih mementingkan keluarga dari pada hobby. 3. Minta pada Tuhan melalui doa.

4. Menunggu waktu Tuhan (tenang / jangan bingung) Apa yang dilakukan :  Bergaul atau terbuka dengan orang lain Kita boleh bergaul dengan siapa saja / tidak pilih-pilih, tetapi dengan tetap berpegang pada prinsip 1 Kor 15:33. Setiap anak Tuhan harus hidup dalam komunitas yang benar atau belajar bergaul dengan benar.  Persahabatan dengan prinsip Yak 4:4 Yak 4:4 harus seiman / lahir baru. Bagaimana bila sahabat kita belum bertobat ? Jawabannya : a. Jadikan teman biasa b. Jadilah saksi dan melakukan penginjilan c. Membangun perwatakan yang baik sesuai dengan Firman Tuhan. Persahabatan dapat dilakukan antara sejenis atau lawan jenis. Khusus antara lawan jenis tidak selalu diakhiri dengan pernikahan, tetapi biasanya jodoh tidak jauh dari lingkungan temen dekat. Persahabatan dapat merupakan batu loncatan untuk jenis kasih yang lain yaitu mengarah kepada pasangan hidup. 5. Menguji (3-6 bulan, bisa ditambah bila perlu) Jika pada masa persahabatan kita memiliki perasaan tertentu (suka) kepada sahabat atau Tuhan berbicara langsung :  Mulailah share kepada pembina rohani yang sudah menikah (1 Tes 2:11-12, Ams 12:15, Ams 15:22). Mereka akan membantu untuk menguji, pendekatan dengan lawan jenis yang dimaksud. Ingat : Jangan share terlebih dahulu kepada siapapun (apalagi orang yang disukai), tetapi disimpan di hati dan terus diuji dan sabar menanti waktu Tuhan (Pkh 3:11).  Doa dan puasa  Pengujian dengan 6 tiang : 1. Peneguhan lewat nubuatan / penglihatan (pribadi) 2. Logos / Firman Tuhan (saat teduh) 3. Konfirmasi orang tua dan pemimpin rohani (ada persetujuan) 4. Menghasilkan buah-buah roh (ada kasih, sukacita, damai sejahtera dll.) 5. Kesaksian Roh dalam membina hubungan (lewat kejadian2 khusus yang dialami berdua) 6. Hikmat dari Tuhan (lewat waktu2 pribadi dan komunikasi dengan Tuhan) 6. Dipertemukan  Ada komitmen untuk sampai ke jenjang pernikahan  Dideklarasikan di kalangan pekerja 7. Masuk dalam Bimbingan Pra-Nikah (BPN)

**************

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->