You are on page 1of 2

MANFAAT TELECONFERENCE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

Dalam era kompetisi seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan sangat menentukan. Untuk institusi yang memiliki satuan ker ja yang terpisah-pisah, kendala utama dalam pengambilan keputusan adalah masalah jarak dan waktu. Sangatlah sering para pimpinan melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkin hanya berlangsung dalam hitungan jam, tetapi effort yang diberikan sangat besar. Adapun faktor – faktor yang mendorong memanfaatkan teknologi ini adalah : 1. waktu keterbatasan waktu sangat mempengaruhi bagi setiap individu khususnya bagi para pengambil keputusan, 2. Biaya Faktor ini sudah jelas bahwa dibeberapa tempat untuk bisa mengundang seorang datang ke suatu tempat lain membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya tiket pesawat, biaya travel perjalanan, biaya transpot, biaya penginapan, dll.. 3. Jarak Faktor ini juga mempengaruhi mengapa sangat dibutuhkannya teknologi ini. Di beberapa tempat, Jarak untuk mencapai suatu tempat sangatlah jauh dan terkadang sulit untuk dicapai sehingga membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan untuk menghadiri pertemuan tersebut. Hal ini menyebabkan adanya ketidakefisienan pemanfaatan tenaga & waktu karena jarak yang terlalu jauh. hal ini disebabkan oleh kesibukan dari aktifitas individu tersebut.

Dengan membahas secara lisan dan saling melihat dari bahasa tubuh dengan menggunakan telecoference, setiap peserta dapat berbagi informasi dan segera memberikan tanggapan atau umpan balik, semua tanpa harus bertemu satu sama lain secara langsung.

Beberapa pemanfaatan teleconference dalam pengambilan keputusan di berbagai bidang. 1. ekonomi Dengan video-conference pengusaha dapat melakukan pertemuan-pertemuan bisnis penting dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih hemat dibandingkan harus melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

2. pendidikan Teleconference membantu siswa dari berbagai negara dan budaya yang berbeda dan belajar dari satu sama lain. Virtual lapangan juga terlihat dengan penggunaan teknologi ini, khususnya siswa yang terisolasi secara geografis, secara ekonomis atau tidak. Dengan menggunakan Teleconference dengan kemungkinan majikan di kota lain, para siswa dapat lulus efektif terbaik untuk pertanyaan wawancara kemungkinan kerja setelah sekolah. Dalam semua cara mungkin, Teleconference sebenarnya membantu siswa belajar lebih lanjut.

3.medis Di bidang medis, Teleconference juga dapat membantu pengambilan keputusan dalam hal berbagi diagnosa, konsultasi, dan transmisi foto medis diperlukan. Dengan penggunaan Teleconference, pasien dapat decontrol dengan baik oleh dokter dan perawat baik secara rutin atau dalam situasi darurat, sehingga menyimpan lebih hidup dan membuat penggunaan manfaat kesehatan.

Syarat dasar teleconference dapat dilaksanakan. komponen yang dibutuhkan untuk sebuah sistem teleconference diantaranya : o Video input : camera video atau webcam o Video output : monitor computer atau proyektor Audio input : microphones o Audio output : speaker atau headphone o Media transfer data : LAN atau Internet