You are on page 1of 3

KHUTBAH, TABLIGH, DAKWAH Dalam menyampaikan ajaran-ajaran islam kepada seluruh umatmanusia, ada beberapa metode yang

dapat digunakan. Metode tersebut disesuaikandengan kondisi dan situasi dimana di dalamnya juga mengandung tata caratertentu. Metode dalam menyampaikan ajaran islam tersebut, antara lain sebagai berikut. 1.Khutbah Kata khutbah berasal dari bahasa arab”khutbah” dari kata kerja khotoba , yang artinya ceramah atu pidato tentang keagamaan. 2.Tabligh Menurut bahasa arab, tabligh berasal dari kata ballagha-yuballighu-tabligan yang artinya menyampaikan. Orang yang menyampaikan ajaran agamadisebut mubaligh (laki-laki) atau mubalighah (perempuan). 3.Dakwah Berasal dari bahasa Arab “ da’aa-yad’uu yang breartimemanggil, menyeru atau mengajak. Ketentuan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah Khutbah Jum’at ialah khutbah yang dilakukan padawaktu tergelincir matahari, khutbah Jum’at merupakan salah satusyarat sahnya salat Jum’at berdasarkan hadis Rasulullah SAW.

Rukun Khutbah Jum’at 1.Mengucapkan Hamdal ah 2.Mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW 3.Menyampaikan pesan untuk taqwa 4.Membaca sebagian ayat Al-Quran 5.Mendoak an umat isl am Syarat Sah Khutbah 1.Khatib suci dari hadas besar dan kecil 2.Khatib suci dari najis di tubuh dan pakaian 3.Khatib berdiri bila mampu 4.Khatib duduk diantara dua khutbah 5.Khutbah pertama bersambung dengan khutbah kedua 6.Khutbah kedua bersambung dengan salat Jum’at Pada waktu kutbah jum’at, diharamkan untuk berbicara. Jika dilanggar maka tidak sah salatnya. Dakwah berarti ajakan atau panggilan yang diarahkanpada masyarakat luas. Dakwah dizaman Nabi Muhammad SAW melalui 3bentuk, yaitu lisan, tulisan, dan perbuatan Makna yang dipersepsi oleh masyarakat yang menerima dakwah: 1.Dak wah sebagai tabligh 2.Dak wah sebagai aj ak an 3.Dakwah sebagai pekerjaan menanam 4.Dakwah berupa akulturasi budaya 5.Dakwah berupa pekerjaan membangun

TablighMenurut bahasa: menyampaikan ajaran-ajaran islam yang diterimaRosul kepada umat manusia sebagai pedoman kebahagiaan dunia dan akhirat. Isi Tabligh: ajakan untuk beramal ma’ruf dan mencegah perbuatan keji. Perbedaan Khotbah, Tabligh, dan Dakwah 1 . K h u t b a h J u m ’ a t a . W a k t u n y a t e r t e n t u b.Dilakukan secara khusus dan ada tata caranyac . A d a r u k u n d a n s y a r a t n y a d.Dilaksanakan pada saat Khutbah Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha e.Menggunakan mimbar khusus untuk berkhutbah 1 . C e r a m a h a t a u D a k w a h a.Waktunya bebas dan siapapun boleh melakukannya b.Dapat dilakukan secara kreatif dan inovatif c .Tidak ada ruk un maupun syaratd.Dapat dil akukan k apan saj ae.Ti dak menggunakan mi mbar k husus 1.Perbedaan Khutbah Jum’at dan Ceramah (Dakwah)Adapun perbedaan antara khutbah Jum’at dengan khutbah Idainadalah a.Biasanya khutbah Idain dilakukan di lapangan, sedangkan khutbahJum’at di masjid. b.Khutbah Jum’at dilakukan sebelum salat, sedangkan khutbah Idaindilakukan sesudah salat.