P. 1
Macam-Macam Device Hardware

Macam-Macam Device Hardware

4.8

|Views: 13,426|Likes:
Published by reyhanvivaldy

More info:

Published by: reyhanvivaldy on Jan 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

original

PEMELIHARAAN PERANGKAT KOMPUTER

• Central Processing Unit (CPU) • Media (Storage) atau Memory (Primary and Secondary Storage) • Input Device • Output Device • Communication Device

CPU adalah prosesor mikro yang terbuat dari jutaan transistor microscopic dalam suatu circuit pada suatu chip. Chip adalah kumpulan komponen – komponen elektronik yang sangat kecil. Chip dapat melakukan proses seperti perhitungan arithmatika, membentuk garis, image (gambar), dan suara. Berikut beberapa contoh CPU :

CPU memiliki 2 komponen utama, yaitu : 1. Control Unit Bagian Control Unit ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas komputer. Control unit diidentifikasi (disamakan) dengan bagian otak manusia yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatannya, seperti bekerja, bermain, belajar. Semua kegiatan/aktivitas komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh Control Unit. Control ini tidak menjalankan instruksi – instruksi sebagaimana otak tidak menjalankan kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar, dsb. Tetapi control unit hanya mengawasi saja. 2. Arithmatic-Logic Unit (ALU) Bagian ALU ini berfungsi melakukan perhitungan/operasi aritmatika dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, terdiri dari : penambahan (addition), pengurangan(substraction), perkalian (multiplication), dan pembagian (division). Operasi logika yaitu : membandingkan suatu element informasi dengan yang lainnya, terdiri dari : >, <, >=, <=, =, <>.

Media penyimpanan (storage) terdiri atas dua jenis, yaitu : a. Primary Storage Adalah media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU. Primary Storage terdiri atas 6 : 1. RAM (Random Access Memory) Jenis memori yang dapat ditulis (write) dan dapat dibaca (read). RAM menyimpan data untuk sementara, yaitu selama komputer dalam keadaan hidup (on). Data dan informasi yang tersimpan di RAM akan hilang bila komputer mati (off).

Fungsi RAM adalah sebagai pengingat, dan juga sebagai berikut :
4. 5. 6.

Menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses. Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran. Menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.

Gambar DRAM o SRAM (Static RAM) Data dan informasi disimpan secara tetap (indefinitely), dimana tidak perlu dilakukan refreshment (penyegaran) proses. SRAM lebih cepat prosesnya dibandingkan DRAM.

Gambar SRAM

Gambar EDORAM o SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) Menggunakan tipe DIMM (Dual In-line Memory Module), memiliki 168pin. SDRAM lebih cepat aksesnya dari pada EDORAM

Gambar SDRAM

Gambar PROM o EPROM (Eraseble PROM) Data dan informasi bisa dihapus dengan bantuan sinar ultraviolet.

Gambar EPROM

Gambar EEPROM

3. Circuit Board Yaitu papan memory yang secara fisik tersusun atas sirkuit-sirkuit. Ada 2 tipe circuit board, yaitu : o SIMM (Single In-line Memory Module) Chip memori yang tersusun pada papan memory, terdiri atas 72 Pinmodule, 7-16bit data o DIMM (Dual In-line Memory Module) Chip memori yang tersusun pada papan memory terdiri atas 168 Pin module, 32-72 bit data.

4. Cache Memory (Flash RAM) Tempat penyimpanan/penampungan data dan informasi yang membantu mempercepat kerja prosesor

Gambar Cache Memory

Gambar Video Memory Stick 6. Flash Memory Memori yang dapat menyimpan data dan informasi bila computer dimatikan (off). Data dan informasi yang tersimpan dapat dihapus dan ditulis kembali melalui suatu program khusus.

Gambar Flash Memory

b. Secondary Storage
Secondary Storage adalah media penyimpanan eksternal atau yang berada di luar dari komponen komputer. Secondary Storage dapat menyimpan data dalam jumlah besar dan permanent. Secondary storage disebut juga dengan auxiliary storage. Secondary Storage terdiri atas :

1. Magnetic Storage

Storage device yang terbuat dari bahan yang mengandung magnetic. Ada 2 macam magnetic storage, yaitu : o Magnetic tape Magnetic storage yang berbentuk tape/kaset.Cth:tape/kaset back-up. o Magnetic Disk Magnetic storage yang berbentuk disc. Cth : floppy disk dan hard disk.
Gambar Magnetic Tape ,Gambar Magnetic Disk

Magnetic Disk terdiri dari :

Tempat menyimpan sisitem windows dan data,pengingat sekunder yang dimaksudkan untuk dipasang secara menetap pada komputer Hardisk dilengkapi dengan disk drive yang menyatu dengan pengingat

Disket atau floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
2. Optical Storage
Storage device yang terbuat dari bahan metallic.

Contohnya : CD Room Media tempat penyimpan data yang bersifat permanen

Peralatan Input (Input Device) adalah alat – alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke dalam komputer. Jenis – Jenis Input Device Peralatan input (input device) diantaranya terdiri dari • Keyboard Merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol – tombol huruf, angka, dan karakter lain yang tersusun pada suatu papan berbentuk persegi panjang dan digunakan untuk memasukkan data ke komputer.

Gambar Keyboard

o Pointing Device Merupakan peralatan input yang dapat digerakkan dan dapat memiliki petunjuk (pointer). Pointing Device terdiri dari : o Mouse Peralatan input yang berbentuk kecil. Mempunyai bagian yang bias diklik /ditekan dengan jari, pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola magnetic yang kecil yang berfungsi untuk mengerakkan pointer.

Gambar Mouse

o Pointing Stick Peralatan input yang berbentuk seperti pena/tongkat kecil, digunakan untk menulis sesuatu pada screen atau layar di notebook tertentu. o Trackball Peralatan input yang mirip dengan mouse. Terdapat bola kecil pada bagian permukaannya. Di mana bola kecil tersebut dapat diputar/digerakkan dengan jari untuk mengerakkan pointer.

Gambar Trackball

o Joystick

Peralatan input yang terdiri dari beebrapa tombol khusus penunjuk arah (kiri, kanan, atas, bawah, dsb) utnuk mengontrol gerakan pada permainan game komputer.
Gambar Joystick

o Touch Screen

Gambar Touch Screen

Peralatan input yang berfungsi juga sebagai monitor, digunakan dengan cara menekan langsung menu – menu yang ada di screen/layer.

o Light Pen Peralatan input yang berupa pena elektronik, di mana digunakan untuk menulis sesuatu di layar/screen atau pada tatakan (tempat menulis) yang tersedia.
Gambar Light Pen

o Digitizing Tablet Peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena elektronik, dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus tersebut ke komputer secara langsung.
Gambar Digitizing Tablet

USB Flash Drive atau yang lebih dikenal dengan UFD atau flash disk merupakan sebuah periperal komputer yang populer pada sekarang ini. Flash disk sendiri sejatinya adalah sebuah alat penyimpanan data berbasis flash memory yang diintegrasikan dengan USB (Universal Serial Bus) konektor. Flash disk pada umumnya berbentuk kecil dan ringan. Sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana (bersifat portabel) dan memiliki kemampuan penyimpanan data yang cukup besar (mulai dari 8 mb hingga 16 gb). Selain itu, flash disk juga telah didukung oleh banyak sistem operasi (windows, linux, macintosh, dsb) dan tidak perlu di install (komputer akan dengan sendirinya menginstal sebuah driver flash disk – hal ini berlaku untuk sistem operasi modern). Hal ini membuat flash disk menjadi media penyimpanan portabel yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer.

Alat atau media untuk penerima atau membaca data-data yang ada pada media penyimapanan lainnya

Adapun Jenis-jenis peralatan output adalah sebagai berikut : • Visual Display (Monitor) Disebut juga dengan Video Display Terminal (VDTs), yaitu peralatan output yang berfungsi menampilkan visualisasi gambar, teks, image, dsb.
Gambar Monitor

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer

• Printer

Merupakan peralatan output yang dapat mencetak data berepa karakter/huruf/gambar(image) ke suatu media(kertas,plastik, dsb). Jenis printer menurut alat cetaknya : a. Impact Printer Printer yang mencetak karakter/huruf/gambar, dengan cara bersentuhan secara fisik antara kertas denagn alat cetaknya (head). o Dot Matrix Printer
Gambar Dot Matrix Printer

b. Non Impact Printer Printer yang mencetak karakter huruf/gambar, dengan cara tanpa bersentuhan secar fisik antara kertas dengan alat cetaknya. Hasil cetaknya terjadi karena adanya proses pemanasan, proses kimia atau proses penyemprotan (spraying). o Inkjet Printer, cth : HP, Cannon, dsb
Gambar Inkjet Printer

o Laser Printer, cth : Laserjet, dsb
Gambar Laser Printer

• Plotters Peralatan output yang khusus mencetak gambar – gambar/grafik/peta, dsb. Plotter memiliki 2 komponen, yaitu : o Flatbed (body/badan dari plotter) o Drum (pengulung kertas yang besar)
Gambar Plotter

o Speaker

Untuk mengeluarkan suara yang terhubung dengan komputer Speaker merupakan mesin penerjemah akhir,kebalikkan dari mikrofon.Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahynya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara

Gambar Speaker

Modem (Modulation Demodulation) adalah suatu alat yang berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat merambat pada jaringan telepon (atau sebaliknya dari analog ke digital). Jenis – jenis modem : • External vs Internal modem • Smart modem • Fax modem Kecepatan modem, diantaranya : • 1200.2400.9600 BPS • 14.4.28.8.33.6.56.6 KBPS, dsb Berikut gambar salah satu contoh modem :
Gambar Modem

Sound Card Atau yang lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen ,terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker).

VGA Card berfungsi sebagai alat untuk mengatur ketajaman gambar semakin besar memory VGA nya maka semakin tajam gambarnya

Dengan webcam, seseorang bisa berkomunikasi (chatting) sambil melihat lawan chattingnya Webcam adalah kamera-kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar

Alat yang terdapat didalam pc yang berfungsi untuk penyambung arus listrik ke komputer Power suply adalah sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,kontrol voltase dan kipas

Digital VGA cable A VGA connector as it is commonly known (other names include RGB connector, D-sub 15, mini sub D15 and mini D15) is a three-row 15 pin DE-15. There are four versions: original and DDC2 pinouts, the far older and less flexible DE-9 connector, and a Mini-VGA used for laptops.

Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->