Nama dosen : Ni Wayan Ratnadi, S.Pd, M.Pd Handphone : 08123974024 Alamat : jalan Pulau Bingin Gang Safari, No.

6 Pedungan Mata kuliah : Dasar Teori Pembelajaran

Silabus matakuliah Dasar Teori Pembelajaran

Pengertian belajar Apakah belajar itu? Menurut Hilgard : o Belajar adalah proses mental yang terjadi dalam diri seseorang akibat terjadinya interaksi dengan lingkungannya sehingga menimbulkan perilaku atau tingkah laku. o Proses perubahan melalui kegiatan atau prosedur berupa latihan, baikdidalam laboratorium dan latihan di lingkungan alamiah.

Hakekat pembelajaran Proeses atau sistem membelajarkan subjek didik atau pembeljaran yang telah direncanakan atau yang telah di desaignkan lalu dilaksanakan lalu dievaluasikanuntuk mencapai tujuan pembelajaran efektif dan efisien. Membuat evaluasi harus menggunakan kisi-kisi

-

Pembelajaran dipandang dari 2 sudut Pembelajaran dipandang dari sudut sistem Pembelajaran dipandang dari sudut proses

1. Pembelajaran dipandang dari sudut sistem Adalah pembelajaran yang terdiri dari sejumlah komponen yang terorganisasi. Diantaranya : tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi dan metode, media pembelajaran, pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran, tindak lanjut pembelajaran. 2. Pembelajaran dipandang dari sudut sistem Merupakan rangkaian upaya atau kegiatan pendidik dan peserta didik. Proses-proses ini meliputi:

a. Persiapan Dimulai dari merencanakan program pengajaran b. Melaksnakan kegiatan pembelajaran. Di dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus menggunakan pendekatan/setrategi, metode-metode yang telah dipilih oleh pendidik serta filosofis kerja guru ( komitmen), persepsi guru, dan sikap. c. Menidaklanjuti pembelajaran yang telah dikelola. Contoh : memberikan pengayaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful