BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 4.

1 Analisis Sistem Yang Berjalan Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kebagian-bagian komponennya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi segala macam permasalahan dan hambatan apa saja yang bisa terjadi dan kebuuhan-kebutuhan yang apa saja yang diharapkan dapat menjadi acuan untuk diusulkannya perbaikan-perbaikan. 4.1.1 Analisis Dokumen Analisi dokumen dimaksudkan untuk menganalisa dokumen yang digunakan oleh hotel terkait dengan aktifitas pelayanan kamar. Adapun dokumen-dokumen yang digunakan dalam proses pelayanan kamar yang sedang berjalan pada hotel Milenia Bandung yaitu: 1. Nama Dokumen Fungsi Rangkap Atribut : Data Tamu : Untuk mencatat data tamu : 1 (satu) Rangkap : No_KTP, Nama Lengkap, Alamat. Tempat Lahir, Tanggal Lahir, No Telp.

47

48

2. Nama Dokumen Fungsi Rangkap Atribut

: Data Kamar : untuk melihat kamar yang kosong dan terisi : 1 (satu) rangkap : No Kamar, Nama Kamar, Harga, Status.

3. Nama Dokumen Fungsi Rangkap Atribut

: Form Pemesanan Kamar : untuk melakukan pemesanan kamar : 2 (Dua) rangkap : Nama, alamat, No Telp, Uang Dp, No Kamar, Tanggal Check in, Tanggal Check Out, Jam Masuk, Tanda tangan

4. Nama Dokumen Fungsi Rangkap Atribut

: Form Laundry : mendata tamu yang ingin laundry di hotel : 2 (dua) Rangkap : Nama, No Kamar, Jenis Laundry, Jumlah, Total

5. Nama Dokumen Fungsi Rangkap

: Kwitansi Pelunasan/Pembayaran : Untuk melakukan pelunasan reservasi : 2 (dua) rangkap

49

Atribut

: Nama, Alamat, No Kamar, Tanggal Masuk, Tanggal Keluar, Jam Keluar, Tarif Kamar, Harga Laundry, Total Harga.

4.1.2

Analisis Prosedur Yang Sedang Berjalan Analisis difokuskan pada sistem pelayanan kamar yang terdapat di Hotel

Millenia Bandung. Berdasarkan metode analisis yang digunakan, maka berikut merupakan gambaran sistem yang sedang berjalan pada sistem pelayanan kamar di Hotel Millenia. 1. Tamu mengajukan permohonan reservasi kamar dan menyerahkan Kartu Identitas (KTP/PASPORT) ke bagian front office untuk reservasi. 2. Bagian front office mengecek kamar berdasarkan data kamar. 3. Jika kamar tidak tersedia, front office memberikan konfirmasi ke tamu. 4. Jika tersedia bagian front office membuat kwitansi reservasi 2 rangkap. Rangkap pertama di arsipkan ke front office, rangkap ke 2 diberikan kepada tamu beserta Kartu Identitas (KTP/PASPORT). 5. Tamu menyerahkan kwitansi reservasi dan Kartu Identitas (KTP/PASPORT) ke bagian front office. 6. Bagian front office mengecek data reservasi dan data kamar. 7. Jika data tidak ada, front office memberikan konfirmasi ke tamu.

50

8. Jika ada bagian front office membuat kwitansi check in 2 rangkap. Rangkap pertama di arsipkan ke front office, rangkap ke 2 diberikan kepada tamu. 9. Atau Tamu menyerahkan Kartu Identitas (KTP/PASPORT) ke bagian front office untuk check in tanpa proses reservasi, namun Jika kamar tidak tersedia, front office memberikan konfirmasi ke tamu. 10. Jika tersedia bagian front office membuat kwitansi check in 2 rangkap. Rangkap pertama di arsipkan ke front office, rangkap ke 2 diberikan kepada tamu. 11. Bagian laundry mengambil kwitansi check in dari arsip data check in jika tamu memesan laundry. 12. Bagian laundry membuat bill laundry 2 rangkap, rangkap pertama di arsipkan, rangkap ke 2 diberikan ke front office. 13. Tamu menyerahkan kwitansi check in/reservasi kepada front office pada saat melakukan check out. Front office melakukan penghitungan biaya keseluruhan berdasarkan kwitansi check in/reservasi, bill laundry serta mengambil KTP tamu dari data check in. 14. Setelah melakukan penghitungan biaya, front office membuat kwitansi pembayaran 2 rangkap, rangkap pertama diarsipkan dan rangkap ke 2 diserahkan ke tamu beserta Kartu Identitas (KTP/PASPORT). 15. Bagian front office membuat laporan keuangan 2 rangkap berdasarkan data check out. Rangkap pertama di arsipkan dan rangkap ke 2 diserahkan kepada manager atau pimpinan.

51

4.1.2.1 Use Case Diagram Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. 1. Use Case Sistem Pelayanan Kamar Yang Sedang Berjalan Berikut ini penggambaran use case pada sistem pelayanan kamar yang sedang berjalan pada Hotel Millennia.

Memesan Kamar <<include>>

Check in Tamu <<include>>

Front Office

Laundry <<include>>

Check Out

Gambar 4.1 Use Case Sistem Pemesanan Kamar

52

2. Skenario Use Case Nama Use Case Aktor Deskripsi : Pemesanan Kamar : Tamu : meliputi proses yang menggambarkan prosedur pemesanan kamar antara tamu dengan front office yang dilakukan secara langsung di hotel. Nama Use Case Aktor Deskripsi : Prosedur Check-In : Tamu dan Front Office : Meliputi proses yang menggambarkan prosedur check-in yang dilakukan oleh tamu dengan front office di hotel. Nama Use Case Aktor Deskripsi : Prosedur Laundry : Tamu dan Bag. Laundry : Meliputi proses pemesanan laundry yang dilakukan oleh tamu dengan bagian laundry. Nama Use Case Aktor Deskripsi : Prosedur Check out : Tamu dan Front Office : Meliputi proses pembayaran yang dilakukan oleh tamu setelah memakai jasa penginapan dan jasa laundry sesuai waktu/lama hari.

53

4.1.2.2 Activity Diagram Activity diagram digunakan untuk mendokumentasikan alur kerja pada sebuah sistem. 1. Activity Diagram Sistem Pemesanan Kamar Yang Sedang Berjalan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas pemesanan kamar yang sedang berjalan pada Hotel Millenia.

Tamu

Front Office

Meminta informasi kamar

Memberikan Informasi kamar yang kosong dan terisi

Tidak ada

Status k amar

Memilih dan Melakukan pemesanan kamar

Ada

Mencatat transaksi pemesanan kamar

Mendapatkan Bukti Pemesanan Kamar

Gambar 4.2 Activity Diagram Sistem Pemesanan

54

2. Activity Diagram Prosedur Check In Yang Sedang Berjalan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur check-in kamar yang sedang berjalan pada Hotel Millenia.

Tamu

Front Office

Mengajukan permohonan Check in dan menyerahkan bukti pemesanan

Melakukan Cek Pemesanan dan cek kamar

Belum pesan Sudah pesan

Mencatat Data check in sesuai bukti pemesanan

Mencatat data check in tanpa bukti pemesanan

Get Bukti Check in dan bayar deposit

Gambar 4.3 Activity Diagram Prosedur Check In

55

3. Activity Diagram Pemesanan Laundry Yang Sedang Berjalan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur pemesanan laundry yang sedang berjalan pada Hotel Millenia.

Tamu

Bag. Laundry

Memberikan Bukti check in mengecek Bukti Check in Mengajukan pesan Laundry

Mencatat Data pemesanan laundry

Get bukti pemesanan Laundry

Gambar 4.4 Activity diagram Pemesanan Laundry

56

4. Activity Diagram Prosedur Check Out Yang Sedang Berjalan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur checkout yang sedang berjalan pada Hotel Millenia.

Tamu

Front Office

Memberikan Bukti check in dan bukti laundry(jika memesan laundry)

Mencatat data check out sesuai bukti check in

Menghitung total pembayaran

Get Bukti Check out

Gambar 4.5 Activity Diagram Check Out

57

4.1.3

Evaluasi Sistem Yang Sedang Berjalan

Dari sistem pelayanan kamar pada Hotel Millenia Bandung yang sedang berjalan dapat dilihat permasalahan yang ada, yaitu : Tabel 4.1 Evaluasi Sistem Yang Berjalan No Masalah 1. Worker Pemecahan Masalah Membuat aplikasi dengan aplikasi yang sudah bisa menggunakan database,seperti PHP dan MySQL. 2. Permintaan informasi mengenai Front Office status kamar masih harus datang langsung ke hotel atau melalui telepon 3. Pemesanan kamar untuk Front Office Pemesanan kamar dapat Informasi online hotel secara

Masih menggunakan buku dalam Front Office pencatatan dari seluruh kegiatan Hotel.

menginap harus datang langsung ke hotel 4. Lambatnya_proses transaksi pembayaran perhitungan Front Office

dilakukan secara online.

Membuat sistem informasi yang memepermudah dalam perhitungan pembayaran

58

4.2 Perancangan Sistem Perancangan sistem ini dibuat sebagai tahapan untuk mempersiapkan proses implementasi sistem yang diinginkan, dan untuk menggambarkan secara jelas prosesproses yang diinginkan oleh pengguna. Sesuai dengan metode pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan object oriented, maka model yang digunakan untuk menggambarkan seluruh proses dan objek adalah dengan menggunakan UML. 4.2.1 Tujuan Perancangan Sistem Tujuan dari perancangan sistem adalah sebagai gambaran umum

pengembangan sistem usulan yang dapat memberikan spesifikasi sistem usulan perangkat lunak kepada pengguna dengan menganalisis kelemahan-kelemahan dalam sistem yang sudah ada yang mengembangkan sistem yang telah ada demi kepuasan, kenyamanan dan kemudahan. Adapun tujuan perancangan sistem informasi pelayanan kamar berbasis online ini adalah sebagai berikut: a. Membuat sistem informasi berbasis web untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi mengenai hotel. b. Memudahkan para tamu yang hendak memesan kamar untuk menginap tidak perlu lagi datang langsung ke hotel karena bisa memesan kamar secara online. c. Menjadi ajang media komunikasi online yang dapat digunakan sebagai wadah interaksi antara masyarakat, tamu dan administrator.

59

d. Mempermudah bagian Front office untuk mengarsipkan data-data tamu yang menginap lebih terkomputerisasi sehingga resiko kehilangan data dapat diminimalisir, dan pencarian data apabila dibutuhkan akan cepat terpenuhi. Adapun perancangan ini meliputi: 1. Perancangan Use case diagram dan skenarionya 2. Perancangan Activity diagram 3. Perancangan sequence diagram 4. Perancangan collaboration diagram 5. Perancangan component diagram 6. Perancangan deployment diagram 7. Perancangan class diagram

4.2.2

Gambaran Umum Sistem Yang diusulkan Sistem informasi pelayanan kamar berbasis online ini dapat digambarkan

sebagai bentuk sebuah fasilitas yang menyediakan informasi-informasi hotel dari mulai informasi status kamar, fasilitas yang ada pada setiap kamar, tarif dan type kamar, profil dan alamat hotel dan lain-lain, yang semuanya bisa diakses oleh masyarakat luas pada umumnya dan oleh tamu yang hendak menginap. Selain itu sistem informasi ini juga mendukung pemesanan kamar secara online dimana tamu yang hendak menginap bisa memesan kamar untuk menginap melalui media internet asal memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku

60

dari pihak hotel. Sehingga tamu tidak perlu datang lagi ke hotel untuk sekedar menanyakan informasi kamar atau memesan kamar. Dengan adanya perancangan sistem informasi pelayanan kamar berbasis online ini diharapkan akan memudahkan para tamu yang ingin memesan kamar untuk menginap, serta memudahkan dari pihak hotel untuk menyebarkan informasiinformasi yang berkaitan dengan hotel. Pada intinya sistem informasi berbasis web ini akan lebih memperkenalkan Hotel Millenia ke masyarakat luas. 4.2.3 Perancangan Prosedur Yang Diusulkan Setelah melihat sistem yang sedang berjalan dan telah mengevaluasi sistem, maka prosedur sistem yang diusulkan adalah: 1. admin memasukan informasi-informasi yang berkaitan dengan hotel untuk dapat diakses oleh masyarakat yang ingin mengenal dan mengetahui tentang Hotel Millenia Bandung. 2. Tamu yang berkunjung ke web hotel dan tidak mendaftar sebagai member maka hanya dapat mengakses informasi biasa seperti profil, alamat hotel, fasilitas hotel, type kamar, buku tamu. Tidak bisa memesan kamar secara online 3. Tamu yang hendak memesan kamar secara online harus mendaftar dulu sebagai member user 4. Tamu yang sudah mendaftar sebagai member user maka harus login dulu ke sistem untuk bisa memesan kamar secara online.

61

4.2.3.1 Use Case Usulan Use case adalah deskripsi fungsi dari sebuah sistem dari perspektif/sudut pandang para pengguna sistem. 1. Use Case Sistem Pelayanan Kamar Usulan Berikut ini penggambaran use case yang diusulkan untuk sistem pelayanan kamar pada hotel millennia.

Pendaftaran User <<include>>

Memesan Kamar <<include>>

Tamu/User

Melakukan Check In <<include>>

Front Office

Memesan Laundry <<include>> Bag Laundry

Melakukan Check out

Berita Admin

Buku Tamu

Kelola Hak Akses

Gambar 4.6 Use Case Pemesanan Kamar Usulan

62

2. Skenario Use Case Usulan Nama Use Case : Pendaftaran User Aktor : Tamu dan Front Office Tabel 4.2 Skenario Use Case Pendaftaran User Aksi Aktor 1.pilih menu pendaftaran Baru 2.tampil form pendaftaran user 3.masukan data pendaftaran user 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

Nama Use Case : Memesan Kamar Aktor : Tamu dan Front Office Tabel 4.3 Skenario Use Case Memesan Kamar Aksi Aktor 1.pilih menu pemesanan kamar 2.tampil form pemesanan kamar 3.masukan data pemesanan kamar 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

63

Nama Use Case : Melakukan Check in Aktor : Tamu dan Front Office Tabel 4.4 Skenario Use Case Melakukan Check In Aksi Aktor 1.pilih menu add check in 2.tampil form check in 3.masukan data check in lengkap (langsung check in tanpa pesan) atau masukan nomer reservasi (sudah pesan kamar sebelumnya). 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

64

Nama Use Case : Memesan Laundry Aktor : Tamu dan Bag. Laundry Tabel 4.5 Skenario Use Case Memesan Laundry Aksi Aktor 1.pilih menu tambah pesan laundry 2.tampil form pemesanan laundry 3.masukan data pemesanan laundry *Nomer kamar 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

Nama Use Case : Melakukan Check out Aktor : Tamu dan Front Office Tabel 4.6 Skenario Use Case Melakukan Check out Aksi Aktor 1.Pilih menu add checkout 2.tampil form checkout 3.masukan data check out *nomer kamar / nama tamu 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

65

Nama Use Case : Berita Aktor : Tamu dan Admin Tabel 4.7 Skenario Use Case Berita Aksi Aktor Admin 1.pilih menu tambah berita 2.tampil form tambah berita 3.masukan data berita lengkap 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Tamu 1.Buka website hotel 2.tampil website hotel 3.pilih berita 4.tampil data berita secara lengkap Reaksi Sistem

Nama Use Case : Buku Tamu Aktor : Tamu dan Admin Tabel 4.8 Skenario Use Case Buku Tamu Aksi Aktor ADMIN 1.pilih menu detail buku tamu Reaksi Sistem

66

2.tampil data buku tamu 3.Pilih menu detail 4.tampil data buku tamu secara lengkap TAMU 1.Pilih menu buku tamu 2.Tampil form pengisian buku tamu 3.input buku tamu 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data 6.pilih menu tampilkan buku tamu 7.Tampil data buku tamu lengkap

Nama Use Case : Kelola Hak Akses Aktor : Admin Tabel 4.9 Skenario Use Case Kelola Hak Akses Aksi Aktor 1.pilih menu add admin 2.tampil form tambah admin 3.masukan data admin beserta type hak akses 4.verifikasi kelengkapan data 5.simpan data Reaksi Sistem

67

4.2.3.2 Activity Diagram Usulan Activity diagram digunakan untuk mendokumentasikan alur kerja pada sebuah sistem. 1. Activity Diagram Pendaftaran User Berikut ini penggambaran activity diagram yang menggambarkan aktivitas pendaftaran untuk user yang ingin menjadi member.

Tamu/User

Sistem

Menampilkan Form pendaftaran

Mengisi form pendafran user Validasi Form Belum Lengkap Lengkap mendapatkan informasi pendaftaran Menyimpan data kedatabase

Gambar 4.7 Activity Diagram Pendaftaran User

68

2. Activity Diagram Pemesanan Kamar Usulan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas pemesanan kamar yang diusulkan.

Tamu dan Front Office

Sistem

Pilih menu pemesanan kamar

Tampil form pemesanan kamar

Masukan data pemesanan Kamar

Belum Lengkap Kamar Tak tersedia/Penuh

Validasi pengisian data Lengkap validasi jumlah k amar Kosong/Tersedia

Mendapatkan Bukti Reservasi

menyimpan ke database

Gambar 4.8 Activity Diagram Pemesanan Kamar Usulan

69

3. Activity Diagram Prosedur Check In Usulan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur check-in yang diusulkan

Front Office

Sistem

Pilih Menu tambah check in Tampil form Check In

cek status Belum pesan

Pilih Nomer reservasi

Pesan

Menampilkan data tamu sesuai nomer reservasi

Memilih Nomer Kamar

memasukan data check in

menyimpan ke database

memilih Nomer Kamar

Get Bukti Check In

Gambar 4.9 Activity Diagram Prosedur Check In Usulan

70

4. Activity Diagram Pemesanan Laundry Usulan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur pemesanan laundry yang diusulkan

Bag. Laundry

Sistem

memilih Menu Tambah pesan laundry

Menampilkan form laundry

Memasukan nomer kamar

Menampilkan data tamu sesuai no kamar

masukan data pemesanan laundry

menyimpan Data ke database

Get bukti laundry

Gambar 4.10 Activity diagram pemesanan laundry usulan

71

5. Activity Diagram prosedur Check Out Usulan Berikut ini activity diagram yang menggambarkan aktivitas prosedur checkout yang diusulkan.

Front Office

Sistem

pilih menu tambah check-out

Tampil form check-out

masukan No Kamar

Tampil data Check Out sesuai data check in

Input Data Pembayaran

simpan data check-out ke database

Get Bukti Check Out

Gambar 4.11 Activity Diagram Prosedur Check Out Usulan

72

4.2.3.3 Sequence Diagram Sequence diagram mendokumentasikan komunikasi/interaksi antar kelaskelas. 1. Sequence Diagram Pendaftaran User Berikut ini sequence diagram yang menggambarkan pendaftaran user.

User/Tamu 1: Buka Aplikasi 2: Tampil Web Hotel

Form Aplikasi

Database

3: pilh menu pendaftaran user 4: tampil form pendaftaran 5: Masukan data User 6: Validasi data user 7: simpan data 8: data berhasil disimpan 9: get username dan password 10: tampil konfirm pendaftar

Gambar 4.12 Sequence Diagram Pendaftaran User

73

2. Sequence Diagram Pemesanan Kamar Berikut sequence diagram untuk pemesanan kamar.

User/Tamu

Form Aplikasi 1: Input username & password 2: Validasi login 3: cek login true/false 4: tampil pesan login sukses 5: Tampil Menu User

Database

6: pilih kamar dan masukan tanggal pesan 7: kirim instruksi 8: cari data 9: Tampil status kamar kosong/terisi

10: pilih menu pemesanan kamar 11: Tampil form pemesanan kamar 12: Input data 13: Validasi data 14: simpan data 15: data berhasil disimpan 16: Tampil pesan pemesanan sukses 17: get bukti pemesanan dan No Reservasi

Gambar 4.13 Sequence diagram Pemesanan kamar

74

3. Sequence Diagram Prosedur Check In Berikut ini sequence diagram untuk prosedur Check In

Tamu 1: mengajukan check_in

Front Office

Form Aplikasi

Database

2: pilih menu cek kamar 3: tampil form cek kamar 4: pilih kamar dan masukan tanggal 5: kirim instruksi 6: Cari data 7: Tampil status kamar kosong/terisi 8: get informasi check in 9: No KTP 10: pilih menu tambah check_in 11: Tampil form check in 12: input data check in 13: validasi data 14: simpan data 15: Tampil detail check in 16: get bukti check in 17: Konfirmasi pemesanan (No Reservasi) 18: pilih menu tambah check in 19: Tampil form check In 20: masukan no_reservasi tamu 21: kirim instruksi 22: Cari Data 23: Tampil data tamu sesuai no reservasi 24: Input Data check_in 25: Validasi Data 26: Simpan data 27: Tampil detail check in 28: Get bukti Check in

Gambar 4.14 Sequence Diagram Prosedur Check in

75

4. Sequence Diagram Pemesanan Laundry Berikut ini sequence diagram untuk prosedur pemesanan laundry.

Tamu

Bag. Laundry 1: Bukti Check in/No Kamar

Form Aplikasi

Database

2: Pilih menu tambah pesan laundry 3: Tampil form laundry 4: input no kamar 5: kirim instruksi 6: Cari Data 7: Tampil Data Tamu sesuai nomer kamar 8: input data laundry 9: validasi data 10: Simpan data 11: Tampil detail pemesanan laundry 12: Get bukti laundry

Gambar 4.15 Sequence Diagram pemesanan laundry

76

5. Sequence Digram Prosedur Check Out Berikut ini sequence diagram prosedur Check Out

Tamu

Front Office 1: Mengajukan check Out 2: Bukti Check In/ No Kamar

Form Aplikasi

Database

3: Pilih menu tambah check-out 4: tampil form check out 5: Masukan Nomer Kamar 6: kirim instruksi 7: Cari data 8: tampil data tamu sesuai nomer Kamar 9: input data check-out/Pembayaran 10: Cek Pemesanan Laundry(jika pesan) 11: Hitung pembayaran 12: Validasi Data 13: simpan data 14: tampil detail check-out 15: get bukti check-out

Gambar 4.16 Sequence Diagram Prosedur Check Out

77

4.2.3.4 Collaboration Diagram Collaboration diagram menggunakan prinsip yang sama dengan sequence diagram, sama-sama memodelkan interaksi antar obyek-obyek, yang

membedakannya hanya cara penggambarannya saja. 1. Collaboration Diagram Pendaftaran User Berikut ini collaboration diagram pendaftaran user.
7: simpan data 1: buka aplikasi 3: pilih menu pendaftaran baru( ) 5: masukan data user( ) User : user 2: Tampil website hotel 4: tampil form daftar user( ) 9: get username dan password( ) FA : form aplikasi 8: Data berhasil disimpan

6: validasi data user DB : database

Gambar 4.17 Collaboration Diagram Pendaftaran User 2. Collaboration Diagram Pemesanan Kamar Berikut ini collaboration diagram pemesanan kamar tamu

8: cari data 14: simpan data( ) 1: input username dan password 6: pilih kamar dan masukan tanggal pesan( ) 10: pilih menu pemesanan kamar( ) 12: input data( ) User/Tamu : user 4: Tampil pesan login sukses 5: tampil menu user( ) 11: tampil form pemesanan kamar( ) 16: tampil pesan poemesanan sukses( ) 17: get nomer reservasi( ) FA : form aplikasi 3: cek login true/false 15: data berhasil disimpan( ) 2: validasi login 7: kirim instruksi( ) 13: validasi data( ) db : database

9: Tampil status kamar

Gambar 4.18 Collaboration Diagram Pemesanan kamar

78

3. Collaboration Diagram Prosedur Check In Berikut ini collaboration diagram prosedur Check In

1: mengajukan check in 9: No KTP( ) 17: konfirm pemesanan (No_Reservasi) tamu : TAMU FO : Admin

2: pilih menu cek kamar 4: pilih kamar dan masukan tanggal( ) 10: Pilih menu tambah check In( ) 12: Input data check in( ) 18: pilih menu tambah check in( ) 20: masukan no reservasi tamu( ) 24: input data check in( ) FA : Form Aplikasi

28: get bukti check in( ) 16: get bukti check in( ) 8: get informasi check in

19: tampil form check in( ) 11: Tampil form check in( ) 3: tampil form cek kamar

27: tampil detail check in( ) 23: tampil data tamu sesuai nomer reservasi( ) 15: Tampil detail check in( ) 7: Tampil status kamar kosong/terisi

6: cari data 14: Simpan data( ) 22: Cari data( ) 26: simpan data( )

25: validasi data( ) 21: Kirim instruksi( ) 13: Validasi data( ) 5: kirim instruksi

db : Database

Gambar 4.19 Collaboration Diagram Prosedur Check In

79

4. Collaboration Diagram Prosedur Laundry Berikut ini collaboration diagram prosdur pemesanan laundry.

1: Bukti check in/No Kamar Tamu : Tamu 10: Get Bukti Laundry Bag. Laundry : Admin

2: Pilih Menu tambah pesan laundry 4: Input No Kamar( ) 6: Input Data Laundry( ) Form Aplikasi : FA

3: Tampil form laundry 5: Tampil data tamu sesuai no kamar( )

7: Validasi Data 9: Tampail detail pemesanan laundry 8: Simpan data

Database : DB

Gambar 4.20 Collaboration Diagram Prosedur Laundry 5. Collaboration Diagram Prosedur Check Out Berikut ini collaboration diagram prosedur check out

1: mengajukan check-out 2: bukti check-in (no Kamar) tamu : TAMU 15: get bukti check-out FO : admin

3: pilih menu tambah check out 5: masukan nomer Kamar 9: input data check-out( ) 10: cek pemesanan laundry( ) FP : Form Aplikasi 4: tampil form check-out

8: tampil data tamu sesuai nomer Kamar 14: tampil detail check out( ) 12: validasi data( ) 11: hitung pembayaran( ) 6: kirim instruksi

7: cari data 13: simpan data( )

db : Database

Gambar 4.21 Collaboration Diagram Prosedur Check Out

80

4.2.3.5 Component Diagram Komponen perangkat lunak adalah bagian fisik dari sebuah sistem yang menetap di komputer. komponen merupakan implementasi software dari sebuah class.Komponen bisa berupa tabel, file data, file exe, file DLL, dokumen dan lainlain. Berikut adalah component diagram yang menggambarkan struktur proses yang terdapat dalam program aplikasi Sistem Pemesanan kamar online pada Hotel Millenia Bandung.

Home Website

Menu Login Home

Profil Front Office Fasilitas Bagian Laundry

Adminsitrator

Lokasi Hotel Kamar

Pengeloaan Tamu

Pengelolaan Laundry

Pengelolaa n Admin

Transaksi Hotel Kontak Kami Buku Tamu Pengelolaan Kamar

Log Out

Buku Tamu

Berita

Pendafta ran Baru

Log Out

Log Out

Gambar 4.22 Component Diagram Sistem Pelayanan Kamar

81

4.2.3.6 Deployment Diagram Deployment diagram menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware yang digunakan untuk mengimplementasikan sebuah sistem dan keterhubungan antara komponen-komponen hardware tersebut. Deployment diagram dapat digunakan pada bagian-bagian awal proses perancangan sistem untuk

mendokumentasikan arsitektur fisik sebuah sistem. Berikut Deployment diagram yang menggambarkan susunan fisik dan perangkat lunak dalam sistem:
Client A: Web browser

<<TCP/IP>>

Web Server: Apache (PHP) db_connect Client B: Web browser
<<TCP/IP>>

Database Server: MySQL

Gambar 4.23 Deployment Diagram Sistem Pemesanan Kamar 4.2.3.7 Class Diagram Class Diagram adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah obyek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi obyek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut

(metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class,

82

package dan object beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lainlain. Berikut adalah Class Diagram yang menggambarkan skema yang terdapat dalam database:

Tamu Id_Tamu Nik Nama Jenis_kelamin Alamat Kebangsaan No_Telp status_pesan Input() Edit()

Tamu Member Id_Tamu Email Username Password input() Edit() Login() Logout()

Detail Kamar Kd_Kamar No_Kamar Status Input()

Kamar Kd_Kamar Nama_kamar Harga Fasilitas Jumlah_kamar Input() Edit() Delete()

Pemesanan No_Reservasi Id_Tamu Kd_Kamar Jumlah Pesan Rcn_Tgl_Masuk Rcn_Jam_Masuk Rcn_Tgl_keluar Rcn_Jam_keluar Jam_Pesan Deposit Input() Edit() Delete() Cari()

Check_In No_reservasi No_Kamar Id_tamu Jam_Check_In Tgl_check_in Deposit Input() Edit() Delete() Cari()

laundry detail Kode_laundry tanggal jam no_kamar Input() Edit() Delete()

Check_Out No_Kamar Id_Tamu Tgl_Check_out Jam_check_out Lama_Hari Sisa_bayar Sub_total Input() Edit() Delete() Cari()

Jenis_laundry Kode_Jenis Jenis_Laundry Harga Input() Edit() Delete()

laundry_pesan Kode_Laundry kode jenis no_kamar jumlah pesan Input() Edit() Delete()

Gambar 4.24 Class Diagram Pemesanan Kamar

83

4.2.3.8 Kodifikasi Pengkodean adalah pembuatan kode untuk tujuan mengklasifikasikan data, memasukkan data ke komputer dan mengambil berbagai informasi yang dibutuhkan. Pengkodean digunakan untuk menjabarkan item - item data yang bersifat unik. Dalam perancangan, penulis melakukan pengkodean sebagai berikut 1. Nomer Reservasi

2. Nomer Urut Check In

3. Kode Tipe Kamar

84

4. Nomer Kamar

5. Kode Jenis Laundry

6. Kode Transaksi Laundry

7. Id Tamu

85

4.2.4

Perancangan Antar Muka Perancangan antar muka merupakan penggambaran tampilan yang digunakan

secara langsung oleh pengguna, interaksi yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam sistem. Adapun dalam antar muka ini terdapat beberapa bagian yang harus dilakukan, yaitu dari mulai menentukan struktur menu yang ada dalam program, tampilan input dan output pada setiap fungsi yang telah ditentukan, diuraikan sebagai berikut 4.2.4.1 Struktur Menu Struktur menu yang terdapat dalam perancangan ini dapat mengintegrasikan sebuah data dalam sistem dan disertai dengan intruksi yang ada pada pilihan menu. Sebenarnya struktur menu dibedakan berdasarkan hak akses yang dimiliki oleh masing - masing tipe user. 1. Struktur Menu Tampilan Website

Gambar 4.25 Strukur Menu

86

4.2.4.2 Perancangan Input Perancangan input yaitu sebuah tampilan yang dirancang sebagai tempat untuk memasukan data-data yang diberikan oleh pengguna sistem (user), yang merupakan sumber untuk proses pengolahan yang akan menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi pengguna. Pengguna atau user dalam aplikasi dibagi ke dalam 5 tipe yaitu User/Tamu Biasa, User Member, Administrator, Bag. Laundry, dan Front Office. Oleh karena itu berikut rancangan antar muka input secara umum berdasarkan tipe user. 1. Perancangan Menu Utama (Publik)

Gambar 4.26 Rancangan Menu Publik

87

Menu utama ini merupakan tampilan awal ketika user membuka aplikasi/website. User dapat mengakses menu home, profil, fasilitas, lokasi hotel, kamar, kontak kami, buku tamu dan disediakan menu pendaftaran baru bagi user yang ingin mendaftar menjadi member. Serta menu login bagi user yang sudah menjadi member. 2. Perancangan Menu Utama (User Member)

Gambar 4.27 Rancangan Menu Member

88

Form menu user member ini merupakan form yang bisa diakses oleh user yang sudah menjadi member dengan melakukan login terlebih dahulu. maka akan muncul menu tambahan sesuai gambar diatas. 3. Perancangan Menu Utama (Front Office)

Gambar 4.28 Rancangan Menu Front Office Form menu bagian front office ini berfungsi untuk mengelola keseluruhan data yang terkai dengant administrasi hotel dari mulai pemesanan kamar sampai dengan check out.

89

4. Perancangan Menu Bagian Laundry

Gambar 4.29 Rancangan Menu Bag. Laundry Menu Bagian laundry ini hanya dikususkan untuk para pegawai yang ada di bagian laundry, untuk masuk ke halaman ini di haruskan login terdahulu. Sedangkan untuk menunya terdiri dari Home dan pengelolaan laundry dimana didalam pengelolaan laundry terdapat sub menu lainnya, seperti tambah kategori laundry dan tambah pesan laundry.

90

5. Perancangan Menu Bagian Administrator

Gambar 4.30 Rancangan Menu Administrator Pada halaman bagian administrator ini berfungsi untuk admin melakukan pemberitaan tentang hotel, mengatur hak akses dan type admin dan melihat data buku tamu.

91

6. Perancangan Input Login Admin

Login Administrator User Name Password Job Desk
--Pilih Salah Satu--

Proses

Halaman ini diperuntukan khusus administrator yang tidak berkepentingan dilarang membuka halaman ini Terima kasih

Gambar 4.31 Menu login Form login admin merupakan form yang berguna untuk login dan masuk ke dalam sistem aplikasi Administrator website Hotel Millenia, User yang berhak

mengakses halaman ini adalah user yang mempunyai otoritas khusus untuk mengelola website hotel.

92

7. Perancangan Input Registrasi Member
IMAGE Hotel Millenia Bandung Jl. Percobaan No 38 Cileunyi

Menu Program

Masukan semua data diri anda Form Registrasi Nama Alamat Kota Kode Pos Provinsi Kebangsaan Jenis Kelamin No Telepon/HP Pekerjaan Status Nama Bank E-Mail UserName Password
Belum Nikah

Pria

Wanita

Menikah

SIMPAN

Refresh

Gambar 4.32 Rancangan Input Registrasi Form pendaftaran member merupakan form yang berfungsi untuk user biasa untuk mendaftar sebagai user member, hal ini diperlukan apabila user ingin memesan kamar secara online maka syaratnya harus mendaftar dahulu.

93

8. Perancangan Input Pemesanan Kamar

Logo Hotel

Hotel Millenia

Menu Utama

Home Profil Fasilitas Lokasi Hotel Kamar Kontak Kami Buku Tamu
Member User
User Name Password Login

Form Pemesanan Kamar Online
Kode Tamu Nama User Tipe Kamar Jumlah Pesan Tanggal Check In Jam Check In Tanggal Check Out Jam Check Out
: : : : Kamar

Ubah User Member Pemesanan Kamar Konfirm Pembayaran Daftar Pemesanan Log Out
Informasi

Text

Lanjutkan

Refresh

Text

Gambar 4.33 Rancangan Form Pemesanan kamar Form pemesanan kamar merupakan form yang digunakan user member untuk memesan kamar secara online, sebelum user mengakses form ini maka diharuskan untuk login terlebih dahulu.

94

9. Perancangan Input Check In

Logo Hotel

Hotel Millenia

Menu Utama

Form Check In

Menu ADMIN

Nama Tamu Jenis Kelamin Alamat Kota Provinsi No Telepon Tipe Kamar Nomer Kamar Tanggal Check In Jam Check In Tanggal Check out Jam Check out

Cek Reservasi

Simpan

Gambar 4.34 Rancangan Input Check in Form Check In digunakan untuk memsaukan data check in pengunjung yang sudah memesan kamar sebelumnya, didalamnya terdapat tombol simpan untuk menyimpan data kedalam database

95

10. Perancangan Input Pesan Laundry

Logo Hotel

Hotel Millenia

Menu Bag. Laundry

Form Tambah Laundry
Nomer Nomer Kamar Kode Laundry Id Tamu Nama Lengkap Alamat Tanggal Check in Jenis Laundry Jumlah
Simpan

Gambar 4.35 Rancangan Input Pemesanan Laundry Form halaman laundry ini digunakan untuk memasukan data pesanan laundry yang dilakukan oleh tamu yang sudah check-in.

96

11. Perancangan Input Check Out

Gambar 4.36 Rancangan input Check Out Form Check Out digunakan untuk mengitung seluruh transaksi yang dilakukan oleh tamu selama menginap di hotel dari mulai reservasi, check in, laundry. Didalamnya terdapat tombol simpan untuk menyimpan data kedalam database.

97

4.2.4.3 Perancangan Output Perancangan Output atau keluaran merupakan hasil dari pengolahan data yang diterima dari proses masukan data berupa informasi yang berguna bagi pengguna atau user. Adapun rancangan output dari sistem informasi pemesanan kamar ini adalah sebagai berikut : 1. Bukti Reservasi

Gambar 4.37 Bukti Reservasi Halaman tersebut digunakan untuk menampilkan kwitansi reservasi dari tamu yang sudah memesan kamar

98

2. Bukti Check-In
HOTEL MILLENIA BANDUNG Jl. Percobaan No 38 Cileunyi Telp.(022) 7801845 - 70807667 Fax. (022) 7801845 Bukti Check In Nomer : Id Tamu : Nama Lengkap : Alamat : Kota Provinsi No Telepon Uang Muka : : : :

*Tampil Data Kamar

CATATAN :
Bandung, ……….

Petugas

Gambar 4.38 Bukti Check in Halaman Tersebut digunakan untuk menampilkan kwitansi check-in untuk tamu yang sudah melakukan check-in.

99

3. Bukti Check Out

Gambar 4.39 Bukti Check out Halaman tersebut digunakan untuk menampilkan kwitansi dari tamu yang hendak checkout, didalamnya terdapat transaksi pembayaran tamu dari mulai reservasi, check in, sampai laundry.

100

4. Laporan Tamu Per Jenis Kamar

Gambar 4.40 Laporan Tamu Per Jenis Kamar Halaman tersebut digunakan untuk menampilkan laporan pengunjung/tamu yang pernah menginap di hotel millennia berdasarkan jenis kamar.

101

5. Laporan Tamu Keseluruhan

Gambar 4.41 Lporan Tamu Keseluruhan

Halaman tersebut digunakan untuk menampilkan laporan pengunjung/tamu yang pernah menginap di hotel millennia secara keseluruhan.

102

6. Laporan Tamu Per Periode

Gambar 4.42 Laporan Per Periode Halaman tersebut digunakan untuk menampilkan laporan pengunjung/tamu yang pernah menginap di hotel millenia secara per periode.

103

5.2.5 Perancangan Arsitektur Jaringan Arsitektur jaringan bisa dikatakan sebagai gambaran secara fisik dari pola
hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannnya. Adapun Rancangan Arsitektur jaringan yaitu sebagai berikut :

Gambar 4.43 Arsitektur Jaringan Arsitektur jaringan ini berskala WAN (Wide Area Network). Admin dan server mengirimkan informasi berupa aplikasi web ke internet, dan untuk para user terhubung pada sebuah media penghubung yang dikenal sebagai modem, dimana modem tersebut biasanya berupa lewat saluran telepon yang telah terkoneksi internet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful