SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA TEKNIK SIPIL UNDIP

Sejarah berdirinya Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bermula dari kisah bersahaja pada tahun 1958, diawali dari obrolan kecil secara tidak sengaja antara Ir. Jacob Rais (Kepala Kantor Pendaftaran Tanah Semarang), dengan Ir. Gunawan, gara-gara mobil Pak Rais mogok. Obrolan kecil beliau-beliau pada saat itu ternyata melahirkan sebuah gagasan besar, yang kemudian ditindak lanjuti oleh Ir. Jacob Rais dan Ir. Iman Subarkah, didukung oleh 8 orang ahli bangunan di Kota Semarang seperti : Prof. Ir. Soemarman (alm), Ir. Lie Kok Gwan, Ir. Moeljadi, dan Ir. Tjoa Tjeng Kie untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi teknik sipil di Semarang. Rencana tersebut diwujudkan dengan berdirinya Akademi Teknik Semarang, di bawah naungan Universitas Semarang. Pada tanggal 20 Oktober 1958, Akademi Teknik tersebut membuka (dan kemudian menjadi hari lahir) Teknik Sipil di Universitas Semarang dengan dekan pertama Prof. Ir. Soemarman. Pada saat perayaan Dies Natalis ketiga tanggal 9 Januari !960, Presiden I Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno, mengganti nama Univeersitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Dalam waktu hanya 2 bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 24 Maret 1960, Akadedmi Teknik diubah menjadi Fakultas Teknik. Status penegrian Universitas Diponegoro sendiri dilakukan kemudian pada tanggal 15 Oktober 1960 melalui Peraturan Pemerintah no.7 Tahun 1961. Jurusan Teknik Sipil adalah jurusan tertua dan yang pertama kali ada di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Sejalan dengan tuntutan perkembangan yang terus meningkat, Jurusan Teknik Sipil di tuntut untuk mencetak lulusan yang berkualitas, memilki kompentensi, kemandirian dan daya saing yang tinggi, serta mampu menjawab tantangan globalisasi.

VISI dan MISI VISI Sejalan dengan visi Universitas Diponegoro yang dicanangkan bahwa pada tahun 2018 mampu menjadi Universitas Pendidikan terkemuka di Indonesia bahkan di wilayah Asia Pasifik, visi Teknik Sipil FT. Undip adalah mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dibidang teknologi dan kemampuan professional yang tinggi dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat di pasar local, regional, maupun Internasional.

MISI Dari visi tersebut Jurusan Teknik Sipil Undip mengemban misi yang cukup besar, mencakup : 1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi keTeknikSipilan. 2. Menstimulasi dan meningkatkan kualitas penilitian baik oleh dosen maupun mahasiswa yang berorientasi pada produk dan inovasi. 3. Menyediakan dan meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam menyelesaikan persoalan pembangunan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful