MICROSFT IT ACADEMY PROGRAM

A. Solusi IT Akademik

Microsoft IT Academy Program adalah kurikulum dan pembelajaran materi Microsoft lengkap yang menghubungkan siswa, pengajar, pengusaha, dan masyarakat lokal melalui model pembelajaran seumur hidup melalui teknologi pengembangan keterampilan yang terdepan. Ini dikembangkan untuk menjembatani kesenjangan anatara pendidikan dan dunia nyata yang melengkapi siswa dengan keterampilan TI yang mereka butuhkan untuk karir yang sukses di pasar tenaga kerja teknologi saat ini dan menyediakan sumber daya pengembangan profesional bagi para pengajar. Apabila lembaga menjadi tempat training dan testing centre yang dapat mengadakan ujian sertifikasi Microsoft bekerjasama dengan Certiport atau Prometric akan mendapatkan keuntungan, seperti K-12 sekolah umum dan swasta, sekolah kejuruan, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi atau universitas atau sekolah ilmiah/ teknis yang dapat meningkatkan kualitas kellulusannya. B. Tujuan Program IT Akademik Memberdayakan lembaga-lembaga akademik untuk membantu siswa mencapai keterampilan dan mencapai potensi karir mereka melalui pelatihan yang relevan, berkualitas tinggi dan tersertifikasi.
Kebutuhan institusi : Mengurangi biaya Relevan Belajar Maksimalisasi aset Bakat siswa

Kebutuhan karyawan : Pekerja produktif Pekerjaan siap direkrut

Kebutuhan pengajar: Kurikulum yang relevan Waktu pilihan hemat Terlibat siswa Siswa terampil

Kebutuhan siswa: Pelatihan dunia-nyata Employability Berharga kredensial

C. Manfaat yang diperoleh dari Microsoft IT Academy Program

a. Bagi Institusi : • Kesiapan pengembangan keterampilan masa depan

• •

Mempromosikan sekolah sebagai anggota ITA komunitas global Memperkaya komunitas dengan menjembatani kesenjangan keterampilan teknologi

b. Bagi Administrator : •

Nilai tinggi, rendah biaya program (risiko rendah) Meningkatkan kesempatan kerja untuk siswa Program administrasi dan manajemen sederhana Profesional pengembangan sumber daya

• •

c. Bagi pengajar :

Akses untuk memberikan pelatihan teknologi terhadap dunia industri yang telah terseftifikasi Kurikulum teknologi yang komprehensif

terbaru

• •

Kesempatan pengembangan profesional bagi semua staf dan pengajar

d. Bagi siswa/ mahasiswa : • • • Pengalaman yang terjamin Meningkatkan kemungkinan mendapatkan pekerjaan yang baik secara Internasional yang diakui Microsoft profesional Menerima kredit kuliah untuk mendapatkan sertifikasi

D. Solusi Kurikulum IT Akademik 1. Dengan Keanggotaan : • • • E-Learning Rencana Studi Literatur Digital

2. Tingkat Keuntungan yang lebih diminati : • Kurikulum akademik

Kurikulum Profesional

E. Kurikulum E-Learning unlimited untuk akses internet yang dapat diakses dari E-Learning Microsoft dan tersedia dalam 17 bahasa. a. Manfaat untuk pengajar :

Pengajar dapat menggunakan E-learning sebagai inti kurikulum atau tambahan untuk kurikulum yang sudah ada baik untuk kelas wajib dan kelas tambahan. Pengajar dapat mengelola beberapa E-learning untuk kelas tunggal dan mudah dalam menetapkan kegiatan dengan menggunakan fitur olahpesan di dalam group. Pengajar dapat mengakses laporan penggunaan untuk masing-masing siswa untuk memastikan kemajuan akademiknya.

b. Manfaat untuk siswa : • • E-learning memberikan berbagai praktikum bagi siswa melalui pengalaman belajar multimedia. Dapat digunakan sebagai pembelajaran pribadi di luar kelas wajib yang membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan cara masing-masing.

Materi yang diajarkan : Windows Office, Windows client, Windows Server, SQL Server, Visual Studio and Dynamics.
F. Kurikulum Rencana Studi

Merupakan tambahan pelajaran berdasarkan sertifikasi ujian dan menyertakan link yang relevan dari e-learning, demo, dan berbagai video. a. Manfaat untuk pengajar : • Menghemat waktu dalam penggunaan sistem pelajaran yang dipakai maupun menyesuaikan dengan pengajaran tertentu dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Suplemen e-learning dan jalan untuk mendapatkan sertifikasi.

Dapat digunakan untuk pembelajaran berbasis proyek kegiatan untuk pendidikan tinggi, universitas, dan SMA.

b. Manfaat untuk siswa : • Memungkinkan siswa untuk menggunakan pembelajaran berbasis proyek kegiatan untuk menunjukan dan mempraktekan keterampilan dalam Microsoft Technologies dan mempersiapkan diri untuk sertifikasi.

Materi yang diajarkan : pelajaran khusus pada Ms. Office 2010, Share Point, Windows 7, Windows Server 2008 dan Expression Web serta pemetaan kesiapan ujian kit (ERK) untuk Microsoft Technology Associate (MTA). G. Kurikulum E-Referensi Disediakan akses internet pada perangkat apapun dengan koneksi internet dan browser dan tersedia lebih dari 120 buku teknologi. Serta tersedia 5 pendidik atau staf dalam lembaga. a. Manfaat untuk pengajar : • • Pengajar dapat membuat halaman konten atau kegiatan sendiri yang dapat digunakan oleh siswa di dalam kelas. Bagi pengajar pengembangan profesional dapat melakukan pencarian, menambahkan buku ke konten pribadi, serta membuat catatan.

b. Manfaat untuk siswa : • Pengajar dapat mencetak referensi untuk siswa

Materi yang diberikan mengenai Office & Productivity Applications, Sistem Operasi, Database dan Reporting Tools, Web Applications dan Services, Hardware dan Gadgets, Home Networking dan Security, serta Entertainment dan Gaming. H. Kurikulum Literatur Digital Kurikulum Literatur digital menyediakan kemampuan komputasi untuk peserta didik baru. a. Manfaat untuk pengajar :

Literatur digital dapat digunakan sebagai perbaikan untuk siswa dan sebagai mengeksplorasi topik yang baru.

metode sarana

b. Manfaat untuk siswa : • Dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri untuk mendapatkan keterampilan komputer dan keamanan online.

Materi yang diberikan mengenai dasar-dasar komputer, internet dan World Wide Web, Productivity Program, Keamanan komputer dan privasi, serta digital lifestyle (meliputi media digital). I. Kurikulum Akademik (MOAC) MOAC menyediakan instruktur akademik untuk merencanakan, mempersiapkan, dan mengajarkan kelas mengenai Teknologi Microsoft dengan biaya tambahan. Kurikulum ini diajarkan selama 8, 10, 16, atau 18 minggu. a. Manfaat untuk pengajar : • MOAC digunakan sebagai kurikulum inti yang mencakup buku, manual laboratorium, sumber daya instruktur, pengaturan ide pengajaran, pembelajaran materi, tips mengajar, laboratorium online, sistem penilaian, Microsoft Office, persentasi slide PowerPoint. Seminar Wiley Faculty Network membantu mempersiapkan diri untuk mengajarkan teknologi terbaru saat ini.

b. Manfaat untuk siswa : • MOAC memberikan fasilitas buku, manual laboratorium, laboratorium online, dan ujian sertifikasi untuk judul-judul tertentu.

Materi yang diajarkan meliputi Ms. Office, Windows Client, Windows Server, SQL Server, Visual Studio, dan MTA. J. Kurikulum Profesional (MOC) MOC ditujukan untuk profesional TI dan pengembang yang menerapkan solusi Microsoft. MOC dirancang untuk program jangka pendek seperti seminar, lokakarya, dan dapat digunakan juga untuk setiap kelas dengan tambahan biaya. a. Manfaat untuk pengajar :

MOC tersedia dalam beberapa bentuk seperti kursus, lokakarya, dan seminar, ataupun kelas sebagai kurikulum inti. MOC menyediakan buku panduan, laboratorium panduan, instruktur panduan, dan laboratorium yang membantu siswa untuk mendapatkan praktek teknologi.

b. Manfaat untuk siswa : • Mendapatkan kesempatan untuk belajar dan pengalaman praktek teknologi Microsoft.

Materi yang diajarkan meliputi pemetaan untuk Microsoft Technology Specialist, TI profesional, dan ujian sertifikasi pengembangan profesional. K. Learning Content Development System (LCDS) LCDS merupakan perangkat gratis yang memungkinkan pengajar untuk dapat membuat program berkualitas tinggi, interaktif, dan bersifat online. Selain itu, LCDS juga memungkinkan setiap orang untuk mempublikasiskan kursus e-learning dan pembelajaran tambahan yang mudah dan lengkap dan sangat disesuaikan untuk kegiatan interaktif, kuis, game, penilaian, animasi, demo, dan multimedia lainnya. Hal-hal yang ditawarkan dalam LCDS, antara lain : a. Mengembangkan dan memberikan konten dengan cepat, tepat waktu, dan relevan. b. Tersedia konten web yang dapat digunakan dalam manajemen pembelajaran sistem. c. Terdapat konten e-learning berbasis interaktif d. Mengembangkan struktur mengaturnya setiap waktu. program dan mudah dalam

e. Program LCDS harus diinstal, dan dapat di download di

www.microsoft.com/learning/en/us/training/lcds.aspx
L. Academic Certification (dengan tambahan biaya) 1. Anggota IT Academy akan mendapatkan kesempatan voucher

harga akademis Sertifikasi MCP.

2. Anggota IT Academy akan menerima Microsoft Office gratis dan

masing-masing IT Academy membership akan mendapatkan 1 complimentary voucher MCT (Microsoft Certified Trainer). 3. Semua program kurikulum IT Academy menyediakan sertifikasi untuk setiap individu. Jenis-jenis sertifikasi tersebut, antara lain : Step Step Step Step Step 1: Digital Literacy Certificate - Beginner 2: Microsoft Office Specialist – Application Specialist 3: New Technologists – Technology Associate 4: Technology Specialist – Product Specialist 5: IT Pro or Professional Developer – Job role specific

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful