Penerjemah Kalimat Inggris-Indonesia Menggunakan SMS Gateway

BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan teknologi telah menjadi suatu wacana kehidupan di era informasi saat ini. Melalui teknologi manusia menginginkan cara-cara cepat, atau disebut shortcut dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan kehidupan. Salah satu kemajuan teknologi dalam menyelesaikan masalah komunikasi yang menyentuh hampir semua kalangan masyarakat, terutama di Indonesia, adalah teknologi mobile communication. Teknologi ini dapat diperoleh dengan mudah dan cepat sekali berkembang. Hal inilah yang mendasari diperlukannya suatu cara penyelesaian masalah secara cepat dan mudah tanpa terbebani cara yang rumit dan biaya yang cukup mahal. Perkembangan teknologi ini juga menuntut manusia untuk dapat bersaing secara global. Manusia dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai individu, terutama dengan individu dari negara asing yang seringkali kita sendiri tidak mengerti atau tidak lancar bahasanya. Untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan individu lain atau bahkan aplikasi penerjemah sehingga komunikasi dengan warga asing dapat tetap lancar. Namun untuk sekedar menyewa penerjemah atau membeli suatu device alat bantu penerjemah dibutuhkan biaya yang besar, padahal keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masingmasing. Sehingga dibutuhkan sebuah alternatif lain untuk menyelesaikan masalah ini. Melalui proyek akhir ini dibangun suatu cara alternatif untuk dapat berinteraksi dengan orang lain secara praktis dan portable. Penerjemah kalimat Inggris – Indonesia dengan sms gateway menggunakan PHP ini diharapkan dapat menjadi suatu jembatan bagi kita, warga Indonesia yang sebagian besar sulit memahami bahasa Inggris dengan mudah. Penerjemah ini menggunakan sebuah teknologi SMS Gateway dan server yang umum digunakan saat ini yaitu Hypertext Preprocessor (PHP), sehingga user dapat memberikan input-annya melalui sms pada nomor yang dituju dan system akan memberikan output-nya pada user melalui balasan secara langsung.

1

Penerjemah Kalimat Inggris-Indonesia Menggunakan SMS Gateway

1.2 PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan uraian latar belakang diatas, pada proyek akhir ini timbul beberapa masalah diantaranya adalah : 1. Membuat database kamus bahasa Inggris ke bahasa Indonesia sesuai dengan kamus standar dan baku yang beredar di Indonesia. 2. Membuat kode program yang dapat dikenali oleh sms gateway server dan database yang sesuai dengan tugas akhir yang dibuat. 3. Menemukan sms gateway server yang cocok untuk semua modem dan kode pemrograman nantinya. 4. Mengolah kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dimana banyak terdapat keterbatasan pengetahuan dan literature sesuai dengan keinginan user. 1.3 BATASAN MASALAH Batasan masalah dari permasalahan tersebut antara lain: 1. Aplikasi penerjemahan ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogaman Hypertext Preprocessor (PHP), dan sms gateway server menggunakan NowSMS/MMS Gateway 2008. 2. Literatur kamus menggunakan KAMUS INGGRIS INDONESIA sesuai cetakan ke XXIII bulan Desember 1996. Penyusunnya adalah John M. Echols dan Hassan Shadily, penerbit Gramedia. 3. Kalimat yang dikirimkan oleh user terbatas pada kalimat bahasa Inggris berbentuk simple present tense menggunakan SMS (Service short massage) ke nomer sms gateway server. 4. Jenis handphone yang dipergunakan ialah handphone yang memiliki dukungan terhadap SMS, 5. Penerjemahan hanya dilakukan searah yaitu dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. 6. Penerjemahan dilakukan pada kalimat yang nyata atau yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Maksudnya tidak ambigu dan bukan kata kiasan.

2

Penerjemah Kalimat Inggris-Indonesia Mengunakan SMS Gateway

1.4 TUJUAN PROYEK AKHIR Tujuan dari proyek akhir ini adalah menghasilkan suatu penerjemah kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dimana input adalah kalimat dalam bahasa Inggris dan output berupa kalimat dalam bahasa Indonesia, yang diharapkan nantinya dapat: 1. Meningkatkan kualitas manusia Indonesia dengan membantu membuat suatu solusi penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia melalui sms gateway dengan cara yang cepat dan mudah, 2. Membantu user dalam memahami arti kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. 1.5 SISTEMATIKA PEMBAHASAN Pembahasan proyek akhir ini terbagi dalam 5 bab dengan sistematika pembahasan sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, metodologi serta sistematika pembahasan. DASAR TEORI Berisi beberapa teori yang menunjang penyusunan proyek akhir ini.

BAB II

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK Membahas tentang perancangan umum maupun uraian lebih lanjut mengenai perancangan sistem dalam pembuatan perangkat lunak. BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA Menjelaskan mengenai pengujian sistem yang telah dibuat. BAB V PENUTUP Berisi simpulan yang telah didapatkan dari hasil uji coba sistem dan saran-saran untuk pengembangan dan penyempurnaan sistem.

3

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful