| VOL.

2 | EDISI 2 | 2008
ISSN 1978-0702

53

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

Redaksi Lintas Ruang menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian, hasil perancangan, dan artikel ulasan (feature) yang terkait dengan bidang desain interior baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Format isi naskah: Pada halaman judul (halaman pertama) dicantumkan judul naskah dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang terdiri dari maksimal 12 kata dan dilengkapi dengan ringkasan judul (judul dalam bentuk ringkas) yang tidak lebih dari 40 karakter. Nama-nama Penulis ditulis lengkap di bawah judul disertai dengan catatan kaki yang berisi tentang profesi, instansi tempat penulis bekerja, dan alamat jelas untuk korespondensi (dilengkapi dengan telepon, faksimili, dan e-mail). Halaman-halaman naskah berikutnya sebaiknya terbagi atas Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, serta diikuti Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan) dan Daftar Pustaka. Abstrak berisi intisari tulisan secara keseluruhan, yang meliputi: latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan simpulan. Abstrak disusun cukup 1 paragraf saja dalam bahasa Inggris dengan jumlah kata 200-250 kata dan di bagian bawahnya dilengkapi dengan keywords yang berisi 3-5 kata kunci. Pendahuluan secara implisit maupun eksplisit memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan hipotesis (jika ada). Bahan dan Metode berisi penjelasan tentang bahan dan alat yang digunakan, waktu, tempat, teknik, dan desain penelitian. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan penelitian ulangan.

Hasil penelitian harus disampaikan dengan jelas, bila perlu dengan tabel, gambar, foto, grafik, diagram, dan sebagainya. Seluruh ilustrasi tersebut harus diberi nomor yang berurutan dan dilengkapi dengan judul ilustrasi. Pembahasan berisi tentang uraian bagaimana hasil penelitian tersebut dapat menjawab permasalahan yang telah disampaikan pada pendahuluan. Simpulan dan saran diletakkan pada bagian akhir pembahasan. Ucapan Terima Kasih yang ditujukan kepada pihak-pihak yang telah membantu penelitian diletakkan pada bagian akhir naskah sebelum daftar pustaka. Daftar Pustaka ditulis dengan sistem nama-tahun dan disusun menurut abjad. Beberapa contoh penulisan sumber acuan sebagai berikut: Buku Allen,P.S. & Stimpson,M.E. 1994. Beginnings of Interior Environment. NEW JERSEY: Macmillan College Publishing Company, Inc. Jurnal Larson,J.R., & Callahan,C. 1990. Performance Monitoring: How It Affects Work Productivity. Journal of Applied Psychology, 75, 530-538. Skripsi/Tesis/Disertasi Irawan. 2000. Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Daerah I s t i m e w a Yo g y a k a r t a ( Te s i s ) . Yo gyakarta: Program Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia.

54

| VOL.2 | EDISI 2 | 2008
ISSN 1978-0702

Internet Prasetya,R.D. 2005. The Influence of Harmonious and Disharmonious Color Composition at Work Place toward W o r k S t r e s s . http://psdi.isi.ac.id/journal/p55.html. 12 Mei 2005. Makalah Seminar Adiwoso,N. 2005. Color Forecast 2004-2005. Yogyakarta: Makalah dipresentasikan pada Seminar Design and Color Trend 2005. Pebruari 2005. Semua kutipan dalam naskah sebaiknya berasal dari sumber utama dan ditulis dalam bentuk catatan perut (terdiri dari nama, tahun, halaman), bukan catatan kaki (footnote), misalnya Gilliat (2001:50) menyebut unsur-unsur ruang itu, dinding, lantai, dan jendela, sebagai major areas of color. atau Major areas of color adalah unsurunsur ruang, yang terdiri dari dinding, lantai, dan jendela (Gilliat, 2001:50). . Format teknis naskah: Naskah diketik dengan komputer dan disimpan dalam format .doc; tipe font Times New Roman; spasi rangkap (double); jumlah halaman 15-20 lembar kwarto/A4 (210x297mm) dengan margin kiri-ataskanan-bawah: 4-4-3-3 (cm). Gambar, tabel, foto, atau ilustrasi disimpan dengan format .jpeg dan disertakan dalam folder file yang terpisah dari file.doc.nya. Gambar, tabel, foto, atau ilustrasi harus dilengkapi dengan keterangan (caption) yang jelas dan keterangan posisi perletakan yang jelas pula. Naskah yang diserahkan berupa softcopy dalam bentuk CD yang disertai dengan hardcopy dalam bentuk print-out rangkap 4(empat). Naskah dapat diedit oleh redaksi tanpa mengubah isi untuk disesuaikan dengan format penulisan yang telah ditetapkan oleh Jurnal Lintas Ruang. Naskah yang diserahkan adalah naskah yang belum pernah dipublikasikan yang dinyatakan dalam surat pernyataan belum

pernah dipublikasikan yang ditanda tangani penulis dan dilampirkan dalam bendel naskah. Naskah yang telah diterima Redaksi beserta ilustrasi yang menyertainya menjadi milik sah penerbit serta tidak dibenarkan untuk diterbitkan dimanapun, baik secara keseluruhan maupun sebagian, dalam bentuk cetakan maupun elektronika, tanpa ijin tertulis dari penerbit. Semua hal yang terdapat dalam tiap naskah merupakan tanggung jawab penulis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful