8.

Memperkirakan kepentingan relatif dari kekuatan sentrifugal dan gravitasi untuk gerakan partikel di dekat permukaan bumi (atau untuk gerakan di atmosfer dan di lautan) pada λ lintang. Solusi: Kepentingan relatif dari kekuatan sentrifugal dan gravitasi dapat diukur dengan rasio η dari sentrifugal dan gravitasi Newton potensial. Dalam urutan besarnya, dengan menjaga hanya dominan monopole panjang dalam potensial gravitasi, kita memperoleh

,
dimana dan M adalah kecepatan sudut rotasi dan massa Bumi, masing-masing, dan G adalah Newton konstan. Numerik,

Gaya sentrifugal di khatulistiwa, di mana maksimum, hampir diabaikan dibandingkan dengan gaya gravitasi. Namun, kekuatan sentifugal tidak satu-satunya efek rotasi: gaya Coriolis, meskipun kecil, adalah penting untuk objek dengan waktu penerbangan yang lama, dan untuk arus laut dan angin atmosfer, karena terakumulasi selama waktu penerbangan yang lama. 9. Yang geopotential total (termasuk gravitasi dan potensi sentrifugal) dalam koordinat bola dekat permukaan bumi adalah ⃗ ,

di mana M adalah massa Bumi, A dan C adalah momen inersia sehubungan dengan dan sumbu -, λ adalah lintang geograpic, dan adalah kecepatan sudut. Mendatarkan Bumi

,
dimana dan adalah ekuatorial (λ = 0) dan kutub (λ = π/2) jari-jari, masingmasing. Menemukan ekspresi perkiraan untuk mendatarkan sebagai fungsi dari M, A, C, , dan dengan menggunakan fakta bahwa . Solusi: (permukaan ekipotensial U) geoid melewati khatulistiwa dan kutub mendefinisikan permukaan bumi dan memenuhi

di khatulistiwa dan

di kutub, di mana adalah konstan di atas permukaan Bumi. oleh menyamakan ruas kanan dan menggantikannya dengan nilai , kita memperoleh:

Tides di bumi karena Bulan. di mana R adalah radius Bumi. percepatan gravitasi karena bulan memiliki besar .Gambar 2. Pasang terestrial adalah karena aksi dari Bulan dan Matahari. Solusi 1 (tingkat A) Pada titik 1. untuk urutan pertama dalam * dan: + dan karena . adalah massa Bulan.1) 1) pada garis yang menghubungkan Bumi dan Bulan pusat. 2) di antipodes dari titik pertama. menghitung perbedaan "X" dalam besarnya percepatan gravitasi karena bulan antara dua titik. yang paling dekat ke Bulan. masing-masing (Gambar 2.1. mempertimbangkan dua poin dari permukaan bumi terletak. dan d adalah jarak Bumi-Bulan . kita memperoleh ekspresi merata bumi 10. dekat ke Bulan. mengabaikan efek dari Matahari. dengan .

) di penyebut telah didekati dengan persatuan karena Solusi 2 (tingkat B) Percepatan gravitasi Bulan karena pada suatu titik di kejauhan r dari pusat adalah . kita memperoleh dan 11. dan dengan kuantitas yang sama karena Matahari. dengan titik 1 yang paling dekat ke Bulan. Hitunglah rasio . Tides adalah karena diferensial percepatan pada titik yang berbeda. yaitu. Asumsikan untuk kesederhanaan bahwa Bulan. dan mempertimbangkan dua poin 1 dan 2 pada baris ini. kami telah . Solusi Dari masalah sebelumnya. Percepatan diferensial karena Bulan di titik berbeda laut bertanggung jawab untuk pasang surut di Bumi. Pada titik antipodal percepatan gravitasi 2 karena memiliki besar perbedaan akselerasi ( di mana ekspresi . Matahari. ( ) ( ) . adalah massa Bulan dan Matahari. yang terjauh dari Bulan. dinotasikan dengan percepatan diferensial karena Bulan antara dua poin. masing-masing. mana Rasio dan . dengan gradien percepatan ( ) pada titik 2 di permukaan bumi. Massa Bulan kg. dan rata-rata Bumi-Jarak bulan adalah m.mengukur dari pusat Bumi ke pusat Bulan. dan Bumi adalah selaras. The Sun juga memberikan kontribusi untuk pasang terestrial. massa matahari adalah kg. jarak rata-rata Bumi-Matahari adalah m.

Dengan mengintegrasikan lebih dari belahan bumi yang diterangi oleh Matahari. maka daya total yang diterima dari Matahari adalah (1 . 12. maka total daya terpancar oleh Bumi 4πR2σ .  Turunkan persamaan sederhana yang menggambarkan keseimbangan energi untuk Bumi di ruang angkasa. di mana σ adalah konstanta Stefan-Boltzmann dan T adalah temperatur Kelvin. dimana Ts adalah suhu permukaan. kekuatan ini sama dengan kekuatan radiasi ke ruang angkasa oleh Bumi sebagai radiasi blackbody. masalah sebelumnya). salah satu daerah yang normal memperoleh jumlah ∫ [ ∫ ] .5 ini Albedo rata-rata bumi adalah a = 0. pada keseimbangan itu harus . dengan asumsi bahwa semua sinar sejajar satu sama lain. para listrik dipancarkan oleh hitam per unit luas permukaan diberikan oleh Stefan-Boltzmann σT4 hukum. ini arti geometris dari hasil ini adalah bahwa daerah yang normal disajikan oleh Bumi untuk sinar yang datang dari Matahari bertepatan dengan daerah penampang khatulistiwa. Sebuah elemen daerah dengan ⃗⃗ normal satuan pada permukaan bumi hadiah untuk surya sinar area yang normal ⃗⃗⃗⃗⃗ ⃗⃗ mana ez adalah vektor satuan dalam arah sumbu z dan R adalah jari-jari Bumi. Mengabaikan keberadaan atmosfer dan pemanasan karena peluruhan unsur-unsur radioaktif di dalam Earth.Efek dari percepatan gravitasi Bulan di terestrial pasang adalah sekitar dua kali lipat karena Matahari. Sebuah pecahan satu dari kekuatan (albedo) dipantulkan kembali ke angkasa. Berapa fraksi luas permukaan planet ini? Interpretasikan hasil Anda geometris.2). .34. Pada kesetimbangan. solusi Kekuatan mencapai Bumi dalam bentuk elektromagnetik radiasi dari Matahari adalah S konstan surya (dalam W/m2) kali yang efektif luas penampang disajikan kepada. φ) untuk menggambarkan posisi di Bumi permukaan. lingkaran jari-jari R. Solusi Ambil arah propagasi dari sinar matahari sebagai sumbu z dan menggunakan koordinat polar (θ. Bandingkan hasil Anda dengan yang diukur nilai-nilai rata-rata suhu permukaan Ts = 288 K dan suhu rata-rata atmosfer Ta = 255 K. ∫ Jadi.a) πR2S. dianggap bola (Gambar 2. Hitung daerah yang menyajikan Bumi tegak lurus terhadap sinar yang datang dari Matahari. Sun πR2 dimana R adalah Jari-jari bumi (lih. adalah salah satu seperempat dari total luas planet.

daya yang dipancarkan sebagai hitam adalah 4πR2σT4. dan solusi T (t) adalah dipaksa untuk mengurangi monoton dan pendekatan asimtotik yang lebih rendah T* terikat. jika T < T* awalnya.dan suhu permukaan bumi adalah [ ] [ ] .Ini yang stabil solusi: pada kenyataannya. Asumsikan bahwa bumi menerima energi dari Matahari dan memancarkan ke ruang angkasa bukanlah sebuah sistem dalam kesetimbangan. Dengan asumsi bahwa Albedo tidak berubah dengan waktu. . Jumlah ini dekat dengan nilai rata diukur 255 K dari atmosfer suhu.a) πR2S. Sebuah pecahan (albedo) kekuasaan ini dipantulkan kembali ke angkasa. dan daya total yang diterima oleh bumi adalah (1 . asumsikan bahwa Albedo tidak bervariasi dengan T. Untuk mempermudah. kemudian dT / dt> 0 dan solusi T (t) pendekatan batas atas yang T* asimtotik tanpa persimpangan ita € "kita menyimpulkan bahwa solusi T = T* stabil dan merupakan atraktor dalam ruang fase. menurunkan sebuah persamaan yang menjelaskan keseimbangan energi. di mana C adalah kapasitas panas dari planet ini. Perbedaan ini disebabkan adanya suasana dan efek rumah kaca. Menurut dengan hukum Stefan-Boltzmann. . Demikian pula. Solusi Kekuatan mencapai bumi dari matahari adalah produk dari surya konstan S dan dari πR2 luas penampang disajikan kepada surya sinar. 13. dan bahwa permukaan suhu diperbolehkan untuk berubah dengan waktu. ini dapat ditulis sebagai persamaan diferensial nonlinear biasa . para panas yang diserap oleh bumi selama dT perubahan suhu adalah CdT. di mana T adalah temperatur permukaan bumi. 6 orang menemukan oleh pemeriksaan solusi ekuilibrium mapan . dan mempelajarinya secara kualitatif. tetapi berbeda dari suhu permukaan rata-rata dari 288 K. suhu akan selalu lebih besar dari T*. Keseimbangan panas bagi planet ini karena itu . Mengabaikan kehadiran dari atmosfer. jika kurva yang mewakili solusi T (t) akan menyeberangi garis yang mewakili solusi yang tepat T = T*. yang dilarang oleh teorema keunikan untuk solusi of ODEs. Kemudian. mana [ ] . jika awalnya.

dengan menggunakan tabel integral [21]. . | Ini menyederhanakan asumsi sangat tidak realistis-Albedo akan berubah dengan suhu T. solusi implisit | ditemukan. dapat ditulis sebagai . dan.Persamaan diferensial nonlinear dapat diintegrasikan secara implisit: dengan menggunakan variabel . yang merupakan fungsi dari waktu. dari mana ia berikut bahwa ∫ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful