1.

Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur perangkat/peralatan yang menjadi persyaratan

utama dalam membentuk system telekomunikasi telepon, baik system telepon PLMN maupun system telepon PSTN maupun system telepon PABX khususnya voice?
2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam peralatan terminal pelanggan yang diperlukan

dalam membentuk system komunikasi sesuai jenis aplikasi system komunikasi telepon, baik untuk komunikasi data, komunikasi voice, maupun video?
3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam jaringan akses local dan jaringan transport

dalam system komunikasi telepon, termasuk titik konversi sinyal pada tingkat terminal akses, tingkat transmisi akses dan tingkat jaringan transport?
4. Apakah yang saudara ketahui tentang teknik transmisi, dimanakah hal tersebut

dipakai dalam system komunikasi telepon, dan jelaskan teknik transmisi yang banyak digunakan dalam komunikasi telepon, untuk PLMN dan PSTN?
5. Sebutkan teknik transmisi yang dipakai dalam jaringan local berbagai akses (akses

tembaga, akses radio maupun akses fiber optic.
6. Jelaskan perbedaan antara system ISDN dengan system komunikasi ADSL dalam

aplikasinya sebagai media akses internet dan voice?
7. Jelaskan alasan mengapa system switching dalam PSTN dibuat bertingkat, mulai TC,

SC, PC dan LE?
8. Sebutkan jumlah sentral tertinggi dalam wilayah domestic yang saudara ketahui,

bagaiamana cara mengetahui jenis tingkatan sentral tersebut.
9. Jelaskan perbedaan antara sentral analog dan sentral digital, dilihat dari apabila dalam

melayani permintaan berbagai jenis system komunikasi telepon.
10. Dalam sentral analaog ada yang menggunakan system mikroprosesor sebagai salah

satu system pengontrolnya, jelaskan bagaiamana terjadinya perubahan sinyal-sinyal analog yang diperlukan dalam system pengontrol yang bersinyal tinggi.

peralatan switching : LE (Local Exchange). perangkat radio link. antenna sektoral dan antenna radiolink. TC (Tertiary Center). Unsur-unsur perangkat dan perlatan pada system telekomunikasi PSTN : • • • Terminal Sentral (Switching) = Menghubungkan dua diantara pemakai yang ingin berhubungan Transmisi/saluran/Jaringan aksess . SC (Secondary Center). TRAU (Transmision Rate Adaptation Unit). tower untuk pemasangan antenna radiolink dan antenna sektoral dan peralatan catu daya. MSC merupakan sebuah network element sentral dalam sebuah jaringan GSM PABX : . PC (Primary Center). TRAU memiliki fungsi utama yaitu transcoding dan adaptasi kecepatan BSC perangkat yang mengontrol kerja BTS-BTS yang berada di bawahnya dan sebagai penghubung BTS dan MSC.Jawaban: 1. antar muka BSC dengan MSC. SGI (Sentral Gerbang Internasional) PLMN : Hubungan Pelanggan dengan pusat layanan sel dilakukan dengan media: Transmisi gelombang radio point to multipoint Pusat layanan sel (BTS) terdiri atas : perangkat radio antenna sektoral.

5. menghitung biaya percakapan. Diawali dari FDM(frequency devission multiplexing) kemudian TDM(time devission Multiplexing) dengan PDH(plesiochonous digital hierarchy yang terdiri dari PCM 30 dan PCM 24. pembangkit dan penerima sinyal-sinyal signaling yang diterima dan dikirim lewat media jaringan akses system komunikasi telepon. Jaringan Lokal Akses merupakan jaringan yang berfungsi menghubungkan peralatan pelanggan dengan switching. kemudian SDH(Synchronous . Jaringan Transport adalah jaringan yang berfungsimenghubungkan antar peralatan switching. bintang danbertingkat. Karena menangani banyak pelanggan maka jaringan transport ada tiga konfigurasi jaringan yaitu bentuk jala. Media yang digunakan adalah fiber optic dan gelombang radio. Teknik Transmisi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengolah sinyal yang akan dikrimkan pada media transmisi.interdace pelanggan analog dan digital. Data dan Video Modem ADSL sebagai interface komputer ke jaringan kabel tembaga. Jika berupa tulisan atau gambar maka menggunakan faksimil. SONET(synchronous Optical Network. mengukur dan mencatat data trafik.Sentral yang digunakan sebagai pusat penyambungan sistem komunikasi telepon area tertutup. sedangkan jika menggunakan fiber optic maka satu core berisi banyak kanal. 2. Line in Incoming trunk Outgoing trunk Peralatan terminal pelanggan untuk : Voice Pesawat Telepon (Desk Phone) : mengubah suara menjadi sinyal listrik. Media transmisi untuk PLMN menggunakan transmisi gelombang radio point to multipoint Media transmisi untuk PSTN menggunakan konsentrator. pembangkit sinyal. Splitter untuk memisahkan data voice dan data internet Komputer 3. Teknik trnansmisi yang paling banyak dipakai dalam bidang transmisi diawali dari FDM kemudian TDM. 4. jaringan local akses tembaga tiap kanal disedikan satu pair.

ISDN dapat melayani aplikasi suara maupun non suara seperti data. 7. interkoneksi dengan sistem telepon lain dilakukan melalui jaringan lokal nakses dengan satu atau beberapa nomor subscriber sebagai lin in PABX. dan video pada satu jaringan yang sama. sedangkan pada ADSL harus menambah splitter yang berfungsi memisahkan voice dan data internet. Di sisi multiplexing sinyal digital satu arah di kembalikan menjadi sinyal analog dengan ADC. Karena untuk melayani jumlah pelanggan yang banyak maka digunakan system pembagian wilayah pada lokasi yang tetap. 10. Sinyal keluaran hybrid 2 ke 4 kawat dimasukkan ke perangkat PCM yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dengan bitrate 64 Kbps. untuk komunikasi data dipakai metode ATM(asynchronous transfer mode) 6. Ada 4 sentral di wilayah domestic.digital hierarchy.. Sentral Digital : dilengkapi dengan CAS maupun CCS(SS7. 8. . teks. kanal-kanal yang berada pada outgoing trunk berupa sinyal analog dua arah. 9. Sentral analog : kapasitas kecil sampai menengah. sehingga dalam proses sinyal transmisi tersebut dipisahkan antar arah kirim dan arah terimadengan rangkaian hybrid 2 ke 4 kawat. Kecepatan pada IDSL adalah 144Kbps sedangkan ADSL hanya 64Kbps . a global standard for telecommunications defined by the International Telecommunication Union (ITU)  ITU-T) sehingga memungkinkan interkoneksi dengan sistem telepon lain dengan E1 atau lebih besar. kemudian masuk ke perangkat multiplexing. PC untuk menghubungkan beberapa kota. SC untuk menghubunkan komunikasi dari bebrapa propinsi dan TC untuk menghubungkan komunikasi antar pulau. citra. LE untuk menghubungkan beberapa daerah dalam suatu kota.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful