Makalah Korosi Naek Nainggolan 117026015

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Tuhan Allah Bapa Yang Maha Kuasa karena atas petunjuk dan perlindungannya, makalah yang berjudul “Korosi” dapat terselesaikan dengan baik. Sebagai mahasiswa program pascasarjana bidang material, pengetahuan terhadap korosi sangatlah penting dalam perancangan dan pembuatan alat dan mesin berbahan logam serta fasilitas penunjang lainnya yang menggunakan bahan dasar logam. Dengan disertai pengetahuan tersebut, diharapkan lulusan FMIPA Prodi Pascasarjana Fisika USU dapat melakukan setiap pekerjaan sesuai dengan tuntutan profesinya. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan orang tua saya dan pihak lain yang telah memperlancar penyusunan makalah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah Metalografi Kuantitatif yang diajarkan oleh Bapak Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa program pascasarjana fisika bidang material pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Penulis

1

C.Daftar Isi Kata pengantar Daftar isi A. E. D. B. Daftar Pustaka 1 2 Pengertian Korosi Jenis-jenis Korosi Dampak Negatif Korosi Penanganan Korosi dari Segi Fisika Kesimpulan 10 3 5 7 8 9 2 .

Reaksi anodic (oksidasi) yaitu: M  Mn+ + ne– Proses korosi dari logam M adalah proses oksidasi logam menjadi suatu ion (n +) dalam pelepasan n elektron. Korosi merupakan proses degradasi sifat material disebabkan reaksi dengan lingkungannya. Reaksi anodic yang terjadi pada proses korosi logam diindikasikan melalui penurunan nilai valensi atau konsumsi elektronelektron yang dihasilkan dari reaksia anodic. Korosi adalah suatu reaksi redoks antara logam dengan berbagai zat yang ada dilingkungannya. Beberapa jenis reaksi katodik yang terjadi selama proses korosi logam. Reaksi katodik diindikasikan melalui peningkatan valensi/produk elektronelektron. Mekanisme korosi tidak terlepas dari reaksi elektrokimia. Reaksi elektrokimia melibatkan perpindahan electro-elektron yang merupakan hasil redoks (reduksi oksidasi). Mekanisme korosi melalui reaksi elektrokimia melibatkan reaksi anodic di daerah anodic. Korosi sebagai suatu reaksi elektrokimia yang memberikan konstribusi kerusakan fisik suatu material secara signifikan sehingga perlu diperhatikan untuk mencegah dan memanimalisasi kerugian yang timbul akibat efek korosi. Pengertian Korosi Korosi berasal dari bahasa latin “Corrodere” yang artinya perusakan logam atau berkarat akibat lingkungannya. yaitu: Pelepasan gas hidrogen : 2H+ + 2e–  H2 3 . Harga dari n bergantung dari sifat logam seperti contoh berikut: Fe  Fe2+ + 2 e– Reaksi katodik juga berlangsung diproses korosi.A. Dalam kehidupan sehari-hari korosi kita dengan istilah perkaratan. Reaksi katodik terletak di daerah katoda. sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki.

Reduksi oksigen : O2 + 4H– + 4e–  H2O O2 + H2O4  4OH Reduksi ion logam : Pengendapan logam : Fe3– + e–  Fe2+ 3Na+ + 3e–  3Na Reduksi ion hidrogen : O2 + 4H+ + 4e–  2H2O O2 + 2H2O + 4e–  OH– Di dalam air reaksi antara ion besi yang sangat tidak stabil dengan ion hidroksil yang bermuatan negatif menjadi garam ferro-hidroksida yang tidak larut. Proses terjadinya karat juga dapat digambarkan melalui reaksi kimia. Fe  Fe2+ + 2e– (Reaksi oksidasi) pada katoda H2O + ½O2 + 2e–  2OH– Reaksi total : Fe + ½O2 + H2O  Fe2+ + 2OH 4 (Reaksi reduksi) . reaksi-reaksi elektrokimiawi terjadi dalam lingkungan netral pada anode. Fe2+ + 2OH–  Fe(OH)2 Akibat adanya ion Cl– maka terjadi reaksi: Fe2+ + 2Cl–  FeCl2 FeCl2 + H2O + OH–  Fe(OH)2 + H+ + 2Cl– Reaksi pembentukan karat yang terjadi: 4Fe + 6H2O + 3O2  4Fe(OH)3 dan 2Fe(OH)3  Fe2O3 + 3H2O Selanjutnya : 2Fe(OH)2 + Fe+ + 2H2O  Fe3O4 + 6H + Fe2O3 merupakan karat yang berwarna merah dan Fe3O4 merupakan karat yang berwarna hitam.

yaitu lingkungan yang menyebabkan terjadinya korosi. 2. bentuk kristal. keberadaan zat-zat kimia yang bersifat korosif (yang dapat menyebabkan korosi) terdiri atas asam. yaitu sebagai berikut: a. 5 . Korosi sumuran (pitting corrosion) Adalah korosi lokal yang secara secara selektif menyerang bagian permukaan logam yang selaput pelindungnya tergores atau retak akibat perlakuan mekanik atau mempunyai tonjolan akibat dislokasi atau mempunyai komposisi heterogen dengan adanya inklusi. Jenis-jenis Korosi 1. segregasi dan presipitasi. teknik pencampuran bahan dan lain sebagainya b. serta garam baik dalam bentuk senyawa anorganik maupun organik. suhu kelembaban. Faktor bahan meliputi yaitu kemurnian bahan.Fe2+ + 4OH–  2Fe(OH)2 2Fe(OH) + ½O2  2FeO(OH)H2O  (2H2O + Fe3O4). Faktor internal. B. Sebagai contoh: korosi yang terjadi pada tiang-tiang penyangga pada penambangan lepas pantai. Faktor dari lingkungan meliputi tingkat pencemaran udara. unsur-unsur yang ada dalam bahan. Korosi merata (general) Merupakan korosi yang terjadi pada suatu logam secara menyeluruh. Faktor eksternal. KARAT. Faktor yang berpengaruh terhadap korosi dapat dibedakan menjadi dua hal. basa. struktur bahan. yaitu dari struktur bahan dari itu sendiri yang menyebabkan terjadinya korosi.

4. 6 . Korosi celah (crevice corrosion) Adalah korosi yang terjadi karena sebagian permukaan logam terhalang dari lingkungan dibanding bagian lain logam yang menghadapi elektrolit dalam volume yang besar. Korosi arus liar (stray-current corrosion) Adalah korosi yang disebabkan oleh adanya arus konvensional yang mengalir dalam arah berlawanan dengan aliran elektron.3. besarnya dipengaruhi oleh besar kecilnya arus dari luar.

proses elektrokimia dan oleh efek-efek mekanik seperti abrasi dan gesekan. Korosi ini biasanya disebabkan karena terjadinya proses. Korosi batas butir Adalah korosi yang disebabkan oleh ketidaksesuaian struktur kristal pada batas butir yang memiliki kedudukan atom-atom secara termodinamika yang kurang mantap dibandingkan atom-atom pada kedudukan kisi sempurna. 7. 10. Korosi erosi Adalah korosi yang disebabkan akibat gerak relatif antara elektrolit dan permukaan logam. 8. endapan tersebut berasal dari bahan-bahan asing yang terdapat dalam struktur logam. Faktor-faktor tersebut yaitu temperatur.5. Korosi logam tak sejenis (galvanik) Adalah korosi yang disebabkan adanya dua logam tak sejenis (dissimilar metals) yang bergandengan (coupled) membentuk sebuah sel korosi basah sederhana. 7 . komposisi gas. 6. Korosi intergranuler Korosi ini terjadi bila daerah batas butir terserang akibat adanya endapan di dalamnya. Korosi pelepasan atau bobolan (breakaway corrosion) Adalah korosi yang disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak nampak secara bersamaan. Korosi tegangan (stress corrosion) Logam yang mengalami beban dinamis yang berulang-ulang lama kelamaan akan patah. patahnya logam ini dapat dipercepat bila terdapatnya korosi pada logam tersebut. Bahan-bahan tersebut yaitu logam antara dan senyawa. 9.

Karena korosi ini maka sifat elektrik komponen-komponen elektronika dalam komputer. Selain pada perkakas logam ukuran besar. 8 . Bangunan-bangunan maupun peralatan elektronik yang memakai komponen logam seperti seng. bahkan hancur karena korosi. video. Seng untuk atap dapat bocor karena termakan korosi. dalam lingkungan dengan tingkat pencemaran tinggi. tembaga. Korosi yang menyerang piranti maupun komponen-komponen elektronika dapat mengakibatan kerusakan bahkan kecelakaan. Korosi dapat menyebabkan terbentuknya lapisan non-konduktor pada komponen elektronik. komposisi logam. televisi. hubungan pendek yang terjadi pada peralatan elektronik dapat menyebabkan terjadinya kebakaran yang menimbulkan kerugian bukan hanya dalam bentuk kehilangan atau kerusakan materi.pengotor lain yang terdapat di udara dan bahan bakar. Jembatan dari baja maupun badan mobil dapat menjadi rapuh karena peristiwa alamiah yang disebut korosi. tetapi juga korban nyawa. C. aneka barang mulai dari komponen elektronika renik sampai jembatan baja semakin mudah rusak. jam digital dan sebagainya menjadi rusak. Oleh sebab itu. Dampak Negatif Korosi Suatu proses korosi dapat menyebabkan timbulnya degradasi atau penurunan mutu suatu logam. Demikian juga besi untuk pagar tidak dapat terbebas dari masalah korosi. bentuk komponen dan finishing permukaan.tekanan gas. kalkulator. Korosi panas (hot corrosion) Korosi panas yang terjadi pada turbin gas disebabkan oleh kombinasi antara oksidasi dan reaksi-reaksi dengan belerang. Korosi yang terjadi pada logam dapat mengurangi sifat mekanik dari logam tersebut. vanadium dan pengotor. 11. natrium. Dalam beberapa kasus. korosi ternyata juga mampu menyerang logam pada komponen-komponen renik peralatan elektronik. besi-baja dan sebagainya semuanya dapat terserang oleh korosi.

konstruksi dan sebagainya. penyusutan dan efisiensi pemakaian suatu bahan maupun peralatan dalam kegiatan industri.mulai dari jam digital hingga komputer. Korosi juga menjadi masalah ekonomi karena menyangkut umur. umumnya jatuh pada nilai yang berkisar antara 1. Banyak negara telah berusaha menghitung biaya korosi nasional dengan cara yang berbeda-beda. tetapi juga biaya tidak langsung seperti terganggunya proses produksi dalam industri serta kelancaran transportasi yang umumnya lebih besar dibandingkan biaya langsung. Penanganan Korosi dari Segi Fisika Pelapisan dengan metode Hot Dip Galvanizing akan melindungi struktur baja dari korosi dalam jangka waktu yang cukup lama.5 persen dari GNP. D. Mekanisme umum perlindungan lapisan seng terhadap laju korosi pada baja yaitu: 1. kendaraan bermotor. Para praktisi saat ini cenderung sepakat untuk menetapkan biaya korosi sekitar 3. Kerugian yang dapat ditimbulkan oleh korosi tidak hanya biaya langsung seperti pergantian peralatan industri.5 – 5. mesin-mesin industri serta peralatan elektronik lainnya agar umur konstruksinya dapat bertahan lebih lama. perawatan jembatan. Selain merupakan masalah ilmu permukaan yang merupakan kajian dan perlu ditangani secara fisika. hal ini karena gas dan kelembaban di sekitar bagian bawah permukaan seng akan menghasilkan sebuah lapisan pelindung yang berasal dari zinc oxide dan hydroxide. serta peralatan-peralatan canggih lainnya yang digunakan dalam berbagai aktivitas umat manusia. Milyaran Dolas AS telah dibelanjakan setiap tahunnya untuk merawat jembatan. peralatan perkantoran. Proteksi katodik 9 . baik dalam kegiatan industri maupun di dalam rumah tangga. korosi juga menyangkut kinetika reaksi yang menjadi wilayah kajian para ahli kimia.0 persen dari GNP.

Proteksi anodik merupakan perlindungan terhadap korosi pada logam yang disebabkan karena adanya lapisan pelindung pada permukaan sehingga korosi yang seharusnya terjadi pada baja terhalangi karena adanya lapisan tersebut. hal ini akan memberikan cukup waktu untuk melakukan pelapisan kembali pada baja tersebut. yaitu: a) Anoda dan Katoda 10 . E. perlindungan ini disebut juga perlindungan pengorbanan (sacrificial protection). Perlindungan ini sangat dipengaruhi oleh tebal lapisan yang menyelubungi permukaan baja. Kesimpulan Dari uraian di atas dapat disimpulkan proses korosi di lingkungan basah dapat terjadi bila tiga syarat terpenuhi.Metode anoda tumbal (sacrificial anode method) Proteksi katodik merupakan perlindungan yang timbul karena adanya perbedaan potensial elektrokimia antara baja dengan seng sehingga apabila terjadi proses oksidasi maka lapisan seng terlebih dahulu teroksidasi. antara lain sebagai berikut: a) Ada katoda dimana reaksi katodic terjadi b) Ada lingkungan yang bersifat elektrolit c) Ada anode dimana reaksi anodic terjadi Adapun kriteria terjadinya peristiwa korosif disebabkan juga karena peristiwa elektrikal. sehingga akan menyebabkan terbentuknya suatu selaput pasif yang menjadi pelindung terhadap korosi. 2. Selaput ini akan dapat memberikan perlindungan apabila menempel dengan kuat dan cukup tahan terhadap kerusakan mekanik. Baja baru akan terkorosi setelah semua lapisan seng yang melindunginya terkorosi. Proteksi anodik Prinsip proteksi secara anodik yaitu pemberian potensial pada baja sehingga logam itu terpolarisasi anodik dari potensial korosi bebasnya.

Di negaranegara maju sekalipun. 11 .b) Berada dalam media yang sama c) Hubungan listrik antara anoda dan katoda d) Adanya O2 Korosi merupakan masalah teknis dan ilmiah yang serius. masalah ini secara ilmiah belum tuntas terjawab hingga saat ini.

Anonim.files.wordpress.com/exact-sciences/physics/2289008-pengertian-dan-jenis-jeniskorosi/]] diunduh pada tanggal 27 Juni 2012.library.com/2011/08/oksidasi-dan-korosi.shvoong. 12 .).id/pdf/2s1teknikkapal/206212003/bab4. 2010. Pengertian dan Jenis Korosi. dari [[http://www.pdf]] diunduh pada tanggal 27 Juni 2012. Oksidasi dan Korosi. Wiley: United States of America. Anonim.com/2009/01/korosi. Materials Science and Engineering An Introduction (8th ed.ac. Anonim.blogspot. Korosi. Korosi pada Kapal. Anonim.Daftar Pustaka Callister and Rethwisch.html]] diunduh pada tanggal 6 Juli 2012. dari [[http://id. dari [[http://eecafedotnet. dari [[http://vesek.pdf/]] diunduh pada tanggal 27 Juni 2012.upnvj.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful