Alkohol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa

Langsung ke: navigasi, cari Artikel ini berisi tentang istilah umum dalam kimia. Untuk macam dari alkohol yang ada di dalam minuman beralkohol, lihat Etanol. Untuk minuman yang mengandung alkohol, lihat Minuman beralkohol. Artikel ini bukan mengenai minuman beralkohol atau minuman keras.

Gugus fungsi hidroksil (OH) dalam sebuah molekul alkohol

Model bola dan stik dari gugus fungsi hidroksil (OH) dalam sebuah molekul alkohol Alkohol sering dipakai untuk menyebut etanol, yang juga disebut grain alcohol; dan kadang untuk minuman yang mengandung alkohol. Hal ini disebabkan karena memang etanol yang digunakan sebagai bahan dasar pada minuman tersebut, bukan metanol, atau grup alkohol lainnya. Begitu juga dengan alkohol yang digunakan dalam dunia famasi. Alkohol yang dimaksudkan adalah etanol. Sebenarnya alkohol dalam ilmu kimia memiliki pengertian yang lebih luas lagi. Dalam kimia, alkohol (atau alkanol) adalah istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon, yang ia sendiri terikat pada atom hidrogen dan/atau atom karbon lain.

Daftar isi
[sembunyikan] 1 Struktur o 1.1 Rumus kimia umum 2 Penggunaan o 2.1 Pengawet o 2.2 Otomotif 3 Nama-nama untuk alkohol o 3.1 Nama sistematik o 3.2 Nama umum/trivial/perdagangan

4 Keasaman 5 Metanol dan etanol 6 Referensi [sunting] Struktur Gugus fungsional alkohol adalah gugus hidroksil yang terikat pada karbon hibridisasi sp3. posisi dari gugus hidroksil dapat diketahui dari nomor diantara nama alkana dan "ol": 1-propanol untuk CH3CH2CH2OH. Etanol dan metanol dapat dibuat untuk membakar lebih bersih dibanding bensin atau diesel.[1] contohnya: 1hidroksi-2-propanon (CH3COCH2OH). [sunting] Otomotif Alkohol dapat digunakan sebagai bahan bakar otomotif. keton. dan alkohol tersier paling sederhana adalah 2metil-2-propanol. Alkohol dapat digunakan sebagai antibeku pada radiator. Alkohol sekunder yang paling sederhana adalah 2-propanol. metanol dapat disuntikan kedalam mesin Turbocharger dan Supercharger. [sunting] Rumus kimia umum Rumus kimia umum alkohol adalah CnH2n+1OH' [sunting] Penggunaan [sunting] Pengawet Alkohol juga dapat digunakan sebagai pengawet untuk hewan koleksi (yang ukurannya kecil). [1] Ketika dibutuhkan. Ada tiga jenis utama alkohol . maka awalannya adalah "hidroksi". Untuk menambah penampilan mesin pembakaran dalam. contohnya metana menjadi metanol dan etana menjadi etanol. Ini akan mendinginkan masuknya udara kedalam pipa masuk. Jika ada gugus fungsi yang lebih tinggi (seperti aldehida. menyediakan masuknya udara yang lebih padat.[2] . nama-nama senyawa alkana kehilangan akhiran "e" dan diganti dengan "ol". Nama-nama ini merujuk pada jumlah karbon yang terikat pada karbon C-OH. dan 'tersier'. atau asam karboksilat. 'sekunder. Alkohol primer paling sederhana adalah metanol. 2-propanol untuk CH3CH(OH)CH3.'primer'. [sunting] Nama-nama untuk alkohol [sunting] Nama sistematik Dalam sistem tatanama IUPAC.

Penggunaan awalan sek. dan alkohol tersier rumus umumnya RR'R"COH. dan alkohol tersier. alkohol biasanya disebut dengan gugus alkil ditambah dengan kata "alkohol". misalnya metil alkohol. dan alkohol tersier (CH3)3COH. alkohol sekunder. dan R" melambangkan gugus alkil. dimana R. isopropil alkohol juga dapat disebut sek-propil alkohol. tergantung dari berapa banyak atom karbon lain yang berikatan dengan atom karbon yang juga mengikat gugus hidroksil.Beberapa contoh senyawa alkohol dan bagaimana menamainya Penggunaan tatanama IUPAC dipakai di publikasi-publikasi ilmiah dan diperlukan identifikasi detail terhadap substansi tersebut. dapat digunakan sebelum nama gugus alkil untuk membedakan alkohol sekunder dan alkohol tersier dari alkohol primer. Pada konteks lainnya. tergantung dari dimana gugus fungsinya berikatan. Contohnya. [sunting] Nama umum/trivial/perdagangan Rumus kimia Nama IUPAC Nama umum Alkohol monohidrik CH3OH Metanol Alkohol kayu C2H5OH Etanol Alkohol gandum C3H7OH Isopropil alkohol Alkohol gosok . R'.(atau t-). biasanya ditulis dalam huruf miring. Etanol dan n-propil alkohol adalah contoh alkohol primer. Alkohol dapat dikelompokkan menjadi alohol primer.(atau s-) dan tert. Alkohol primer mempunyai rumus umum RCH2OH. atau 2-metil-2-propanol juga dapat disebut dengan tert-butil alkohol atau tert-butanol. etil alkohol. berikatan pada karbon pertama atau kedua pada rantai propana. Propil alkohol dapat disebut n-propil alkohol atau isopropil alkohol. isopropil alkohol adalah contoh alkohol sekunder. alkohol sekunder rumus umumnya RR'CHOH.

4.3.5.6-heksaheksanol Mannitol.6-dien-1-ol Geraniol C3H3OH Prop-2-in-1-ol Propargil alkohol Alkohol alisiklik C6H6(OH)6 Cyclohexane-1.4-butatetraenol Eritritol C5H7(OH)5 1.2.5.2.2. Sorbitol C7H9(OH)7 1.3.(2-propyl)-5-methyl-cyclohexane-1-ol Mentol [sunting] Keasaman .3.4.2.3.C5H11OH Pentanol Amil alkohol C16H33OH 1-Heksadekanol Cetil alkohol Alkohol polihidrik C2H4(OH)2 1.6.7-Dimethylocta-2.5.2.6-geksol Inositol C10H19OH 2 .4.2.4.7-heptaheptanol Volemitol Alkohol alifatik tidak tersaturasi C3H5OH Prop-2-ene-1-ol Alil alkohol C10H17OH 3.3.2-etadienol Etilen glikol C3H5(OH)3 1.5-pentapentanol Xylitol C6H8(OH)6 1.3-propatrienol Gliserol C4H6(OH)4 1.

2. "alkohol" biasanya adalah etanol atau grain alcohol. dan bahan bakar. Diakses pada 14 September 2007. yaitu yang dikenal di masyarakat sebagai spirtus. Alcohols Rule C-201.acdlabs. karena perbedaan keelektronegatifan antara Oksigen dan Hidrogen pada gugus hidroksil. Awalnya alkohol digunakan secara bebas sebagai bahan bakar. 2-propanol) H3C-CH(OH)-CH3.htm#alcnom. Bila di dekat Karbon Hidroksi terdapat gugus penarik elektron seperti fenil atau halogen.3-triol) HO-CH2-CH(OH)-CH2-OH yang terikat dalam minyak dan lemak alami. tetapi etanol tidak terlalu beracun karena tubuh dapat menguraikannya dengan cepat.edu/~reusch/VirtualText/alcohol1. Namun untuk mencegah penyalahgunaannya untuk makanan atau minuman. orang bisa mabuk. ^ Organic chemistry IUPAC nomenclature. propan-2-ol. Semua alkohol bersifat toksik (beracun). Sebaliknya.Alkohol adalah asam lemah. . keasaman menurun. pelarut. http://www. Ada lagi alkohol yang digunakan secara bebas. maka alkohol tersebut didenaturasi. denaturated alcohol disebut juga methylated spirit.htm 3. Etanol dapat dibuat dari fermentasi buah atau gandum dengan ragi. "Alcohols". isopropil alkohol (sec-propil alcohol. [sunting] Referensi Lihat informasi mengenai alkohol di Wiktionary. semakin banyak gugus pendorong elektron seperti rantai alkana. yaitu trigliserida (triasilgliserol) Fenol adalah alkohol yang gugus hidroksilnya terikat pada cincin benzena Alkohol digunakan secara luas dalam industri dan sains sebagai pereaksi.msu. dan telah dibuat oleh manusia selama ribuan tahun. http://www. ^ a b William Reusch. propana-1. Dengan meminum alkohol cukup banyak. 1. Etanol adalah salah satu obat rekreasi (obat yang digunakan untuk bersenang-senang) yang paling tua dan paling banyak digunakan di dunia. atau alkohol gosok etilena glikol (etana-1. yang merupakan komponen utama dalam antifreeze gliserin (atau gliserol.com/iupac/nomenclature/79/r79_202. 2. Etanol sangat umum digunakan. karena itulah maka alkohol tersebut dikenal dengan nama spirtus.cem. maka keasaman meningkat. [sunting] Metanol dan etanol Dua alkohol paling sederhana adalah metanol dan etanol (nama umumnya metil alkohol dan etil alkohol) yang strukturnya sebagai berikut: H | H-C-O-H | H metanol H H | | H-C-C-O-H | | H H etanol Dalam peristilahan umum. VirtualText of Organic Chemistry. yang memampukan Hidrogen lepas dengan mudah.2-diol) HO-CH2-CH2-OH.

Sebagai pelarut Etanol banyak digunakan sebagai sebuah pelarut. Sebagai bahan bakar Etanol dapat dibakar untuk menghasilkan karbon dioksida dan air serta bisa digunakan sebagai bahan bakar baik sendiri maupun dicampur dengan petrol (bensin). etanol dan propan-2-ol. etanol. pelarut Ditulis oleh Jim Clark pada 28-10-2007 Halaman ini menjelaskan secara singkat tentang beberapa kegunaan yang lebih penting dari beberapa alkohol sederhana seperti metanol. Etanol relatif aman. sehingga spirit bermetil dalam skala industri tidak cocok untuk diminum. Karena etanol bisa dihasilkan melalui fermentasi. etanol digunakan pada berbagai parfum dan kosmetik. dan bisa digunakan untuk melarutkan berbagai senyawa organik yang tidak dapat larut dalam air. Spirit (minuman keras) bermetil yang diproduksi dalam skala industri Etanol biasanya dijual sebagai spirit (minuman keras) bermetil yang diproduksi dalam skala industri yang sebenarnya merupakan sebuah etanol yang telah ditambahkan sedikit metanol dan kemungkinan beberapa zat warna. Sebagai contoh. "Gasohol" adalah sebuah petrol / campuran etanol yang mengandung sekitar 10 – 20% etanol. Metanol bisa digunakan sebagai sebuah aditif petrol untuk meningkatkan pembakaran. maka alkohol bisa menjadi sebuah cara yang bermanfaat bagi negara-negara yang tidak memiliki industri minyak untuk mengurangi import petrol mereka. Metanol beracun. industri. minuman. atau kegunaannya sebagai sebuah bahan bakar independen (sekarang sementara diteliti). Kegunaan metanol Sebagai bahan bakar Metanol jika dibakar akan menghasilkan karbon dioksida dan air. Penjualan dalam bentuk spirit dapat menghindari pajak tinggi yang dikenakan untuk minuman beralkohol (khususnya di Inggris).Kegunaan Alkohol Kata Kunci: alkohol. organik. . Kegunaan etanol Minuman "Alkohol" yang terdapat dalam minuman beralkohol adalah etanol.

manfaat alkohol dalam kehidupan sehari-hari. kegunaan senyawa alkohol. kegunaan alkohol dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan propan-2-ol Propan-2-ol banyak digunakan pada berbagai situasi yang berbeda sebagai sebuah pelarut. kegunaan etanol. dan metil ester dari berbagai asam. asam etanoat. kegunaan alkohol dalam kehidupan . sifat dan kegunaan alkohol. kegunaan metanol.Sebagai sebuah stok industri Kebanyakan metanol digunakan untuk membuat senyawa-senyawa lain – seperti metanal (formaldehida). pelarut etanol. Kata Pencarian Artikel ini: kegunaan alkohol. Kebanyakan dari senyawasenyawa selanjutnya diubah menjadi produk. etanol sebagai pelarut.

. akan tetapi memberikan kesan panas dalam mulut. Oksidasi alkohol tersier Oksidasi alkohol tersier oleh oksigen akan menghasilkan campuran asam karboksilat. Reaksi dengan asam halida Alkohol bereaksi dengan asam halida menghasilkan alkil halida dan air. b. Alkohol yang mengandung atom karbon lebih dari 12 berupa zat padat yang tidak berwarna. karbondiokaida dan air.Sifat fisik dan sifat kimia Sifat Fisik alkohol a. Kelarutan alkohol dalam air makin rendah bila rantai hidrokarbonnya makin panjang. Alkohol monohidroksi suku rendah (jumlah atom karbon 1-4 ) berupa cairan tidak berwarna dan dapat larut dalam air dengan segala perbandingan. Oksidasi alkohol primer Oksidasi alkohol primer dengan menggunakan natrium bikromat dan asam sulfat akan menghasilkan suatu aldehida dan air. Reaksi dengan natrium Alkohol bereaksi dengan logam natrium menghasilkan suatu alkoksida. c. d. Contoh : e. Contoh: b. makin tinggi pula titik didih dan viskositasnya. Oksidasi alkohol sekunder Oksidasi alkohol sekunder dengan menggunakan natrium bikromat dan asam sulfat akan menghasilkan suatu keton dan air. Makin tinggi berat molekul alkohol. Contoh : d. Sifat Kimia Alkohol a. Contoh : c. keton. e. Alkohol suku rendah tidak mempunyai rasa. Hasil samping berupa gas hidrogen.

Dehidrasi alkohol Dehidrasi alkohol dengan suatu asam sulfat akan menghasilkan alkena dan air. Esterifikasi Alkohol bereaksi dengan asam karboksilat menghasilkan ester dan produk samping berupa air.Contoh : f. Reaksi yang terjadi merupakan reaksi kesetimbangan Contoh : g. .

Produk pembakaran etanol dan metanol lebih bersih dari bensin atau solar. Metanol merupakan suku pertama golongan alkohol dan biasanya dibuat dengan mereaksikan karbon monoksida dan hidrogen pada temperatur tinggi. etanol. dan essen. butanol. dan O dengan rumus umum R-OH. Alkohol Alkohol Umumnya kata alkohol diartikan etanol atau dikenal dengan spirit of wine. Dan zaman dahulu. Etanol sering digunakan sebagai pelarut obat-obatan. parfum. gugus alkil tersubstitusi.: gugus alkil. Alkohol digunakan sebagai zat antibeku pada radiator mobil. Kata alkohol berasal dari bahasa arab dari kata alkuhul yang asalnya merupakan nama bubuk antimon sulfida yang digunakan sebagai antiseptik. Contoh : H3C-CH2-CH2-CH2-OH Sudut yang dibentuk alkohol adalah 109 derjat. propanol. alkohol adalah kumpulan senyawa organik yang memiliki gugus hidroksil yang terikat atom karbon dari alkil atau gugus alkil tersubstitusi. Bubuk ini dibuat dengan sublimasi batuan stibnit dalam ruang tertutup. Etanol sering digunakan sebagai antiseptik. dimana R. Alkohol juga digunakan sebagai pengawet spesimen. Alkohol juga digunakan sebagai reagen atau pelarut karena dapat melarutkan zat-zat nonpolar dan toksisitasnya rendah. dan rantai siklik. Menurut ilmu kimia. spt dibawah ini: . dan mudah menguap. Selain itu ada yang menyatakan alkohol berasal dari kata al-gawl yang berarti setan.a. contoh : metanol. H. Struktur Alkohol tersusun dari unsur C. Etanol terbentuk dari fermentasi gula dan memiliki karakteristik tak berwarna. dsb. gugus alkil tak jenuh. isopropil akohool. Alkohol digunakan sebagai bahan bakar mesin. Propanol dan butanol dibuat dengan cara fermentasi selulosa oleh bakteri Clostridium acetobutilicum. -OH : gugus fungsi alkohol (hidroksil). 1. etanol digunakan sebagai depresan dan menyebabkan adiksi.

Contoh : CH3C(OH)(CH3)CH3. alkohol dibagi menjadi : 1. Klasifikasi Jika didasarkan pada jenis atom karbon yang mengikat gugus hidroksil. 1. Alkohol trihidroksi adalah alkohol yang mempunyai 3 gugus –OH. 1. Alkohol monohidroksi adalah alkohol yang mempunyai 1 gugus –OH. Alkohol tersier adalah alkohol yang gugus –OH terikat pada atom karbon tersier. Alkohol dihidroksi adalah alkohol yang mempunyai 2 gugus –OH. Contoh : CH2(OH)-CH2(OH) 1. Contoh : CH3-CH2-OH. Alkohol sekunder adalah alkohol yang gugus –OH terikat pada atom karbon sekunder. Contoh : CH3-CH2-OH. .2. Contoh : CH2(OH)-CH(OH)-CH2(OH). 3. Contoh : CH3-CH(OH)-CH3. Jika didasarkan atas jumlah gugus hidroksil (-OH) yang terdapat dalam strukturnya. dikelompokkan : 1. Alkohol primer adalah alkohol yang gugus –OH terikat pada atom karbon primer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful