PENDAHULUAN

Dilihat dari jumlah pengidap dan peningkatan jumlahnya dari waktu ke waktu, maka dewasa ini HIV (Human Immunodefeciency Virus) dan AIDS (Acquired

Immunodefeciency Syndrome) sudah dapat dianggap sebagai ancaman hidup bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan laporan Departemen Kesehatan sampai Juni 2003 jumlah pengidap HIV/AIDS atau ODHA (Orang yang hidup dengan HIV/AIDS) di Indonesia adalah 3.647 orang terdiri dari pengidap HIV 2.559 dan penderita AIDS 1.088 orang.Dari jumlah tersebut,kelompok usia 15-19 berjumlah 151 orang (4,14%),19-24 berjumlah 930 orang (25,50%).Ini berarti bahwa jumlah terbanyak penderita HIV/AIDS adalah remaja dan orang muda. Dari data tersebut,di laporkan yang sudah meninggal karena AIDS secara umum adalah 394 orang (subdit PMS dan AIDS,ditjen PPM dan PL,Depkes R.i). di perkirakan setiap hari ada 8218 orang di dunia yang meninggal karena AIDS. Sedangkan di kawaswan asia fasipik mencapai angka 1.192 orang. Data dan fakta tersebut belum mencerminkan keadaan yang sebenarnya,melainkan hanya marupakan “puncak gunung es”, artinya, yang kelihatan atau di laporkan hanya sedikit,sementara yang tidak keliatan atau tidak di laporkan jumlahnya berkali-kali lipat.

untuk menjadi AIDS di butuhkan waktu yang lama yaitu beberapa tahun.ia akan menyerang dan membunuh sel-sel kekebalan tubuh. yaitu mengacu pada immunitas atau kekebalan tubuh yang terdiri atas sel-sel yang melindungi tubuh terhadap penyakit. b. HIV merupakan syndrome karena penderita AIDS memperlihatkan gejala-gejala dan penyakit yang timbul bersamaan hanya pada orang yang menderita AIDS.sesuatu yang tidak tercukupi dalam hal ini tubuh tidak memiliki cukup jenis sel tertentu yang di perlukan untuk melindungi diri terhadap infeksi. Adalah kumpulan tanda-tanda dan gerjala yang berhubungan dengan penyakit atau kondisi tertentu yang timbul bersamaan.artinya di dapat. D: deficiency. Ketika seseorang terkena virus HIV. dengan kata lain . Dengan kata lain HIV menular dari orang yang terinfeksi dari orang lain. Ada tiga stadium infeksi HIV. Dari penjelasan di atas. artinya sindrom. Tanpa kekebalan tubuh.PEMBAHASAN a. S: syndrome. Perjalanan dan penyebaran HIV/AIDS Virus HIV menyerang sel darah putih dan merubahnya menjadi tempat berkembang biaknya virus HIV baru yang kemudian merusaknya sehingga tidak dapat di gunakan lagi. HIV menjadi masalah karena sekali memasuki tubuh seseorang. artinya kekurangan . dapat disimpulkan bahwa HIV merupakan virus . Sedangkan AIDS adalah singkatan dari : A: aquried.maka ketika di serang penyakit tubuh tidak memiliki pelindung.artinya kekebalan . I: immune .orang tersebut tidak langsung terkena AIDS . HIV/AIDS HIV adalah singkatan dari Human Immunedeficiency Virus yuang dapat menyebebkan AIDS dengan cara menyerang se4l darah putih sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. yaitu sebagai berikut : . sedangkan AIDS adalah penyakit yang di timbulkannya . Sel darah putih ini sangat di perlukan untuk system kekebalan tubuh.

dan sebagainya. biasanya tidak terjadi perubhan kesehatan. orang tersebut merasa sehat. sperma : laki-laki berhubungan badan tanpa kondom atau pengaman lainnya. kadang kala sampai 3 bulan sebelum tubuh bereaksi terhadap virus dan memproduksi zat kimia (anti bodi). Biasanya penyakit yang timbul seperti pneumonia. oral sex dan sebagainya. Hal ini penting karena seseorang dapat meniularkan infeksi pada minggu-minggu ini meskipun hasil tes nya negative.air keringat dapat mengeluarkan HIV. Terdapat periode 3-6 minggu. Periode Simptomatik (Dengan gejala) Periode simptomatik merupakan periode dimana seseorang menderota AIDS. Jarang terjadi seseorang memperlihatkan gejala infeksi dalam waktu 5 tahun setelah infeksi. 3. air mani.  Cairan Vagina : wanita berhubungan badan tanpa pengaman. Namun.tidak ada data bahwa urin. dapat bekerja seperti biasa. Diare atau Meningitis. Periode Asimptomatik ini biasanya sekitar 10 tahun dengan rata-rata 8-12 tahun lamanya. Kondisi yang biasanya terlihat adalah “infeksi oportunistik”. terkena darah menstruasi pada kulit yang terluka. laki-laki meminum susu ASI pasangan.  ASI : Bayi minum ASI dari wanita HIV positif. Periode Jendela Orang yang terinfeksi HIV tidak langsung menjadi “HIV Positif “.1. pinjam meminjam alat bantu sex. Periode Asimptomatik (tanpa gejala) Setelah seseorang terinfeksi HIV. Dari . Penularan HIV secara seksual merupakan resiko utama.air liur. terkena darah HIV positif pada kulit yang terluka. Selama beberapa tahun. 2. terutama hubungan sexc anal tanpa penggunaan kondom. HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh dan darah.  Darah : transfuse darah.air mata. dan sebagainya. oral sex. dan sebagainya.  Cairan Semen. dan tidak memperlihatkan tanda-tanda kesakitan. jarum suntik. infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang yang system kekebalan tubuhnya tidak menurun. dan dapat terjadi secara berulang.

 Penurunan berat badan secara drastis  Diare  Sesak napas  Pembesaran kelenjar getah bening  Penurunan kesadaran  Penurunan ketajaman penglihatan  Bercak ungu kehitaman di kulit d.penjelasan tersebut dapat di simpulkan bahwa HIV tidak menular melalui ciuman.tindik. o Mencari informasi yang lengkap dan benar yang berkaitan dengan HIV/AIDS.alat cukur. o Bagi mereka yang berhubungan sex secara aktif. Adapun upaya-upaya pencegahan tersebut sebagai berikut: o Pendidikan keagamaan dan moral. o Hindari penggunaan obat-obatan terlarang. o Untuk pecandu narkoba. Penderita HIV/AIDS Untuk mengetahui seseorang terkena HIVdapat di lihat dari beberapa gejala sebagai berikut :  Panas lebih dari 1 bulan  Batuk-batuk  Sariawan dan Nyeri menelan. c. berganti-ganti pasangan. . pelecehan seksual.tato bekas di pakai orang lain. Cara mencegah agar tidak terkena HIV/AIDS Strategi utama untuk mengurangi resiko terkena HIV/AIDS adalah dengan melakukan upaya pencegahan.gelas yang di gunakan bersama. hindari prilaku sex secara tidak aman.dudukan toilet.hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian.

o Lakukan pencegahan untuk menghindari resiko terkena HIV-AIDS. o Cara penyebaran HIV melalui cairan tubuh dan darah.KESIMPULAN Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan beberapa poin sebagai berikut: o HIV merupakan virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. o Deteksi secara dini seseorang terkena HIV-AIDS dari tanda dan gejala yang Nampak. . o AIDS merupakan kumpulan tanda dan gejala yang merupakan dampak dari perkembangan virus HIV pada manusia. o HIV dan AIDS tidak sama.

KARAKTERISTIK/PRASYARAT PESERTA DIDIK Pengunjung dan keluarga pasien di ruang RSU dr. ANALISA TUGAS KNOW : Definisi HIV/AIDS Perbedaan antara HIV/AIDS Mekanisme HIV menyerang system kekebalan tubuh (pathogenesis) Cara penyebaran HIV/AIDS Bagaimana mengetahui seseorang terkena HIV Cara mencegah agar tidak terkena HIV TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Mampu menjelaskan definisi HIV/AIDS Mampu menjelaskan perbedaan antara HIV dan AIDS Mampu menjelaskan mekanisme perjalanan HIV Mampu menyebutkan cara penyebaran HIV/AIDS . 9 Juni 2011 Waktu Tempat TUJUAN INSTITUSIONAL Menjadi Rumah Sakit yang prima dalam pelayanan.40 WIB : Gedung lantai II RSU dr. Slamet Garut : jam 11. Slamet Garut diharapkan mengetahui. memahami dan menghindari prilakuprilaku beresiko tinggi terkena HIV. pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan di tingkat regional 201 TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah diberi penyuluhan ini.SATUAN ACARA PENYULUHAN Topik Sasaran : HIV / AIDS : Pengunjung dan Keluarga pasien di lantai II RSU Dr. Slamet Garut Hari / tanggal : Kamis.00 – 11. Slamet Garut khususnya keluarga yang memiliki anggota keluarga Odha. pengunjung dan keluarga pasien di Gedung Lantai II RSU dr.

HIV/AIDS 2. o Cara penyebaran HIV/AIDS melalui : Darah Cairan Tubuh. merupakan efek dari perkembangbiakan virus HIV. Cara mencegah agar tidak terkena HIV SUB POKOK BAHASAN 1. o Perbedaaan antara HIV dan AIDS Perbedaan antara HIV dan AIDS yaitu HIV adalah virus. HIV/AIDS o Defininisi HIV/AIDS HIV adalah singkatan dai Human Immunodifeciency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. sedangkan AIDS adalah penyakit yang ditimbulkannya.- Mampu menyebutkan tanda dan gejala seseorang terkena HIV/AIDS Mampu menyebutkan cara mencegah HIV/AIDS Menghindari prilaku-prilaku yang beresiko tinggi terkena HIV POKOK BAHASAN HIV/AIDS SUB POKOK BAHASAN 1. Tanda dan gejala seseorang penderita HIV/AIDS 4. Sedangkan AIDS adalah Acquired Immune Difeciency Syndrome. 2. . Perjalanan dan penyebaran HIV/AIDS 3. Perjalanan dan Penyebaran HIV/AIDS o Mekanisme HIV menyerang system kekebalan tubuh (pathogenesis) HIV menyerang sel darah putih sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.

untuk mempermudah pemahaman peserta didik dan menggunakan poster dan film ketika peserta didik terihat tidak focus. Cara mencegah agar tidak terkena HIV Pendidikan keagamaan dan moral Informasi lengkap dan benar Hindari sex bebas Hindari penggunaan obat-obatan terlarang. Hindari jarum suntik bersamaan MATERI PENGAJARAN Dilampirkan ALOKASI WAKTU 1. Menggunakan media pengajaran yang bervariasi seperti power point. Penjelasan/uraian materi 3.3. Apersepsi/setting 2. Mengadakan Tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik. Apabila tidak ada yang mengajukan pertanyaan maka penyuluh yang . tindik. Menjelaskan materi penyuluhan 2. Diare Sesak nafas Pembesaran kelenjar getah bening Penurunan kesadaran Penurunan ketajaman penglihatan Bercak ungu kehitaman di kulit 4. Tanda dan gejala seseorang terkena HIV/AIDS Panas lebih dari 1 bulan Batuk-batuk Sariawan dan nyeri menelan Penurunan berat badan secara drastis. Memberikan kesempatan bertanya pada peserta didik. alat cukur. tattoo bekas dipakai orang lain. 4. Closure : 5 menit : 20 menit : 10 menit : 5 menit STRATEGI INSTRUKSIONAL 1. 3. Mini closure 4.

Memberikan penguatan (reinforcement) apabila peserta didik memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan atau ketika diberi stimulus. Depsikbud RI. Epidemiologi AIDS.AIDS.gooogle. Jakarta Imran. Epidemiologiaids. Mengadakan evaluasi secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik setelah diberi penyuluhan. http://images. 11 april 2008. 6.11 april 2008. Modul Penyuluhan AIDS Bag Sekolah Menengah.usu. Zulkifli. Lubis.akan memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik secara spontan dengan memilih langsung peserta didiknya.co.ac. METODE PENGAJARAN Ceramah Tanya Jawab MEDIA PENGAJARAN  Media :     Poster Power point Flip chart Leaflet ALAT  Alat :     REFERENSI   Depkes RI.2004.Jakarta.Id/Files/Cdk/Files/06_   Epidemiologiaids.id/download/fkm/fkmzulkifli4. Pdf/06 LCD Komputer Kertas evaluasi CD Film Co. 1991. 2006.http://www.Jakarta.Kalbe.Html.http://liblary.pdf. 5.id/images?q=poster+adis&um=1&hl=id&star=20&sa =N&ndsp=20 .

S 9.EVALUASI PERTANYAAN 1. S 5. B 7. Orang dengan HIV harus dijauhi 10. Pola hidup sehat dan menghindari prilaku menyimpang Adalah salah satu cara untuk mencegah terkena HIV / AIDS 9. B 10. Bersalaman dan berpelukan dapat menualarkan HIV B B B S S S B S B B B B B S S S S S B S JAWABAN 1. Prilaku seks bebas dan hubungan seks di luar nikah sangat Beresiko terjangkit HIV 8. AIDS merupakan dampak dari perkembangbiakan virus HIV 3. B 8. Seks bebas dan narkoba tidak beresiko menyebabkan HIV 5. S 2. HIV adalah Human Immunoglobulin Virus 2. Anda bias tertular HIV melalui dudukan toilet 7. Urin salah satu cairan tubuh yang dapat menularkan HIV 6. B 4. B 3. S NILAI Cara penilaian = 10 x 100 % 1 Intervensi Nilai Nilai A : 80 – 100% Nilai B : 68 – 79% Nilai C : 56 – 67% Nilai D : 45 – 55% Nilai E : 0 – 44% (pemahaman bagus sekali) (pemahaman bagus) (pemahaman cukup) (pemahaman kurang) (pemahaman kurang sekali) 6. Nyamuk dapat menyebarkan HIV 4. B .

Kegiatan Penyuluhan Tahap Kegiatan Pendidik  Menyiapkan perlengkapan Pra  Set ruangan  Menyiapkan daftar hadir  Melakukan perkenalan  Menjelaskan Kegiatan Pembuka tujuan  Menjelaskan cakupan materi yang akan dibahas Uraian Materi  Menjelaskan pengertian HIV/ AIDS  Menjelaskan perbedaan antara HIV dengan AIDS  Menjelaskan mekanisme HIV menyerang system kekebalan tubuh (pathogenesis)  Menjelaskan cara penyebaran HIV / AIDS  Menjelaskan bagaimana Menyimak Ceramah Mengutarakan pendapat Tanya Jawab Menyimak Ceramah Film Menyimak Ceramah Menyimak Ceramah Power point Menyimak Ceramah Menyimak Ceramah Menyimak Ceramah Power point Kegiatan Peserta Didik Metode Media .

mengetahui seseorang terkena HIV  Menjelaskan cara mencegah agar tidak terkena HIV Kegiatan penutup  Mengundang komentar atau pertanyaan dari peserta didik  Menjawab komentar atau pertanyaan dari peserta didik Menyimak Ceramah Mengutarakan idea atau pendapat Tanya Jawab Power point Mengutarakan pendapat Tanya Jawab .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful