Laporan Proxy FreeBSD

Prog Study Exp No Exp

: TKJ : Admin Server : 06

Proxy FreeBSD

Nama Kelas Istruktur

: Fajar Wardani : XII TKJB : - Dodi Permana - Trimans Yogiana

I.

TUJUAN  Siswa dapat mengetahui dan memahami materi tentang Proxy Server  Siswa dapat menginstall dan menkonfigurasi Proxy Server pada OS selain keluarga Linux  Siswa dapat mengimplementasikan materi Proxy Server yang telah dipelajari pada OS tersebut PENDAHULUAN Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

II.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall. Proxy server mempunyai 3 fungsi utama, yaitu,    Connection Sharing Filtering Caching

Type Proxy

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya yang satu ini saya jelaskan sekalian. Daripada nanti pada prakteknya malah bingung. Masalahnya, ketika pertama kali memakainya --karena belum tahu, cuma modal nekat; saya sendiri juga bingung.

Transparent proxy : Proxy ini yang biasanya dipakai untuk memeriksa apakah

memenuhi kriteria pemblokan atau tdak. Dengan kata lain, ini merupakan proxy yang dipakai oleh admin untuk memfilter segala content yang keluar masuk.

Anonymous : Kebanyakan saya pakai yang ini. Karena ini membungkus/mengganti

IP kita dengan IP yang dipinjamkan. Sehingga kita bisa membypass proxy si admin

High anonymous : Proxy ini seperti yang anonymous. Bedanya kalau pakai yang ini,

seperti direct connection. Jadi IP proxynya tidak terdeteksi. Sedangkan kalau yang anonymous masih terdeteksi jika kita masih menggunakan proxy. ACL (Access Control List)

Selanjutnya konfigurasi-konfigurasi lanjutan squid, selain sebagai cache server, squid yang memang bertindak sebagai “parent” untuk meminta object dari kliennya dapat juga dikonfigurasi untuk pengaturan hak akses lebih lanjut, untuk pertama kali yang dibicarakan adalah ACL (access control list), ACL sendiri terdiri dari beberapa tipe antara lain :
 Src - IP Address asal yang digunakan klien  Dst - IP Address tujuan yang diminta klien  Myip - IP Address local dimana klien terhubung  srcdomain - Nama domain asal klien  dstdomain - Nama domain tujuan klien  srcdom_regex- Pencarian pola secara string dari nama domain asal klien  dstdom_regex - Pencarian pola secara string dari nama domain tujuan klien  Time - Waktu dinyatakan dalam hari dan jam  Proto - Protokol transfer (http, ftp, gopher)  Method - Metode permintaan http (get, post, connect)

Berikutnya adalah control list yang akan digunakan untuk mengatur control dari ACL, control list tersebut antara lain :
 http_access - memperbolehkan acess http  icp_access - memperbolehkan peer untuk mengirimkan icp untuk menquery object  miss_access - memperbolehkan klien meminta object yang belum ada (miss) didalam cache  no_cache - object yang diminta klien tidak perlu disimpan ke hardisk  always_direct - permintaan yang ditangani langsung ke server origin  never direct - permintaan yang ditangani secara tidak langsung ke server origin.

III.

ALAT dan BAHAN  Sebuah Pc atau Laptop  Software Vbox  Virtual machine FreeBSD ( terinstall Squid ) LANGKAH KERJA  Siapkan Alat dan Bahan  Setelah masuk ke virtual machine FreeBSD, atur Ip BSD pada file rc.conf dengan perintah #ee /etc/rc.conflalu konfigurasikan seperti pada gambar

IV.

jangan lupa untuk menambahkan command squid_enable=”YES” untuk menghidupkan fungsi squid  Installkan packet yang dibutuhkan dengan perintah #make install clean. Maka akan muncul tampilan seperti berikut, pilihan disesuaikan. Kemudian pilih OK

Lalu akan muncul tampilan berikut

Kemudian konfigurasi proxy pada file /usr/local/etc/squid/squid.conf. Masukan perintah seperti pada gambar.

Sebelum merestart squid, buat folder /squid pada /var/spool sebagai tempat penyimpanan cache squid tersebut.

Jangan lupa untuk mengenablekan hak akses user dengan perintah chmod

Restart interface FreeBSD

Kemudian cek apakah proxy squid telah berjalan dengan perintah #netstat -tan | grep 3128. Keterangan : Netstat : memperlihatkan koneksi jaringan, tabel routing, statistik interface, koneksi masquerade, dan keanggotaan multicast -tan : menampilkan semua listening dan non-listening socket berserta program yang menjalakannya juga network yang digunakan | grep named : menampilkan basir yang hanya mengandung kata “named”

Untuk Host, pertama-tama konfigurasi ip hingga tersambung pada Server. Keterangan : Ip : 192.168.1.4 Netmask : 255.255.255.0 Gateway : 192.168.1.1

Kemudian konfigurasikan settingan proxy pada browser (Mozilla Firefox) menggunakan ip Proxy Server FreeBSD. Langkahnya Tools->Setting->Advanced>pilih tab Network->pada tab Connection pilih Setting->pilih Manual Proxy Configuration. Lalu masukan settingan seperti pada gambar.

Lalu akses site-site yang akan diujikan, capture hasilnya, dan simpan sebagai Hasil Pengamatan.

V.

HASIL PENGAMATAN  Site jejaring sosial (www.facebook.com)

Keyword : “sex”

Keyword : “tkj”

VI.

KESIMPULAN  Proxy Server mempunyai beberapa fungsi yaitu fungsi : Filtering, Caching, Scheduling, dan Bandwidth Limitting.  Pengaturan proxy pada FreeBSD tidak jauh berbeda dengan proxy Ubuntu, hanya berbeda pada perintah, dan aplikasinya contohnya Proxy dapat dimatikan pada file rc.conf, folder untuk cache harus dibuat terlebih dahulu pada file /var/spool

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful