Mata Pelajaran : KIMIA Satuan Pendidikan Tema Alokasi Waktu : SMA : Sifat Larutan Asam, Basa dan garam

: 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan ) Kelas/Semester : IX/ 2

A. Standar Komptensi: Materi dan Perubahannya B. Komptensi Dasar dan Indikator : Memahami klasifikasi-klasifikasi zat :

Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat Indikator • • • Mengidentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.Membahas bilangan oksidasi halogen dalam senyawa-senyawanya. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

C. basa dan garam secara kimia 2. Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikan D. peserta didik mampu: 1. basa dan garam 4. Menggunakan alat penentu/ petunjuk asam dan basa 5. Pengamatan -. Metode : -.Direc Instruction (DI) 2. Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam. Model pembelajaran : . Diskusi informasi . Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam.Kooperatif learning . Membedakan pengertian asam. basa dan garam 3. Pendekatan dan metode pembelajaran : 1.

Pertemua Pertama Tahapan Kegiatan Kegiatan Awal Kegiatan  Motivasi  Pernahkah kamu mengoleskankan larutan gula pada kulit tanganmu ?  Apa yang kamu rasakan ?  Prasyarat Eksperimen  Hati-hati cara mencampurkan dua larutan yang berbeda  Hati-hati cara menuangkan larutan asam sulfat  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok Kegiatan Inti  Guru dan peserta didik mendiskusikan pengertian asam.E. peserta didik mengamati dan mengelompokkannya Peserta didik mendiskusikan dan mengkomunikasikan secara kelompok Kegiatan Penutup  Guru dan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan Guru memberikan tes secara lisan tentang asam. basa. basa dan garam serta menentukan ciri-cirinya  Disediakan bahan. Langkah Pembelajaran : 1. larutan basa dan larutan garan.bahan larutan asam. garam .

basa dan garam?  Apakah sifat asam basa dan garam?  Prasarat eksperimen  Guru memberi informasi kepada peserta didik agar hati-hati larutan asam sulfat Kegiatan Inti  Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen kelompok  Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas lakmus atau ph .2. Pertemuan Kedua Tahapan Kegiatan Kegiatan Awal Kegiatan  Motivasi  Pernahkah kamu meremas remas bunga kembang sepatu berwarna kemudian ditetesi dengan asam cuka?  Apa yang terjadi?  Prasarat pengetahuan  Sebutkan ciri-ciri asam.

Tahapan Kegiatan Kegiatan stik untuk menentukan sifat asan dan basa dari suatu larutan  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompokkan untuk membuat kesimpulan dari data percobaan Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal... Bahan-bahan kimia G. Sumber belajar : 1.. Kegiatan Penutup  Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari bahan-bahan di sekitar rumah dam dikelompokkan ke dalam zat..... Buku siswa . hal .. basa dan garam F. Buku referensi 4.. Penilaian : ..... Lingkungan sekitar sekolah atau rumah 3..zat yang bersifat asam. (sesuai yang dipakai) 2. karangan ..

basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia ( larutan cuka. Tes isian: Ciri-ciri basa adalah . Teknik penilaian: Tes tertulis dan Tes unjuk kerja 2. larutan garam. larutan gula. Contoh instrumen: a. Tes identifikasi dan Tes uji petik kerja prosedur 3. Rasanya pahit c.. Bentuk instrumen: Tes isian.1. Contoh tes identifikasi Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam. Bila kena kulit licin Skor : 3 b.. Kunci : a. HCl Basa : larutan sabun ..HCl Kunci: Asam : larutan cuka. larutan sabun. NaCl. Mengandung OH b.

NaCl Skor : 3 c. 1. 2. Aspek Ketepatan menggunakan pH stik dengan benar Melakukan kegiatan dengan prosedur yg benar Memperoleh data dari kegiatan Membuat kesimpulan Jumlah skor 8 Skor 2 2 2 2 . Contoh Uji petik kerja prosedur Lakukan kegiatan untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan dengan menggunakan pH stik ! Rubrik No.Garam: larutan garam. 4. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful