RADAR DAN NAVIGASI UDARA

Latar Belakang
Navigasi adalah kata yang sangat populer ditelinga kita. Alat navigasi sangat berguna bagi kehidupan kita, serta tidak dapat dipisahkan lagi. Ibarat kata pepatah “seperti air dan ikan”. Dengan alat navigasi kita dapat beraktifitas dengan tenang dan nyaman. Sehingga memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu dan bepergian kesesuatu tempat. Apalagi dizaman yang serba modern ini. Aktifitas dan mobilitas sangat tinggi. Sehingga alat navigasi sungguhlah sangat bermanfaat bagi manusia. Kata “Navigasi” sendiri berasal dari bahasa latin navis dan agere. Navis berarti kapal, sedangkan agere adalah suatu perkerjaan memundahkan atau menjalankan. Maka Navigasi dapat diartikan “ilmu pengetahuan sekaligus seni memindahkan kapal dari satu tempat ke tempat lain di muka bumi, sesuai rencana”. Dengan begitu navigasi sangat erat kaitannya dengan berpindah. Sekarang tidak hanya digunakan untuk berpindah saja, melainkan untuk halhal yang lain, tetapi masih ada kaitannya dengan pindah-memindah. Seperti menemukan seseorang atau benda. Contoh nyatanya seperti kecelakaan, pencurian dll. Seperti kecelakaan pesawat yang berada dihutan. Keberadaan pesawat tersebut diketahui dengan bantuan alat navigasi yang dipasang dipesawat tersebut. Navigasi dapat dibagi tiga yaitu navigasi darat laut dan udara. Navigasi darat digunakan untuk pemetaan suatu daerah, lengkap dengan nama jalannya. Selain itu

1

GPS-lah yang berperan untuk memandu. Beberapa wilayah negara dengan satelit yang memiliki system kerja seperti GPS antara lain adalah satelit GLONASS (Rusia). Ke-24 satelit itu mengorbit bumi pada jarak 20. sambil memancarkan sinyal berita gelombang radio. dan digunakan untuk menentukan posisi. Dilaut tidak terdapat panduan yang ada hanyalah laut dan pulau-pulau. Untuk dilaut sangat diperlukan sekali. Sementara Amerika Serikat dengan model terbaru dari system GPS yaitu A-GPS (Assisted-Global Positioning System) yang merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi. baik itu kapal besar seperti kapal PELNI yang terdapat di Indonesia yang melayani pelayaran antar pulau di Indonesia.200 km sebanyak 2 kali sehari (12 jam x 2) dengan kecepatan 7. Kapal pesiar yang sangat mewah. arah. satelit Galileo (Uni Eropa). tidak akan tersesat jika menggunakan alat navigasi berupa GPS. Sehingga untuk menuju kesesuatu tempat tidak cukup hanya menggunakan kompas saja. Untuk para pencinta alam. 2 . kecepatan.dapat juga digunakan untuk memantau arus lalu lintas. dan waktu. Apa itu GPS? Global Positioning System (GPS) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit.000 mil per jam. Di Amerika Serikat seluruh gedung pencakar langit sudah didata dan dimasukan kedalam data base sehingga seluruh ruangan sudah dapat diketahui dengan menggunakan 3D. satelit IRNSS (India). Sehingga membantu mereka dalam berjalan dihutan rimba. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Maupun para nelayan yang sedang mencari ikan. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan.

Dengan menggunakan sonar dapat memetakan bawah laut. atau mengetahui posisi pasukan berada. Untuk bidang udara navigasinya sangat berbeda dengan didarat dan dilaut. Dalam dunia navigasi terbaru ada istilah baru ”Outer space navigation" yaitu ilmu navigasi antar planet di tata surya. Dan juga untuk pengintaian dan persembunyian. ini dapat memantu untuk menetukan bulan Ramadhan dan Syawal untuk menetukan idul fitri. Untuk mengetahui planet-planet dan bintang-bintang baru. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target. orang muslim untuk menjalankan ibadah puasa harus berdasarkan pergerakan bulan. Diudara tidak hanya kecanggihan teknologi saja. Selain itu kapal-kapal selam musuh mudah diketahui. gerhana mata hari dan bulan. Tetapi harus juga pegetahuan dan 3 . selain itu juga dapat memprediksi kapal-kapal musuh berada dimana. Keadaan bawah laut disuatu daerah atau wilayah dapat di simpan dalam data base dan digunakan sebagai panduan untuk memasuki walayah tersebut. Dapat juga untuk mengetahui pergerakan matahari. Sehingga kapal-kapal perang dapat pasti mengetahui karang dan sebagainya. ataupun menetukan pergerakan pasukan. Dan masih bayak lagi. Didalam islam. Dan juga untuk mengetahui keadaan yang akan mempengaruhi bumi tercinta ini. Selain itu kegunaan lainnya seperti menuntun arah bom.Dalam dunia militer navigasi laut sudah lebih maju. Sehingga dapat membantu manusia untuk menjalani kehidupan. Misalkan kemungkinan adanya bahaya komet.

karena mereka harus mampu memberikan pelayanan dan dukungan operasional penerbangan kepada pesawat dan pilot yang dilayaninya. Dengan pesawat terbang seseorang dapat bergerak dengan cepat. Dalam UU no 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. tetapi juga di menara pengendali yang terdapat disetiap bandara. Sehingga tuntutan hidup juga meningkat. Sehingga seorang pilot dituntut untuk mengetahui secara detail mengenai navigasi yang ada dipesawat. FOO (Flight Operation Oficer) harus mahir dan memahami pengetahuan navigasi. Karena keberhasilan dan keselamatan dalam penerbangan sangatlah penting. Navigasi udara atau yang lebih dikenal dengan Aviation (air navigation) berasal dari dua kata yaitu aves (burung) dan agree (pekerjaan memindahkan atau menjalankan). Dan salah satu alat yang sangat tepat untuk bepergian jarak jauh adalah dengan pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan keselamatan adalah tidak bisa ditawar lagi.keterampilan individu masing-masing. Moblisasi dizaman sekarang sangat tinggi. Sehingga mempersingkat waktu perjalanan. Navigasi pesawat terbang tidak hanya mengandalkan dari alat navigasi yang terpasang ditubuh pesawat tersebut. Untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada pemumpang. Ini dapat menyelamatkan nyawa penumpang. diseluruh dunia. disebutkan bahwa : "Navigasi Penerbangan adalah proses mengarahkan gerak pesawat udara dari satu titik ke titik yang lain dengan selamat dan lancar untuk menghindari bahaya dan/atau rintangan penerbangan" Unsur – unsir Navigasi Udara 4 . Ketepatan dan keakuratan sangatlah penting.

Lokasi atau posisi pesawat saat mengudara mapun lokasi bandara. Selain itu FOO. Sehingga kesalahan sekecil mungkin dapat terhindarkan. Jika salah satu tidak terpenuhi maka keselamatan penumpang akan terancam. 2. Pesawat Udara Seorang FOO harus mengerti tentang pesawat itu sendiri. efektif dan efisien. lancar. Hal-hal diatas tidak dapat dipisahkan dari navigasi udara. 3.Unsur yang harus dipenuhi dalam ilmu navigasi udara adalah : 1. agar kegiatan penerbangan dapat berlangsung dengan selamat. sebagai alat dalam dunia penerbangan. untuk menghindari kecelakaan. harus-lah tahu pasti posisinya. Lokasi Lokasi sangat menentukan dalam navigasi udara. pilot dan menara pengawas harus mengetahui daerah lokasi yang terlarang bagi dunia penerbangan. cara navigasi uadara 5 . Perencanaan Penerbangan (Flight planning) sebagai safety culture yang dikembangkan oleh masyarakat penerbangan.

Radio Dalam dunia penerbangan alat komunikasi antara menara kontrol dengan pesawat masih menggunkan radio. Dead Rekoning Navigation (kotak hitam) 6 . seperti telephone genggam. Sehingga pesawat leanding dalam kondisi selamat. 3. Dala kondisi malam hari atau berkabut alat ini digunakan untuk mengetahui landasan pesawat. 2. Instrumen Navigation Instrumen navigation adalah alat yang berguna untuk menampilkan berbagai instrumen. Semua itu diinformasikan dengan instrumen. Pilotage Navigation adalah alat navigasi yang digunakan untuk memnadu pesawat yang berada di dalam pesawat itu sendiri. Seperti adanya pesawat lain. suara dan dapat juga berupa gambar. Sehingga telepon genggam harus di matikan sebelum pesawat berangkat. adanya badai dan lainlain. Jadi sangat rentan adanya gangguan dari frekuensi dari alat komunikasi yang lain. 4. seperti lampu. Alat ini berguna untuk memandu atau memberi tahu kepada pilot dan co-pilot keberadaan pesawat saat mengudara. Selain itu sebagai alat untuk mengetahui letak bandara.1.

Dead Rekoning Navigation (kotak hitam) adalah alat navigasi yang berada di pesawat. dan berbagi instrumen dalam pesawat. Sinyal yang dikirim dari kotak hitam ini akan diterima oleh radar dan satelit untuk kemudian dikirim ke menara pengawas. Sehingga dapat cepat memberikan bantuan. Alat ini dipasang untuk mengetahui bagai mana kecelakaan pesawat terjadi. Sehingga diketahui penyababnya. Alat ini berupa pita perekam seluruh kejadian terakhir pesawat. Selain itu kotak hitam memberikan informasi kepada tim peneliti kalau di Indonesia disebut dengan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) apa penyebab pesawat mengalami kecelakaan. Selanjutnya dipetakan sehingga dapat diketahui bangkai pesawat. Kotak hitam ini berisi data-data pesawat terakhir seperti percakan pilot dengan co-pilot. pilot dengan menara pengawas. 7 . agar dikemudian hari tidak terulang kembali. Alat ini dapat memancarkan sinyal yang akan digunakan untuk mengetahui lokasi kecelakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful