PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE

KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE)

BAB - I UMUM
1. TUJUAN a. Tujuan umum dari proyek ini menunjang kelancaran pelayanan. b. Pada pokoknya tujuan dari proyek ini adalah untuk melaksanakan pekerjaan perencanaan teknis pembangunan guest house secara lengkap dan terperinci (Full Engineer Desing) sehingga tercapai penyesuaian terhadap tingkat optimum c. dari investasi serta pentahapan pelaksanaan dalam batas kemampuan pembiayaan pembangunan. Pelaksanaan konsultan yang diserahi pekerjaan ini wajib menyediakan jasajasanya semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan detailed engineer dan final desing, sehingga diperoleh hasil pekerjaan berupa Dokumen proyek yang terdiri dari Gambar Rencana serta Dokumen Tender yang mencakup segala persyaratan yang ditetapkan dan dapat dipertanggung jawabkan guna pelaksanaan pekerjaan tersebut, serta mengusahakan sedikit mungkin adanya perbaikan-perbaikan atau perencanaan tambahan lainnya dikemudian hari. 2. LINGKUP PEKERJAAN a. Jasa konsultan yang diperlukan adalah untuk membuat usulan dan saran-saran yang menyangkut tentang tahapan pelaksanaan Pekerjan Konstruksi sesuai dengan alokasi dana yang tersedia, tetapi tetap memperhatikan kemantapan dan aspek fungsional ruas jalan tersebut. b. Jasa Konsultan yang diperlukan adalah melaksanakan final engineer guest house secara lengkap dan terperinci dengan kualifikasi minimal Teknologi Madiya yang menghasilkan Gambar Rencana dan Dokumen Tender terhadap pembangunan guest house yang dimaksud. c. Bagian-bagian pekerjaan yang tidak dapat dipisahkan dari proyek ini meliputi, antara lain : Phase I : Survey Lapangan terdiri dari: 1. Survey pendahuluan (Reconnaissance Survey) 2. Survey Topografi 3. Penyediaan Tanah dan Material Phase II : Pekerjaan Kantor yang meliputi penyusunan data lapangan, melaksanakan perencanaan, perhitungan biaya dan pembuatan dokumen proyek. Mengenai langkah-langkah pelaksanaannya akan diuraikan lebih lanjut dalam BAB II. adalah untuk mengadakan pembangunan/ peningkatan terhadap masyarakat terpencil di Kabupaten Malinau guna

Document1

1

Arcitectur Eng. Surveyor. maka konsultan harus mempersiapkan dan menyerahkan laporan hasil survey tersebut berupa data-data semua hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan selama waktu kontrak. Koordinator Project/Team Leader. 4. 2. Susunan Team tersebut sekurang-kurangnya terdiri dari : 1.PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) 3. Arcitectur Eng. Draftman.. ORGANISASI PELAKSANAAN Untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam hal ini diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik dalam anggota-anggota team yang terlibat. Agar supaya pekerjaan dapat berjalan lancar maka konsultan perlu didampingi seorang Project Officer yang ditunjuk oleh Pemimpin Proyek yang diberi tugas dan wewenang untuk mengambil keputusan-keputusan dalam hal-hal yang bersifat teknis dan administrasi. 3. 4. STANDAR PERENCANAAN Pencanaan Teknis Pembangunan Guest House a.Soil Eng. HASIL PEKERJAAN Sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan pekerjaan ini. Document1 2 . Technician. Dalam hal ini konsultan harus selalu berkonsultasi dengan Project Officer dalam memecahkan masalah-masalah yang timbul selama jangka waktu penyelesaian pekerjaan. Ass. 5.

Dengan adanya data-data tersebut konsultan sudah dapat memberikan informasi tentang gambaran lokasi lapangan.PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) BAB II URAIAN DAN KETENTUAN DETAIL PELAKSANAAN PEKERJAAN 1. jembatan/gorong-gorong dengan dimensinya dan bangunan pelengkap lainnya. Survey Pendahuluan (Reconnaissance Survey) Survey ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu gambaran umum tentang kondisi lapangan yang akan direncanakan. kebun/ladang. 2) Menentukan titik awal dan titik akhir dari rencana trace jalan yang sesuai peta dasar dan disetujui oleh Project Officer. PENGUMPULAN DATA Mengadakan inventarisasi dan mempelajari semua data penunjang dan informasi teknik yang ada baik di pusat maupun di daerah seperti :    Data Peta Kalimantan Timur Data Peta Kabupaten Malinau Data Peta lokasi Long Alango Kecamatan Kayan hulu 2. 5) Membuat foto dokumentasi lapangan pada areal lokasi pembangunan. sungai atau saluran irigasi dengan ukuran dan karakteristiknya. PEKERJAAN LAPANGAN a. sehingga sebelum pekerjaan lain seperti survey hidrologi. 6) Membuat laporan lengkap atas pekerjaan tersebut dan memberikan saransaran yang diperlukan untuk pekerjaan kontruksi. 4) Mengadakan pencatatan sumber lokasi material yang dapat dipergunakan untuk bahan bangunan. penyelidikan tanah. dengan batas-batasnya. 3) Mencatat keterangan-keterangan penting disepanjang trace jalan seperti rawa. Document1 3 . survey topografi. Adapun kegiatan yang dilakukan pada fase pekerjaan ini adalah meliputi : 1) Menyiapkan peta dasar yang berupa peta topografi serta peta pendukung lainnya yang dipakai untuk menentukan trace jalan secara garis besar. Dalam pekerjaan ini konsultan perlu mengumpulkan dan mencatat data-data visual yang dianggap perlu.

PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) b. Spesifikasi. Juga termasuk semua review yang diperlukan dan rencana kerja bulan berikutnya. Dokumen Tender/Kantor Konsultan harus menyiapkan dokumen tender untuk tiap-tiap pembagian pelaksankan pekerjaan yang telah ditetapkan. paling lambat adalah 15 hari setelah bulan yang bersangkutan berlaku dan merupakan syarat untuk penyelesaian administrasi. Foto-foto Lapangan Foto lapangan diperlukan untuk memberikan gambaran kondisi elevasi tanahdaerah yang akan dibangun. E. meliputi: Undangan pelelangan.Tampak. Surat Penawaran. Penyerahan laporan bulan ini. Denah. Pembuatan Gambar-Gambar Rencana.Potongan-potongan dan Detail. total kemajuan sejak permulaan dan melaporkan keterlambatan-keterlambatan yang terjadi dengan menyebutkan sebabsebabnya. Daftar Kualitas dan Harga. c. Perhitungan harga satuan untuk setiap pay item. Bentuk Surat Perjanjian. B. selanjutnya saran-saran untuk mengetasinya dan tindakantindakan yang telah dilaksanakan. 1. C. Laporan Lapangan Perencanaan/Konsultan wajib membuat dan menyerahkan laporan yang mencakup semua data yang didapat selama pekerjaan lapangan. Petunjuk Peserta Lelang. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Fisik Pembuatan Guest House D. Perhitungan biaya keseluruhan. PEKERJAAN KANTOR A. 3. Merupakan ringkasan dari kemajuan pekerjaan yang dilaksanakan tiaptiap bulan. Susunan laporan adalah sebagai berikut: Document1 4 . Ketentuan-ketentuan Umum. b. Laporan Bulanan a.

2. 5. ukuran kertas adalah A. Daftar isi Peta Lokasi Proyek Uraian Schedulle hasil pelaksanaan (diplot pada schedulle rencana kerja) Daftar Kantor (check list) pelaksanaan pekerjaan Laporan bulanan terakhir merupakan loporan akhir. Dokumen Tender dan Gambar Rencana Guest House : 15 set (gambar rencana dengan ukuran A-3).PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) d. PENYERAHAN LAPORAN-LAPORAN/HASIL PEKERJAAN Semua laporan dan hasil pekerjaan harus dijilid dengan rapi dan dan diberikan cover (sampul buku) sesuai dengan standar Cipta Karya dengan ukuran sebagai berikut: Untuk buku-buku/laporan.4 Laporan dan hasil pekerjaan yang harus diserahkan adalah sebagai berikut: 1. 4. diserahkan bersama dengan penyerahan hasil pekerjaan dan merupakan syarat penyelesaian administrasi. Document1 5 . Laporan Lapangan (photo-photo asli) : 5 set. Laporan Penyelidikan Tanah : 5 set. 4. Laporan Bulanan: 5 set. Laporan Perkiraan Biaya : 5 set. 3.

yaitu terdiri dari : 1.PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) URAIAN TUGAS PERSONIL Tidak adanya tenaga asing yang dikaryakan dalalm pekerjaan ini karena tenaga dari dalam negeri sudah cukup mampu untuk melakukannya. pengolahan maupun penyajian akhir seluruh hasil 2. BE) berpengalaman dalam bidang pengujian dan pengambilan data lapangan dalam bidang untuk bahan-bahan bangunan. Jika seorang Sarjan Teknik Sipil dia harus Document1 6 . Team Leader Team Leader harus seorang Sarjana Teknik Sipil atau Sarjana Muda Teknik Sipil (Ir. bila dia Sarjana Muda Teknik Sipil diperlukan pengalaman yang sama minimal 9 tahun. Meneliti dan menyarankan bahan pekerjaan yang dapat dipakai untuk semua ruas jalan yang direncanakan. Atau BE) dan berpengalaman dalam bidang perencanaan dan permasalahannya. Jika seorang Sarjana Teknik Sipil maka dia harus mempunyai pengalaman dibidang Perencanaan Teknik Jalan minimal 6 tahun. 3. Personil-personil yang tercantum dibawah ini harus bekerja secara penuh untuk pekerjaan ini. disamping sistem desain sudah diberikan oleh Bina Marga dalam bentu program komputer. Mempersiapkan pekerjaan. petunjuk teknis dari setiap kegiatan pekerjaan baik pengambilan data. 2. Acitectur Engineer Sarjana Teknik Asitektur/Sarjana Muda Teknik Sipil (Ir. khususnya bahan jala. Terbiasa mengoperasikan program kumputer yang dikeluarkan dari Bina Marga. 4. Tugas dan tanggung jawag Team Leader meliputi: 1. Mengkoordinir semua personil yang terlibat dalam pekerjaan ini sehingga bisa menghasilkan pekerjaan yang diisyaratkan.

Bertanggung jawab atas semua pengujian dan penyelidikan material/bahan. Mengedalikan semua personil yang terlibat dalam pekerjaan penyelidikan bahan/material baik di lapangan laboratorium serta menyusun rencana kerja. BE). Material Engineer bila diperlukan. 2. Dokumen / Cost Engineer Dokumen/Cost Engineer harus seorang Sarjana Teknik Arsitektur atau Sarjana Muda Teknik Sipil (Ir. Jika seorang Sarjana Teknik Sipil maka dia harus mempunyai pengalaman dalam bidang pengujian dan pengambilan data di lapangan untuk bahan jalan minimal 3 tahun. Tugas dan tanggung jawab meliputi: 1. Tugas dan tanggung jawab meliputi: Memeriksa hasil pengujian dan membuat laporan analisanya Menetukan lokasilokasi quarry Pengendalaian personil dlam pekerjaan penyelidikan dan pengambilan sampel dilapangan maupun pelaksanaan penguian di laboratorium sehingga didapat datanya representatif. Tugas dan tanggung jawab: Membuat perhitungan harga satuan dan upah untuk setiap pay item pelaksanaan. 3. Membuat perencanaan gambar bangunan guest house. 5. Dia harus berpendidikan Sarjana Teknik Sipil atau Sarjana Muda Teknik Sipil (Ir. Soil Engineer Material Engineer dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh Ass. BE). Memeriksa hasil pengujian dan membuat laporan analisanya. Document1 7 .PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) mempunyai pengalaman seperti diatas minimal 5 tahun dan bila dia Sarjana Muda Teknik Sipil diperlukan pengalaman yang sama minimal 8 tahun. bila dia Sarjana Muda Teknik Sipil diperlukan pengalaman yang sama minimal 5 tahun. Jika seorang Sarjana Teknik Arsitektur maka dia harus mempunyai pemgalaman dalam menyusun dan mempersiapkan laporan-laporan dokumen pelelangan dan dokumen kontrak minimal 3 tahun dan bila dia Sarjana Muda Teknik Sipil diperlukan pengalaman yang sama minimal 5 tahun. 1. Assiten Material Engineer/Ass. 4.

Teknis Lapangan Berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan penyelidikan lapangan untuk pekerjaan arsitektur khususnya teknik bangunan gedung. 6. survey material dan uji laboratorium. Mempunyai latar belakang pendidikan minimal STM Bangunan. 8. termasuk pemeriksaan material yang akan dipergunakan dengan alat pengukuran geodesi. Mampu mengitik secara cepat dengan rapi dan benar. perkantoran. berkelakuan baik dan sopan. Document1 8 .Office Boy Berpengalaman dalam pekerjaan pelayanan kantor. Sekretaris bertanggung jawab atas pengitikan dokumen-dokumen dan surat-surat yang dibutuhkan serta administrasi perkantoran.Sekretaris Berpengalaman minimal 3 (tiga) tahun dalam bidang administrasi. bertanggung jawab dan sanggup bekerja keras dalam menjalankan tugasnya. dan sedikitnya 1 (satu) tahun dalam administrasi proyek pekerjaan teknik bangunan gedung.PERENCANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN GUEST HOUSE KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE) - Perkiraan biaya untuk setiap fisik paket ditentukan disesuaikan tahap pelaksanaan fisik (konstruksi). dengan tingkat ketelitian yang tinggi. 7. 9. dan dapat menggunakan Word Processor. Tugas dan tanggung jawab teknisi lapangan adalah mengumpulkan data yang dibutuhkan dari lapangan dan bertanggung jawab atas ketelitian hasil yang didapat.Draftsman Mempunyai pengalaman dalam bidang pembuatan gambar teknik arsitektur khususnya bangunan gedung dan dapat bekerja dengan cepat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful