Kajian Tingkat Pengaruh Pasut dan Kemiringan Pantai Dalam Penentuan Garis Pantai

1. Latar Belakang Indonesia merupakan Negara maritim dan kepulauan (the archipelgis state) terbesar di dunia. Menurut data PBB tahun 2008, Indonesia mempunyai panjang garis pantai sebesar 95.181 km yang menempatkan Indonesia menjadi negara dengan panjang pantai keempat terbesar di dunia setelah Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Garis pantai sendiri memiliki beberapa pengertian, meliputi :     UNCLOS tahun 1982 : Garis patai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi. Undnang-undang Informasi Geospasial (UU IG) pasal 13 ayat 1 : Garis pantai merupakan garis pertemuan antara daratan dan lautan yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. SNI Survey Hidrografi : Garis pantai merupakan garis yang menggambarkan pertemuan anatara daratan dan wilayah pantai pada saat kedudukan pasang tertinggi. SNI Peta Dasar Lingkungan Pantai Indonesia (Skala 1 : 50.000) : Garis pantai merupakan garis batas antara darat dan laut mengacu pada duduk tengah (mean sea level) yang diberlakukan pada peta.

Terdapat dua jenis garis pantai, yaitu : 1. Berdasarkan Pembentuknya :  Alamiah ( berpasir, berbatuan, berlumpur, berawa, dan tetumbuhan laut). Jenis garis pantai alamiah dapat dilihat pada Gambar 1, 2, dan 3.

Gambar 1 Pantai Berpasir

Gambar 2 Pantai Berbatu

restoran laut. Gambar 5 menunjukkan garis pantai berdasarkan datum pasut . Pada Gambar 4 menunjukkan jenis pantai buatan. dan lain-lain). contohnya Garis Pantai pada Peta Rupa Bumi Indonesia (pasal 13 ayat 3 UU IG) Garis Pantai Surut Terendah. contohnya Garis Pantai pada Peta Lingkungan Pantai Indonesia dan Peta Lingkungan Laut Nasional (pasal 13 ayat 4 UU IG) Garis Pantai Pasang Tertinggi. Berdasarkan datum pasut :    Garis Pantai Tinggi Muka Air Laut Rata-Rata.Gambar 3 Pantai Tetumbuhan Laut  Buatan ( bangunan pantai. villa laut. contohnya Garis Pantai pada Peta Laut (umum digunakan di seluruh dunia. Gambar 4 Pantai Buatan 2. dermaga.

perbaikan dalam pengambilan keputusan. serta analisis dan pengawasan lingkungan laut. banjir. dan tepat waktu Untuk pemodelan badai. dan polusi.Gambar 5 Garis Pantai Berdasarkan Datum Pasut Terlepas dari berbagai definisi tentang garis pantai. mengelola sumber daya pesisir. . garis pemisah antara daratan dan lautan ini sangat penting mengingat garis pantai yang akurat dibutuhkan :   Agar kegiatan pelayaran menjadi aman. efisien.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful