Moh.

Yamin, SH, memberikan pengertian sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan. Herodotus : Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus, ahli sejarah pertama dunia berkebangsaan Yunani, yang mendapat julukan: The Father of History atau Bapak Sejarah. Menurut Herodotus sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Ibnu Khaldun, mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu. Dalam hal ini, R. Moh. Ali menyimpulkan pengertian sejarah sebagai berikut : a. Sejarah yaitu ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadiankejadian di masa lampau. b. Sejarah yaitu kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia. c. Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi). Ibnu Khaldun : Dalam bukunya yang berjudul "Mukadimah", Ibnu Khldun mendefisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat. W.J.S. Poerwadarminta : Dalam bukunya berjudul " Kamus Umum Bahasa Indonesia". Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian. Yaitu: Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.

Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau. Moh. Ali : Dalam bukunya ' Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia", Moh. ali menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut: Sejumlah perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita. Cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas.

b. Menurut pandangan ahli i) W.J.S Poerwadarminta : - silsilah/asal usul - kejadian/peristiwa yang benar2 terjadi pada masa lampau - ilmu,pengetahuan,cerita pelajaran tentang kejadian/peristiwa yang benar2 terjadi pada masa lampau. ii) Moh. Ali - Jumlah perubahan2, kerjadian/peristiwa dalam kenyataan sekitar kita - Cerita tentang perubahan, kejadian, peristiwa dalam kenataan di sekitar kita - Ilmu yang bertugas menyeldiki perubahan2 kejadian & peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. iii) Herodotus (Yunani) - peristiwa yang berkembang kearah depan dengan tujuan pasti, dan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan o/ keadaan manusia. iv) Ibnu Chaldun - catatan ttg masy. Umat manusia atau peradaban dunia & ttg perubahan2 yg tjd pd watak masy. Itu. v) Moh. Hatta - sejarah adl bukan sekedar cerita dr kej masa lalu, mlainkan pmahaman di masa lampau, yg di dlmnya mengandung bbg dinamika/problematika yg dpt dijadikan pelajaran bg manusia brikutnya.

yg disusun scr kronologis & sistematis. yg bnr2 tjd. Kisah tersebut merupakan suatu kesatuan rangkaian dari fakta-fakta yang saling berkaitan. Peristiwa yang dapat digolongkan sebagai suatu peristiwa sejarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. sejarah sbg ilmu adalah pengetahuan yg mempelajari masa lampau. Sejarah dalam arti objektif merupakan kejadian atau peristiwa sejarah yang tidak dapat terulang lagi.peristiwa yg abadi  pristiwa itu tdk brubah2 & diknang slamanya . Sejarah Sebagai Peristiwa dan Kisah Sejarah dapat dipahami dari 2 aspek. Peristiwa Tersebut Besar Pengaruhnya Peristiwa atau kejadian pada masa lampau mempunyai pengaruh yang besar pada .mempunyai generalisasi : kebenarannya diakui umum . 2. Sejarah sbg kisah  cerita tentang masa lampau yg bnr2 tjd Ciri : 1. Sejarah sebagai ilmu. a. yaitu : 1. penulis sej memerlukan intuisi. yaitu : 1. Peristiwa tersebut Unik Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang unik. a. Sartono kartodirdjo. tdk akan terulang persis sama c. Sejarah sebagai peristiwa atau realitas (I’histoir realite) karena peristiwa sejarah atau kejadian sejarah itu benar-benaada dan terjadi pada masa lampau. 2. sejarah sbg suatu seni  krn dlm rangka penulisannya. shg dlm pnulisan sej. dapat diulang 3. 2. Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu kontruksi (bangunan) yang disusun oleh penulis sebagai suatu uraian cerita (kisah).challenge & response) . dilihat dr sdt pandang waktu .peristiwa yg unik  hanya 1x. dpt ditulis oleh siapa saja dan kapan saja. Sejarah sebagai kisah sejarah (L’histoir recite). d. imajinasi.perbendaharaan pengetahuan  fakta yg dimiliki o/ sejarawan itu .heuristik .memiliki objek. b.verifikasi .interpretasi Jadi. Dari pengalaman tsb kemudian diserap & direkan dlm suatu dokumen yg akkan dipakai sbg sumber data . emosi dan gaya bhs. yaitu manusia. dan seni. membagi sejarah menjadi dua. kisah.historiografi . peristiwa. sgt dipengaruhi o/ gaya penyampaian did lm bhs yg dipergunakan. Tidak semua peristiwa yang terjadi pada masa lampau digolongkan sebagai suatu peristiwa sejarah. sebab hanya sejkali terjadi (once) atau dalam bahasa Jerman disebut dengan einmaligh. bsifat subyektif (didasarkan pd pandangan pribadi) Pandangan individu dipengaruhi oleh : .memiliki teori (kausalitas. Ciri : .kelompok social .kepentingan .bersifat empiris.peristiwa tsb penting  dpt dijadikan momentum.kemampuan berbahasa : bhs adl alat komunikasi. didasarkan pd pengalaman & pengamatan.nilai2  keyakinan yg bsumber dr agama.2.memiliki metode  langkah2 penulisan sej : .punya arti dalam menentukan hidup orang banyak . Dalam pengertian ini sejarah dipandang sebagai kisah dari peristiwaperistiwa masa lampau. 2.moral/etika lain . Sejarah sebagai ilmu Koentowijoyo : . Sejarah sbg peristiwa  kejadian di masa lampau yg benar2 tjd.

Objek yang dipelajari oleh sejarah sebagai ilmu adalah manusia dan masyarakat yang menekankanpda sudut pandang waktu. sedangkan seni merupakan hasil imajinasi. Sejarah sebagai Seni Sejarah sebagai seni. Penulisan sejarah berdasarkan fakta. sehingga kisah sejarah akan mudah dipahami oleh pembaca. d. b. Gaya Bahasa Dalam penulisan sejarah gaya bahasa yang digunakan harus lugas atau tidak berbelitbelit. seolah-olah mengalami sendiri. a. Pengalaman tersebut direkam dalam dokumen dan peninggalan sejarah lainnya. Sejarah sebagai seni memiliki kelemahankelemahan sebagai berikut : a. dsb. Sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. teori nasionalisme. Contohnya : Sejarah Sagaranten. dan apa yang terjadi seudah itu. c. BerkurangnyaKetetapan dan Objektivitas Accuracy (ketepatan) dan objektivitas sangat diperlukan dalam penulisan sejarah. yaitu pemahaman langsung dan insting selama masa penelitian berlangsung. Memiliki Metode Methodos (Bahasa Yunani) berarti cara. Dalam rangka penelitian. sejarah mempunyai teori yang berisi kumpulan kaidah-kaidah pokok suatu ilmu. 1. Sejarah sebagai Ilmu Sejarah sebagai ilmu memiliki ciri-ciri sebagai berikut . 2. seperti: teori sosiologi. Sejarah Sebagai Ilmu dan Seni 1. Imajinasi Dalam melakukan pekerjaannya seorang sejarawan harus dapat membayangkan apa yang sebenarnya terjadi.masanya atau pada masa-masa selanjutnya. kemudian diteliti oleh sejarawah untuk menemukan fakta. b. sasaran. Penulisan sejarah akan penuh dengan gambaran tentang perang dan biografi yang penuh sanjungan. Penulisan Sejarah akan Terbatas Penulisan sejarah yang terlalu dekat dengan seni akan terbatas kepada objek-objek yang dapat dideskripsikan . Sama seperti ilmu sosia lainnya. sejarah mempunyai metodologi penelitian sendiri yang menjadi patokan-patokan tradisi ilmiah yang senantiasa dihayati. c. Dalam hal ini cara kerja sejarawan sama dengan seniman. Memiliki Teori Dalam bahasaYunani theoria berarti renungan. harus membayangkan keadaan geografis kota Sagaranten. Memiliki Objek Kata Objek berasal dari Latin objectus artinya yang dihadapan. b. teori konflik sosial. Empiris Empiris berasal dari bahasa Yunani empeiria yang berarti pengalaman. Periodisasi yang dibuat para ahli tentang suatu peristiwa yang sama dapat berbeda- . Instuisi Sejarawan memerlukan instuisi atau ilham. tujuan. sumpah pemuda.PERIODISASI Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk berbagai peristiwa. d. dalam hal ini penulis sejarah harus mempunyai empati yang tinggi (empatheia = perasaan) untuk menyatukan perasaan dengan objeknya. peristiwa pembacaan proklmasi kemerdekaan. b. apa yang sedang terjadi. dsb. Contoh. memerlukan : a. Emosi Dalam penulisan sejarah harus ada keterlibatan emosi.

hello [Jonghyun] Naega jom seodooljin mollado [All] Who knows? Eojjeom oorin [Taemin] Jal dwaeljido molla [Minho] Naega dagaseoya haneunji Jom deo gidaryeoya haneunji [Jonghyun] Modu dareun maleul haneungae Deo eoryeoweo ([Onew] Mideul su eopgaetjyo) [Key] Bogiboda nooni nopayo [Onew] Eerun il nan heunchianayo Nae mal mideojweoyo [Taemin] Amureochi angae geunyeol aneul nal olkkayo [Onew] Saenggakhandaero modu eerweojindan mal mideoyo [All] Hello. Kronologi berdasarkan hari kejadian atau tahun terjadinya peristiwa sejarah. hello [All] Hello. Manfaat kronologi adalah: -dapat membantu menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah. -dapat menghubungkan dan membandingkan kejadian sejarah di tempat lain dalam waktu yang sama. hello [Onew] Naegae gihwaereul jweoyo [All] Hello. hello [Minho] Eebunaen nareul da geolgaeyo [All] Hello.beda bentuknya dikarenakan alasan pribadi atau subyektif. hello [Jonghyun] Jigeumeun eoddeolji mollado [All] Who knows? Eojjeom oorin [All] Hello. -dapat merekonstruksi peristiwa sejarah dimasa lalu berdasarkan urutan waktu dengan tepat.hae no more Geudael eejen pyohyeon hal su eopgo Nae shimjangeun da wonhae.ae kisshaneun naldo wajulkkayo [All] Hello. hello [Jonghyun] Nareumdaero yonggil naesseoyo [All] Hello.KRONOLOGI Kronologi adalah penentuan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah. hello Hello. 3. hello [Taemin] Naega jom seodooljin mollado [All] Who knows? Eojjeom oorin [Jonghyun] Oh yeah Cheoeumeun anijyo sashil malhajamyeon Sarangdo eebyuldo haebwatjyo [Onew] Hajiman eoryeoweoyo ee maleul mideojweoyo [Jonghyun] Geudaeneun dallayo [All] Hello. hello [Key] Nareumdaero yonggil naesseoyo [All] Hello. 2. baby baby baby girl [All] Hello. hello [Jonghyun[ Geudae jigeumeun eoddeolji mollado [All] Who knows? Oori doori [Onew] Oonmyungilji molla ([Minho] Hello nigyeotae maemdon geu shigandeuleul gyesok Geu eoddun gippeumgwado bigyomot. ROMANIZATION [Jonghyun] Eereol ddaereul bomyeon na Eorigineun hangabwa Noon apae dugodo eojji hal jul molla [Onew] Eoddeokgaedeul sarangeul shijakhago itneunji Saranghaneun sarangdeul malhaejweoyo [Taemin] Eonjenga geunyeo soneul japa bol nal olkkayo [Jonghyun] Gameun du noon wi. hello [Key] Jamshi yaegi hallaeyo [All] Hello. hello . hello [Onew] Jamshi yaegi hallaeyo [All] Hello.KRONIK Kronik adalah catatan tentang waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah. never let you go Eerungae sarangeeramyun jeoldae annochyeo Who knows? Oori doori) [All] Hello. hello [Key] Ooh yeah.

baby baby baby girl~ Who knows I know You know Hello Hello… dakishimetai bokura no ai kotoba Mada dare mo shiranai Who knows I know You know tomodachi sae shiranai Demo kimi to boku dake shi~tsu teru Hello Hello wooo yeah. Yeah….Hello – Shinee (Japan Ver) Iron’na kimi ga. chanto kotchi o mite yuki dashite Say Hello Hello Hello… Hello Hello…. nan-do mo iu Say Hello Hello Hello….. negai ga kanaunara Oh Yeah. Sekai wa bokura ga meguri aeta koto o Kono kokoro ga sawagu oto Who knows koi ga hora Hello Hello… ugokidashita nan-do mo iu Say Hello Hello Hello Hello Hello…. Dokidoki shite tomadou Hello Hello… Kore ijo kakusenai yo demo murida yo Ne kikoeru nda yo Apurochi ageku kotae wa Yes ka No Hello Hello…. shiritaku naru yo asette kodo ga hane teru Odokete otagai gomakasanaide sorosoro koi o hajimeyo Honshin ga shiritai jama sun na koi moyo Hello Hello… negai ga kanaunara Who knows I know You know Oh yeahh…. se no taka-sa mo koshite mukiauto Aruku haya-sa wa kimi ni awaseyo Kawasou koko de kisu sukoshi tererukedo boku no ho kara a a a a a Hello . Hello. Chodo ii ne. Hello Hello.. chanto kotchi o mite .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful