Batu adalah sejenis bahan yang terdiri daripada mineral dan dikelaskan menurut komposisi mineral.

Pengkelasan ini dibuat dengan berdasarkan: a. Kandungan mineral yaitu jenis-jenis mineral yang terdapat di dalam batu ini. b. Tekstur batu, yaitu ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral di dalam batu; c. Struktur batu, yaitu susunan hablur mineral di dalam batu. d. Proses pembentukan Batu-batu secara umum biasanya dibagi menurut proses yang membentuknya, dan dengan itu dipecahkan kepada tiga kumpulan yang besar yaitu: a. Batuan sediment ( sediment rock) b. Batuan Beku (Igneus Rock) c. Batu Metamorf (Metamorfis Rock) Batuan Beku atau Batuan Kristalin(igneous rock) Merupakan jenis batuan yang asalnya dari dalam bumi. Batuan tersebut pada awalnya merupakan benda cair, yang meleleh ke arah permukaan bumi, di mana suhunya lebih rendah daripada suhu yang terdapat di dalam tubuh bumi. Karena suhu yang rendah itu, batuan tersebut membeku.Proses pembekuan itu ada yang berjalan lebih lambat, sehingga biasanya membentuk batuan beku basa dimana strukturnya keras dan struktur kristalnya lebih teratur dan ada pula yang berlaku lebih cepat, dan biasanya membentuk batuan beku asam. Batuan Endapan(sedimen/sediment rock) Merupakan batuan yang asalnya adalah hasil gradasi. Batuan endapan ada yang tersusun berlapis, tetapi ada juga yang tidak. Butiran endapan itu bisa berukuran macam-macam, dari halus sampai ukuran besar. Bahan batuan endapan bisa dari batuan beku, bisa dari batuan metamorf dan bisa juga dari batuan endapan. Pada batuan endapan tidak terbentuk kristal. Batuan Metamorf Merupakan jenis batuan yang sifat-sifatnya berubah sebagai akibat daripada adanya tekanan yang kuat dan suhu yang tinggi. Segumpal tanah saja, kalau dipanaskan cukup lama, bisa menjadi "bata" yang sifat-sifatnya berbeda dengan tanah sebelum dipanaskan. "Bata" itu adalah juga batuan "metamorf", pada prinsipnya. Proses pembentukan batuan metamorf di dalam alam tentu berlanjut dengan tekanan yang lebih kuat dan suhu yang lebih tinggi. Batuan metamorf asalnya dari batuan endapan pada awalnya . Batuan metamorf tidak berkristal. (Pualam, Sabak).

Batuan sediment ini bias digolongkan lagi menjadi beberapa bagian diantaranya batuan sediment klastik.Batuan-batuan di bumi (Jenis dan terbentuknya) Bagian luar bumi tertutupi oleh daratan dan lautan dimana bagian dari lautan lebih besar daripada bagian daratan. Batuan sediment klastik terbentuk melalui proses pengendapan dari material-material yang mengalami proses transportasi. dan batuan metamorfosa/malihan (metamorphic rocks). Batuan beku plutonik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang relatif lebih lambat sehingga mineral-mineral penyusunnya relatif besar. batuan sediment (sedimentary rocks). Batuan-batuan tersebut berbeda-beda materi penyusunnya dan berbeda pula proses terbentuknya. dan dacite Batuan sediment atau sering disebut sedimentary rocks adalah batuan yang terbentuk akibat proses pembatuan atau lithifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian tertransportasi dan seterusnya terendapkan. Perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari besar mineral penyusun batuannya. Sedangkan batuan beku vulkanik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang sangat cepat (misalnya akibat letusan gunung api) sehingga mineral penyusunnya lebih kecil. diorite. Contoh batuan beku plutonik ini seperti gabro. Berdasarkan teksturnya batuan beku ini bisa dibedakan lagi menjadi batuan beku plutonik dan vulkanik. Contohnya adalah basalt. Mereka adalah : batuan beku (igneous rocks). andesit (yang sering dijadikan pondasi rumah). dan batuan sediment organik. Akan tetapi karena daratan adalah bagian dari kulit bumi yang dapat kita amati langsung dengan dekat maka banyak halhal yang dapat pula kita ketahui dengan cepat dan jelas. Dari jenisnya batuan-batuan tersebut dapat digolongkan menjadi 3 jenis golongan. Batuan beku atau sering disebut igneous rocks adalah batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral dan terbentuk akibat pembekuan dari magma. batuan sediment kimia. Salah satu diantaranya adalah kenyataan bahwa daratan tersusun oleh beberapa jenis batuan yang berbeda satu sama lain. dan granit (yang sering dijadikan hiasan rumah). Besar butir dari batuan sediment klastik .

Selanjutnya dua keadaan dimana sebuah benda tidak akan bergerak secara tranlasi maupun rotasi adalah bahwa nilai perubahan kecepatan linier dan angular benda terhadap waktu harus sama dengan nol. statika maupun dinamika gaya-gaya terhadap sebuah benda padat. Hal ini akan cukup menjamin terwujudnya keadaan dimana besar resultan gaya-gaya tersebut sama dengan nol. Contohnya batu konglomerat. Kejadian alam dan proses geologi yang berlangsung sekarang inilah yang memberikan gambaran apa yang telah terjadi di masa lampau seperti diungkapkan oleh ahli geologi “JAMES HUTTON” dengan teorinya “THE PRESENT IS THE KEY TO THE PAST” Mekanika Batuan Laboratorium memfokuskan pada analisa respon batuan terhadap medan gaya oleh suatu medium dari lingkungan fisika nya. Contohnya anhidrit dan batu garam (salt). Batuan metamorf atau batuan malihan adalah batuan yang terbentuk akibat proses perubahan temperature dan/atau tekanan dari batuan yang telah ada sebelumnya. Batu marmer yang merupakan perubahan dari batu gamping. yaitu ilmu mekanika translasi. Contohnya adalah batugamping terumbu. Batu kuarsit yang merupakan perubahan dari batu pasir. Proses-proses tersebut berlangsung sepanjang waktu baik di masa lampau maupun masa yang akan datang. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan pelindung (seal rocks) hidrokarbon dari migrasi. batuan sebelumnya akan berubah tektur dan strukturnya sehingga membentuk batuan baru dengan tekstur dan struktur yang baru pula. Keadaan demikian dikatakan bahwa benda dalam keadaan kondisi . Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) atau batuan penyimpan (reservoir). untuk pemahaman terhadap ilmu mekanika batuan harus didahului dengan pemahaman tentang mekanika itu sendiri. Batuan sediment kimia terbentuk melalui proses presipitasi dari larutan.bervariasi dari mulai ukuran lempung sampai ukuran bongkah. Akibat bertambahnya temperature dan/atau tekanan. Batuan sediment organik terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup. Contoh batuan tersebut adalah batu sabak atau slate yang merupakan perubahan batu lempung.Apabila semua batuan-batuan yang sebelumnya terpanaskan dan meleleh maka akan membentuk magma yang kemudian mengalami proses pendinginan kembali dan menjadi batuan-batuan baru lagi. rotasi. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan penyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau bisa juga menjadi batuan induk sebagai penghasil hidrokarbon (source rocks). batu pasir dan batu lempung.

karena untuk banyak hal data mengenai deformasi elastik inilah yang banyak dibutuhkan oleh berbagai kegiatan. dengan demikian analisa yang dilakukan lebih mengutamakan pada kasus deformasi elastik saja. akan tetapi pada umumnya analisa yang dilakukan lebih banyak untuk jenis batuan sedimen seperti batu pasir atau batuan gamping yang bersifat elastik.keseimbangan statik. . sedangkan medium yang dimaksud bisa berupa medium elastik maupun non elastik. Aplikasi mekanika batuan di dalam perminyakan antara lain: • • • Di bidang pemboran bisa untuk melakukan uji kestabilan lubang bor. Dari hasil pengujian berdasarkan pada uji kompresi maupun frekwensi maka di laboratorium mekanika batuan dapat melakukan pengujian : UCS ( Uniaxial Compressive Strength) yaitu suatu aktifitas yang dilakukan untuk menguji kekuatan batuan dengan pembebanan sampai batas kekuatan maksimal dari batuannya itu sendiri. Di bidang reservoir bisa untuk menganalisa indikasi yang berkaitan dengan porositas dan saturasi fluida yang ada didalamnya. untuk melakukan uji pemecahan batuan dengan tekanan hidraulic. Pengkelasan ini dibuat dengan berdasarkan: a. Acoustic Velocity yaitu suatu aktifitas yang dilakukan untuk menguji kecepatan suatu gelombang yang dilewatkan kedalam batuan sehingga dengan diketahui panjang dari batuan nya itu sendiri akan diperoleh waktu tempuh penjalaran gelombang. Kandungan mineral yaitu jenis-jenis mineral yang terdapat di dalam batu ini. Adapun kecepatan gelombang yang diperoleh yaitu kecepatan gelombang primer ( Vp ) dan kecepatan gelombang sekunder ( Vs ). Dalam pengertian secara fisik sifat-sifat elastik dari suatu batuan menghasilkan parameterparameter sendiri dan memiliki arti sendi-sendiri dan parameter-parameter. CPV( Compressibilitas Pore Volume) yaitu suatu aktifitas yang dilakukan untuk menguji perubahan fraksi pore volume dengan adanya perubahan satuan tekanan. Berdasarkan kepada hasil deformasi yang dilakukan dengan uji kompresi dan frekwensi maka dapat digolongkan menjadi dua macam hasil pengujian yaitu : pengujian statis dimana deformasi yang terjadi sangat kecil dan frekwensi nya sangat tinggi sedangkan untuk pengujian dinamis deformasi yang terjadi mencapai maksimum atau dalam arti sampai mencapai kekuatan maksimum dari batuan yang diujinya tetapi frekwensi nya nol. Di bidang produksi bisa untuk melakukan uji butiran pasir yang ikut terproduksi. Adapun respon dari gaya tersebut dalam bentuk deformasi atau strain ( yaitu perbandingan antara deformasi dengan dimensi awal ). Batu adalah sejenis bahan yang terdiri daripada mineral dan dikelaskan menurut komposisi mineral. keadaan inilah yang merupakan kerangka umum atau dasar dalam kajian mekanika batuan.

bisa menjadi "bata" yang sifat-sifatnya berbeda dengan tanah sebelum dipanaskan. Tekstur batu. d. bisa dari batuan metamorf dan bisa juga dari batuan endapan. Batuan metamorf asalnya dari batuan endapan pada awalnya . sehingga biasanya membentuk batuan beku basa dimana strukturnya keras dan struktur kristalnya lebih teratur dan ada pula yang berlaku lebih cepat. Butiran endapan itu bisa berukuran macam-macam. Batuan sediment ( sediment rock) b. Batuan metamorf tidak berkristal. (Pualam. c. Proses pembentukan batuan metamorf di dalam alam tentu berlanjut dengan tekanan yang lebih kuat dan suhu yang lebih tinggi. Batuan Endapan(sedimen/sediment rock) Merupakan batuan yang asalnya adalah hasil gradasi. Batuan Metamorf Merupakan jenis batuan yang sifat-sifatnya berubah sebagai akibat daripada adanya tekanan yang kuat dan suhu yang tinggi. "Bata" itu adalah juga batuan "metamorf". dan biasanya membentuk batuan beku asam. dari halus sampai ukuran besar. .Proses pembekuan itu ada yang berjalan lebih lambat. dan dengan itu dipecahkan kepada tiga kumpulan yang besar yaitu: a. Struktur batu. pada prinsipnya. Proses pembentukan Batu-batu secara umum biasanya dibagi menurut proses yang membentuknya. Batuan tersebut pada awalnya merupakan benda cair. Bahan batuan endapan bisa dari batuan beku. Batuan Beku (Igneus Rock) c. yaitu susunan hablur mineral di dalam batu. batuan tersebut membeku. Sabak). Batuan endapan ada yang tersusun berlapis. Batu Metamorf (Metamorfis Rock) Batuan Beku atau Batuan Kristalin(igneous rock) Merupakan jenis batuan yang asalnya dari dalam bumi.b. Pada batuan endapan tidak terbentuk kristal. Segumpal tanah saja. yaitu ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral di dalam batu. kalau dipanaskan cukup lama. yang meleleh ke arah permukaan bumi. di mana suhunya lebih rendah daripada suhu yang terdapat di dalam tubuh bumi. tetapi ada juga yang tidak. Karena suhu yang rendah itu.

Struktur batu. Pengkelasan ini dibuat dengan berdasarkan: a. Kandungan mineral yaitu jenis-jenis mineral yang terdapat di dalam batu ini. Tekstur batu. "Bata" itu adalah juga batuan "metamorf". Segumpal tanah saja. dan dengan itu dipecahkan kepada tiga kumpulan yang besar yaitu: a. c. Batuan sediment ( sediment rock) b. Butiran endapan itu bisa berukuran macam-macam.BATUAN 00:01 Posted by Harnovi Minner Labels: GEOLOGI Batu adalah sejenis bahan yang terdiri daripada mineral dan dikelaskan menurut komposisi mineral. Batu Metamorf (Metamorfis Rock) Batuan Beku atau Batuan Kristalin(igneous rock) Merupakan jenis batuan yang asalnya dari dalam bumi. b. Batuan Endapan(sedimen/sediment rock) Merupakan batuan yang asalnya adalah hasil gradasi. Batuan Metamorf Merupakan jenis batuan yang sifat-sifatnya berubah sebagai akibat daripada adanya tekanan yang kuat dan suhu yang tinggi. (Pualam. Sabak). batuan tersebut membeku. . Batuan endapan ada yang tersusun berlapis. yaitu ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral di dalam batu. Pembekuan yang lebih lambat. Pada batuan endapan tidak terbentuk kristal. pada prinsipnya. Batuan metamorf tidak berkristal. dan biasanya membentuk batuan beku asam. di mana suhunya lebih rendah daripada suhu yang terdapat di dalam tubuh bumi. Proses pembentukan batuan metamorf di dalam alam tentu berlanjut dengan tekanan yang lebih kuat dan suhu yang lebih tinggi. Contoh daripada batuan beku misalnya adalah batuan seperti : granit. Karena suhu yang rendah itu. Batuan tersebut pada awalnya merupakan benda cair. yaitu susunan hablur mineral di dalam batu. kalau dibandingkan dengan batuan yang proses pembekuannya berlaku lebih cepat. Batuan metamorf asalnya dari batuan endapan pada awalnya .Proses pembekuan itu ada yang berjalan lebih lambat. Bahan batuan endapan bisa dari batuan beku. mengakibatkan terbentuknya kristal yang lebih besar. yang meleleh ke arah permukaan bumi. d. Batuan Beku (Igneus Rock) c. andesit. tetapi ada juga yang tidak. Proses pembentukan Batu-batu secara umum biasanya dibagi menurut proses yang membentuknya. bisa dari batuan metamorf dan bisa juga dari batuan endapan. kalau dipanaskan cukup lama. bisa menjadi "bata" yang sifat-sifatnya berbeda dengan tanah sebelum dipanaskan. Perbedaan dalam proses pembekuan itu mengakibatkan terbentuknya ukuran kristal pada batuan itu yang berbeda besarnya. dari halus sampai ukuran besar. sehingga biasanya membentuk batuan beku basa dimana strukturnya keras dan struktur kristalnya lebih teratur dan ada pula yang berlaku lebih cepat.

Jenis batuan umum seperti batu kapur.1 Dari Crayonpedia Langsung ke: navigasi. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. cari Batu kapur.com/glosarium Batuan sedimen Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Penamaan batuan sedimen biasanya berdasarkan besar butir penyusun batuan tersebut Penamaan tersebut adalah: breksi. cari Untuk materi ini mempunyai 1 Kompetensi Dasar yaitu: . batu lempung • • • • • Breksi adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butitan yang bersudut Konglomerat adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butiran yang membudar Batu pasir adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 2 mm sampai 1/16 mm Batu lanau adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 1/16 mm sampai 1/256 mm Batu lempung adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih kecil dari 1/256 mm http://id.wikipedia. batu pasir. batupasir. dan pengendapan (precipitation) dari larutan.wikipedia. Batuan endapan meliputi 75% dari permukaan bumi. konglomerat. termasuk dalam batuan endapan. pengendapan (deposition) karena aktivitas biogenik.org/wiki/Batuan_sedimen http://www.scribd.Daftar Pustaka : http://id.com/doc/4692334/klasifikasi-batuan Jenis-jenis batuan 7.geografiana.org/wiki/Batu http://www. jenis umum batuan endapan Batuan endapan atau batuan sedimen adalah salah satu dari tiga kelompok utama batuan (bersama dengan batuan beku dan batuan metamorfosis) yang terbentuk melalui tiga cara utama: pelapukan batuan lain (clastic). dan lempung.

Kompetensi Dasar : 1. Jenis Batuan [ Oleh Karismanto Rahmadika. proses pembentukan. kemudian mengalami proses pengangkutan lalu diendapkan di tempat lain Batuan sedimen dibedakan oleh jenis zat pengangkutnya. sebagai berikut. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi. Batuan yang beku di permukaan bumi disebut batuan ekstrusiva (batuan beku luar) Contoh batu beku Granit Obsidian Obsidian tembus pandang Obsedian Diorite Granit Obsedian abu-abu Diorite Batu Sediman Batuan sedimen/endapan terbentuk oleh batuan beku yang tererosi (terkikis). Batuan yang beku di dalam bumi disebut batuan intrusiva (batuan beku dalam) 2. Batu sediman aeolis : batuan hasil proses pengangkutan oleh angin . murid SMP Negeri 14 Bandung ] Lapisan litosfer (lapisan kerak bumi) terdiri dari berbagai jenis batuan yang semua terbuat dari pembekuan magma. Batu beku Batuan beku terbentuk karena pembekuan magma. yaitu : 1. Karena adanya proses endogen dan eksogen batuan terbagi jadi tiga jenis. 1. dan dampaknya terhadap kehidupan.

2. Contoh : delta di muara sungai 3. Batu sediman marin : batuan hasil proses pengangkutan dan dibentuk oleh air laut. Tak berlapis (non foliated) Contoh batuan melihan Phyllite Batu melihan foliated: phylite Marmer Batu melihan non foliated: marmer . terbentuk dari batu yang mengalami proses perubahan suhu dan tekanan dalam waktu yang lama. Contoh : sand-dune di pantai 4. misalnya batu kapur (gamping) berubah menjadi batu marmer (pualam). Berlapis (foliated) 2. Batu melihan bisa dibedakan dari strukturnya menjadi: 1. Batu sediman aluvial : batuan hasil proses pengangkutan dan pembentukan oleh air yang mengalir. Batu sediman glasial : batuan hasil proses pengangkutan dan pembentukan oleh gletser atau es yang mengalir Contoh batuan sedimen Konglomerat Konglomerat Gipsum Gipsum Kristal Garam Kristal Garam Batu Pasir Batu Pasir Batuan Melihan Batuan melihan (batu metamorf).

Terbitan Grafindo Media Pratama.1 .org/mw/Jenis-jenis_batuan_7.Pustaka • • Isi halaman ini diringkas dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas VII Jilid 1.crayonpedia. 2006 Gambar-gambar diambil dari GLENDALE COMMUNITY COLLEGE. EARTH SCIENCE IMAGE ARCHIVE http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful