TUTORIAL LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA UNTUK PENGAJAR

2011

Maryanto

Halaman 1

PANDUAN PENGGUNAAN PENGAJAR LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA Learning Management System SMA Muh 1 Yogyakarta merupakan system yang di gunakan untuk mengelola bahan ajar, referensi, tugas, soal – soal latihan dan lain sebagainya untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang sudah di lakukan di dalam kelas. Dengan menggunakan Learning Management System (LMS) maka para pengajar bisa berinteraksi dengan siswa tanpa keterbatasan tempat dan waktu. Materi – materi yang ada di LMS akan selalu siap di akses oleh siswa kapan saja dan di mana saja, sehingga para siswa bisa lebih mudah dalam mendapatkan bahan untuk mempelajari materi yang sedang di pelajarai baik yang sedang di palajari maupun yang pernah di ajarkan sebelumnya. Learning Management System SMA Muh 1 Yogyakarta bisa kita akses di dalam jaringan SMA Muh 1 Yk dengan alamat atau URL http://192.168.0.8, namun untuk jaringan di luar jaringan SMA Muh 1 Yk atau dengan jaringan internet di gunakan alamat http://lms.smumuhi-yog.sch.id . Setiap pengguna Learning Management System harus mendaftarkan diri di layanan Learning Management System, setelah Admin LMS menerima pendaftarannya maka pengguna bisa langsung memanfaatkan apa saja yang ada di dalam Learning Management System. 1. PENDAFTARAN

Gambar. 01 Untuk melakukan pendaftaran atau membuat account baru di LMS kita gunakan menu “buat account” seperti pada gambar 01.

Maryanto

Halaman 2

Gambar 02

Gambar 03 Isi semua field yang ada kemudia klik pada tombol “Daftar” seperti gambar 03. Langkah ini hanya sekali di lakukan, setelah terdaftar kita tinggal masuk ke system dengan username dan password yang sudah kita daftarkan

Maryanto

Halaman 3

LOGIN / MASUK Gambar 05 Masukkan Username dan Password kemudian klik pada tombol Login. Maryanto Halaman 4 . 2. setelah pendaftaran kita di terima maka kita bisa menggunakan account pendaftaran kita untuk masuk atau log-in kedalam system LMS.Gambar 04 Setelah muncul pesan seperti pada gambar 04 maka langkah berikutnya tinggal menunggu Admin LMS untuk menerima pendaftaran kita.

Pada halaman ini kita bisa langung mengelola halaman untuk mata pelajaran yang kita ampu. Maryanto Halaman 5 . soal. file dan sebagainya. Gambar 07 Setelah kita klik pada nama mata pelajaran akan muncul halaman seperti pada gambar 07. Pada halaman ini akan muncul mata pelajaran yang sudah di tentukan oleh Admin LMS dengan hak akses sebagai guru. Menu – menu yang tampil di sini bisa kita gunakan untuk menambahkan materi. Untuk masuk ke halaman mata pelajaran yang kita ampu klik pada nama mata pelajaran yang ada.Gambar 06 Halaman seperti gambar 06 merupakan halaman awal bagi para pengajar.

Maryanto Halaman 6 .3. Gambar 09 Menu – menu yang ada di halaman ini bisa kita seting dari menu Administrasi. dengan menu ini kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan menu – menu yang akan di akses oleh siswa maupun kita sebagai pengajar. MENGAKSES COURSE / MATA PELAJARAN Gambar 08 Tampilan halaman awal ketika kita masuk ke system LMS di tandai dengan Nama Pengguna yang di tampilkan di kanan atas.

Gambar 11 Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan menu atau modul pada mata pelajaran kita bisa langsung klik pada modul atau menu yang kita inginkan. Setiap menu yang kita nonaktifkan maka kita sebagi pengajar tidak bisa mengaksesnya sebelum kita mengaktifkannya lagi.4. MENGAKTIFKAN MODUL YANG DI INGINKAN (ADMINISTRATION COURSE) Gambar 10 Klik pada menu Administrasi untuk melakukan seting pada mata pelajaran yang kita ampu. Maryanto Halaman 7 .

5. Maryanto Halaman 8 . MEMBERIKAN PENGANTAR PADA COURSE / MATA PELAJARAN Gambar 11 Gunakan menu Information Pelajaran untuk memberikan keterangan atau informasi pada mata pelajaran yang kita ampu. Gambar 12 Selanjutnya klik pada menu Edit Informasi. untuk memulai memberikan informasi terkait dengan mata pelajaran kita.

Tujuan dan Topik pada Mata Pelajaran kita. Maryanto Halaman 9 . keterangan yang sudah kita masukkan. Menu ini digunakan untuk menghapus Menu ini digunakan untuk merubah / meng-edit keterangan. Sebagai contoh kita bisa menambahkan Keterangan.Gambar 13 Pada halaman seperti gambar 13 menunjukkan halaman dan menu yang kita gunakan untuk merubah dan menambah informasi yang terkait dengan mata pelajaran yang kita ampu. Gambar 14 Menun ini digunakan untuk menambahkan keterangan.

6.Gambar 15 Halaman seperti pada gambar 15 adalah contoh ketika siswa maupun pengajar mengakses informasi dari mata pelajaran yang sudah kita isi / rubah informasi mata pelajarannya. MENAMBAHKAN MATERI Gambar 16 Klik pada menu Isi untuk menambahkan materi dan mengelola susunan materi yang akan di tampilkan pada mata pelajaran. Maryanto Halaman 10 .

Gambar 17 Halaman seperti pada gambar 17 menunjukan tempat kita menempatkan / menyusun materi . Gambar 18 Halaman seperti gambar 18 akan tampil setelah kita klik pada menu “Membuat Unit”. klik pada menu “Membuat Unit” untuk menambahkan atau menyusun materi. dengan menggunakan halaman kita kita bisa langsung menambahkan materi maupun menyusun informasi dari materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran kita. Maryanto Halaman 11 .

Dan susunan dari materi yang kita bikin akan di tampilkan pada menu di bawah Materi Pelajaran di windows bagian kanan seperti pada gambar 21.Gambar 19 Tampilan seperti gambar 19 adalah contoh tampilan setelah kita membuat materi dan sudah kita simpan. Maryanto Halaman 12 . Susunan materi pada mata pelajaran kita di tampilkan contohnya di sebelah kanan Gambar 20 Halaman seperti gambar 20 akan tampil setelah klik klik pada “sub unit” yang artinya kita akan membuat sub dari materi yang kita buat sebelumnya.

Materi dalam bentuk text Gambar 22 Untuk menambahkan materi dalam bentuk text langkah yang kita gunakan seperti pada waktu kita menyusun materi sebelumnya. Maryanto Halaman 13 .Gambar 21 a. dengan menekan buat materi atau sub unit maka kita bisa langsung menambahkan materi dalam bentuk text.

Maryanto Halaman 14 . b.Gambar 23 Gambar 23 merupakan contoh materi yang sudah kita buat dan simpan kemudian kita tampikan. Materi dalam bentuk file pdf Gambar 24 Klik pada menu buat subunit untuk membuat materi dalam bentuk PDF yang bisa kita langsung tampilkan sebagai materi dalam bentuk text.

Selanjutnya klik “Browse” seperti pada gambar 26 untuk meng-upload file PDF yang akan kita tampilkan sebagai materi di mata pelajaran.Gambar 25 Untuk menyisipkan materi dalam bentuk PDF klik pada tanda centang di sebelah “Tongle pdf/ konten kustom”. Gambar 26 Maryanto Halaman 15 .

maka kita tinggal menekan tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan semua proses yang kita lakukan. Maryanto Halaman 16 .Gambar 27 Setelah file di upload. Gambar 28 Halaman seperti pada gambar 28 adalah contoh ketika materi dalam bentuk PDF tersebut di akses oleh siswa.

c. Blok pada text yang akan di berikan link atau jalan menuju ke URL yang kita masukkan. Gambar 30 Jendela link akan tampil seperti gambar 30 kemudian masukkan link / URL yang kita inginkan di field “Link URL”. Maryanto Halaman 17 . Materi dalam bentuk link Gambar 29 Langkah pertama untuk memasukkan materi dalam bentuk link sama dengan menambahkan materi seperti biasa. perbedaannya hanya pada penambahan link pada materi yang kita masukkan.

Maryanto Halaman 18 .Gambar 31 Gambar 32 Halaman seperti di gambar 32 merupakan tampilan setelah kita menyimpan materi dalam bentuk link yang sudah kita simpan. dengan mengarahkan pointer dan klik pada link yang sudah ada kita bisa langsung menuju ke website / URL yang sudah kita masukkan.

d. Gambar 34 Kita bisa langsung melakukan upload file atau terlebih daluhu membuat folder di mata pelajaran kita. Untuk membuat folder kita gunakan menu “Buat Folder”. Materi dalam bentuk file Gambar 33 Untuk menambahkan materi dalam bentuk file kita menggunakan menu “File”. Maryanto Halaman 19 .

Gambar 35 Setelah kita klik pada menu “Buat Folder” maka langkah selanjutnya kita berikan nama pada folder yang kita inginkan. klik pada folder yang kita inginkan dan akan tampil seperti gambar 36. Kemudian klik pada tombol “Buat” untuk menerapkannya pada mata pelajaran kita. Gambar 36 Setelah folder kita siapkan. Maryanto Halaman 20 .

Maryanto Halaman 21 . kemudian setelah file di temukan klik pada tombol “Open”.Gambar 37 Klik pada menu “Pemuatan” untuk meng-upload atau menambahkan file yang akan kita simpan di mata pelajaran. Kemudian klik pada tombol “Unggah”. Gambar 38 Selanjutnya klik pada tombol “browse” untuk mencari file yang akan kita upload.

Gambar 40 Ketika file yang kita share kepada para siswa maka siswa bisa langsung melakukan download dari halaman materi yang kita buat dengan tampilan seperti gambar 40. Maryanto Halaman 22 .Gambar 39 Halaman seperti gambar 39 menunjukkan file yang sudah kita unggah di dalam folder yang kita buat.

Menambah File Video Untuk di Jalankan Langsung di LMS Gambar 41 Bagi Bapak dan Ibu guru yang mempunyai materi dalam bentuk video bisa langsung menambahkannya di materi ini dan siswa bisa langsung menjalankannya di LMS. setelah file terupload klik pada menu “sisipkan ke editor” untuk menambahkan ke halaman materi. Caranya adalah kita buat materi baru. Maryanto Halaman 23 . Gambar 42 Kita bisa memilih file dari seluruh file yang sudah kita upload sebelumnya atau kita upload saat ini juga. kemudian berikan judul dan klik pada “Toggle manajer file”.

7. dimana video yang kita tambahkan bisa langsung di jalankan di halaman itu juga. Menambahkan quis / soal untuk bank soal Gambar 44 Klik pada menu “Tes“ untuk menambahakan soal – soal ujian / latihan. Maryanto Halaman 24 .Gambar 43 Halaman seperti gambar 43 adalah tampikan ketika materi tersebut di akses oleh siswa. MENAMBAHKAN TUGAS a.

Gambar 45 Halaman untuk menambah bank soal maupun untuk menyusun lembar ujian atau soal – soal latihan. Maryanto Halaman 25 . Gambar 46 Klik pada menu “Pertanyaan” untuk menambah koleksi soal di mata pelaran kit. Selanjutnya klik pada menu “Menambah pertanyaan” untuk membuat soa dengan tipe – tipe yang sudah di tentukan.

Setelah semua terisi kita akhiri dengan menekan tombol simpan. Maryanto Halaman 26 . mulai dari perkiraan waktu pengerjaan. termasuk di sini kunci jawaban dari soal yang kita buat. maka kita pilih “Beberapa Pilihan – Single Benar Terbaik” Gambar 48 Pada halaman seperti pada gambar 48 kita mulai untuk membuat soal.Gambar 47 Sebagai contoh kita akan membuat soal pilihan ganda dengan satu jawaban benar. pertanyaan dan jawabannya.

Menyusun soal – soal dalam tugas / ujian Gambar 50 Setelah kita membuat koleksi soal maka langkah selanjutnya kita susun dalam lembar ujian yang ada di menu “Tes”. Maryanto Halaman 27 .Gambar 49 Setelah satu soal sudah selesai kita buat maka soal tersebut akan di tampilkan di dalam window pertanyaan. kemudian untuk membuat soal – soal yang lain tinggal kita ulangi langkah yang sudah kita lakukan sebelumnya sampai semua soal masuk di LMS ini. Klik pada menu “Tambahkan” untuk mulai menambahkan lembar ujian / latihan bagi siswa. b.

selanjutnya klik Simpan Maryanto Halaman 28 . penambahan keterangan untuk lembar ujian yang akan kita berikan.Gambar 51 Di halaman seperti gambar 51 kita melakukan seting. Gambar 52 Setelah semua pengaturan dan keteragan kita tambahkan.

Maryanto Halaman 29 . Selanjutnya klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan yang kita masukkan. Gambar 54 Berikutnya klik pada menu “Sesuaikan Pertanyaan” untuk menambahkan beberapa pengaturan tingkat lanjut dari lembar ujian / latihan yang kita buat.Gambar 53 Berikutnya kita pilih soal – soal yang akan kita masukkan di lembar ujian / latihan yang sudah buat sebelumnmya dengan cara berikan tanda centang pada Gunakan Pertanyaan.

Gambar 55 Halaman seperti gambar 55 merupakan tampilan salah satu lembar ujian / latihan yang sudah kita susun dengan contoh tampilan ketika di akses siswa seperti pada gambar 56. Gambar 56 Maryanto Halaman 30 .

c. dalam tugas ini para siswa di minta mengirimkan file untuk di nilai oleh pengajar. Gambar 58 Klik pada menu Tambahkan Proyek untuk membuat tugas baru Maryanto Halaman 31 . Menambahkan tugas Gambar 57 Menu “Proyek” seperti pada gambar 57 merupakan menu yang di gunakan untuk menambahkan tugas kepada para siswa.

Gambar 59 Halaman untuk memasukkan keterangan dan pengaturan tugas Gambar 60 Tugas sudah di tambahkan dan para siswa siap untuk mengakses tugas tersebut. Maryanto Halaman 32 .

MEMERIKSA TUGAS a. Maryanto Halaman 33 . 8.Gambar 61 Tampilan ketika tugas di akses oleh siswa dan ada field untuk mengirimkan file tugas. Memberikan nilai pada tugas siswa Gambar 62 Untuk memeriksa siapa saja yang sudah mengumpulkan tugas dan seperti apa tugas yang di kumpulkan klik pada menu “Proyek” .

Gambar 64 Berikan nilai pada kotak skor kemudian klik pada tanda cetang hijau untuk menyimpan nilai tersebut. Maryanto Halaman 34 .Gambar 63 Klik pada menu “Skor” untuk memberikan nilai bagi siswa yang sudah mengumpulkan tugasnya.

b. Gambar 66 Tulis komentar tentang tugas yang sudah di kirim kemudian klik tombol “menyerahkan” Maryanto Halaman 35 . Memberikan komentar pada tugas yang di kumpulkan Gambar 65 Untuk memberikan komentar dari tugas yang sudah dibuat oleh para siswa klik pada menu berlogo pensil.

sehingga agenda ini bisa di akses oleh pengguna. 9. Maryanto Halaman 36 . MEMBUAT PENGUMAN / AGENDA Gambar 68 klik pada menu di atas kalender untuk menambahkan agenda kegiatan pembelajaran di LMS.Gambar 67 Halaman seperti pada gambar 67 merupakan contoh tampilan untuk tugas siswa yang sudah ada nilai dan komentar dari pengajar.

&&&&& -. <<<<< -. Gambar 70 Agenda sudah selesai di tambahkan dan siap di akses oleh siswa.Gambar 69 Halaman seperti gambar 69 di gunakan untuk memasukkan keteragnan dan pengaturan agenda yang akan di masukkan.>>>>> Maryanto Halaman 37 . ketika tanggal di kalender tersebut di sorot dengan pointer mouse maka pop up agenda kegiatan tampil.