Ecodesign adalah sebuah pendekatan untuk merancang suatu produk dengan pertimbangan khusus untuk dampak lingkungan dari

produk selama siklus hidup keseluruhannya. Dalam penilaian siklus hidup siklus hidup suatu produk biasanya dibagi dalam pengadaan, penggunaan pembuatan, dan pembuangan. Ecodesign adalah tanggung jawab yang tumbuh dan pemahaman kita jejak ekologi di planet ini. Kesadaran hijau, lebih penduduk, industrialisasi dan populasi lingkungan yang meningkat telah menyebabkan mempertanyakan nilai-nilai konsumen. Sangat penting untuk mencari solusi bangunan baru yang ramah lingkungan dan menyebabkan pengurangan konsumsi bahan dan energi.

APLIKASI DALAM DESIGN (ECO-DESIGN)
Konsep Ecodesign saat ini memiliki pengaruh yang besar pada banyak aspek dari desain, dampak dari pemanasan global dan peningkatan emisi CO ₂ telah menyebabkan perusahaan untuk mempertimbangkan pendekatan yang lebih sadar lingkungan untuk berpikir desain mereka dan proses. Dalam membangun desain dan konstruksi, desainer yang mengambil konsep Ecodesign sepanjang proses desain, dari pemilihan bahan dengan jenis energi yang sedang dikonsumsi dan pembuangan limbah. EcoMaterials seperti penggunaan bahan baku lokal lebih murah dan mengurangi biaya lingkungan dari pengiriman, konsumsi bahan bakar dan emisi CO ₂ dihasilkan dari transportasi. Bersertifikat Hijau-bahan bangunan seperti kayu dari hutan tanaman yang dikelola secara lestari, dengan akreditasi dari perusahaan seperti Forest Stewardship Council (FSC), atau Pan-European Forest Certification Council (PEFCC), dapat digunakan. Ada beberapa jenis lainnya komponen dan bahan yang dapat digunakan pada bangunan berkelanjutan. Bahan daur ulang dan daur ulang yang biasa digunakan dalam konstruksi, tetapi penting bahwa mereka tidak menghasilkan limbah selama pembuatan atau sekali siklus hidup mereka berakhir. Bahan yang telah direklamasi seperti kayu / kayu pada konstruksi atau tempat barang rongsokan bisa diberi kehidupan kedua dengan kembali menggunakan mereka sebagai dukungan balok di gedung baru atau sebagai furnitur, atau batu dari penggalian dapat digunakan sebagai dinding penahan. Penggunaan kembali barang-barang tersebut berarti lebih sedikit energi yang dikonsumsi dalam membuat produk baru dan kualitas estetika alam baru tercapai. Air Daur ulang sistem seperti tangki air hujan yang panen air untuk beberapa tujuan dan menggunakan kembali air abu-abu yang dihasilkan oleh rumah tangga adalah cara yang berguna untuk tidak membuang-buang air minum. Off-Grid Rumah hanya menggunakan tenaga listrik yang bersih, mereka yang sepenuhnya terpisah dan terputus dari jaringan listrik konvensional dan menerima power supply mereka dengan sistem memanfaatkan energi aktif atau pasif.

SISTEM PADA ECODESIGN AKTIF DAN PASIF
 Menggunakan ide prinsip memanfaatkan kekuatan yang dihasilkan dari sumber terbarukan dan energi tak habis-habisnya, misalnya; surya, angin, panas, biomassa dan energi panas bumi. Tenaga surya merupakan sumber energi secara luas dikenal dan digunakan terbarukan. Peningkatan teknologi memungkinkan tenaga surya untuk digunakan dalam berbagai aplikasi. Ada dua jenis panel surya yang menghasilkan panas menjadi listrik; panel surya termal dan Photovoltaic Panel. Panel surya termal mengurangi atau menghilangkan konsumsi gas dan diesel, dan mengurangi emisi CO ₂. Panel fotovoltaik mengkonversi radiasi matahari menjadi arus listrik, yang dapat daya alat apapun, bagaimanapun itu adalah

ini melibatkan posisi dan lokasi bangunan untuk memungkinkan dan memanfaatkan sinar matahari sepanjang tahun.teknologi lebih kompleks dan umumnya lebih murah untuk memproduksi daripada panel surya termal. Dengan menggunakan sinar matahari. Green Roof adalah atap sebagian atau seluruhnya ditutupi dengan tanaman atau vegetasi lainnya. sehingga mengoptimalkan sumber daya alam. Atap ditutupi menciptakan isolasi yang membantu mengatur suhu di luar dan mengontrol berapa banyak berjalan di dalam gedung. . itu adalah sistem yang menghilangkan ketergantungan pada energi eksternal dan menghasilkan limbah minimal. juga tersembunyi dari pandangan seperti yang ditempatkan di bawah tanah sehingga lebih mudah untuk memasukkan dalam desain dan lebih estetis. Jenis energi dapat digunakan untuk panas dan dingin rumah. massa panas disimpan ke dalam bahan bangunan seperti beton dan dapat menghasilkan panas yang cukup untuk sebuah ruangan. Biomassa adalah sumber energi yang diciptakan dari bahan organik yang dihasilkan melalui proses biologis paksa atau spontan. Turbin angin menghasilkan energi dari angin dan aplikasi yang berguna untuk daerah yang tidak memiliki sumber daya langsung konvensional misalnya. di daerah pedesaan dengan sekolah dan rumah sakit yang membutuhkan lebih banyak kekuatan.  Bangunan yang mengintegrasikan sistem energi pasif ( bangunan bioklimatik ) memanaskan sebuah bangunan menggunakan non-mekanis metode. juga mempertahankan air menyediakan sistem daur ulang air dan menyediakan pemeriksaan suara. Energi panas bumi diperoleh dengan memanfaatkan panas dari tanah.Penggunaan siang optimal memainkan peran integral dalam sistem energi pasif. yang sangat ideal untuk daerah bising. seperti jarak maksimum di mana fasilitas berada dari tempat konsumsi dan daya yang diperlukan dan diizinkan untuk masing-masing properti . Turbin angin dapat memberikan hingga 30% dari energi yang dikonsumsi oleh rumah tangga tetapi mereka tunduk pada peraturan dan spesifikasi teknis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful