SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP

)

MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PESERTA TEMPAT

: Vitamin A : 1 X 15 Menit : I : Mahasiswa : Ruang Kelas

A. Tujuan Instruksional Umum ( TIU) Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan audiens mengerti dan memahami mengenai vitamin A B. Tujuan Instruksional Khusus ( TIK) Setelah menyelesaikan penyuluhan ini, audiens mampu memahami dan mengerti: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Definisi vitamin A Cara mencegah kekurangan vitamin A Tanda dan gejala kekurangan vitamin A Dosis vitamin A Manfaat vitamin A Cara memperoleh vitamin A

C. Pokok Bahasan D. Sub pokok bahasan 1. Definisi vitamin A

: :

Vitamin A

2. Cara mencegah kekurangan vitamin A 3. Tanda dan gejala kekurangan vitamin A

Menyampaikan latar belakang dan materi 2. Memperhatikan d. Cara memperoleh vitamin A E. Memperkenalkan diri c. METODE : 1. Menjawab 10 menit Leaflet b. Kegiatan pembelajaran Tahap 1. Memperhatikan c. Manfaat vitamin A 6. Memperhatikan c. 2. Menjelaskan cara mencegah KVA e. Menjelaskan tentang definisi Vitamin A d. Memperhatikan . Dosis vitamin A 5. Menanyakan pada audien tentang Vitamin A . Pendahuluan Kegiatan pengajar Kegiatan audiens a. b. Memperhatikan d. Menyampaikan tujuan dan pembelajaran d. Memperhatikan Waktu 2 menit Media / Alat Leaflet a. Memperhatikan e. Salam b. Menjelaskan tentang manfaat Vitamin A a. Ceramah Tanya jawab F. Menjawab salam b.4. Memberikan penguatan pada jawaban yang benar c. PENYAJIAN a.

Menjelaskan tentang cara mendapatkan vitamin A i. bertanya j. Memperhatikan . Menjawab a. Audiens menjawab lain c. memperhatikan i. Memperhatikan h.3. Menanyakan kembali materi yang telah disampaikan b. Memberikan kesempatan audien untuk bertanya d. Memperhatikan g. Bertanya d. Menyimpulkan materi bersama audien f. h.dan seterusnya a. Menjelaskan tentang dosis pemberian vitamin A. Memberikan penguatan . PENUTUP f. Memberikan kesempatan pada audien lain untuk menjawab k. Menjelaskan tentang tandatanda balita kekurangan Vitamin A g. Memberikan kesempatan pada audien lain untuk bertanya pada materi yang telah di bahas j. Menjawab 2 menit b. Memberikan kesempatan audien lain untuk menjawab c.

APA ITU VITAMIN A ? Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati. pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuuh terhadap penyakit. Memperhatikan f. EVALUASI : Evaluasi pada pembelajaran ini dilakukan dengan pertanyaan dalam bentuk essay. Sebutkan tanda dan gejala kekurangan vitamin A? 4. TANDA DAN GEJALA KEKURANGAN VITAMIN A  Buta Senja. Apa saja manfaat vitamin A? 5. berfungsi untuk penglihatan. Sebutkan dcra mencegah kekurangan vitamin A? 3. Salam penutup e. Memberikan masukan / saran f. tidak dapat dibuat tubuh. Menjawab salam G.e. . Jelaskan definisi vitamin A? 2. Bagaimana cara memperoleh vitamin A? Jawaban 1. ditandai dengan kesulitan melihat dalam cahaya remang atau senja hari  Kulit tampak kering dan bersisik seperti ikan terutama pada tungkai bawah bagian depan dan lengan ata bagian belakang. 2. sehingga harus dipenuhi dari luar. Soal : 1.

dengan dosis sesuai umur d. Bayi Bayi Umur 6 – 11 bulan diberikan kapsul vitamin A 100. CARA MENCEGAH KVA     Memberikan ASI Eksklusif kepada bayi sampai umur 6 bulan dan ASI hingga umur 2 tahun disertai pemberian MP ASI berkualitas Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang Berperilaku Hidup Bersih dan sehat untuk mencegah kecacingan Mengkonsumsi kapsul Vitamin A sesuai kebutuhan Sasaran 4. MANFAAT KAPSUL VITAMIN A a. Bayi dan anak balita sakit Bayi atau Balita yang sedang terkena campak. atau infeksi lain maka tidak akan semakin parah . Untuk Balita    Menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan Meningkatkan daya tahan tubuh Bila terkena diare. Anak Balita Balita umur 12 – 59 bulan diberikan kapsul vitamin A 200. c. Ibu Nifas Ibu nifas (0 – 42 hari) setelah melahirkan diberikan segera 1 kapsul vitamin A 200.000 SI warna merah dan satu kapsul lagi diberikan dengan selang waktu minimal 24 jam 5. b. diare gizi buruk atau xeroftalmia perlu diberikan kapsul vitamin A dosis tinggi. DOSIS VITAMIN A a.3.000 SI warna merah setiap bulan Februari dan Agustus.000 SI warna biru pada bulan Februari atau bulan Agustus. campak.

.b. baik yang biru maupun merah. Kapsul Vitamin A bisa kita peroleh secara gratis di Posyandu atau Puskesmas pada bulan Februari dan Agustus . tidak ada diperjualbelian secara bebas di pasaran. CARA MEMPEROLEH KAPSUL VITAMIN A Vitamin A dosis tinggi. Untuk ibu nifas    Meningkatkan kandungan vitamin A dalam ASI Bayi lebih kebal dan jarang terkena penyakit infeksi Kesehatan ibu cepat pulih setelah melahirkan 6.

serta pada ibu nifas akan meningkatkan mutu . bila sudah dalam kondisi akut. hewan dan ataupun makhluk hidup lain tanpa asupan vitamin tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik. penderita kekurangan vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernafasan. Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. terhambatnya pertumbuhan tubuh. C. kulit kering bersisik. memungkinkan mata dapat melihat dengan baik dalam keadaan kurang cahaya (sore atau senja hari). Pengertian Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit. pembengkakan hati. karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (vitamin mempunyai peran sangat penting dalam metabolisme tubuh). yang juga dikenal dengan nama retinol. menurunnya daya tahan tubuh.PEMBERIAN VITAMIN A A. Selain itu. merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik B. kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing. dan pingsan. dan iritasi kulit. penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. karena vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. kerontokan rambut. Selain itu. Jika manusia. dan kondisi kulit yang kurang sehat. Tanda Kekurangan vitamin A Apabila terjadi kekurangan vitamin A. Vitamin A. Manfaat Vitamin A Vitamin A berfungsi antara lain menjaga kelembaban dan kejernihan selaput lendir.

serta meningkatnya kemungkinan menderita penyakit infeksi. E. mentega. krim dan margarin yang telah diperkaya dengan vitamin A. F. Sedangkan untuk ibu nifas sampai 30 hari setelah melahirkan mendapat 1 kapsul vitamin A warna merah. kelainan-kelainan pada mata seperti xerosis dan xerophthalmia. Pada anak yang mengalami kekurangan energi dan protein. Akibat kekurangan Vitamin A Akibat dari kekurangan vitamin A ini bermacam-macam antara lain terhambatnya pertumbuhan. sehingga bayi akan mendapatkan vitamin A yang cukup dari ASI. Sedangkan provitamin A dapat diperoleh dari sayur-sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan berwarna kuning atau merah serta minyak kelapa. kekurangan vitamin A terjadi selain karena kurangnya asupan vitamin A itu sendiri juga karena penyimpanan dan transpor vitamin A pada tubuh yang terganggu. Sumber vitamin A Vitamin A dapat diperoleh pada minyak hati ikan.vitamin A dalam ASI. gangguan pada kemampuan mata dalam menerima cahaya. D. kuning telur. Bahkan pada anak yang mengalami kekurangan vitamin A berat angka kematian meningkat sampai 50%. Kekurangan vitamin A terjadi terutama karena kurangnya asupan vitamin A yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Cara pemberian Kapsul Vitamin A Memperhatikan akibat kekurangan vitamin A seperti yang telah disebutkan di atas maka untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin A di Posyandu atau Puskesmas pada setiap bulan Februari dan Agustus seluruh bayi usia 6-11 bulan. Untuk . harus mendapat 1 kapsul vitamin A biru dan seluruh anak balita usia 12-59 bulan mendapat kapsul vitamin A warna merah.

dimana penglihatan masih dapat disembuhkan. Jakarta http://www.php?option=com_content&view=article&id= 15:pentingnya-suplementasi-vitamin-a-bagi-anak-balita-dan-ibunifas&catid=27:helath-programs&Itemid=28 .com/index. 1 kapsul biru (100. diberikan kapsul vitamin A pada hari pertama pengobatan sebanyak (50.000 IU (warna biru) untuk bayi. Pada hari kedua diberikan 1 kapsul vitamin A sesuai umur dan dua minggu kemudian diberi lagi 1 kapsul vitamin A juga sesuai umur. Kapsul vitamin A dosis100.000 IU (warna merah) untuk anak balita dan ibu nifas.000 SI) kapsul biru untuk bayi berusia kurang atau sama dengan 5 bulan.mengobati anak dengan gejala buta senja (XN) hingga xerosis kornea (X2).infodokterku. REFERENSI Direktorat Bina Gizi Masyarakat Departemen Kesehatan.2009.000 SI) untuk anak 12-59 bulan. kapsul vitamin A dosis 200.000 SI) untuk bayi berusia 6 sampai 11 bulan atau 1 kapsul merah (200.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful