Komponen Undercarriage (Penggerak kerangka bawah) Undercarriage atau penggerak kerangka bawah merupakan komponen dari unit alat

berat (Buldozer atau Excavator) yang berfungsi sebagai penggerak dari unit tersebut dengan mentransmisikan daya dari mesin atau engine.

Gambar

Komponen-komponen dan fungsi suku cadang undercarrige dalam unit adalah sebagai berikut : a) Track Links Track Links adalah komponen yang berfungsi sebagai mengubah gerakan putaran menjadi gerakan gulungan untuk membuat unit tersebut bergerak. Selain itu berfungsi sebagai tempat tumpuan dari track roller sehingga memungkinkan unit dapat berjalan Gambar 2.2 Track Links

b) Track Rollers Track Rollers adalah komponen yang berfungsi sebagai pembagi berat unit ke rangka atau track frame

Gambar 2.3 c) Carrier Rollers Carrier Rollers adalah komponen yang berfungsi untuk menahan berat gulungan atas dari track links agar tidak melentur serta menjaga gerakan track links antara sproket dan idler tetap lurus. d) Idlers Idlers berfunsi untuk membantu menegangkan atau mengendorkan track links dan juga menerima beban kejutan pada sisi depan unit, yang selanjutnya diteruskan ke recoil sspring untuk diredam.

e) Sprocket Sprocket berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak ke track links melalui bushing serta merubah putaran menjadi gulungan pada track links agar unit dapat berjalan.

Gambar 2.5 Sprocket

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful