**Penjernih Air Sederhana (Aug 28, 2007 at 08:49 PM) - Contributed by Kresno Aji - Last Updated () Air saat ini sudah mulai

menjadi bahan langka, bahkan di daerah pedesaan yang tandus dan perkampungan di kotakota besar, mendapatkan air bersih sama seperti mendapat durian runtuh. Berikut ini merupakan artikel cara mendapatkan air bersih dari penyaringan air keruh dengan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita. Metode ini bisa digunakan untuk desa-desa yang terpencil dan tandus serta daerah perkampungan di perkotaan. Dengan alat-alat yang relatif sederhana, kita bisa melakukan penyaringan air secara sederhana, namun terbukti cukup ampuh untuk sekedar mendapatkan air untuk keperluan minum sehari-hari. Keuntungan dari pernjernih air sederhana ini adalah, kita bisa menggunakan air sawah, air payau maupun air sungai yang keruh. Namun harus diingat, ini adalah cara darurat dalam mendapatkan air bersih. Untuk keperluan air minum, Anda harus memasak dahulu air yang sudah dijernihkan ini sampai mendidih. Selain itu, bahan untuk penjernihan air harus sering diganti, karena kotoran yang mengendap akan semakin tebal dan efektivitas penjernihan air akan semakin berkurang. Pembuatan - Sediakan sebuah bak atau kolam dengan kedalaman 1 meter sebagai bak penampungan. - Buat bak penyaringan dari drum bekas. Beri kran pada ketinggian 5 cm dari dasar bak. Isi dengan ijuk, pasir, ijuk tebal, pasir halus, arang tempurung kelapa, baru kerikil, dan batu-batu dengan garis tengah 2-3 cm (lihat Gambar) Penggunaan - Air sungai atau telaga dialirkan ke dalam bak penampungan, yang sebelumnya pada pintu masuk air diberi kawat kasa untuk menyaring kotoran. - Setelah bak pengendapan penuh air, lubang untuk mengalirkan air dibuka ke bak penyaringan air. - Kemudian kran yang terletak di bawah bak dibuka, selanjutnya beberapa menit kemudian air akan ke luar. Mula-mula air agak keruh, tetapi setelah beberapa waktu berselang air akan jernih. Agar air yang keluar tetap jernih, kran harus dibuka dengan aliran yang kecil. Pemeliharaan - Ijuk dicuci bersih kemudian dipanaskan di matahari sampai kering - Pasir halus dicuci dengan air bersih di dalam ember, diaduk sehingga kotoran dapat dikeluarkan, kemudian dijemur sampai kering. - Batu kerikil diperoleh dari sisa ayakan pasir halus, kemudian dicuci bersih dan dijemur sampai kering. - Batu yang dibersihkan sampai bersih betul dari kotoran atau tanah yang melekat, kemudian dijemur. Referensi: - Water Purification. Joint Program Development Centre, Institute of Technology Bandung and Indonesia Voluntary Workers Agency (BUTSI) of the Department of Manpower Trasmigration and Cooperatives, 1977.

. Untuk aromanya ditambahkan Vanilla fragrance. sabun mandi di pasaran memakai bahan dasar SLS (Sodium Lauryl Sulfate). kita tahu apa saja kandungan yang ada dalam sabun tersebut. antara lain minyak zaitun... ternyata lebih bermanfaat daripada membeli sabun mandi di pasaran.. warna coklat adalah warna alami yang keluar dari sabun itu sendiri. minyak kelapa.emang dari sononya perempuan Jepang putih-putih..pikir.. **CARA SEDERHANA MENJERNIHKAN AIR Semakin ke sini.. udah gitu masih pake iming . SLS juga dipakai untuk bahan pembersih lantai...kira sabun tersebut terbuat dari apa saja?. Pernahkah kita berpikir bahwa kalau kita mandi dengan sabun yang dijual di pasaran sama saja kita mandi memakai Rin**.. produsen bisa membuat sabun dengan harga yang murah. '07 12:45 AM for everyone Membuat sabun mandi sendiri..Apalagi datangnya bencana banjir belakangan .. SLS ini adalah bahan yang dipakai untuk membuat detergent..1000 . mencegah kulit menjadi kering.**Membuat sabun mandi sendiri Dec 5. karena dengan memakai sabun natural kulit halus sepanjang hari. harga sabun mandi di pasaran itu khan berkisar antara Rp. memakai lima jenis minyak yang sangat bermanfaat untuk kulit..... Kenapa pakai SLS. nah. SLS disebut juga surfactant (agen pembersih). kumaha aing.. plus sedikit beeswax (lilin madu)... ya itu tadi. lengkap sudah. kira .. Kalau gitu mandinya sekalian aja nyemplung ke mesin cuci... sebab dengan membuat sabun sendiri.. At**ck atau So K**n ? hehehe.nah lho. kalau menurut beberapa website yang pernah aku baca.. Kualitas?. Tapi bener lho... semakin banyak saja sumber air yang tercemar limbah.... minyak kedelai.dengan harga tersebut..3000. Kalau sabun yang aku bikin ini disebut sabun natural... minyak sawit dan minyak castor. hehehe. Anda tidak perlu memakai hand body lotion lagi. Bisa tercemar oleh limbah rumah tangga atau limbah industri. Dan jangan salah lho. kalau dipikir. Kembali ke sabun. Sabun natural juga mengandung gliserin alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. lha.. nah..iming kulit kita bisa seputih kulit wanita Jepang.

Caranya dengan penjernihan air. harus diperhatikan. mencuci dan untuk kebutuhan lainnya. pipa. kayu bakar.5 mm. Karena itu. dan drum yang berdiameter 40 cm dan tinggi 72 cm. Cara lainnya. lalu penyaringan dengan arang sekam padi kira-kira 10 cm tebalnya. tinggi 30 cm dan diameter 50 cm dengan kapasitas 5 kg. Sekam dibakar di atas tungku singer. Pada dasar gentong diberi kerikil dan arang sekam pada padi setebal 10 sampai 20 cm diatasnya. Sebagian besar agak sulit dilakukan. dan sekam padi mudah diperoleh di pedesaan. Bahan bakar kayu yang digunakan 5 kg sekam padi. Yaitu. Pada dinding drum diberi 6 lubang berdiameter 3. Selain itu. **Mandi "Popcorn"? jagung SELAMA ini jagung hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan pakan ternak. pada proses penyaringan air. kawat ram. Kini. Misalnya penggunaan tepung jagung sebagai bahan campuran pembuatan sabun mandi. Jarak antara masing-masing lubang 10 cm. Cara ini dinamai Penjernihan Air Sekam Padi karena memanfaatkan sekam padi.5 mm. buat tungku pembakaran. Pada salah satu sudut lubang diberi pipa udara. Langkah ketiga membuat alat penjernihan air yang terdiri dari dua bagian. sampahsampah/tanah. kerikil.ini. karena banyak terdapat dipedesaan. Hal ini mengakibatkan arang sekam padi dan abu akan bercampur. Sekam yang sudah terbakar ditutup tanah dan diatasnya diberi sampah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat alat penjernihan air sekam padi sangat mudah didapatkan. . Sedang cara menggunakannya. berbagai industri nonpangan memerlukan jagung sebagai bahan baku kosmetika. arang sekam padi. relatif murah. memasak. yaitu alat pengendapan yang terbuat dari drum dan alat penyaringan yang dibuat dari gentong. Karena itu. Proses penyaringan ini bekerja selama 6 jam/hari. Keuntungan penjernihan air sekam padi. dasar drum dibuat lubang-lubang kecil (diameter 22 mm) dan 4 lubang dengan diameter 3. pertama lakukan pengendapan. kebutuhan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air minum. hasil penjernihan memenuhi syarat kesehatan. Temperatur pada waktu pengarangan 400-600 0 C dan lama pengarangan 2. menawarkan cara yang paling mudah dilakukan oleh masyarakat pedesaan sekalipun Bahan dan alatnya gampang didapat. Pada bagian dasar dari drum diberi kawat ram. Mengapa Sekam padi dijadikan bahan utama. yaitu dengan menggunakan drum sebagai tungku pembakaran.5 jam. Kedua. Kantor Mennegristek melalui Program CD-ROM Teknologi Tepat Guna. Bagian kiri dan kanan drum dipasangi pipa yang panjangnya 15 cm. terletak pada pembakaran yang tidak sempurna (kekurangan oksigen). Di atas arang sekam padi diberi ijuk. Langkah selanjutnya membuat arang sekam padi secara tradisional arang sekam padi dibuat dalam suatu lubang yang berukuran panjang 50 cm. Sedang kerugiannya. Banyak cara sebenarnya untuk melakukan penjernihan air. pengarangan sekam padi mudah dikerjakan oleh masyarakat pedesaan sendiri. Cara penjernihan air perlu diketahui masyarakat karena banyaknya sumber air yang tercemar limbah. Lumpur. Cara pembuatannya pertama. Sayang penggunaannya belum dimanfaatkan sepenuhnya. yakni tungku rumah tangga yang dimodifikasi untuk pengarangan kayu bakar. dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan keluarga.

biji wijen harus dipotong-potong dulu hingga kecil-kecil tetapi jangan diremukkan/digiling. Sabun tepung jagung tersebut bermutu bagus karena bahan-bahan resep pembuatannya pun bermutu tinggi. tepung jagung dapat membantu sabun membuka pori-pori di kulit. sabun yang masih cair itu dituangkan pada cetakan-cetakan yang disediakan dengan ukuran dan bentuk yang dikehendaki. biji wijen 2. minyak zaitun dan minyak sawit dicampur di dalam satu panci email. Pada bagian lain secara terpisah. minyak zaitun 100 mg. Bahkan dengan adanya bahan-bahan tambahan bermutu lainnya. Komposisi resep dengan takaran di atas menghasilkan sembilan batang sabun mandi berukuran masing-masing 60 gram.Dalam membuat sabun mandi tepung jagung ini ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. gunakan pakaian pelindung badan termasuk sarung tangan karet. gliserin 25 gram. karena berbagai sifat yang mendukung. teknik pembuatan dan peralatan yang dibutuhkan pun relatif sederhana.**Proses pengadukan dilakukan selama satu jam hingga campuran tersebut terlihat trace (jernih). **Proses selanjutnya. eh mandi sabun alami berbahan jagung. butiran tepung jagung mampu ”menggaruk” (scrub) kotoran dan minyak dari permukaan kulit. Kemudian sabun yang telah membeku/mengeras dikeluarkan dari cetakan lalu dirawat dalam tempat penyimpanan atau gudang selama satu bulan. tepung jagung 20 gram. lantas membersihkan minyak berlebih di kulit.5 gram. sabun mandi berbahan jagung bisa dibuat sendiri di rumah petani atau industri rumah tangga. vitamin E. Sabun mandi yang dinilai aman digunakan setelah pH-nya berkisar 8-10. vitamin E 2 gram. **PENGGUNAAN bahan tepung jagung tersebut diketahui dapat meningkatkan mutu sabun mandi. Biarkan sampai suhu larutan turun mencapai 42 derajat Celsius. PENDAHULUAN Kebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air . Kedua. Siap deh mandi jagung. lalu diaduk kembali agar tercampur rata. Sabun buatan tangan berbahan tepung jagung kini sedang populer di kalangan masyarakat pedesaan Thailand. yaitu tepung jagung harus cukup halus. Chutima Koshawatana dari Pusat Riset Tanaman Nakhon Sawan. Adapun resep dan teknologi pembuatannya yang sederhana itu diperkenalkan Dr. jangan menggunakan peralatan dari aluminium/logam lainnya. yaitu larutan alkali dituangkan pada air yang telah disediakan dan diaduk dengan baik hingga rata. minyak sawit 80 gram.(Food and Fertilizer Technology Center) TTG PENGELOLAAN AIR DAN SANITASI **PENJERNIHAN AIR MENGGUNAKAN ARANG SEKAM PADI 1. Setelah itu tuangkan secara perlahan larutan alkali yang sudah disiapkan tadi ke campuran minyak-minyak tersebut. pH sabun harus diperiksa. larutan alkali/soda 73 gram. Ialu tambahkan gliserin. terutama nabati. sabun tepung jagung buatan tangan terasa sangat lembut di kulit. Tilik saja rasio komposisi bahannya yang sebagian besar berasal dari alam. Unsur bahan baku sabun jagung antara lain minyak kelapa 220 gram. lalu tambahkan bahan pewangi. Sementara itu. Biarkan selama satu malam atau enam jam hingga membeku. dan cetakan yang digunakan sebaiknya dari plastik agar tidak lengket. lalu dipanaskan hingga suhu 42 derajat Celsius.Selain cukup bermutu. Sabun tepung jagung buatan rumahan itu diperkenalkan untuk dibuat sendiri pada rumah tangga di pedesaan. wewangian (fragnance) 8 gram dan air 140 gram. Hasilnya kelak untuk digunakan sendiri sebagai sabun mandi sehari-hari ataupun untuk dijual. Jika suhu campuran itu turun maka hangatkan hingga kembali mencapai suhu 42 derajat Celsius. Pertama. Aduk selama 5 menit. Thailand. yaitu minyak kelapa. **Dalam masa perawatan selama sebulan. Perawatan selama itu dimaksudkan untuk memastikan efek residu larutan alkali sudah tidak ada lagi. tepung jagung dan biji wijen.

mencuci dan sebagiannya harus diperhatikan. http://www. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tel. 021 316 9166~69.go. 4) Pembuatan arang sekam padi : a. arang tempurung kelapa. Fax. Sekam yang sudah terbakar ditutup tanah dan diatasnya diberi sampah. Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat. namun penggunaan sekam padi belum dimanfaatkan sepenuhnya. Pada salah satu sudut lubang diberi pipa udara. M. TTG PENGELOLAAN AIR DAN SANITASI Hal.H. Tungku Pembakaran Sekam Padi 3) Alat penjernihan air terdiri atas 2 bagian : a. 021 316 1952.id Gambar 2. 021 316 9166~69. Pada bagian dasar dari drum diberi kawat ram (lihat Gambar 1).5 mm. pasir. Bagian kiri dan kanan drum dipasangi pipa yang panjangnya 15 cm. 021 316 1952. Uraian ini adalah salah satu cara memanfaatkan sekam padi untuk memperoleh air bersih yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. 3. kaporit. ijuk. kerikil. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tel. Sekam dibakar di atas tungku singer. tinggi 30 cm dan diameter 50 cm. Alat penyaringan yang dibuat dari gentong. TTG PENGELOLAAN AIR DAN SANITASI Hal. b. PEMBUATAN 1) Dasar drum dibuat lubang-lubang kecil (diameter 2 mm) dan 4 lubang dengan diameter 3. 2/ 5 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6. Pada dasar gentong diberi kerikil dan arang sekam padi setebal dari 10 sampai 20 cm di atasnya.H. memasak . M. Jarak antara masing-masing lubang 10 cm. 4/ 5 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6. Secara tradisional arang sekam padi dibuat dalam suatu lubang yang berukuran : panjang 50 cm. http://www. Bahan-bahannya anatara lain batu. tawas.5 mm. TTG PENGELOLAAN AIR DAN SANITASI Hal. Jl. Alat pengendapan yang terbuat dari drum. URAIAN SINGKAT Sekam padi banyak terdapat didaerah pedesaan.go.minum. Alat Pembuatan Arang Sekam Padi 2) Tungku pembakaran : Tungku pembakaran adalah tungku rumah tangga yang dimodifikasi untuk pengarangan kayu bakar. biji kelor dan lain-lain. BAHAN DAN PERALATAN 1) Arang sekam padi 2) Kayu bakar 3) Sampah-sampah/tanah 4) Pipa 5) Kerikil 6) Kawat ram 7) Lumpur 8) Drum diameter 40 cm dan tinggi 72 cm 4. tanah liat. dengan kapasitas 5 kg. 2. Cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri. Di atas arang sekam padi diberi ijuk. Lihat Gambar 2. 3/ 5 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6.ristek.H. kapur. Jl. Thamrin 8 Jakarta 10340 . Cara penjernihan air baik secara alami maupun kimiawi akan diuraikan dalam bab ini.id Gambar 1. Pada dinding drum diberi 6 lubang berdiameter 3. Jl. Fax. M. arang sekam padi.ristek.

250 4832. 5/ 5 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6. Deterjen. Penjernihan air menggunakan arang sekam padi skala keluarga untuk daerah pedesaan. Fax.INDONESIA. 8. apabila pembakaran”tidak sempurna” (kekurangan oksigen) arang sekam padi dan abu akan bercampur. 1 – Bandung 40134 . 3) Relatif murah 4) Hasil penjernihan memenuhi syarat kesehatan. Sasana Widya Sarwono.H. 021 316 9166~69. Cimacan : 2-4 Februari 1981. 1991. http://www. http://www. 250 4833. Proses penyaringan ini bekerja selama 6 jam/hari. untuk 5 kg sekam padi. KEUNTUNGAN 1) Dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan keluarga 2) Pengarangan sekam padi mudah dikerjakan oleh masyarakat pedesaan sendiri. Lutan. INDONESIA.ristek. Jl. Jl. Tel. Fax. Jend. Pusat Penelitian Ekologi Kesehatan. . Temperatur pada waktu pengarangan 4000-6000 C dan lama pengarangan 2. Disadur oleh : Esti. Jl. Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI bekerjasama dengan Swiss Development Cooperation.5 jam. Jakarta. Haryanto Sahar KEMBALI KE MENU **Sabun. 9. 1981. +62 22 250 3050 2) Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI. Dalam kumpulan makalah : Lokakarya penelitian dan pengembangan teknologi tepat guna penyediaan air minum dan pembuangan kotoran di pedesaan. 021 316 1952.id 6.go. Fax.+62 22 250 3052. M. 5) Sekam padi mudah diperileh di pedesaan. 2006 in Health. Maret 2000 Sumber : Buku Panduan Air dan Sanitasi. 7. Cisitu Sangkuriang No. DAFTAR PUSTAKA Asril. 021 316 1952. 021 316 9166~69.id b. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tel. 250 4826. KERUGIAN Pembakaran harus sempurna. Jakarta. Dulu dosen pengajar Dasar-dasar Rekayasa pernah berkomentar di sela kuliah. Alat Penjernihan Air 5. INFORMASI LEBIH LANJUT 1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan – LIPI. Cara lain dengan menggunakan drum sebagi tungku pembakaran.go. Bahan bakar kayu yang digunakan 5 kg. Gambar 3.Tel. Gatot Subroto 10 Jakarta 12710. PENGGUNAAN Proses penyaringan air: 1) Tahap pertama pengendapan 2) Tahap kedua penyaringan dengan arang sekam padi kira-kira 10 cm tebalnya. TTG PENGELOLAAN AIR DAN SANITASI Hal.ristek. dan Kelembutan Busa Published by Lita October 17th. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Pada kenyataannya. bahan . Selanjutnya saya akan mendongeng sesuai judul. ternyata secara kenampakan busa yang dihasilkan sama saja. bukan dari busanya. saya sadar bahwa sayalah yang terlalu lugu (bodoh mungkin lebih tepat). dengan penjelasan yang mungkin bikin pusing dengan banyak istilah kimia. Tinggal klik saja Dari manakah produk pembersih kulit dinilai lembut? Dari pH yang mendekati pH kulit? Dari jenis pembersih yang digunakan? Dari formula yang digunakan? Dari pelembap yang ditambahkan? Dari 'rasa' di kulit setelah penggunaan? Atau dari lembutnya busa? Dari mana anda tahu itu bukan sabun? (jika anda membeli suatu produk karena tagline 'D*ve bukan sabun') Dari mana anda tahu pH produk dan pH kulit? Dari mana anda tahu tentang formula anu lembut? Dari mana anda tahu produk yang anda beli memberi apa yang anda inginkan? Dari mana hubungan antara busa dan formula? Bingung? Berarti anda kini mulai memikirkannya. jika anda ingin mencari produk pembersih dengan formula yang ramah di kulit. Sabun. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan busa JUSTRU (biasanya) tidak ramah di kulit! Saya pernah membandingkan busa yang dihasilkan oleh sabun batangan biasa (tanpa klaim yang berkaitan dengan kelembutan apapun) dan sabun dengan merek tersebut. Sabun itu apa sih? Sabun adalah surfaktan yang digunakan untuk mencuci dan membersihkan. Hapus dulu bingungnya. Dijamin bersih. Sedangkan surfaktan merupakan singkatan dari surface active agents. Lama setelah kuliah itu berlalu. tinjau komposisi dan bahan aktifnya. Bagus. Saya hanya tertawa waktu itu. saya mau melanjutkan dongeng. baiklah kita lengkapi sekarang. Intinya. selama belasan tahun saya mandi dengan deterjen! Dan sekarang saya menertawakan diri yang saat itu tertawa. Saya sudah pernah menulis tentang sabun.Kalo pengen kulitnya bersih banget. saya bingung. Sang dosen samasekali tidak bergurau. soale lemaklemak kulit keangkat semua. Pilihan ada di tangan anda. Jujur. Hindari produk yang mengandung bahan pembuat busa karena biasanya bahan ini juga bertindak sebagai surfaktan yang tidak ramah pada kulit. "Kenapa dulu gue ketawa ya?" Pernah menyaksikan iklan sabun B*ore (penyamaran merek seadanya saja sekadar tidak dirambah mesin pencari )? Pada saat audio pengantar iklan menyebutkan 'formulanya ramah di kulit' maka tayangannya berupa busa yang disentuh dengan tangan beserta tulisan 'skin friendly formula'. Singkirkan dulu doktrin dari iklan-iklan itu. Tulisan saya secara singkat dan padat berhenti di sini. Tapi berhubung jauh dari lengkap (atau malah ngawur di sana-sini ya?). Menggunakan shower puff. mandi aja pake deterjen. Apa hubungannya antara busa dan formula ya? Seolah berlaku premis: Jika (produk menghasilkan banyak) busa maka (formula produk) lembut. bekerja dengan bantuan air.

ketika dibilas. dan kawan-kawannya. produk ini tidak hanya membersihkan area yang terpapar tapi juga mengangkat kelembapan dari lapisan atas kulit (epidermis. Senyawa ini adalah juga surfaktan. Jangan bingung dengan istilah keras dan lunak. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi. lebih efektif (karena tetap bekerja dengan baik pada air sadah). *Monggo. Apa itu deterjen? Deterjen adalah sebuah (atau gabungan beberapa) senyawa. A*tack. apakah produk tersebut mengandung penghasil busa yang saya sebutkan? * . yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basa. sang pelayan kedap air). seperti air sadah dan air lunak. Bahan baku pembuatan sabun berupa minyak atau lemak. Masalah mulai ruwet ketika kata 'sabun' telah digunakan sebagai 'nama' bagi pembersih (padat/batangan. Alternatif penggantinya adalah sodium dodecyl sulfate atau ammonium lauryl sulfate (yang lebih sering saya lihat di label produk). krim maupun cair). Ya begitu. Sedangkan jika yang digunakan adalah KOH. sama saja. Bahkan cairan pembersih yang tidak memiliki bahan aktif sabun pun kita kenal sebagai sabun. Sebagai kompensasinya. Kenapa jadi deterjen? Awalnya kan sabun? Karena harga deterjen lebih murah. Akibat pergeseran arti tadi. maka produk reaksi berupa sabun 'keras'. maka produk reaksi berupa sabun 'lunak'. Bukan mengacu pada kerasnya sabun jika digunakan untuk memukul sesuatu. Ada bahan yang efektif menghasilkan busa dan harganya murah. Deterjen dalam pengertian kimia bukanlah R*nso. yang memudahkan proses pembersihan (cleaning). Setengah-setengah. Busa. Berlaku pula sebaliknya. dan lebih mudah dibuat. Coba anda perhatikan pembersih yang anda gunakan. Ini istilah kimiawi. Apakah benar-benar tidak mengandung sabun (jika itu yang dikatakan produsen)? Deterjen. Pembuat kondisi basa yang biasanya digunakan adalah NaOH (natrium/sodium hidroksida) dan KOH (kalium/potasium hidroksida). misalnya saat mencuci rambut atau menggosok gigi. kita tak sadar bahwa hampir semua macam 'sabun' yang kita gunakan sehari-hari sebenarnya adalah deterjen. baik hewani maupun nabati.yang menurunkan tegangan permukaan suatu cairan dan di antarmuka fasa (baik cair-gas maupun cair-cair) sehingga mempermudah penyebaran dan pemerataan. Istilah deterjen kini dipakai untuk membedakan antara sabun dengan surfaktan jenis lainnya. yang pakai B*ore bisa konfirmasi. Produkproduk itulah yang mengandung deterjen. Jika basa yang digunakan adalah NaOH. Penghasil busa ini dapat membantu pemerataan produk dengan lebih baik saat digunakan. Namanya sodium laureth sulfate (SLS) atau sodium lauryl ether sulfate (SLES). Salah kaprah. Asam lemak yang berikatan dengan natrium atau kalium inilah yang kemudian dinamakan sabun. dan kemudian malah menggantikan deterjen sebagai makna generik (misalnya: Aspirin ketimbang asam asetilsalisilat).

Seperti yang dijelaskan di cerita bodoh-bodohan sampo (cerita jadul tapi berlaku sampai sekarang. Oh ya. Termasuk jangan percaya begitu saja pada saya? Hehehe… **PENJERNIHAN AIR MENGGUNAKAN ARANG SEKAM PADI . karena ditambahkan gliserin. Produk ini mengandung surfaktan. Dari sepanjang ini saya ngomong. komponen penyusun minyak dan lemak. jadi ngelantur ke mana-mana. Diambil lalu diganti. Tolong anda tanyakan pada produsennya (jika memang ingin bertanya) dan nanti beritahu saya. kilas balik sebentar ke produk D*ve tadi. dan dalam cerita ini berlaku juga untuk pembersih tubuh (dan pembersih wajah). Kok bisa? Bisa. intinya hanya pada satu kalimat. Hoho… kok seperti cerita minyak goreng juga ya? Halah. thanks Enda). diberi klaim 'dengan pelembap'. Makanya ada rasa licin walau sudah dibilas berulang-ulang. apa hubungannya antara busa dan kelembutan? Tidak tahu.Lalu. tapi meninggalkan rasa lembap di kulit. Jangan percaya begitu saja hanya karena orang (produsen) mengatakan demikian.

5 mm. kaporit. Cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri. 2. namun penggunaan sekam padi belum dimanfaatkan sepenuhnya. PENDAHULUAN Kebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air minum. . CARA PEMBUATAN 1. Pada dinding drum diberi 6 lubang berdiameter 3. Pada bagian dasar dari drum diberi kawat ram (lihat Gambar 1). Jarak antara masing-masing lubang 10 cm. mencuci dan sebagiannya harus diperhatikan.5 mm. ijuk. pasir. Dasar drum dibuat lubang-lubang kecil (diameter 2 mm) dan 4 lubang dengan diameter 3. kerikil. Cara penjernihan air baik secara alami maupun kimiawi akan diuraikan dalam bab ini. Uraian ini adalah salah satu cara memanfaatkan sekam padi untuk memperoleh air bersih yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. tawas. URAIAN SINGKAT Sekam padi banyak terdapat didaerah pedesaan. Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat. 3. Bagian kiri dan kanan drum dipasangi pipa yang panjangnya 15 cm.1. arang tempurung kelapa. PERALATAN DAN BAHAN 1) Arang sekam padi 2) Kayu bakar 3) Sampah-sampah/tanah 4) Pipa 5) Kerikil 6) Kawat ram 7) Lumpur 8) Drum diameter 40 cm dan tinggi 72 cm 4. kapur. Bahan-bahannya anatara lain batu. biji kelor dan lain-lain. arang sekam padi. memasak . tanah liat.

Bahan bakar kayu yang digunakan 5 kg. Alat Pembuatan Arang Sekam Padi 2. dengan kapasitas 5 kg. Gambar 2. . Tungku Pembakaran Sekam Padi 3. untuk 5 kg sekam padi. Temperatur pada waktu pengarangan 4000-6000 C dan lama pengarangan 2.5 jam. Alat penjernihan air terdiri atas 2 bagian : a) Alat pengendapan yang terbuat dari drum. tinggi 30 cm dan diameter 50 cm. Pembuatan arang sekam padi : a) Secara tradisional arang sekam padi dibuat dalam suatu lubang yang berukuran : panjang 50 cm.Gambar 1. 4. Sekam yang sudah terbakar ditutup tanah dan diatasnya diberi sampah. Sekam dibakar di atas tungku singer. b) Alat penyaringan yang dibuat dari gentong. b) Cara lain dengan menggunakan drum sebagi tungku pembakaran. Pada dasar gentong diberi kerikil dan arang sekam padi setebal dari 10 sampai 20 cm di atasnya. Lihat Gambar 2. Di atas arang sekam padi diberi ijuk. Pada salah satu sudut lubang diberi pipa udara. Tungku pembakaran : Tungku pembakaran adalah tungku rumah tangga yang dimodifikasi untuk pengarangan kayu bakar.

Jakarta.Gambar 3. Relatif murah Hasil penjernihan memenuhi syarat kesehatan. 9. INFORMASI LEBIH LANJUT 1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan – LIPI. 6. 1991. 7. Proses penyaringan ini bekerja selama 6 jam/hari. 1981. 250 4833. 8. 250 4832. Cimacan : 2-4 Februari 1981. Penjernihan air menggunakan arang sekam padi skala keluarga untuk daerah pedesaan. Tel. DAFTAR PUSTAKA Asril. Fax. KEUNTUNGAN 1) 2) 3) 4) 5) Dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan keluarga Pengarangan sekam padi mudah dikerjakan oleh masyarakat pedesaan sendiri. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Pusat Penelitian Ekologi Kesehatan. Alat Penjernihan Air 5. 250 4826. Cisitu Sangkuriang No. Jl. +62 22 250 3050 2) Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI. 1 – Bandung 40134 . Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI bekerjasama dengan Swiss Development Cooperation. INDONESIA. Sekam padi mudah diperileh di pedesaan.INDONESIA. PENGGUNAAN Proses penyaringan air: 1) Tahap pertama pengendapan 2) Tahap kedua penyaringan dengan arang sekam padi kira-kira 10 cm tebalnya. Sumber : Buku Panduan Air dan Sanitasi. << Kembali . apabila pembakaran”tidak sempurna” (kekurangan oksigen) arang sekam padi dan abu akan bercampur.+62 22 250 3052. Gatot Subroto 10 Jakarta 12710. Lutan. Sasana Widya Sarwono. Jend. Jl. Dalam kumpulan makalah : Lokakarya penelitian dan pengembangan teknologi tepat guna penyediaan air minum dan pembuangan kotoran di pedesaan. KERUGIAN Pembakaran harus sempurna.

 Dibuat melalui 3 methode cold proses. semi hot proses dan hot proses. Komponen sabun mandi  Minyak dan lemak  Kaustik soda  Air  Agen aktif  Parfum  Pewarna  Additif Minyak dan lemak  Minyak Kelapa  Minyak sawit  Minyak castor . minyak dan lye ( larutan kaustik ) reaksi kimia tersebut dinamakan saponifikasi dan dipandang dari sudut kimia sebagai garam alkali dari asam lemak.0+ :: WARINTEK BANTUL :: Dibangun dan dikelola oleh Kantor Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Bantul Sabun mandi padat  Sabun merupakan hasil reaksi kimia antara lemak.8+. IE 5.Hit Counter : 195851 Best view with : Firefox 0.

BHA. lebih banyak mineralnya dari air mineral dll 2. komponen utamanya fruktosa. Susu. Mg. 3. Minyak Zaitun. Madu. sukrosa. sorbitol)  Anti oksidan ( BHT. vit e tergolong senyawa anti oksidan. Mengandung mineral Na. Minyak Zaitun  Stearic acid  Tallow ( Lemak sapi ) Kaustik soda  Merupakan bahan utama untuk proses saponifikasi minyak agar terbentuk menjadi sabun.  Setiap minyak mempunyai bilangan saponifikasi. Fe.  Preservative ( lexguard )  Chelating Agent ( EDTA ) Peralatan  Kompor  Panci double boiler  Timbangan  Literan  Termometer  Ph meter  Pengaduk  Cetakan Formulasi semi hot Ultra white Soap Minyak kelapa 250 gr Stearic acid 118 gr Kaustik soda 61 gr Air 130 gr Propilen glikol 115 gr Sirup 75 gr Gliserin 30 gr TEA 25 gr TiO2 1-4 gr EDTA 1 gr BHT 1 gr Formulasi semi hot Feather Soap .  Jumlah kaustik soda yang dibutuhkan untuk saponifikasi 100 gr minyak Agen aktif 1. K. tokoferol). Fosfor. Mengandung vit E yang sangat tinggi maka tidak mudah tengik.  Digunakan pewarna food grade Additif  Humectan ( Gliserin. mempunyai variasi vitamin yang lebih banyak dari jus jeruk. Mn. glukosa. zat anti tengik Parfum  Sebagai bahan pewangi sabun mandi padat  Fragrance oil dan essential oil  Kandungan phtalat dapat menyebabkan kanker Pewarna  Bahan yang digunakan untuk mewarnai sabun. pg. Cu.

parfum. zaitun. sabun hotel)  Semi hot proses ( sabun Transparan. tallow ) sesudah mencair minyak direaksikan dengan alkali untuk saponifikasi. Lama pengadukan 30 menit dengan kecepatan 500 – 1500 rpm. ginseng. opaque premium )  Hot proses ( noodles soap ) Minyak dan Diagram produksi cold proses lemak Minyak dan lemak dicampur dengan Lye ( kaustik dan air ). Dicampur dengan lye pada suhu yang sama. Diagram produksi Semi hot proses Minyak dan lemak dipanasi sampai mencair 70 C. cutting. Dibutuhkan waktu curing dua minggu agar proses saponifikasi sempurna Lye Saponifikasi Base soap Semi hot proses  Pembuatan sabun mandi padatMinyak dan lemak hanya untuk dengan pemanasan Lye mencairkan lemak atau minyak yang berbentuk padat ( stearic acid. Molding Saponifikasi Pelarutan & Pencampuran Coloring. Setelah saponifikasi dilakukan pelarutan dan pencampuran agar Agar menjadi transparan atau Opaque premium. madu. kemudian diaduk sampai terjadi saponifikasi.Minyak kelapa Minyak saawit Stearic acid Kaustik soda Air Propilen glikol Sirup Gliserin TEA TiO2 EDTA BHT 50 gr 100 gr 350 gr 50 gr 72 gr 145 gr 150 gr 20 gr 25 gr 4 gr 1 gr 1 gr Mesin industri sabun mandi  Cold proses ( sabun susu. sari kesed. Dalam waktu 3 jam sabun akan mengeras. stamping n packaging Chip soap .

zaitun. Cetakan stainless 3. Mixer 2. roll mill 3. Stamping 5. Wrapping Cold Proses Sabun susu. Bungkus Gambar sabun .Cold proses  Sabun hotel 1. ekstruder 4. madu 1.Blender 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful