MEMBUAT KUIS INTERAKTIF DENGAN MS POWER POINT ( Bisa digunakan untuk tes klasikal

)
Ms Power Point merupakan salah satu program software yang sering digunakan dalam proses pembelajaran. Dibalik kesederhanaannya ternyata Ms Power Point bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dalam tutorial kali ini, kita akan membahas tentang digunakan untuk membuat alat evaluasi yang bersifat klasikal. Mulai membuat alat evaluasi : embuat Buka Ms Power Point dengan cara klik start > all program > ms office > power point a atau dengan klik dua kali iconnya yang ada di desktop (jika sudah ada). Maka tampilah lembar kerja berikut ini: Sekarang kita mulai membuat dua objek dengan warna yang berbeda, dengan cara klik insert > shapes dan klik bentuk rectangle. Buat dua objek rectangle, perhatikan gambar berikut ini: rectangle, pembuatan soal interaktif yang

Gambar : 1 Setelah itu kita animasi kotak kecil dengan cara klik animation > custom animation > setelah itu muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

Gambar : 2 Setelah itu aktifkan kotak kecil yang nantinya sebagai indicator waktu lalu klik add effect > entrance > wipe. Lalu muncul gambar berikut ini.

Lalu klik rectangle (lihat gambar yang dilingkari diatas) maka muncul kotak dialog berikut ini

Klik direction > from left > setelah itu timing diganti sesuai kebutuhan, berapa waktu yang dibutuhkan timing (dalam hitungan detik). Lalu OK. Setelah itu kita edit slide transisi supaya waktu sama dengan rectangle kecil tadi. Setelah itu, masih di menu animation pilihlah advance slide, lalu hilangkan check list semua dan ketiklah waktu pada check auomatically after sama dengan rectangle kecil tadi. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah selesai tekan F5 untuk mencobanya. Setelah tidak ada masalah, slide bisa anda copy untuk di paste ke slide berikutnya. Anda bisa menambahkan nomor untuk menunjukkan urutan soal, seperti nya. gambar berikut ini.

SELAMAT MENCOBA…