Psikologi Test

1. Bentar lagi mau kiamat nih. Kalo kamu bisa nyelametin satu jenis binatang, binatang manakah yang beruntung? a. Kelinci b. Domba c. Rusa d. Kuda Jawaban : Pada dasarnya kamu tertarik dengan orang yang : a. KELINCI - orang yang susah ditebak, contoh : keliatannya cuek banget padahal aslinya super perhatian b. DOMBA - patuh..dan ramah... (bulunya putih ya?? hehehheh) c. RUSA - elegan dan sopan d. KUDA - mereka yang tidak terkekang dan bebas 2. Kamu lagi maen ke Afrika, eh trus dipaksa bawa binatang pulang buat souvenir. Kamu akan pilih: a. Monyet b. Singa c. Ular d. Jerapah Jawaban : Dalam masa pendekatan, cara pendekatan yang paling bisa bikin kamu jatuh hati: a. MONYET - kreatif, ngga pernah bikin kamu bosen b. SINGA - to the point, langsung nayatain tanpa spik yang bebelit c. ULAR - ulur...tarik. ...ulur lagi...tarik lagi...., layangaaaan kali d. JERAPAH - sabar...tapi never give up. 3. Ceritanya kamu dikutuk sama Tuhan jadi binatang. Kamu milih jadi apa? a. Anjing b. Kucing c. Kuda d. Ular Jawaban : Kesan yang pengen kamu kasih liat ke pacar kamu, bahwa kamu adalah orang yang: a. ANJING - setia dan bisa dipercaya b. KUCING - gaya c. KUDA - optimis d. ULAR - fleksibel 4. Jika kamu diberi kekuatan untuk memusnahkan suatu spesies,spesies mana yang akan jadi korban? a. Singa b. Ular c. Buaya d. Hiu Jawaban : Situasi yang paling kamu benci, yang bisa jadi masalah dalam hubungan kamu: a. SINGA - kesombongan pacar kamu dan sikapnya yang sok diktator b. ULAR - emosional, moodmood-an, sehingga kamu ngga tau lagi musti gimana buat nyenengin dia c. BUAYA - sadis (jangan diartikan secara fisik yah), berhati dingin, trus suka ngejek d. HIU - insecure (apa yah bahasa indonya yang pas, ketidakamanan? ketidakstabilan? ketidakpastian? ) 5. Suatu hari, kamu nemu binatang yang bisa bicara. Kamu berharap binatang itu adalah: a. Domba b. Kuda c. Kelinci d. Burung

Jawaban : Hubungan yang pengen kamu jalanin dengan pacar kamu: a. DOMBA - walaupun ngga ngomong tapi kalian saling tau isi hati masing2,dengan kata lain kalian tuh communicate by hearts. b. KUDA - saling terbuka, kebebasan mengungkapkan pendapat, ngga ada rahasia-rahasiaan. c. KELINCI - hubungan yang bisa bikin kamu selalu merasa nyaman dan saling mencintai. d. BURUNG - hubungan jangka panjang. 6. Kalo kamu ada di pulau terpencil dan cuman bisa punya 1 teman, pilih yg mana: a. Manusia juga b. Babi c. Sapi d. Burung Jawaban : Tentang perzinahan: a. MANUSIA - kamu perduli dengan lingkungan dan moral, jadi kamu nggak akan macem-macem kalo nanti udah nikah (amieenn). b. BABI - walaaahhh!! Kamu nggak bisa nahan godaan nih... c. SAPI - sebisa mungkin sih kamu berusaha untuk tidak melakukannya d. BURUNG - tidak stabil. Sebenernya kamu bukan orang yang cocok menikah dan membuat sebuah komitmen. 7. Andaikan kamu bisa bikin binatang buaZZss jadi jinak, kamu akan pelihara: a. Dinosaurus b. Harimau putih c. Beruang kutub d. Leopard Jawaban : Pernikahan buat kamu: a. DINOSAURUS - sedikit pesimis, kamu ngerasa sekarang ini udah ngga ada tuh yang namanya happy marriage. b. HARIMAU PUTIH - buat kamu pernikahan adalah sesuatu yang berharga dan setelah kamu married kamu bakalan ngejaga banget c. BERUANG KUTUB - kamu takut akan pernikahan d. LEOPARD - kamu pengen banget nikah, tapi sebenernya kamu juga ngga yakin betul apa sih pernikahan itu? 8. Kalo kamu bisa jadi binatang selama 5 menit, mau jadi yang mana: a. Singa b. Kucing c. Kuda d. Merpati Jawaban : Saat ini, kamu menganggap cinta adalah: a. SINGA - kamu selalu haus akan cinta. Tapi bukan berarti mudah jatuh cinta, tapi selalu ingin dicintai. b. KUCING - kamu sedikit egois. Kamu melihat cinta sebagai sesuatu yang mudah didapat dan dibuang kapanpun kamu mau. c. KUDA - kamu engga mau dikekang oleh hubungan yang terlalu serius. Kamu masih pengen juga "gebet sana gebet sini" d. MERPATI - cinta buat kamu adalah sebuah komitmen yang dilakukan oleh kedua pihak. 9. Siapa sih yang gak pernah liat kucing? Paling nggak pernah denger lah (kebangetan....). Banyak persepsi tentang kucing. Pilih salah satu ungkapan di bawah ini yang paling cocok ma pandanganmu tentang kucing: 1. Berjemur di matahari 2. Misterius dan tidak terduga 3. Sangat lembut untuk disentuh

4. Makhluk yang tidak punya teman

Jawaban :

1. Berjemur di matahari Memilih jawaban ini, menunjukkan bahwa kamu lebih memperhatikan aktivitas kucing daripada kucing ntuh sendiri. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sensitif terhadap aktivitas di lingkungan sekitarmu. Hal ini bikin kamu mudah diterima n mampu bergaul baik dengan siapa pun. Tapi, sifat menyenangkan dari kamu bisa bikin kamu kelihatan dangkal n terkesan nggak pedulian ma orang laen. 2. Misterius dan Tak Terduga Kamu mengibaratkan kucing seperti manusia. Kamu seperti sebuah kaleidoskop yang berubah n memperbarui diri secara berkala. Orang-orang yang biasa di dekatmu merasa bahwa nebak-nebak sikapmu adalah sebuah tantangan. Tapi, buat mereka yang nggak punya banyak waktu di dekatmu bakal berpikir bahwa kamu adalah orang yang rumit dan susah ditebak. 3. Sangat lembut untuk disentuh Kamu lebih memperhatikan kucing dan akibatnya buat kamu. Ini berarti bahwa kamu merasa segala sesuatu bakal pengaruh bagi hidupmu. Bisa aja kamu jadi tenang dengan posisimu , tapi bisa juga ini bikin kamu terlibat dalam suatu hal secara berlebihan. 4. Makhluk yang nggak punya teman Kucing kamu pandang dalam istilah sosial. Kamu terbiasa dengan dunia emosional dan sosial. Hal ini bikin kamu kelihatan hangat, peduli, n perhatian ma orang lain. Tapi ini juga bikin kamu kelihatan sensitif dan sensasional waktu mengekspresikan perasaan. 10. Pertanyaan berikutnya, bayangin kamu lagi ada di gerbong kereta api. Kamu melihat ada satu bangku kosong dan berjalan mendekatinya, ternyata dari arah lain ada orang yang menuju bangku itu juga. Apa yang bakalan kamu lakukan? 1. Duduk langsung di bangku itu 2. Ragu-ragu dan melihat sekitar sebelum melakukan sesuatu 3. Membiarkan orang tadi duduk 4. Pindah ke gerbong yang lain Jawaban : 1. Duduk di bangku Pengalaman telah mengajarimu bahwa nggak masuk akal kalo kamu menderita untuk orang laen. Dalam perjalanan hidup, mungkin kamu bakal sering melukai hati orang lain, tapi se-nggak-nya bukan perasaanmu yang terlukai. 2. Ragu-ragu dan melihat sekitar sebelum melakukan sesuatu Kamu selalu mempertimbangkan prasaan orang laen sbelum bertindak. Ini bikin kamu lama dalam mengambil keputusan. 3. Membiarkan orang tadi duduk Kamu selalu khawatir ma pemikiran orang lain ke kamu. Seringnya, kamu mengabulkan permintaan orang lain. Hal ini emang bikin kamu terkesan sbagai temen yang baek. Tapi memikirkan diri sendiri juga penting, lho. 4. Pindah ke gerbong yang lain. Kamu tipe orang yang sangat ati-ati dalam mengenal orang laen. Benteng yang terlalu kuat bisa bikin temanmu enggan memperkenalkan orang lain ke kamu.

PERSONALITY TEST : Pertanyaan #1 Urutkan lima hewan di bawah ini yang menurut Anda bisa mewakili diri Anda (semua harus dipilih namun diurut berdasarkan prioritas pilihan). a. Sapi/Cow b. Macan/Tiger c. Kambing/Sheep d. Kuda/Horse e. Babi/Pig Pertanyaan #2 Tuliskan deskripsi yang menjelaskan utk masing-masing hal dibawah ini menurut Anda (Contoh Hujan — Kalimat yang ada dibenak saya adalah: Menyegarkan dan penuh berkah) 1.Anjing/Dog -> Berikan deskripsi netral (yg bukan mengenai agama ) 2.Kucing/Cat 3.Tikus/Rat 4.Kopi/Coffe 5.Laut/Sea Pertanyaan #3 Pikirkan seseorang yang juga mengenal Anda dan memiliki arti penting buat Anda. Dimana Anda bisa menghubungkannya dengan warna di bawah ini. Jika mendengar warna di bawah ini, siapa orang yang langsung teringat bagi Anda (Jangan mengulang jawabannya, jawaban pertama Anda adalah yang digunakan). Masing-masing warna dijawab hanya dengan menyebut satu nama orang atau teman dekat yang memiliki arti. 1. Kuning/Yellow 2. Orange 3. Merah/Red (harus teman wanita/perempuan!) 4. Putih/White 5. Hijau/Green Jawaban : Hal ini akan menjawab prioritas hidup Anda, mana yang diutamakan: Sapi/Cow berarti Karir Macan/tiger berarti Harga Diri Kambing/Sheep berarti Cinta Kuda/Horse berarti Keluarga Babi/Pig berarti Uang/Kekayaan Deskripsi Anda tentang Anjing/Dog merupakan gambaran DIRI Anda SENDIRI Deskripsi Anda tentang Kucing/Cat merupakan gambaran Sifat Pasangan Anda Deskripsi Anda tentang Tikus/Rat merupakan gambaran Sifat Musuh Anda Deskripsi Anda tentang Kopi/Coffe merupakan jawaban Anda jika ditanya Makna Seks.. Deskripsi Anda tentang Laut/Sea merupakan gambaran kehidupan diri Anda sendiri Kuning/Yellow adalah seseorang yang tidak akan pernah Anda lupakan. Orange adalah seseorang yang Anda anggap sebagai sahabat sejati Anda.

Merah/Red adalah seseorang yang sangat Anda cintai! Putih/White adalah Seseorang yang hatinya merupakan kembaran hati Anda /Your Twin Soul Hijau/Green adalah seseorang yang akan kamu ingat untuk selama-lamanya

PERTAMA Bayangkan diri anda sedang berjalan menyusuri kota. Hari itu sangat indah. Anda sedang berangan-angan. Anda berbelok ke arah jalan yang tidak pernah dilewati sebelumnya. Selagi berjalan, anda melewati rumah yang indah diseberang jalan. Anda berhenti sejenak untuk mengagumi rumah yang indah itu dan memperhatikan pintunya terbuka setengah. Mengapa pintu itu sedikit terbuka? 1..rumah itu dirampok 2.pemiliknya lupa mengunci 3.pemiliknya berada di dalam Jawaban : Dalam alam bawah sadar, alasan mengapa membayangkan pintu terbuka berhubungan dengan cara membuka diri dan menyingkap kelemahan anda terhadap orang lain. 1.rumah itu dirampok Anda cepat mengambil anggapan terburuk di setiap situasi. Sifat ini terlihat sebagai bukti yang jelas ketika ternyata benar-benar terjadi sesuatu. Anda tidak pernah bingung dalam menghadapi saat-saat genting, tetapi hanya terlalu sibuk karena panik. Jadi lain kali jika bencana datang, miliki pikiran jernih. Ingatlah selalu untuk terlebih dahulu mengambil napas panjang dan menghitung sampai sepuluh. Baru anda boleh pingsan. 2.pemiliknya lupa mengunci Anda bukan tipe orang yang terhanyut dalam situasi genting. Sebaliknya, anda sangat santai, bahkan tidak memperhatikan situasi genting muncul. Kesalahan yang anda buat lebih banyak disebabkan kelalaian, bukannya maksud yang buruk. Tapi hasil akhirnya bagi anda (dan orang lain) adalah sama. 3.pemiliknya berada di dalam, sedang menyapu pintu masuk Anda mungkin nampak seperti orang yang santai. Tapi tidak pernah membiarkan diri lengah. Memiliki kesiagaan konstan seperti itulah yang membuat diri anda menjadi dewasa seperti sekarang. Tentu saja anda masih memiliki kelemahan yang bersifat manusiawi, hanya saja jangan memperlihatkannya ke seluruh dunia. KEDUA Sebuah pot tanaman yang ada di balkon jatuh. Anda segera keluar untuk melihat kerusakannya. Apa yang anda lihat? 1.tanaman jatuh dan tetap utuh 2.pot rusak, tapi tanaman tidak rusak 3.pot dan tanaman rusak tanpa dapat diperbaiki 4.karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat. Jawaban : Kehidupan pot bunga yang terjaga berhubungan dengan sisi karakter tersembunyi anda yang terjaga. Selain itu juga berhubungan dengan cara anda menahan dunia memasuki kehidupan sosial anda. 1.tanaman jatuh dan tetap utuh Anda terlihat kuat dan percaya diri serta selalu ingin mendemonstrasikan ketenangan di tengah-tengah masalah.. Dibalik wajah yang keras, anda adalah seseorang yang lebih peduli menjaga citra. 2.pot rusak, tapi tanaman tidak rusak Anda nampak tenang dan tidak dapat diganggu orang lain. Kenyataannya anda tidak suka menunjukkan emosi. Perasaan yang tertutup semakin besar. Tidak ada pot yang dapat menampung mereka selamanya. 3.pot dan tanaman rusak tanpa dapat diperbaiki Anda nampak pandai bicara dan tidak mau menonjolkan diri. Tapi “pendengar alamiah’ itu sedang berteriak meminta kesempatan bersinar di panggung utama. Anda hanya menunggu kesempatan untuk keluar dari tempat yang mengurung anda. 4.karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat Anda pintar menciptakan kesenangan dan membuat orang lain tertawa.. Anda fasih menyembunyikan keseriusan. Bahkan sisi pemalu anda tidak ditunjukkan kepada dunia.

KETIGA bayangkan anda sedang tersesat di hutan yang gelap dan mulai merasa lapar ketika tiba-tiba bertemu dengan rumah yang terbuat dari permen. Setelah memeriksa daerah itu untuk memastikan tidak ada nenek sihir yang bersembunyi, anda mulai siap mengambilnya. Bagaimana anda menyantap rumah permen itu? 1.saya mulai makan apa saja yang kelihatan 2.saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujumpai 3.saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja 4.saya tidak suka permen Jawaban : Dalam tingkat perilaku, cara mendekati rumah permen menyingkap pendekatan anda terhadap persahabatan. 1.saya mulai makan apa saja yang kelihatan Anda selalu berterus terang dalam berurusan dengan dunia. Nyaris seperti seorang anak yang polos. Pendekatan langsung ini membuat anda mudah dimengerti dan diterima orang lain. Sadari bahwa tidak semua orang memiliki sifat polos dan jujur seperti anda. Kadang-kadang kejujuran membuat anda sedikit terlalu dapat dipercaya. Anda dikenal sebagai orang yang terburu-buru. 2.saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujumpai Dunia penuh dengan manusia. Anda tidak keberatan bertemu dengan mereka semua. Anda ahli menemukan kualitas yang baik dalam diri orang lain. Tapi keinginan anda mencicipi sedikit juga dapat dinilai sebagai ketidaksediaan terlibat terlalu dalam dengan satu orang. Memang bagus dapat menikmati segala jenis rasa. Ada saatnya anda akhirnya harus mengaku kepada seseorang “kau adalah orang yang paling baik dari semuanya”. 3.saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja Jika dapat menemukan satu orang saja di dunia yang punya minat, selera, dan aspirasi seperti anda, itu sudah cukup. Dapat menemukan seseorang yang melihat dunia sama seperti anda adalah suatu hal yang indah.. Tapi dengan membatasi diri dengan satu rasa dalam hubungan, anda mungkin sedang menjauhkan diri dari pengalaman indah diseluruh dunia. 4.saya tidak suka permen Anda mempunyai pandangan bahwa mundur dari kerumunan orang banyak adalah sangat baik buat diri sendiri. Dalam berusaha memisahkan diri, anda kadang terlihat sebagai seseorang yang terlalu keras untuk terlihat berbeda. Ingat, orang yang paling takut dianggap sebagai orang biasa adalah mereka yang cocok dengan deskripsi tersebut, yaitu dianggap sebagai orang biasa.

SOAL YANG MENARIK 1. Anda menemukan sebuah koper tertutup di jalan. Nggak ada siapa pun di situ, dan saat Anda membukanya untuk menemukan nama pemilik koper, ada buntalan uang di situ dan tanpa KTP. Uang itu sedikit lagi jadi milik Anda. Apa reaksi Anda? a.) “Wah, hari ini saya beruntung banget!” b.) “Aduh, saya harus ngapain ya?” c.) “Saya butuh semalam untuk memikirkan ini.” d.) “Tuhan pasti ingin saya memiliki ini.” Pertanyaan ini memberi petunjuk sikap anda saat menghadapi masalah mendadak. a.) Tingkah laku Anda seperti anak kecil. b.) Bingung itu nggak apa-apa. Tapi pada akhirnya, keputusan ada di Tangan anda. Jangan meragu terlalu lama, seseorang mungkin saja lebih dulu membawa keberuntungan Anda pergi. c.) Anda adalah orang yang tenang yang jarang mengandalkan insting. Pernahkah Anda mengambil resiko? d.) Anda sangat menganggap semuanya campur tangan Tuhan (secara langsung). 2. Anda baru saja membeli majalah mingguan favorit dan membawanya ke rumah untuk dibaca. Bagaimana cara Anda membuka isi majalah itu? a.) Membaca semua isi majalah dari halaman pertama sampai akhir. b.) Membuka artikel yang menurut anda menarik dan membaca itu saja. c.) Membolak-balik asal halaman dan membaca halaman yang kelihatannya menarik. d.) Selama formatnya nggak berubah, Anda membaca artikel dengan urutan yang sama seperti yang biasa Anda lakukan. Pertanyaan ini memberi petunjuk sikap Anda menangani sumber penghasilan, terutama uang. a.) Anda adalah tipe orang yang mengetahui setiap rupiah uang Anda dan apa yang ingin Anda gunakan. b.) Dompet anda jebol. Bila Anda punya uang, Anda menggunakannya untuk membeli apa saja yang Anda pikir menarik. Hemat dong! c.) Anda akan bilang Anda ekonomis. Mungkin teman anda mengatai Anda pelit. Tapi faktanya, Anda tidak mau menggunakannya sembarangan dan menyimpannya untuk sesuatu yang tidak terduga. d.) Anda tetap menggunakannya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari tanpa menghiraukan perubahan dalam hidup Anda. 3.Anda kembali ke jaman dimana semuanya dicuci dengan tangan dan dijemur sampai kering. Baju kotor Anda sudah menumpuk dan Anda harus mencuci hari ini. Tapi saat melihat ke langit, Anda melihat awan gelap pertanda hujan. Apa yang ada di pikiran Anda? a.) “Yaah, kok bisa sih, masak harus nunggu sampai besok? Mau pakai apa saya? b.) “Mending nunggu sebentar dan liat apa langit jadi cerah.” c.) “Hmm, kayaknya saya nggak harus mencuci hari ini.” d.) “Saya harus mencuci baju-baju sialan ini, nggak peduli mau hujan apa nggak.” Pertanyaan ini memberi petunjuk level stres yang Anda rasakan dalam hidup Anda.

a.) Level stres: 80. Anda telah membiarkan dan melakukan semua hal yang bisa saja memburuk, dan sekarang tingkat stres Anda menguat dan muncul dari gangguan kecil, membuat anda ketakutan seharian. b.) Level stres: 50. Anda tidak terlalu diganggu oleh stres dalam hidup, dan Anda berusaha berpikir positif saat sesuatu berada diluar rencana. c.) Level stres: hampir 0. Anda tidak membiarkan masalah kecil mengganggu dan tidak mau bersusah. d.) Level stres: hampir 100. Anda merasa sangat stres dalam hidup karena menolak kenyataan dan mencoba mencapai ketidakmungkinan. Dan saat Anda gagal, Anda berakhir dengan masalah yang lebih besar dan jadi lebih stres.

SOAL BARU 1.) Bayangkan langit biru tanpa awan sedikitpun. Berpikir ini akan memberikan Anda sedikit semangat dalam hidup. Sekarang, turunkan mata Anda kebawah menuju daratan. Pemandangan apa menurut Anda yang paling menenangkan dan santai? a.) Daratan putih bersalju. b.) Pemandangan laut biru. c.) Gunung hijau. d.) Ladang bunga kuning. Pertanyaan ini memberi petunjuk bakat tersembunyi yang ada dalam diri Anda. a.) Anda diberikan sensitivitas spesial yang membuat Anda memahami situasi dalam sekilas dan memecahkan masalah rumit tanpa membutuhkan bukti atau penjelasan. b.) Anda punya bakat alami dalam berhubungan antar-perorangan. Orang-orang kagum dengan kemampuan Anda berkomunikasi dengan orang lain dan cara Anda menyelesaikan masalah kelompok. c.) Bakat Anda adalah komunikasi ekspresif. Anda selali bisa mencari kata yang pas untuk menunjukkan perasaan Anda, dan orang lain dengan cepat mengetahui apa yang Anda rasakan. d.) Anda adalah gudang pengetahuan dan kreatifitas, tumbuh dengan ide-ide dan potensi tidak terhingga. 2.) Saat Anda pergi keluar dari pintu di pagi hari, bagaimana cara Anda biasanya berjalan? a.) Dengan cepat keluar tanpa melihat ke belakang. b.) Melangkah seperti biasa, tapi lupa beberapa hal dan balik lagi. c.) Melupakan benda-benda penting beberapa kali dan kembali ke rumah setiap kali ingat. d.) Tetap di rumah dan nmemutuskan untuk nggak pergi ke luar. Pertanyaan ini memberi petunjuk seberapa tinggi harga diri dan kepercayaan diri Anda. a.) Anda sangat yakin dan cenderung sangat ramah. b.) Anda cukup yakin, tapi terkadang tidak yakin kemampuan Anda. c.) Anda bukan orang yang yakin dan cenderung tidak percaya diri. Anda suka mencari kekurangan Anda sendiri. d.) Anda sangat tidak yakin. Mungkin Anda dianggap ‘terbuang’ dna tidak terlalu percaya siapapun. Coba bayangkan dirimu sedang ada di padang pasir.. panasnya terik matahari menyinarimu.. tenggorokan pun rasa na haus sekali… 1. Begitu melihat ke bawah ternyata anda sedang menunggangi seekor unta… anda bersama unta anda melewati padang pasir yang rasanya tak berujung… Anda melewati padang pasir sampai tubuh anda terasa letih sekali… nah.. kata apa yang anda sampaikan pada unta anda?

2. Sampai pada titik anda hampir meninggal karena dehidrasi… anda melihat suatu oase (tempat di padang pasir dimana terdapat sumber air dan beberapa pohon).. tetapi.. ternyata sudah ada orang lain yang sampai duluan sebelum anda… kira-kira siapakah orang itu? (gunakan nama seseorang yang anda kenal). 3. Menyebrangi padang pasir… waktu terasa berjalan dengan sangat lambat… dan itu terasa seperti selamanya sampai anda melihat lampu dari sebuah kota menyala di kejauhan… ternyata anda telah mencapai tujuan… bagaimana perasaan anda setelah menyelesaikan perjalanan melelahkan itu? 4. Tiba saatnya dimana anda berpisah dengan unta yang setia menemani anda selama perjalanan.. saat anda turun dari unta itu, tiba-tiba ada penunggang lain yang langsung menaiki unta itu.. siapakah penunggang itu? (namakan juga sesuai dengan orang yang anda kenal)

Jawaban : Padang pasir dan si unta melambangkan perjalanan menuju kemandirian anda. Secara spesifik, skenario ini menceritakan perasaan anda saat berpisah dengan kekasih anda. 1. Kata-kata yang anda ucapkan ke si unta melambangkan apa yang anda ucapkan ke diri anda sendiri begitu menyadari bahwa cinta tersebut sudah hilang. Apakah sebagian dari anda mengucapkan “kita akan mengusahakannya!” atau “jangan khawatir, hal ini pasti akan usai” atau mungkin juga “tamatlah kita.. kita akan mati di sini.” 2. Secara psikologis, oase melambangkan cara penyelesaian orang terhadap masalahnya. Orang yang anda temui di sini mungkin saja adalah orang yang telah membantu anda atau yang membuat anda nyaman di masa lalu, atau bisa juga orang yang akan anda temui saat anda menemukan masalah. 3. Kota itu melambangkan tingkat penguasaan diri anda terhadap emosi yang timbul dari rasa kesembuhan anda terhadap suatu patah hati. Perasaan anda yang anda rasakan adalah perasaan anda sesungguhnya untuk melupakan suatu cinta yang telah hilang. 4. Penunggan kuda itu adalah rival anda atau seseorang yang anda cemburui. Bisa saja orang ini adalah rival anda dalam kehidupan cinta anda.. atau mungkin bisa saja seseorang yang telah membuat anda patah hati. Suatu hari ada seekor burung tiba-tiba masuk kerumah anda dan terperangkap didalamnya, andapun berniat untuk memeliharanya, namun ada suatu keanehan yang terjadi pada burung tersebut. Pada hari pertama warna burung tersebut berubah dari biru menjadi kuning, hari kedua berubah lagi dari kuning menjadi merah terang, hari ketiga berubah lagi menjadi hitam. Dan coba pikirkan akan berubah menjadi warna apakah burung tersebut di hari berikutnya, coba pilih salah satu… 1. Tetap Hitam. 2. kembali menjadi warna biru. 3. menjadi warna putih. 4. menjadi warna emas. 1. Burung tetap bewarna Hitam : Menggambarkan bahwa diri anda adalah seorang yang memilik pandangan yang pesimis. Apakah anda cenderung percaya bahwa sekali situasi menjadi buruk, maka tidak akan kembali normal? mungkin anda harus mencoba berpikir, ”jika situasi sudah sangat buruk, maka tidak akan berubah menjadi lebih buruk lagi. Ingatlah tidak ada hujan yang tak berhenti. dan tidak ada malam yang terus gelap dimana tidak ada fajar”. 2. Burung berubah kembali menjadi biru : Menggambarkan bahwa diri anda adalah seorang yang Optimis. Anda percaya bahwa hidup adalah campuran dari baik dan buruk. Tidak ada gunanya melawan kenyataan. Anda menerima kemalangan dengan tenang dan membiarkan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan jalur tanpa stres dan kuatir. Harapan ini membuat anda menjalani gelombang kemalangan tanpa terhanyut didalamnya.

3. Burung berubah menjadi Putih : Mereka yang mengatakan bahwa burung akan berubah warna menjadi putih adalah orang tenang dan tegas dibawah tekanan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk resah dan tidak mengambil keputusan ketika krisis timbul. Jika situasi memburuk, anda merasa lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru mencapai sasaran daripada berhenti dalam kesedihan yang tak perlu. Pendekatan proaktif ini berarti segala sesuatu secara alami berjalan dengan lancar. 4. Burung berubah menjadi warna Emas : Mereka yang berkata burung akan berubah menjadi warna emas,adalah seseorang yang tidak memiliki rasa takut. Anda tidak mengenal tekanan. Bagi anda, setiap krisis adalah sebuah kesempatan. Anda dapat dibandingkan dengan Napoleon, yang berkata “…Mustahil : Kata itu bukan bahasa perancis.” Tapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkan kepercayaan diri yang tidak terbatas mengalahkan anda. Ada batas yang tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi buta.

1. Bayangkan Anda sedang berjalan di jalan. Memikirkan hal-hal lain sehingga tersandung tong sampah di trotoar sehingga mengakibatkan tong sampah tersebut jatuh. Apakah yang tumpah keluar dati tempat sampah? 1. Tidak ada yg tumpah – tong sampah kosong. 2. Setumpukan sampah tumpah ke jalan. 3. Biji apel, tulang ayam, dan sampah lain. 4. Plastik sampah yang terikat rapi. Pandangan Anda terhadap isi tong sampah menyingkapkan hal-hal yg ada dalam diri yg berusaha Anda sembunyikan dari umum. 1. Tidak ada yg tumpah – tong sampah kosong Orang yang memberikan jawaban ini, cenderung hidup tanpa menarik perhatian atau berpura-pura. Apa yang dilihat orang, itulah Anda. Anda adalah orang yg sangat jujur. 2. Setumpukan sampah tumpah ke jalan Mereka kelihatannya bersikap jujur dan terus terang kepada orang lain tapi sebenarnya memiliki setumpuk perasaan tak terkatakan yang terkunci di dalam. 3. Biji apel, tulang ayam, dan sampah lain. Mereka adalah orang yang menyembunyikan nafsu makan dan keinginan alamiah terhadap makanan. Mungkin Anda sedang (atau berusaha menghindari) diet. Atau sedang menghemat dengan memotong biaya makan. Apapun masalahnya, hal itu sedang menekan Anda. 4. Plastik sampah yang terikat rapi. Mereka memiliki rasa penguasaan diri yang kuat. Bahkan mungkin terlalu kuat. Anda tidak suka memperlihatkan atau mengeluh. Harga diri Anda tidak akan mengijinkannya. 2. Jika Anda adalah seorang aktor yang berperan dalam drama pengadilan, karakter mana yang dibayangkan sebagai diri Anda? 1. Pengacara 2. Detektif 3. Tersangka 4. Saksi 1. Pengacara

Secara normal Anda tetap tenang dibawah tekanan. Jarang membiarkan orang lain melihat Anda berkeringat. Tapi Anda juga memiliki wajah lain yang hanya muncul pada saat ada tekanan paling berat-seorang pejuang kuat yang mampu melupakan pengekangan dan meledak ketika sebuah kasus mengharuskannya. Kombinasi ketenangan dan gairah yang berapi-api membuat Anda dapat melewati situasi yang paling berat sekalipun. 2. Detektif Anda tidak terpengaruh dengan kekacauan dan kebingungan dan selalu dapat menguasai diri saat orang lain tidak. Orang-orang merasakan dan menghormati ketenangan dan cenderung meminta bantuan dalam kesulitan. Ini berarti masalah nampaknya mengikuti Anda. Tapi Anda tidak keberatan dengan penambahan stress, bahkan membuat lebih tenang. 3. Tersangka Sekilas Anda nampak tegar dan tidak perduli. Tapi di balik itu semua, Anda kekurangan sesuatu yang diperlukan untuk melihat peperangan sampai akhir. Ketika segalanya menjadi sulit, Anda menghabiskan waktu mengira-ngira dan menilai diri sendiri daripada menyelesaikan masalah. Mungkin ini minat terbaik Anda untuk bekerja sama dengan orang yang dapat mengatasi segala sesuatu dengan lebih praktis. 4. Saksi Anda mungkin terlihat dapat bekerja sama dan suka menolong dalam situasi apapun. Tapi fleksibilitas dan keinginan menyenangkan orang lain juga membuat Anda menjadi sumber masalah lain. Dengan berusaha selalu menyenangkan orang lain, akhirnya Anda akan menjadi tidak konsisten bahkan sedikit tidak dapat dipercaya. Jangna terlalu kuatir tentang apakah pernyataan Anda akan membuat orang lain senang atau sedih. Satu-satunya hal yang harus Anda buktikan adalah diri sendiri. 3. Cinderela adalah salah satu dongeng klasik dalam sastra dunia. Dari semua adegan dalam dongeng yang dapat diingat, adegan mana yang paling berkesan dalam pikiran Anda? 1. Cinderela menderita di bawah tekanan ibu tiri 2. Cinderela diubah menjadi putri yang cantik oleh ibu peri 3. Cinderela ketinggalan sepatunya di tangga istana ketika jam duabelas malam 4. Adegan di mana akhirnya sang pangeran menemukannya dan memakaikan sepatu kaca di kaki Cinderela Pembahasan secara detail terhadap pilihan Anda berhubungan dengan kelemahan atau kekurangan karakter terkuat Anda. 1. Cinderela maenderita di bawah tekanan ibu tiri Bayangan tentang cinderela yang malang menimbulkan rasa kasihan. Namun dibalik rasa kasihan itu ada rasa kebanggaan dan kesombongan. Anda mengingat adegan ini karena membuat Anda merasa lebih mulia dari seseorang. Adalah baik bisa memAndang remeh orang lain dengan lembut, namun berhati-hatilah terhadap kecenderungan Anda selalu meremehkan mereka 2. Cinderela diubah menjadi putri yang cantik oleh ibu peri Dengan tongkat ajaib, ibu peri yang baik hati memgubah cinderela menjadi putri yang memesona. Tapi di dunia nyata, segalanya tidak semudah itu bisa dilakukan. Kesalahan terbesar adalah kebutaan Anda terhadap pertanyaan mudah dalam hidup dan kurangnya perhatian terhadap perencanaan dan akibatnya. Anda nampak lupa bahwa tidak ada ibu peri yang menanti menyelamatkan Anda dari masalah yang Anda ciptakan sendiri. 3. Cinderela ketinggalan sepatunya di tangga istana ketika jam duabelas malam Adegan ini meninggalkan kesan yang kuat pada Anda karena mempengaruhi perasaan ketergantungan kepada orang lain. Sangat mudah membayangkan diri Anda melarikan diri pada tengah malam, meninggalkan masalah dan pertanyaan yang belum terjawab di belakang Anda. Dalam jangka pendek, bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan masalah mungkin terlihat seperti cara mudah dalam hidup. Tapi suatu hari Anda harus menghadapinya sendiri. 4. Adegan di mana akhirnya sang pangeran menemukannya dan memakaikan sepatu kaca di kaki Cinderela

Hampir semua orang menyukai akhir kisah bahagia. Anda menganggap diri Anda seperti itu. Disitulah masalah Anda. Anda terlalu mudah puas dengan hal-hal yang sederhana, normal, dan rata-rata. Semua yang Anda harapkan dari hidup adalah keluarga rata2, teman rata2, pekerjaan rata2, anak yang rata2. Berusahalah untuk menemukan apa yang membuat Anda unik dan asli. Ingatlah, Anda adalah seorang individu, bahkan ketika Anda tidak merasa demikian. 4. Bayangkanlah Anda sedang mengikuti sebuah tur di taman safari. Menyusuri jalan di padang rumput. Dari jarak dekat Anda melihat seekor singa jantan dan betina sedang merobek-robek dan memakan daging mentah dari seekor hewan. Apa yang ada di pikiran Anda pertamakali? 1. “Wow, lihatlah mereka! Hei, aku juga jadi lapar.” 2. “Aku tidak mau melihatnya, itu menjijikkan.” 3. “Aku takut” 4. “Oh berikan waktu untuk menyendiri” Sebuah tur safari membuat Anda dapat mengamati kehidupan liar yang berbahaya dari tempat yang aman dan terlindungi. Singa yang sedang makan melambangkan peristiwa kekuatan alam yang dilepaskan. Reaksi terhadap peristiwa itu menunjukkan bagaimana Anda bereaksi (atau akan bereaksi) ketika melihat film dewasa pertamakali. Bagaimana respon Anda?

1. “Wow, lihatlah mereka! Hei, aku juga jadi lapar.” Ini tidak terlalu menjelaskan sesuatu bukan? 2. “Aku tidak mau melihatnya, itu menjijikkan.” Tak seorangpun pernah berkata bahwa adegan itu akan indah. 3. “Aku takut” Adalah niormal untuk sedikit takut, tapi Anda aman selama tetap berada di balik kaca. 4. “Oh berikan waktu untuk menyendiri” Anda benar-benar seorang yang sopan. Tapi apa Anda yakin akan menyaksikannya lebih lama lagi? 5. Bayangkan Anda sedang berdiri tidak jauh dari gunung berapi yang sedang meletus. Dari pilihan di bawah ini, mana yang memberikan penjelasan terbaik mengenai pikiran Anda saat menyaksikan peristiwa tersebut? 1. “mungkin ini adalah cara alam memperingatkan kita untuk berhenti mengancurkan bumi” 2. “aku rasa tekanannya terlalu tinggi di dalam sana” 3. “wow, pemAndangannya mengagumkan. Aku sangat terkesan!” 4. “gunung meletus. Itu sudah wajar, biasa saja” Pikiran yang Anda bayangkan mengenai gunung berapi berhubungan dengan cara Anda bereaksi terhadap kekuatan yang bersifat meledak-ledak. Khususnya kemarahan orang yang lebih berkuasa dari kita. Kita semua pernah bertemu dengan bos, guru, pelatih, atau orangtua yang kadang-kadang melemparkan kemarahannya. Skenario ini menunjukkan bagaimana Anda berurusan dengan ledakan seperti itu. 1. “Mungkin ini adalah cara alam memperingatkan kita untuk berhenti mengancurkan bumi” Anda mengetahui kapan bertanggungjawab atas kemarah orang lain dan bersedia di persalahkan. Sensivitas dan sikap dewasa yang sama membuat Anda dapat menyelesaikan masalah apapun yang mungkin Anda timbulkan. 2. “aku rasa tekanannya terlalu tinggi di dalam sana” Anda melemparkan tanggung jawab terhadap masalah apa saja pada orang lain. Lagipula jika Anda pikir sedang melakukan sesuatu yang salah, tentu tidak akan melakukannya kan? 3. “wow, pemAndangannya mengagumkan. Aku sangat terkesan!” Anda menerima kritik yang positif. Tapi itu tidak berarti Anda menganggap enteng kritik itu. PAndangan yang baik sudah pasti membuat kesan yang baik pada pengkritik itu dalam jangka panjang. Setelah mereka lupa apapun yang mereka teriakkan sebelumnya.

4. “gunung meletus. Itu sudah wajar, biasa saja” Kata-kata kasar, kemarahan dan kritik pedas tidak terlalu mengganggu. Mungkin karena Anda tidak mendengarkannya. Tentu saja itu adalah cara mudah mengurangi stres. Tapi membuat Anda tidak pernah belajar dari kesalahan. Mungkin Anda harus mulai lebih memperhatikan semua suara dan kemarahan. Bayangkan Anda sedang memancing. Seekor ikan tersangkut di pancing. Saat Anda menggulung pancing untuk menarik ikan keluar dari air, ikan melompat mengenai Anda. Bagian mana tubuh Anda yang terkena ikan? (tidak ada pilihan jawaban. Bayangkanlah dan jawab seperti yang ada di pikiran Anda) Ikan yang melompat dapat diartikan sebagai serangan balik akhir. Tubuh yang terkena ikan adalah bagian yg khusus ingin Anda lindungi. Kebenaran dalam psikologi manusia adalah kita sering membayangkan bahwa hal-hal yang ingin disembunyikan akan ketahuan dan hal-hal yang dilindungi akan diserang. Jadi, bagian tubuh yang disebutkan sebenarnya adalah bagian tubuh yang tidak aman atau sensitif. Apakah Anda terkena wajah? Berkacalah, mungkin Anda perlu banyak tersenyum. Apakah terkena perut? Mungkin alam bawah sadar Anda sedang memberitahu bahwa ini saatnya untuk diet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful