BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Perkembangan industri skala kecil hingga skala besar di berbagai negara di belahan dunia saat ini tidak terlepas dari pemanfaatan mesin-mesin industri sebagai alat utama penunjang proses produksi disebabkan karena kebutuhan manusia terhadap barang hasil produksi harus dapat diimbangi dengan proses produksi yang mencukupi. Namun, tidak hanya terbatas pada industri, realitas penggunaan mesin-mesin dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah, gedung, dan tempat-tempat umum, sebagai contoh aplikasi pengendalian dapat diterapkan pada sistem konveyor, penggulung plastik, penggulung benang, dan kendaraan yang memerlukan kecepatan konstan. Penelitian dan pengembangan teknologi yang diimplementasikan pada mesin akan terus mengalami kemajuan hingga mendapatkan hasil yang efisien dan efektif. Salah satu pengembangan teknologi mesin yang terus dilakukan hingga saat ini terutama di bidang akademik adalah pengendalian motor DC (Direct Current). Motor DC merupakan suatu mesin yang mengubah tenaga listrik arus searah menjadi tenaga gerak atau tenaga mekanik. Pengendalian motor DC sebagai mesin penggerak saat ini masih cukup dominan dilakukan di dunia pendidikan karena penggunaan motor DC masih cukup mudah dalam proses aplikasi kendali dibandingkan dengan motor AC (Alternating Current).

1

Kendali ini cukup mudah diterapkan dibandingkan dengan kendali yang lain dan banyak diaplikasikan pada mesin-mesin industri. kendali integral. dan stabil. Metode pengendalian yang dapat diterapkan pada pengendalian kecepatan motor DC adalah kendali PID (Proportional-Integral-Derivative) dengan umpan balik. dan kendali derivative.2 Pengendalian sistem gerak pada perangkat berbeban dan keakuratan kecepatan putar motor arus searah sangat penting agar motor dapat berputar secara mantap. Sistem kendali ini dapat diaplikasikan pada komponen mikrokontroler untuk mendapatkan sistem otomasi industri yang handal dan memberikan unjuk kerja yang cepat. maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut : . yakni kendali proportional. Pengendali PID merupakan teknik kendali yang sudah umum diterapkan di dunia rekayasa kendali. Judul yang diambil Penulis adalah : Pengendalian kecepatan motor DC dengan kontrol PID berbasis mikrokontroler ATMega 8535.2 Perumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang Penulis yang dikemukakan di atas. Berdasarkan latar belakang tersebut. Sistem kendali PID merupakan kombinasi dari tiga macam kendali. Penulis ingin mengimplementasikan sistem kendali kecepatan motor DC dengan kontrol PID pada sistem tanpa beban dan berbeban dengan menggunakan mikrokontroler ATMega 8535. 1. akurat.

Mempelajari perancangan konstanta kendali PID model close loop metode ziegler nichols. Menggunakan kontrol PID model kalang tertutup. 1.0. d.3 “Bagaimana cara merancang dan mengimplementasikan sistem kendali kecepatan motor DC dengan kontrol PID berbasis mikrokontroler ATMega 8535 pada sistem berbeban.3 Batasan Masalah Adapun batasan masalah adalah sebagai berikut : a. Tampilan kecepatan motor DC dilakukan dengan LCD (Liquid Crystal Display). 1. b. c.5 Manfaat Penelitian Perancangan dan pembuatan alat ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut : . b. Mengaplikasikan keunggulan sistem kendali PID berbasis mikrokontroler ATMega 8535 pada motor DC untuk diterapkan dalam sistem berbeban. Penggunaan motor DC jenis magnet permanen. Softaware analisa respon sistem menggunakan MATLAB 7.” 1.4 Tujuan Penelitian Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah sebagai berikut : a.

dosen. mahasiswa. yaitu buku-buku tentang pemrograman mikrokontroler. desain sistem kendali dan mekatronika. . 2. sistem otomasi. Eksperimen Tahapan percobaan atau eksperimen sistem yang disusun dari hasil analisa data dan perancangan untuk diimplementasikan dalam bentuk perangkat terdiri atas software dan hardware. Studi Pustaka Metode pengumpulan data yang diambil dari literatur-literatur yang berhubungan dengan obyek penelitian. b. Mengetahui proses perancangan konstanta kendali PID model close loop metode ziegler nichols. Konsultasi Perolehan data dari jawaban atas pertanyaan yang diberikan langsung kepada dosen pembimbing.6 Metode Penelitian Metodologi yang digunakan Penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. dan praktisi yang paham terhadap akar permasalahan.4 a. Mengetahui keunggulan kontrol PID pada aplikasi kendali kecepatan motor DC yang diterapkan dalam sistem berbeban berbasis mikrokontroler ATMega 8535. 3. 1.

6. 1. tujuan penelitian. Pengujian Tahapan simulasi hasil implementasi perancangan untuk memperoleh nilai atau data dan proses analisa atas hasil pengujian keseluruhan sistem yang dilakukan. Pengambilan data dan pengolahan Proses pengambilan data yang didapatkan dari proses pengujian untuk dilakukan tahap analisa dan pengolahan data lebih lanjut. batasan masalah. Kesimpulan Menarik kesimpulan keseluruhan hasil analisa data yang diperoleh dari pengujian sistem dengan data analisa teori.7 Sistematika Penulisan Penulisan laporan tugas akhir ini disusun berdasarkan sistematika penulisan sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Bab ini berisi tentang latar belakang. . manfaat penelitian. dan sistematika penulisan. perumusan masalah. penjelasan hardware dan software yang diaplikasikan pada sistem. metode penelitian. 5.5 4. BAB II : LANDASAN TEORI Bab ini berisi tentang penjelasan teori-teori sistem kendali PID yang menjadi referensi penelitian.

6 BAB III : METODE PENELITIAN Bab ini berisi tentang uraian langkah-langkah penelitian. BAB V : PENUTUP Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran. BAB IV : PENGUJIAN DAN ANALISA Bab ini berisi tentang hasil pengujian sistem yang telah dibuat beserta pembahasan dan analisa. perancangan sistem dari awal hingga akhir proses pembuatan sistem secara keseluruhan. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful