Kekurangan dan Kelebihan Gizi

Ditulis oleh Administrator Jumat, 09 Oktober 2009 07:57

Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan masalah kurang gizi yang banyak menimpa anak Indonesia. Kekurangan gizi terjadi saat pertumbuhan berat badan dan tinggi badan seorang anak tidak seimbang. Kondisi kekurangan gizi yang terjadi dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan gizi buruk yang sering disebut dengan istilah kurang kalori protein (KKP) atau kurang energi protein (KEP). Dan yang menyedihkan lagi, kasus tersebut telah banyak ditemukan di Indonesia

Pertumbuhan anak pada usia balita sebenarnya bias dipantau dengan melihat grafik berat badan yang ada di dalam kartu menuju sehat (KMS). Jika grafik berat badan ada pada pita warna kuning, anak tersebut masuk kategore KEP ringan, dan jika ada dibawah garis merah disebut KEP sedang. Di dalam KMS tidak terdapat garis pemisah KEP berat dan KEP sedang, sehingga untuk menentukan KEP berat digunakan table BB/U (Berat Badan/Umur) baku median WHO-NCHS. KEP berat atau gizi buruk terjadi jika BB/U kurang dari 60% baku median WHO-NCHS.

A. Macam-macam gizi buruk dan tanda-tandanya Gizi buruk dapat dibedakan menjadi 3, yaitu marasmus, kwashiorkor, dan marasmic-kwashiorkor. Marasmus terjadi bila gizi utama yang kurang adalah kalori atau karbohidrat, sedangkan kwashiorkor terjadi bila gizi utama yang kurang adalah protein. Sementara itu, marasmic-kwashiorkor merupakan kombinasi keduanya, yaitu kekurangan kalori dan protein.

Adapun ciri-ciri sbb. Marasmus atau kekurangan konsumsi karbohidrat.

1/3

yaitu bercak-bercak merah muda yang terus meluasdan berubah warna menjadi cokelat kehitaman dan mudah mengelupas . tetapi masih ada lapisan lemak dibawah kulit . bila ditimbang berat badannya kurang dari 60% dari berat badan standar usia tersebut. rambut yang keriting bisa menjadi lurus. Selain itu.Sering disertai dengan penyakit kronisberulang seperti diare kronis atau sembelit Kwashiorkor atau kekurangan protein .Terjadi pembengkakan (Oedem) terutama dikaki bagian bawah .Kekurangan dan Kelebihan Gizi Ditulis oleh Administrator Jumat.Terjadi pembesaran hati .Otot daging sangat menyusut dan lembek yang dapat diliat dipaha dan lengan atas yang seharusnya tebal dan kencang . . Jika normalnya berwarna hitam bisa berubah menjadi cokelat. bisa terjadi kelainan kulit.Biasanya diderita bayi berumur kurang dari 1 tahun.Warna kulit pucat karena menderita anemia.Wajah seperti orang tua .Iga gambang (terlihat jelas seperti alat musik gambang) . .Biasanya dijumpai tanda-tanda gabungan kedua keadaan tersebut diatas B. Penyebab kekurangan gizi Kekurangan gizi bisa disebabkan berbagai faktor terutama faktor keluarga dan faktor lingkungan 2/3 .Sering disertai penyakit infeksi. Selain itu.Perut cekung .Tidak mempunyai nafsu makan sehingga sulit diberi makan . atau abu-abu dan sangat mudah dicabut tanpa rasa sakit. rewel dan apatis .Otot dagingnya menyusut dan lembek. .Wajah tampak murung. diare Marasmic-kwashiorkor . 09 Oktober 2009 07:57 . anemia. coklat kemerahan (pirang) seperti rambut jagung.Bentuk muka seperti bulan (moon face) dan pandangan mata sayu.Biasanya diderita anak umur 1-3 tahun .Rambut berubah.Kulit keriput dan lapisan lemak dibawah kulit sangat tipis sehingga kulit mudah diangkat .

dan penyakit jantung. 09 Oktober 2009 07:57 C. Efek yang sering terlihat adalah obesitas tipe hiperplasi. hiperkolesterol. hipertensi. (Mentor Healthcare)   3/3 . yakni obesitas karena jumlah sel melebihi batas normal. Keluarga yang mempunyai kebiasaan makan dalam porsi yang berlebihan biasanya akan menular pada pola makan anak hingga dewasa. Kondisi ini bisa memicu munculnya berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes melitus.Kekurangan dan Kelebihan Gizi Ditulis oleh Administrator Jumat. Kelebihan gizi juga bisa berdampak serius bagi kesehatan anak. Bahaya kelebihan gizi Tidak hanya kekurangan gizi yang bisa menjadi masalah paa anak. Obesitas tipe ini akan sulit diturunkan berat badannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful