Soal Essay Merakit PC

1. Apakah yang dimaksud dengan Memory? Berikan contohnya! 2. Jelaskan perbedaan memory yang bersifat volatile dan non volative! 3. Apakah yang kamu ketahui tentang Card pada komputer? 4. Jelaskan pengertian Port komputer! 5. Jelaskan fungsi komponen komputer dibawah ini!

a.

b.

c. 6. Sebutkan peralatan komputer yang digunakan untuk koneksi Internet! 7. Jelaskan perbedaan port Pararel dan port Serial! 8. Apakah yang dimaksud dengan Plug and Play (PnP)?

9. Jelaskan pengertian memory eksternal dan sebutkan contohnya! 10. Apakah fungsi peralatan dibawah ini? a.

b.

c. 11. Apakah yang kamu ketahui tentang pixel dan dpi? 12. Jelaskan kegunaan gambar dibawah ini!

a. 13. Apakah fungsi Cache memory?

b.

14. Sebutkan kelebihan dan kekurangan TV Tuner internal dan TV Tuner eksternal! 15. Berikan penjelasan, mengapa konfigurasi/setingan jam dan tanggal komputer dapat sesuai dengan jam dan tanggal sebenarnya meskipun komputer tidak dihidupkan?

Jawaban Soal Essay Merakit PC
1. Memory adalah tempat untuk menyimpan data dan informasi. Contohnya: RAM, ROM, DRAM. 2. Volatile: data yang disimpan pada memori jenis ini bersifat sementara dan sangat tergantung pada listrik. Jika listrik atau komputer dimatikan, maka datanya akan hilang. Non volatile: data yang tersimpan dalam memory ini akan tetap ada meskipun listrik dan komputer dimatikan. 3. Card adalah sebuah rangkaian elektronik yang berbentuk seperti kartu yang digunakan sebagai media penghubung dengan peralatan lain didalam mainboard. 4. Port adalah penghubung komputer dengan peralatan luar seperti Printer, modem, keyboard dan mouse. 5. a. Untuk memasang dan meletakkan peralatan komputer b. Mengalirkan listrik ke peralatan komputer. c. Kartu penghubung antara monitor dengan komputer

6. Modem, kabel UTP, konektor RJ45, WiFi card.
7. Port pararel: port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan

Standart Pararel Port (SPP) 200 KB/detik. Port pararel terdiri dari LPT1, LPT2 dan LPT3. kabel konektor terdiri atas 25 pin. Port Serial: kecepatan transfer datanya lebih kecil dibanding port pararel. Port serial terdiri dari COM1, COM2, COM3 dan COM4 yang memiliki 9 pin untuk COM1 dan COM3 serta 25 pin pada COM2 dan COM4.
8. Plug and Play merupakan teknologi yang diberikan oleh perakit komputer kepada

user untuk memudahkan pemasangan card atau kartu pada mainboard. 9. Memory eksternal adalah memory yang diakses prosesor melalui peralatan I/O. contohnya: disket, harddisk, Flashdisk.

10. a.

HUB

adalah

perangkat

yang

digunakan

untuk

memperluas dan menambah jumlah komputer dalam sebuah jaringan. prosesor digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. b. RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu dan akan hilang setelah komputer dimatikan. c.
11. Pixel merupakan satuan untuk menyatakan kualitas image/gambar. dpi kependekan

dari dot per inch yang digunakan untuk mengukur resolusi pada printer.

12. a.

b. VGA yang digunakan untukLPT 1 digunakan untuk menghubungkan printer impact dengan komputer.

Konektor

menghubungkan monitor dengan komputer. komputer.

13. Cache memory: tempat data dan informasi sementara yang sering digunakan oleh

14. Kelebihan TV Tuner internal adalah bisa nonton acara TV sambil melakukan aktivitas lain dikomputer (seperti mengetik dan lain-lain), sedangkan kekurangannya: TV Tuner internal tidak dapat berfungsi tanpa adanya seperangkat komputer. Kelebihan TV Tuner eksternal terletak pada biayanya yaitu kita hanya membutuhkan sebuah monitor dan antena saja (tanpa membutuhkan 1 unit komputer seperti pada TV Tuner inernal), tetapi kekurangan TV Tuner adalah hanya berfungsi sebagai pesawat TV saja. 15. Karena konfigurasi jam dan tanggalnya disimpan dalam batre CMOS yang tetap hidup meskipun komputer dalam keadaan mati. Fungsi batre CMOS ini layaknya

batre jam pada umumnya yaitu memberikan daya agar jam dan tanggal tetap berjalan sebagaimana mestinya.