You are on page 1of 2

PENUNTUN PRAKTIKUM MINGGU III SD SEBELUM UTS MK PENGELOLAAN LANSKAP (ARL 412) SEMESTER 7 TAHUN 20012/2013

DOSEN: Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, M.S. Prof. Dr. Ir. Wahju Qamara Mugnisjah, M.Agr. Dr. Syartinilia Wijaya, SP., M.Si. Dr. Kaswanto, SP., M.Si. ASISTEN: Cindy Aliffia, SP. dan Andre Sutjipto
Obyek Praktikum 1. Lanskap Fakultas Pertanian IPB (Halaman Tiang Bendera, Tapak parkir sepeda dan pos Satpam, Plaza Thoyib Hadiwijaya) 2. Lanskap Arboretum Studio Arsitektur Lanskap – IPB (Welcome area dan signed, Jogging track dan lawn/padang rumput, serta area koleksi pohon) Tujuan Praktikum 1. Menginventarisasi langsung permasalahan pengelolaan taman 1.1. bio-fisik taman: elemen tanaman  evaluasi performa desain pertanaman, kesuburan, kesehatan, penyulaman, perlu/tidak penggantian, penyiraman, pemupukan, pemberian aerasi, weeding, dll 1.2. fisik taman: evaluasi, rencana perbaikan, penggantian, pembersihan, pengecatan ulang, pembuatan/pembangunan baru terhadap elemen keras  signed, canstein, pavement, paving step, saluran drainase, lampu, bangku taman, lampu taman/penerangan, tempat sampah, bangunan taman lainnya seperti rencana parkir sepeda dan sepeda motor, pos jaga, dll. 2. Mengevaluasi tujuan fisik berdasarkan butir (1) di atas dan tujuan ideal taman/lanskap (dengan cara melihat desain dan “management plan” sebelumnya jika ada, atau melakukan wawancara dengan penanggungjawab area, pengelola, atau ahli yang mengetahui desain awal, atau pengambil keputusan dalam hal kewenangan pengelolaan) 3. Menyusun rencana pengelolaan secara kuantitatif dan implementatif yang meliputi organisasi pengelolaan (didasarkan atas ketersediaan sumberdaya manusia/SDM), ketenaga-kerjaan (jumlah dan kemampuan SDM, perlu pelatihan/tidak, penjadwalan pengelolaan pada setiap kegiatan harian/mingguan/bulanan/triwulanan/semesteran/ tahunan/insidentil, alat – jenis dan spesifikasinya, dan bahan untuk pengelolaan baik yang habis pakai maupun penggunaan yang berkala, serta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan per tahun, termasuk biaya rehabilitasi, perbaikan serta pembuatan baru yang akan dipraktekan pada semester ini). 4. Mengimplementasikan tindakan pengelolaan terhadap salah satu site terpilih: disesuaikan dengan ketersediaan dari pihak pemilik/pengelola tapak yaitu Fakultas Pertanian dan DISFASPRO; pelaksanaan pengelolaan dilaksanakan oleh mahasiswa pada jadwal praktikum dan dilanjutkan oleh pekerja/tenaga professional yang disediakan oleh pemilik/pengelola di bawah pengawasan oleh mahasiswa, asisten dan dosen praktikum)

Metodologi Lokasi: Taman di lingkungan Fakultas Pertanian dan Arboretum Studio Arsitektur Lanskap Waktu: Inventarisasi 21 September 2012 dan dilanjutkan kajian desk study, presentasi di depan pemilik/pengelola (mengundang pimpinan FAPERTA dan DITFASPRO), serta melakukan implementasi pelaksanaan pengeloaan pada minggu-minggu berikutnya yang telah dijadwalkan Alat: Kamera, alat tulis dan gambar, bahan angket untuk wawancara terhadap pengguna Metode: Pengamatan dan observasi langsung-pengukuran, wawancara, diskusi analisi dan sintesis  penyusunan “management plan”, melakukan aksi pengelolaan di lapang Pengamatan dan Observasi 1. Setiap lokasi akan dikerjakan oleh 2 kelompok yang pembagiannya akan diatur melalui pengundian. 2. Pengamatan dan pengukuran bio-fisik-ekologi-lingkungan; sosial-ekonomi dan budaya bisa dilakukan di luar jam praktikum 3. Wawancara dengan pemilik, pengelola, dan pengguna tentang pengelolaan dan pemeliharaan, potensi dan permasalahan, serta kenyamanan, keamanan, keindahan dan kepuasan bagi pengguna bisa dilakukan di luar jam praktikum Produk Laporan 1. PRODUK: Laporan Tertulis, POSTER dan PPt untuk Presentasi hasil, bisa dilengkapi presentasi Video jika diperlukan 2. Laporan tertulis disusun dengan format ilmiah (Pendahuluan, Metoda, Hasil & Diskusi, Daftar Pustaka) termasuk penyajian foto inventarisasi, foto referensi serta gambargambar penzonasian ruang pengelolaan, dan gambar teknis pengelolaan, penggantian elemen, gambar jaringan utilitas, dan gambar tahapan pengelolaan dll PAPERLESS REPORT: dokumentasi dengan file Word dan PDF, bisa lewat email, copy file melalui flashdisk, atau pembakaran di CD/ DVD 3. Produk poster dan PPt dikerjakan terpadu pada 2 kelompok besar: Kelompok Pengelolaan Lanskap FAPERTA dan Kelompok Pengelolaan Lanskap ARBORETUM Stduio Arsitektur Lanskap DITFASPRO 4. Laporan disusun oleh Grup yang terdiri dari 5 orang (tertulis); Poster dan PPt oleh kelompok besar 5. Presentasi inventarisasi-analisis oleh kelompok kecil pada minggu V tanggal 5 oktober 2012 6. Presentasi sintesis lanskap oleh 2 kelompok besar pada minggu VI tanggal 12 oktober 2012 7. Laporan dikumpulkan dan dipresentasikan oleh 2 kelompok besar pada minggu VII tanggal 19 Oktober 2012. 8. Implementasi pada site terpilih dilakukan oleh semua mahasiswa terkordinasi pada setiap kelompok kecil dan dibantu/dilanjutkan oleh tenaga professional yang disediakan oleh pemilik/pengelola (Faperta dan Ditfaspro) pada minggu IX yaitu 9 November 2012.