You are on page 1of 14

Pra- Rancangan Pabrik Propilen Kapasitas Produksi 300.

000 ton/tahun Bloomy Blesvid, Melda Helena, Septiana Veronika Jurusan Teknik Kimia Universitas Riau Penentuan Lokasi Pabrik (Site Selection) 1. Bahan Baku Propilen merupakan produk dasar dari petrokimia primer yaitu olefin dan merupakan sumber penting bahan kimia industri dan produk plastik. Produksi propilen diolah dari naphta dengan proses steam cracking. Di Indonesia, propilen telah dapat di produksi oleh dua perusahaan yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, dengn total kapasitas produksi mencapai 550.00 ton per tahun. Dengan tingkat komsumsi propilen di pasar dalam negeri mencapai 700 ribu ton sehingga pabrik yang ada tidak mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasar dalam negeri. Akibatnya, impor propilen dalam waktu lima tahun ini cenderung meningkat. Tabel 1 Peluang Ekspansi Pasar Propilen Tahun 2011 2012 2013 2014 2015 Kapasitas pabrik yang tersedia 550.000 550.000 550.000 753.000 7530000 Proyeksi komsumsi 653.917 693.951 758.341 810.123 865.636 Peluang pasar 103,917 143,951 208,341 57,123 112,636

Dengan membandingkan antara proyeksi ekonomi propilen dengan kapasitas produksi yang ada, dalam masa lima tahun mendatang indosia akan terjadi kekurangan kapasita prduksi. Bila tahun ini kekurangan kapasitas produksi propilen diperkirakan mencapai 103.917 ton, maka pada tahun 2013 kekurangan ini akan meningkat menjadi 208.341 ton.

jaringan pipa yang membawa propilen memiliki program patroli berkala untuk mengamati kondisi permukaan atau pipa yang berdekatan kanan atau-jauh untuk indikasi kebocoran. jalan darat. Propilen biasanya digunakan untuk pembuatan acrylonitril. proses kimia oxo. polygas kimia. gliserol sintetik.CPM (Cilegon Propylene Manufactory) dalam memenuhi komsumsi pasar dalam negeri dan dapat menambah devisa negara dengan meniadakan impor propilen dengan kapasitas produksi PT. tangki kargo dan tangki portabel. industri 2-etil heksanol. kereta api.00 ton per tahun.itian dan diguanakan sebagai stok. atau kapal laut. Penggunaan dan Kegunaan Propilen Propilen secara umum digunakan sebagai bahan baku untuk produksi berbagai bahan kimia yang digunakan untuk berbagai substansi dan produk. Propilen dapat diangkut melalui jalan raya dengan menggunakan silinder spesifikasi DOT. 3. cumen. Transportation Proses pengangkutan propilen dilakukan melalui jalur perpipaan. Sistem pemasaran untuk industri sekitar Cilegon dilakukan langsung melalui saluran pipa. lembaga pene. dan propilen oksida.Kekurangan kspasitas produksi yang akan terjadi pada tahun 2013 merupakan potensi besar untuk didirikannya industri propilen PT. Jalan Negara .CPM sebesar 300. Konsumen utama propilen di dalam negeri yaitu industri polipropilen (PP). acrylic acid. aktivitas konstruksi dan lain faktor keamanan dan operasi. 2. isopropanol. Panjang jaringan jalan Kota Cilegon mencapai 290 km. Selain itu. Berdasarkan statusnya jaringan jalan tersebut: 1.

Cilegon dan Pulomerak 2.2 km.Jalan Negara sepanjang 19. dan biaya produksi tenaga kerja 10%. Pelabuhan Merak-PLTU Suralaya yang melintasi kecamatan Pulomerak 3. CMP terdapat Lummus Napptha Cracker yang menghasilkan Ethylene. Kota Cilegon hingga saat ini sudah memiliki 1 terminal regional. Propylene. Biaya Produksi Di Indonesia propilen saat ini diproduksi oleh dua perusahaan yakni pertamina dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Crude C4 dan pirolisis Gasoline (Pygas) berkualitas tinggi. Banten itu merupakan olefin center pertama di Indonesia yang menggabungkan berbagai teknologi canggih dan fasilitas pendukung kelas dunia. melintasi dalam wilayah Kecamatan Cibeber. CMP berlokasi di Ciwandan. 2 terminal barang. 3 terminal lokal.000 ton/tahun. . (PT CAP). Harga nafta periode desember 2011 yaitu 650 $/ton. sebelum-pajak keuntungan adalah 30%. Jalan Kota Sepanjang 222.6 km. Simpang Tiga-Sriwi yang melintasi Kecamatan Ciwandan b. Cilegon. Jalan Propinsi sepanjang 33. penyusutan jumlah biaya sampai 5%. Pertimbangan biaya produksi juga termasuk biaya energi rata-rata adalah 2% dari . karena kota Cilegon dilalui oleh Jalan Merak – Jakarta merupakan jalur utama harga jual. 5. Di pabrik PT.56 km yang melintasi seluruh wilayah-wilayah kecamatan 4. Lokasi pabrik di Cilegon akan mempermudah pemasaran baik untuk industri dalam ataupun negeri. Lokasi Pabrik Pabrik PT. Jalan Tol Jalan tol sepanjang 15 km yang melintasi di utara Kota dikenal dengan Jalan Tol Jakarta-Merak. terbagi menjadi 2 lintasan a. dengan kapasitas produksi sebesar 300. biaya bahan baku berdampak terhadap harga produk yang dihasilkan. dan 1 stasiun KA 4.

Cilegon kembali memiliki potensi karena letaknya di pesisir pantai utara pulau Jawa sebelah barat dan pelabuhan lautnya memadai untuk pemasaran ke pulau lain maupun diekspor. sehingga tercipta sumber air baru yang nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat maupun industri. akan dipergunakan untuk menambah suplai air dengan menciptakan sumber air baru di wilayah Kota Cilegon. Selain upaya tersebut. Sumber air Air merupakan komponen penting yang dibutuhkan dalam proses industri. Selain mengurangi biaya transportasi pengiriman hasil produksi. PT CAP merupakan produsen dan konsumen propilen.yang menghubungkan Merak sebagai pintu gerbang pulau Jawa dan Sumatera. 6. Pasalnya. CMP semakin besar.000 ton per tahun. pada Residue Catalytic Cracker (RCC). yakni dari Sungai Cibanten dan Waduk Karian. PT. Kota Cilegon dalam beberapa tahun kedepan. Propilen di produksi di Kilang Pertamina RU VI Balongan. Untuk sarana transportasi laut. PDAM juga tengah mengupayakan untuk mendapatkan suplai air dari air permukaan di wilayah lainnya selain Sungai Cidanau. Selain membuat sumber air baru di Ciwandan. dan industri harus mempunyai sumber air yang memadai untuk digunakan dalam proses industri. Kapasitas produksi propilen di pabrik Balongan mencapai 230. semakin hari tingkat kebutuhan air di kota ini semakin tinggi. . baik untuk suplai rumah tangga maupun kebutuhan industi. dan PT CAP juga berlokasi di sekitar Cilegon. posisi kota Cilegon yang dekat dengan laut dapat memanfaatkan sumber air laut untuk memenuhi air proses industri. Penambahan modal yang akan diberikan Pemkot Cilegon kepada PDAM. maka untuk memenuhi komsumsi propilen PT CAP menjadikan peluang pendirian pabrik PT. CMP dapat memanfaatkan naphtha yang dihasilkan oleh Pertamina untuk di olah menjadi propilen. diprediksi terancam mengalami krisis air bersih. Hal ini merupakan alternatif yang perlu dilakukan untuk mengurangi ketergantunga industry terhadap PDAM dan KTI (Krakatau Tirta Industri).

Biaya hidup Dari data tahun 2000. Pajak merupakan sumber dana bagi daerah untuk membangun dan mengembangkan daerahnya. setiap negara memiliki peraturan yang berbeda dan sering melakukan perubahan. Dengan curah hujan sebesar 1. jasa-jasa. keuangan. dan pertambangan dan penggalian. Selain itu bangunan dibangun dengan teras yang luas untuk menghindari hujan masuk ke dalam peralatan Kelembaban udara kota Cilegon yaitu 60-95 %. dan air bersih (10. Faktor pendukung yang menentukan keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah adalah kemampuan daerah untuk membiayai pelaksanaan kekuasaan/kewenangan yang dimilikinya. Kondisi iklim Kota Cilegon mempunyai iklim tropis dengan suhu rata-rata 24 °C-34 °C.4 juta per bulan namun UMK yang telah ditetapkan hanya sebesar Rp 1. sektor listrik. 9. Penerimaan yang berasal dari komponen pajak daerah dan retribusi daerah merupakan pendapatan asli daerah. Rata-rata biaya hidup di Cilegon sebesar Rp 1. kemudian diikuti oleh sektor perdagangan. kecepatan angin 13 km/jam yang menuju ke tenggara. pertanian. 8.722 mm/tahun. gas.224. curah hujan maksimum terjadi pada bulan Desember-Februari dan minimum pada bulan JuliSeptember. Sedangkan sektor lainnya (14. beberapa wilayah di Kota Cilegon berpotensi terjadi genangan sehingga dibangun drainase-drainase untuk mengurangi genangan air.01%). kontribusi yang cukup signifikan membangun perekonomian Kota Cilegon yaitu sektor industri pengolahan (64. di samping faktor-faktor lain seperti kemampuan personalia di daerah dan kelembagaan pemerintah daerah. .19%).07%). Pajak Ada banyak jenis pajak. hotel. pengangkutan dan komunikasi.72%) meliputi sector bangunan.000. dan restoran (11.7.

Kehadiran industri lain menunjukkan laju korosi meningkat. pabrik/industri yang dekat dengan selat harus dibangun di sisi bawah angin dan bukan sisi angin bertiup Gambar 1 Peta Cilegon RUANG LINGKUP (SCOPE) 1. pengaruh industri tetangga harus dipertimbangkan ketika memilih lokasi tertentu. Sifat Fisika Propilen yang memiliki rumus kimia CH3CH=CH2 adalah senyawa kimia yang pada suhu kamar dan tekanan atmosferis berupa gas tidak berwarna.10. Demikian pula. umumnya jarak terbaik untuk menyimpan semua peralatan minimal 800 m dari pantai untuk meminimalkan efek korosi. larut dalam . Korosi juga penting ketika parik/industri terletak di dekat laut. Korosi Setelah area pabrik/industri telah ditentukan.

621 g/cm3 (223 K) 20.3567 181 cm3/mol Air : 44.0804 kg/kmol 87. 47.alkohol dan eter. serta sedikit larut dalam air. dengan toleransi maksimal di udara sebesar 2% hingga 11% volume.6 Etanol : 1250 Asam Asetat : 524.9 K 225. Sifat-sifat fisik secara detail NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 KONDISI Fase Berat molekul Titik Beku Titik didih Suhu kritis Tekanan kritis Densitas cair Entalphi pembentukan Indeks bias Volume kritis Kelarutan pada 200C. Tabel 3. 42 kj/mol4 1.6 MPa 0.5 (Kirk-Ourthmer. 1998) .70C 365 K 4.4 K. Bahan kimia ini sangat mudah terbakar dan mudah meledak. 1 atm. ml gas/100ml NILAI Gas 42.

427 ton/jam X 24 jam/ hari X 6 hari = 205. Produk samping .6 % Propilen 15.4743 ton. Lama penyimpanan produk Lama penyimpanan propilen dalam tangki penyimpanan adalah 6 hari Bahan baku dan kemurnian Naphta 99.96 % H2 1.8 % Non aromatik 6.5 % Other C4 18.000 ton/tahun kegunaan umum propilen 30.7 % Toluen 3.5 % CH4 17.8 % Fuel oil 4. Dengan prouksi 1.6 % Butadiena 4.488 ton.7% Lama penyimpanan bahan baku Naphta 17 hari Jumlah bahan baku Jumlah naphta yang dimasukkan dalam 1 kali proses 91.000 ton/tahun kegunaan barang setengah jadi propilen Kemurnian produk Diperoleh 100% pure propilen dengan proses pemisahan berdasarkan suhu pemisahan.4 % C8 aromatik 1.Summary Scope (Ringkasan Ruang Lingkup) Produk 90. Ukuran tangki penyimpanan 150 ton per drum.7 % Benzen 6.2 % Etilen 33.

C5 gasolin 6.8%.40. . Ekspansi kedepan Perluasan pabrik CPM direncanakan akan dilakukan setelah proses produksi belangsung dalam waktu 10 tahun.7 %.7 %. Pengolahan limbah Limbah yang dapat produksi propilen berupa gas CO2 yang akan diolah menjadi fasa cair dengan mereaksikan NaOH dan gas H2S diberi perlakuan terlebih dahulu sebelum di buang ke alam bebas. Sistem utilitas Sumber bahan bakar diperoleh dari batu bara.2 % dari umpan akan terkonversi menjadi produk samping (Hidrogen 1. tenaga listik diperoleh dari PT Krakatau daya listik untuk daerah industri sebesar 300 MW. other C4 18.5 %. C8 non aromatik 6.

53 m) tinggi dan mempunyai kemampuan tahan api sedikitnya ½ jam. Toko hanya pengeboran. Bejana silinder propylene dipisahkan dari oksigen dan pengoksidasi lainnya sedikitnya 20 ft ( 6. Caverns dalam tanah dibuat dengan bersih. Keamanan bejana silinder tegak lurus harus kuat untuk dapat menjamin dari kejatuhan dan pukulan yang berlebihan. Propilen dalam fasa cair disimpan pada tekanan atmosfer sampai 2.SAFETY Ada dua tipe bejana yang digunakan untuk penyimpanan propilen: yaitu bejana bertekanan atau silindris (bullet tanks) dan bejana berbentuk bola. Pengeboran dilakukan ke dalam formasi garam dan kemudian dilakukan pencucian caverns yang berada di dalam tanah menggunakan air . Semua perlengkapan elektrik di dalam kawasan penyimpanan barang harus tahan ledakan. Gua besar dalam tanah di bawah permukaan air yang beradadi bawah tanah dan di dalam gua besar tersebut tekanan di tingkatan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk kapasitas lebih kecil. Area penyimpanan barang harus sesuai dengan kode elektrik nasional untuk kelas 1 kawasan berbahaya. tetapi di dalam kontainer berbentuk sphere. Tindakan pencegahan untuk penyimpanan yaitu dengan menyimpan dan menggunakan ventilasi yang cukup. titik didih normal propilen adalah -540F.1 m). Dengan kuat tutup sekrup diletakkan tanda “Dilarang merokok atau Nyala api Terbuka" pada penyimpanan dan area penggunaan. Tekanan uap propilen pada 1000F adalah 299 psia. atau menggunakan suatu pelapis dari material tahan api. Jenis lain gua besar dalam tanah yang digunakan untuk penyimpanan propilen adalah suatu gua besar dalam tanah granit. Selain itu propilen juga disimpan di dalam caverns dalam tanah yang berbentuk kubah.5 psig dan dapat didinginkan secara penuh. Pelapisan ini sedikitnya harus 5 ft ( 1. propilen juga dapat disimpan pada temperatur atmosfer. Tangki jenis sphere digunakan untuk penyimpanan pada tekanan di atas 15 psig.

tutup bejana berfungsi untuk melindungi valve. Tindakan penanganan pencegahan yang diambil. karena dapat merusak valve dan menyebabkan kebocoran. melindungi bejana silinder dari kerusakan. Gunakan truk tangan untuk memindahkan bejana silinder. Valve dibuka perlahan-lahan dan jika valve sulit dibuka hentikan penggunaan dan hubungi supplier. Sistem perpipaan propilen dan hubungan peralatan harus dihilangkan. first-out untuk mencegah menyimpan bejana silinder penuh untuk periode yang lama. obeng untuk membongkar tutup yang membuka. kunci. diluncurkan. jangan gunakan nyala api. Penyimpanan penuh dan bejana silinder propilen kosong diletakkan secara terpisah. Tidak memasukkan objek seperti tang. . Gunakan suatu kunci pilinan yang dapat disetel untuk memindahkan over-tight atau tutup berkarat.yang berada pada temperatur tidak melebihi 125°F ( 52°C). Digunakan inventarisir sistem first-in. jangan diseret. atau dijatuhkan. Bejana silinder tidak diangkat dengan tutupnya. Peralatan elektrik tidak menyala atau tahan ledakan. Kebocoran dapat diperiksa dengan air sabun.

EQUIPMENT LIST 1. Heater Heater digunakan untuk melakukan pemanasan awal umpan naphta hingga 10500C. Kondisi operasi pada temperatur 10500C . Reaktor Reaktor digunakan sebagai tempat terjadi reaksi perengkahan naphta. 2. 3. sebelum masuk ke reaktor. . Quencher Digunakan untuk menurunkan suhu hasil perengkahan secara tiba-tiba dari 850oC hingga 300oC. Tujuannya untuk mencegah terjadinya reaksi sekunder (pembentukan benzen dan toluen). Jenis reaktor yang digunakan adalah jenis reaktor fixed bed Cr-Ni Reaktor Tubes.

Sistem ini biasanya menjadi satu kesatuan proses dengan kompresor. Debutanizer . 8. Dengan temperatur fraksinasi 20oC. 9. Kompressor dan Scrubber Kompressor dan Scrubber digunakan untuk menghilangkan H2S dan CO2. Dengan temperatur fraksinasi 100oC. Penghilangan CO2 dilakukan dengan menambahkan NaOH menurut reaksi: NaOH + CO2  Na2CO3 + H2O 5. Depropanizer Kolom fraksinasi yang digunakan untuk memisahkan fraksi propilen (C3). 7. Dryer Dryer digunakan untuk menghilangkan kandungan air pada compressed air (udara terkompresi). Udara terkompresi hasil dari kompresor sebagian akan masuk ke tangki penyimpan dan sebagian lagi dikeringkan menggunakan air dryer.4. Demetanizer Kolom fraksinasi yang digunakan untuk memisahkan fraksi metan (C1). 6. Y aitu sebagai pengendali polusi udara atau emisi pada suatu instalasi yang konstribusinya secara umum adalah untuk mengendalikan partikel-partikel berupa padatan dan ataupun gas yang sifatnya dapat larut pada air. Dengan temperatur fraksinasi -17oC. Deetanizer Kolom fraksinasi yang digunakan untuk memisahkan fraksi etilen (C2).

0 psig). gasoline. Debutanizer memiliki empat puluh dua stage dan beroperasi pada 1275 kPag (185. umpan memasuki menara depropanizer. sehingga pada instalasinya mungkin akan dijumpai beberapa alat pendukung lain yang berhubungan untuk mendistribusikan air. benzen. Menara ini memiliki empat puluh stage dan beroperasi pada 1925 kPag (280. Depropanizer menghasilkan produk C3 udara dengan kurang dari 1% mol C4 itu. Setelah umpan dipanaskan dengan dasar depropanizer di. yang merupakan umpan untuk depropanizer. Tujuan operasi adalah Produk atas dari debutanizer. Dengan temperatur fraksinasi 50oC. Aliran umpan menara adalah produk overhead dari debutanizer dan berisi sebagian besar C3 dan C4. memiliki spesifikasi komposisi maksimal 1% mol yang C5. .Digunakan untuk memisahkan butadien (C4).0 psig). Scrubber merupakan salah satu dari beberapa alat pengendali polusi udara atau emisi pada suatu instalasi yang konstribusinya secara umum adalah untuk mengendalikan partikel-partikel berupa padatan dan ataupun gas yang sifatnya dapat larut pada air. Umpan yang bercampur memasuki debutanizer dengan kompresor. toluen dan C-8.