Tujuan

Mengamati struktur sel hewan dan tumbuhan dengan menggunakan mikroskop cahaya. Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop.

Alat
1. 2. 3. 4. 5. 6. Mikroskop cahaya Lugol dan pipet Air Kaca penutup (cover glass) dan kaca objek (object glass) Tusuk gigi Silet tajam

Bahan
1. Sel epitel rongga mulut (lapisan bagian dalam pipi) 2. Irisan epidermis Alium cepa (bawang merah) 3. Irisan gabus batang ubi kayu (Manihot utilisima)

Cara kerja
Preparat sel epitel rongga mulut 1. Mengambil sel epitel pada bagian dalam mulut dengan menggunakan tusuk gigi. 2. Memindahkan sel epitel yang menempel pada tusuk gigi ke kaca objek. 3. Menambahkan setetes lugol dengan menggunakan pipet tetes di atas sel epitel tersebut. 4. Letakkan kaca penutup tepat di atas sel (360◦). 5. Letakkanlah objek di mikroskop, aturlah pencahayaannya hingga sel tersebut terlihat jelas. 6. Amati objek di bawah mikroskop dan foto hasil pengamatan. Preparat irisan sel epidermis Alium cepa (bawang merah) 1. Mengambil selapis tipis permukaan umbi Alium cepa yang berwarna merah. 2. Memindahkan lapisan tersebut ke kaca objek. 3. Menambahkan setetes air/akuades menggunakan pipet tetes di atas lapisan tersebut. 4. Menutup obyek pengamatan dengan kaca penutup, hati-hati agar tidak terbentuk gelembung udara. 5. Amati objek di bawah mikroskop dan foto hasil pengamatan. Preparat irisan gabus umbi kayu (Manihot utilisima) 1. Mensayat selapis tipis batang ubi kayu dengan menggunakan silet. 2. Memindakan sayatan tersebut pada kaca obyek.

3. 4. Hasil Pengamatan Sel epitel rongga mulut (sel pipi) Sel epidermis Alium cepa (bawang merah) Sel gabus umbi kayu (Manihot utilisima) Pertanyaan Sel Hewan 1. 5. Apa nama dari setiap bagian specimen yang terlihat di bawah mikroskop cahaya? Uraikan jawabanmu. Membran sel . Menutup obyek pengamatan dengan kaca penutup. hati-hati agar tidak terbentuk gelembung udara. Menambahkan setetes air/akuades di atas sayatan tersebut. Amati di bawah mikroskop dan foto hasil pengamatan.

dan kantong kecil yang bertumpuktumpuk. . protein . membran sel hanya dpat dilewati oleh zat tertentu. Apa fungsi dari setiap bagian specimen yang teramati? a. Retikulum Endoplasma (RE) Retikulum endoplasma yaitu struktur benang-benang yang bermuara di inti sel (nukleus). Cairan ini tersusun atas air. Ada dua jenis RE yaitu RE granuler (RE kasar) dan RE Agranuler (RE halus). 2. Inti sel (nukleus) diselubungi membrane luar dan dalam yang terdiri atas nukleoplasma dan kromosom. yang berbentuk seperti cerutu dan berlekuklekuk (Krista). Retikulum Endoplasma Berfungsi sebagai sintetis dan transportasi berbagai macam zat kimia. dan mineral. Artinya. Nukleus Berfungsi sebagai tempat pengendalian aktivitas sel. Di dalam inti sel (nukleus) terdapat (nukleolus) dan benang kromosom. b. Inti Sel (Nukles) Nukleus biasanya berbentuk oval atau bulat ang berada di tengah-tengah sel.sentriol. Badan golgi Badan golgi merupakan kumpulan ruang. badan mikro. c. Di dalam mitokondria berlangsung proses respirasi untuk menghasilkan energi. sentrosom. Kromosom merupakan pembawa sifat menurun yang di dalamnya terdapat DNA(deoxyribonucleicacid)atau RNA (ribonucleicacid).Membran sel sering disebut juga membran plasma yang bersifat semipermeabel. sebagai pelindung. Mitokondria Mitokondria memiliki membran dalam dan luar. Membran Sel Berfungsi untuk mengatur pertukaran zat. Ribosom Ribosom berbentuk butiran-butiran bulat yang melekat sepanjang retikulum endoplsma ada pula yang soliter (hidup sendiri terpisah) yang bebas di sitoplasma. gelembung kecil. Pada sel tumbuhan badan golgi disebut diktiosom. tempat AND yang berfungsi sebagai faktor keturunan. tetapi tidak dapat dilewati oleh zat lainnya. tempat menerima rangsang. Lisosom Lisosom merupakn kantong kecil yang bermembran tunggal yang mengandung enzim pencernaan.

yang disebut dengan ujung polar. e.Sifat dari membran sel ini adalah selektif permiabel artinya adalah dapat dilalui oleh air dan zat-zat tertentu yang terlarut di dalamnya. Apa saja bagian-bagian sel tumbuhan yang kamu lihat? Jelaskan peranan masing-masing bagian sel tersebut. g.d. j. Sentrosom Berfungsi sebagai peran dalam pembelahan sel yaitu pada pergerakan kromatin. Ribosom Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein. Bahan penyusun membran sel yaitu lipoprotein yang merupakan gabungan antara lemak dan protein. Sentriol Berfungsi untuk mengontrol pembentukan benang-benang gelondong selama pembelahan sel. Lipid yang menyusun membran sel terdiri atas fosfolipid dan sterol. sehingga mempermudah dan memperjelas jika akan mengamati bagian dari suatu sel.  Membran Sel Membran sel berupa selaput tipis. Apa fungsi metilen biru dan minyak imersi pada aktivitas ini? Metilen biru : untuk pewarnaan. 3. Membran sel memiliki fungsi antara lain: . Lisosom Berfungsi sebagai tempat mencerna bahan-bahan dari luar sel dan bahan yang tidak dipakai dari dalam sel. Fosfolipid tersusun atas dua lapis. Salah satu ujung fosfolipid bersifat mudah larut dalam air (hidrofilik). yang mengandung enzim untuk daun asam glioksiat disebut pada tumbuhan. Badan Mikro Berfungsi mengandung enzim katalase dan oksidasi disebut perolisisum. Sel Tumbuhan 1. f. Bagian sterol bersifat tidak larut dalam air (hidrofobik) yang disebut dengan ujung nonpolar. Mitokondria Berfungsi sebagai tempat respirasi aerob. i. Minyak imersi : untuk menaikan indeks bias cahaya sehingga objek dapat terlihat dengan lebih jelas. h. Kompleks Golgi Berfungsi untuk merakit mikro molekul yang kaya karbohidrat. Fosfolipid memiliki bentuk tidak simetris dan berukuran panjang.

5 mikrometer.Mengatur kapan dan di mana ekspresi gen. 2) transpor protein yang disintesis dalam ribosom.Mengendalikan proses berlangsungnya metabolisme dalam sel: . dijalankan. sehingga menjadi penghubung materi genetik antara inti sel dengan sitoplasma. Komposisi kimia tersusun atas lipoprotein. membran di dalam sel berupa saluran-saluran dan tabung pipih. glikolipid.. dan 3) biosintesis fosfolipid. yang selanjutnya digunakan untuk per tumbuhan.2-5 mikrometer dengan diameter 0. dan diakhiri.gen harus dimulai. Mitokondria disusun oleh bahan-bahan antara lain fosfolipid dan protein.mengendalikan pertukaran zat.  Inti Sel (Nukleus) Nukleus merupakan organ terbesar sel. dan anak inti. terutama pada sel-sel kelenjar. Nukleus ini berperan penting dalam aktivitas sel. Secara umum fungsi dari badan golgi antara lain: 1) secara aktif terlibat dalam proses sekresi. perkembangbiakan atau perbaikan sel yang rusak.  Mitokondria Mitokondria memiliki bentuk bulat tongkat dan berukuran panjang antara 0.Retikulum Endoplasma Kasar (REK) . dan . Badan Golgi Badan golgi pada tumbuhan disebut dengan diktiosom. secara umum fungsi retikulum endoplasma antara lain: 1) penghubung selaput luar inti dengan sitoplasma. . Mitokondria berfungsi untuk tempat respirasi sel atau sebagai pembangkit energy  Retikulum endoplasma merupakan sistem yang sangat luas.  .  Ribosom Ribosom berfungsi untuk sintesis protein. Nukleus memiliki bentuk bulat atau lonjong.Tempat terjadinya replika ( perbanyakan DNA ) dan trankripsi ( pengutipan DNA ).Fungsi Inti sel adalah sebagai berikut : . yaitu : . matriks.Retikulum Endoplasma Halus (REH) Jadi. dan sterol. dengan ukuran diameter antara 10-20 nm. Pada diktiosom terjadi pembuatan polisakarida dalam bentuk selulosa yang digunakan sebagai bahan penyusun dinding sel.Menyimpan informasi genetik ( gen ) dalam bentuk DNA. terutama dalam melakukan sintesis protein.tempat terjadinya reaksi kimia. Komposisi nukleus terdiri atas membran nukleus.sebagai pelindung sel . Retikulum endoplasma ada dua macam. . 2) membentuk dinding sel pada tumbuhan.

dan kuning kemerahmerahan (xantofil). sedangkan sel timbuhan tidak mempunyainya. 2. Apa saja perbedaan yang dapat kamu temukan pada saat mengamati sel hewan dan sel tumbuhan? Kesimpulan . Retikulum Endoplasma (R.Organel-organel sel: a. Mikrofilamen k. antara lain pigmen hijau (klorofil). Peroksisom (Badan Mikro) Perbedaan sel hewan dan tumbuhan: Sel hewan tidak mempunyai dinding sel. lisosom. Mikrotubulus j.  3) menghasilkan lisosom. Ribosom (Ergastoplasma) c. 4) membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur. Sentrosom (Sentriol) g. Plastida yang tidak terkena cahaya matahari tidak akan menghasilkan pigmen warna yang disebut leukoplas atau amiloplas yaitu untuk tempat amilum. dan basa. Mitokondria (The Power House) d. plastida. sedangkan tumbuhan mempunyainya.) b. Vakuola Vakuola ialah organela sitoplasmik yang berisi cairan dan dibatasi selaput tipis yang disebut tonoplas.vakuola. garam mineral. Vakuola berbentuk cairan yang di dalamnya terlarut berbagai zat seperti enzim.Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar arti biologis. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom) f. asam. silia . Plastida h. Lihatlah kembali hasil pengamatanmu. . maka plastida menghasilkan pigmen warna yang disebut kloroplas. Bandingkanlah dengan hasil pengamatan sel tumbuhan. lipid.Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. kuning (xantin). Pada lingkungan yang banyak terdapat penyinaran matahari. alkaloid. Plastida Di dalam plastida terdapat zat pigmen. Lisosom e. kehidupan dalam . Vakuola (RonggaSel) i. Sel hewan mempunyai sentrosom.

Pada pengamatan sel bawang merah dan sel mukosa pipi yang tampak jelas adalah inti sel. Sel bawang merah adalah sel tumbuhan. Sedangkan pengamatan sel mukosa pipi tampak jelas inti sel dan membran sel. Organel sel tidak dapat teramati dengan jelas 1. sel mukosa pipi adalah sel hewan 2. . 2. Pada pengamatan sel bawang merah tampak jelas inti sel dan dinding sel.Persamaan Perbedaan 1.

Hasil pengamatan Pengamatan I . 4.Tujuan Mengetahui mekanisme transpor pada membran (plasmolisis) Alat dan bahan 1. diamkan selama ±5 menit. 2. Setelah 5menit. tetesi dengan lugol. Amati proses yangterjadi pada objek berulang-ulang dengan mikroskop dan foto hasil pengamatan. 6. 4. letakkan kaca penutup tepat di atas sel (360◦). Menyayat permukaan bawah daun Rhoe discolor setipis mungkin. Mikroskop cahaya Lugol dan pipet Air Kaca penutup (cover glass) dan kaca objek (object glass) Silet tajam Daun Rhoe discolor Cara kerja 1. 2. 3. 3. Letakkan sayatan tersebut pada kaca objek. 5.

Pengamatan II Kesimpulan Dari kegiatan praktikum yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa cairan sel biasanya bersifat hipertonik (potensial air tinggi) dan cairan di luar sel bersifat hipotonik (potensial air rendah). Di mana hal initerlihat dengan terlepasnya (mengerut) protoplasma dari dinding sel. Dari data pengamatan yang diperoleh daun Rhoe discolor mengalami plasmolisis setelah ditetesi lugol. . maka sel yang terplasmolisis semakin banyak. Apabila suatu sel diletakkan dalam larutan yang hipertonik terhadap sitoplasma maka air di dalam sel akan berdifusi keluar sehingga sitoplasma mengerut dan terlepas dinding sel yang disebut plasmolisis. Semakin tinggi konsentrasi larutan tempat merendam sel atau keadaan di luar sel. Plasmolisis adalah peristiwa terlepasnya membran sel dari dinding sel dan pengkerutan sitoplasma karena air didalam sel berdifusi keluar yang disebabkan suatu sel diletakkan dalam larutan yang hipertonis terhadap cairan dalam sel.